Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Harga Anjing Alaskan Malamute Anakan (Puppy) & Dewasa (Indukan)

Update Harga Anjing Alaskan Malamute Anakan (Puppy) & Dewasa (Indukan)

Selain Siberian husky, beberapa pencinta anabul tertarik untuk membeli atau adopsi Alaskan malamute. Harga anjing Alaskan malamute sendiri tergantung dari usianya. Umumnya, lebih murah anaan atau puppy daripada dewasa atau indukan.

Faktor yang membuat nilai jual anabul ini mahal adalah gender dan varian bulunya. Diketahui, harga anjing Alaskan malamute jantan lebih terjangkau daripada betina.

Baca Juga: Harga Kucing Persia Dibawah Rp500 Ribu (Kitten dan Dewasa)

Khususnya, harga anjing Alaskan Malamute dewasa betina yang masih dalam usia produktif. Karena anjing memiliki potensi untuk dikembangbiakkan dengan mudah.

Untuk bulunya sendiri, umumnya varian paling jarang seperti Alaskan malamute putih dinilai paling mahal. Ini juga tergantung dari kebijakan breeder atau penawaran.

Menurut review seorang breeder di Jakarta, nilai adopsi Alaskan malamute juga ditentukan dari ukurannya. Anjing Alaskan malamute terbesar bisa mencapai puluhan juta rupiah per ekor.

Nah, sebelum mengetahui secara detail harga anjing Alaskan malamute di Indonesia, pastikan Anda mengetahui seluk beluknya. Berikut adalah asal spesies ini.

Asal Anjing Alaskan Malamute

Juga disebut Malamut Alaska, ini adalah salah satu anjing ras bertubuh besar. Asal anabul ini memang dari Alaska, Amerika serikat dan termasuk ras tertua.

Sering dimanfaatkan sebagai penarik kereta salju, Alaskan malamute sangat populer di daratan Arktik. Spesies ini sudah menemani suku nomaden di wilayah tersebut sejak 4.000 tahun lalu.

Suku Arktik berada di Selat Bering hingga Amerika Utara dan selalu berpindah-pindah. Malamute ini tidak hanya sebagai penarik salju, tetapi juga membawa barang.

Belum ada kejelasan yang pasti tentang breeding Alaskan malamut. Namun, dipercaya anabul ini dibiakkan Mahlemut dari Kotzebue.

Itu adalah daerah di bagian barat laut Alaska. Malamute sendiri berasal dari suku Inuit yang masih bersifat nomaden. 

Anjing ini juga biasa diajak berburu anjing laut sebagai bahan pangan utama suku tersebut. Bisa dibilang, dulunya Alaskan malamute tergolong jenis anjing pekerja.

Seiring berkembangnya zaman, kini Alaskan malamute tidak menjadi anjing pekerja. Anabul ini diadopsi sebagai hewan peliharaan di rumah.

Meskipun harga anjing Alaskan malamute puppies dan dewasa tidak murah, itu tak masalah. Bagi sebagian orang, nilai bukanlah hal yang perlu dipermasalahkan, apalagi jika mereka sangat suka dengan spesies ini.

Namun, sebelum mengadopsi anjing ini, tampaknya beberapa orang masih bingung membedakannya dengan Siberian husky. Memang dua ras ini hampir mirip, tetapi berikut perbedaanya.

Perbedaan Siberian Husky dan Alaskan Malamute

Ukuran Tubuh 

Meskipun mirip, Anda bisa membedakan dua ras ini dari ukuran tubuhnya. Daripada Siberian husky, Alaskan malamute bertubuh lebih besar.

Tulang anjing Alaskan malamute yang besar membuat badannya lebih bongsor. Tak hanya itu, anabul ini memiliki pertumbuhan yang cepat.

Jika Anda masih bingung membedakannya, coba timbang dua ras tersebut. Alaskan malamute dewasa bisa tumbuh dengan bobot maksimal 75 kg.

Sementara itu, Siberian husky yang bertubuh lebih ramping dan kecil tidak memiliki pertumbuhan cepat. Anabul ini hanya mampu tumbuh dengan bobot maksimal 40 kg.

Warna Mata

Yang paling iconic dari Siberian husky dan tidak dimiliki Alaskan malamute adalah mata yang indah. Siberian husky memiliki bola mata biru, abu-abu, dan putih.

Sementara itu, Alaskan malamute hanya memiliki mata berwarna hitam dan cokelat. Bentuk mata dua ras anabul ini juga berbeda dan sangat kontras.

Alaskan malamute bermata bulat seperti biji almond. Sementara itu, Siberian husky memiliki mata cenderung tajam seperti mata Serigala.

Bentuk mata yang agak menyipit di ujung membuat Siberian husky bermuka garang. Lalu, bentuk mata yang cenderung bulat, membuat Alaskan malamute bermuka imut.

Bentuk Wajah

Seperti yang sudah disebutkan, Alaskan malamute memiliki wajah yang lebih ramah dibanding Siberian Husky. Selain itu, pipi malamute terlihat lebih gembul dan bundar dibandingkan husky.

Telinga Alaskan malamute juga lebih pendek dan lebar. Sementara itu, husky memiliki telinga yang memanjang dan sangat runcing di bagian atasnya.

Baca Juga: Update Harga Ikan Gabus per Kg dan Ekor di Pasaran (Hidup & Olahan)

Hidung dua spesies ini sama, yakni berwarna hitam dan mungil. Hanya saja, moncong Alaskan malamute lebih pendek daripada Siberian husky.

