Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Harga Kucing Hutan Norwegia Kitten (Anakan) & Dewasa per Ekor

Update Harga Kucing Hutan Norwegia Kitten (Anakan) & Dewasa per Ekor

Harga kucing hutan Norwegia atau Norwegian forest cat bisa mencapai puluhan juta per ekor. Namun, umumnya lebih murah untuk kitten atau anakan daripada dewasa.

Juga bersaing dengan harga kucing Siberia, kucing Norwegian asli ini terbilang cukup populer. Hal ini membuat harga anak kucing Norwegian Forest bisa dijual belasan juta rupiah per ekor.

Baca Juga: Update Harga Ikan Gabus per Kg dan Ekor di Pasaran (Hidup & Olahan)

Namun, beberapa orang mencoba mengawinkan kucing dengan ras lain supaya nilai jualnya lebih murah. Para breeder kucing Norwegian forest biasanya mengawinkan anabul ini dengan jenis Persia atau Anggora.

Kepopuleran Kucing Hutan Norwegia

Nah, kucing Persia mix Norwegia ini biasanya tidak sampai belasan juta rupiah untuk anaka. Sementara itu, dewasanya bisa ditawarkan mulai belasan juta rupiah.

Bisa dibilang, harga kucing hutan Norwegia mix lebih terjangkau daripada original. Meskipun begitu, beberapa orang lebih memilih memelihara yang asli.

Saking populernya anabul tersebut, kini sudah banyak orang yang mencoba mengembangbiakkannya. Selain itu, sudah ada komunitas Norwegian forest cat Indonesia.

Komunitas seperti ini tidak hanya memberikan informasi mengenai kucing, tetapi juga tempat jual belinya. Sudah tersebar hingga ke seluruh kota di Tanah Air, Anda bisa menjumpai iklan jual kucing Norwegian forest Surabaya.

Ada juga yang memasang iklan jual kucing Norwegian forest Malang. Tak hanya itu, jual beli kucing Norwegian Forest Bandung cukup diminati pencinta anabul.

Sebelum mengetahui harga kucing hutan Norwegia yang juga dinilai lebih murah daripada harga kucing Maine coon, berikut asalnya.

Asal Kucing Hutan Norwegia

Dongeng Kucing Hutan Norwegia

Dikenal sebagai kucing asli Norwegia, anabul ini sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Hewan ini juga turut melengkapi legenda dan dongeng negara tersebut.

Salah satu cerita rakyat yang cukup populer dari Norwegia adalah dewa Freya. Ini menceritakan ada kucing raksasa yang menarik keretanya dan itu disebut sebagai Norwegian forest cat.

Cerita lainnya adalah sejarah kucing Norwegia yang muncul dari pohon. Menurut legenda, ada kucing yang bisa keluar sendiri dari pepohonan yang besar di hutan Norwegia.

Kucing ini bertubuh besar dan bisa melakukan sulap. Tak hanya itu, si kucing dipercaya mampu membaca pikiran dan mengendus kejahatan.

Breeding Kucing Hutan Norwegia

Sementara itu, pakar sejarah mengatakan, induk Norwegian forest cat merupakan ras kucing yang dibawa dari Bizantium. Kucing asal turki itu dibawa prajurit Skandinavia.

Namun, ada yang menjelaskan, asal spesies ini adalah hewan peliharaan orang Viking. Anabul ini dipelihara sebagai penjaga gudang kapal dari serangan tikus.

Melanjutkan sejarah kucing yang diketahui berasal dari Turki, anabul ini bukan trah asli. Diperkirakan, kucing masih ada kaitannya dengan ras Siberia dari Rusia.

Ini yang membuat mamalia tersebut berbulu tebal seperti wol. Ini juga yang membuatnya tidak tampak seperti kucing hutan pada umumnya.

Persebaran Kucing Hutan Norwegia

Pada 1977, Norwegian forest cat akhirnya didaftarkan sebagai ras murni di FIFe (Fédération Internationale Féline). Lalu, pada 1980, anabul ini dipopulerkan di Amerika.

Hingga pada 1984, TICA (The International Cat Association) menyusul mengakui kucing ini sebagai ras murni. Tak hanya itu, TICA mengumumkan bahwa anabul ini bisa ikut ajang festival dan kejuaraan kucing.

Akhirnya, pada 1993, Norwegian forest cat diterima penuh sebagai trah baru. Dengan ini pula, kucing mulai diekspor ke berbagai negara dan sangat populer di kawasan Asia serta Eropa.