Itulah perbedaan antara Asian malamute dan Siberian husky. Nah, sebelum mengetahui harga jual anjing Alaskan Malamute, berikut ciri-cirinya secara detail.


Update Harga Anjing Alaskan Malamute Anakan (Puppy) & Dewasa (Indukan)


Ciri-ciri Anjing Alaskan Malamute

  • Panjang maksimal tubuh anjing 58-65 cm.
  • Pundak kuat, dada lebar, dan berotot.
  • Berbulu ganda dan tebal.
  • Bulu bagian luar agak kasar.
  • Tekstur bulu dalam halus dan lembut.
  • Memiliki bulu putih di wajah dengan pola seperti topeng.
  • Warna bulu bervariasi, yakni abu-abu, putih, hitam, dan merah kehitaman.

Dengan bentuk fisik yang menggemaskan, tak heran banyak yang menginginkannya. Sebaiknya, sebelum menawar harga anjing Alaskan Malamute, Anda mengetahui karakteristiknya.

Karakteristik Anjing Alaskan Malamute

  • Komunikatif, suka menggonggong, dan agak bawel.
  • Bisa diajak bernyanyi dan tahu nada lagu.
  • Tidak suka sendirian karena terbiasa hidup berkelompok.
  • Suka bosan dan harus diajak bermain setiap hari.
  • Cenderung sensitif dan memerlukan banyak perhatian.
  • Enerjik dan membutuhkan olahraga atau aktivitas yang banyak.
  • Duka bermain di area terbuka dan tidak bisa dikekang.
  • Sangat loyal, setia, dan bersahabat dengan ownernya.
  • Cerdas dan memiliki rasa ingin tahu tinggi.
  • Keras kepala, dan bandel.
  • Sangat suka bermain kejar-kejaran.
  • Memiliki kebiasaan menggali tanah.
  • Tidak suka dengan hawa panas.

Dengan mengetahui karakteristiknya, Anda bisa mudah memahami anabul ini. Selain itu, berikut adalah cara memeliharanya.

Baca Juga: Update Harga Ikan Golden Dorado (Salmon Air Tawar) Anakan dan Indukan

Cara Memelihara Anjing Alaskan Malamute

  • Grooming harus dilakukan secara rutin untuk menjaga pertumbuhan bulu. Selain itu, ini berguna untuk mencegah dan mengurangi kerontokan.
  • Setiap hari, Anda harus menyisir bulunya. Ini supaya bulu tidak menggumpal dan mudah rontok.
  • Harus selalu dibawa ke dokter hewan setiap bulan untuk cek kesehatan. Karena anabul sangat rentan terhadap katarak, tiroid, penyumbatan darah, dan elbow dysplasia.
  • Anda harus membawanya jalan-jalan dan bermain setiap hari. Ini untuk mengatasi rasa bosan sekaligus menyalurkan energinya yang besar.
  • Perhatikan kesehatan mulutnya. Disarankan untuk menggosok giginya setiap 2-3 kali seminggu.
  • Potong kuku anjing dan bersihkan telinganya supaya tidak infeksi. Ini juga cara untuk menghalau bau.
  • Pakan harus diberikan sesuai dengan usia anjing. Anak Alaskan malamute membutuhkan makan 3 kali sehari ditambah susu.
  • Sementara itu, indukan atau anjing dewasa hanya membutuhkan pakan sebanyak 2 kali sehari. Tak hanya itu, snack anjing harus diberikan supaya mereka tidak bosan.
  • Vaksin dan vitamin harus diberikan secara rutin dan sesuai dengan kebutuhan. Sesuaikan juga dengan dosisnya.
  • Selain itu, pastikan Anda memperhatikan hawa sekitar. Anjing tersebut tidak bisa hidup di area yang panas.

Usahakan, Anda memiliki satu ruang khusus sebagai area istirahat Alaskan malamute yang difasilitasi AC. Sebaiknya, Anda tidak menggunakan kipas angin, karena kurang efektif. Lalu, berapa harga anjing Alaskan malamute? Berikut rinciannya.


Update Harga Anjing Alaskan Malamute Anakan (Puppy) & Dewasa (Indukan)


Harga Anjing Alaskan Malamute

  • Alaskan Malamute Puppy: Rp15.000.000-Rp22.000.000 per ekor.
  • Adult Alaskan Malamute Jantan atau Betina: Rp25.700.000-Rp37.000.000 per ekor.
  • Anakan Alaskan Malamute Champion: Rp38.000.000-Rp42.000.000 per ekor.
  • Indukan Alaskan Malamute Jantan atau Betina Champion: >Rp50.000.000 per ekor.

Sebagai informasi, harga anjing Alaskan malamute di atas kami dapatkan dari situs e-commerce dan forum jual beli anjing. Tentunya, nilai jual beli anabul ini bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah.

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga anjing Alaskan malamute tahun 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, Alaskan malamute puppy yang dibanderol Rp13 juta hingga 20 juta per ekor tahun 2021, naik menjadi Rp15 juta hingga Rp22 juta per ekor tahun 2022.

Baca Juga: Harga Ikan Channa Red Barito Asli (5 Cm, 10 Cm, 30 Cm, 40 Cm) Tahun 2022

Untuk mengetahui harga anjing Alaskan malamute teraktual, Anda bisa mengunjungi breeder terdekat. Anda juga bisa mengetahuinya dengan melihat website atau forum jual beli anjing terpercaya.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Update Harga Anjing Alaskan Malamute Anakan (Puppy) & Dewasa (Indukan)"