Tak ayal jika harga kucing hutan Norwegia tidak bisa dibilang mahal. Nah, berikut adalah ciri-cirinya.


Update Harga Kucing Hutan Norwegia Kitten (Anakan) & Dewasa per Ekor


Ciri-Ciri Kucing Hutan Norwegia

Wajah Kucing Hutan norwegia

Jika diperhatikan secara detail, kucing hutan Norwegia memiliki kepala cenderung bulat. Dengan garis pipi yang tidak terlalu menonjol, membuat wajahnya terlihat imut.

Pipi kucing ini juga cenderung chubby karena tertutup bulu yang tebal. Sementara itu, hidungnya memanjang dengan mulut yang agak lebar.

Baca Juga: Update Harga Ikan Golden Dorado (Salmon Air Tawar) Anakan dan Indukan

Mamalia berbulu tebal ini memiliki mata yang cenderung bulat seperti amond. Matanya berwarna kuning, emas, biru, odd-eye, dan hijau.

Tubuh Kucing Hutan Norwegia

Seperti yang telah disebutkan, Norwegian forest cat termasuk kucing bertubuh besar. Tak hanya itu, hewan ini cukup berotot dan memiliki tubuh cenderung panjang.

Untuk jantan bisa tumbuh dengan bobot antara 4,5 kg hingga 9 kg. Sementara itu, betina memiliki bobot mulai 3,5 kg hingga 8 kg.

Bisa dibilang tubuh kucing jantan dewasa lebih besar daripada betina. Selain itu, pertumbuhan kucing jantan juga lebih cepat daripada betina.

Bulu Kucing Hutan Norwegia

Bulu kucing Norwegian forest sangat tebal dan menyerupai mantel wol. Teksturnya juga lembut, mudah disisir, dan mudah diatur.

Ada tiga pola bulu anabul ini, yakni tabby, solid, bicolor, dan calico. Sementara itu, varian warnanya sendiri beragam, mulai dari putih, hitam, biru, merah, tortie, hingga perak.

Selain itu, ditemukan kucing yang berwarna oranye, emas, smoke, krem, dan bluecream. Dengan tampilan fisiknya yang menarik, tentunya tak heran jika harga kucing hutan Norwegia mahal.

Bagi, Anda yang tertarik ingin mengadopsi anabul ini, pastikan Anda sudah paham cara merawatnya. Berikut adalah cara memelihara kucing hutan Norwegia.

Cara Memelihara Kucing Hutan Norwegia

  • Bulu kucing harus disisir dan disikat secara rutin minimal seminggu sekali.
  • Grooming harus dilakukan setiap bulan sekali untuk menjaga kebersihan kucing.
  • Kandang kucing harus dibersihkan setiap hari minimal dua kali sehari.
  • Ganti air minumnya setiap pagi dengan air yang bersih dan matang.
  • Telinga kucing harus dibersihkan minimal 405 hari sekali.
  • Kuku kucing harus dipotong secara rutin.
  • Bawa anabul ke dokter hewan secara rutin untuk cek kesehatan minimal 6 bulan sekali.
  • Vaksin harus diberikan secara rutin pada kucing untuk mencegah ginjal polikistik dan penyakit penyimpanan glikogen.
  • Vitamin harus diberikan secara rutin untuk menjaga daya tahan kucing.
  • Pakan diberikan sebanyak tiga kali sehari untuk kitten.
  • Anabul dewasa hanya membutuhkan makan sebanyak 2 kali sehari.
  • Snack harus diberikan untuk mencegah kucing bosan dengan makanannya.
  • Ajak kucing bermain setiap hari supaya tidak stres.
  • Jangan kekang kucing dan biarkan berjalan-jalan di dalam rumah.

Selain memperhatikan langkah memelihara anabul di atas, pastikan Anda juga memahami karakteristiknya. Sehingga, Anda bisa merawatnya dengan mudah.

Karakteristik Kucing Hutan Norwegia

  • Aktif dan energik.
  • Memiliki naluri berburu yang baik.
  • Suka bermain kejar-kejaran.
  • Sangat tertarik dengan benda bergerak.
  • Jinak dan cerdas.
  • Terbiasa memanjat dan melompat.
  • Loyal dan setia.
  • Adaptif dan ramah.
  • Tidak terlalu manja.

Selain itu, kucing hutan Norwegia memiliki sisi liar yang kadang bisa muncul tak terduga. Sehingga, Anda harus sabar dalam merawatnya. Lalu, berapa harga kucing hutan Norwegia? Berikut rinciannya.


Update Harga Kucing Hutan Norwegia Kitten (Anakan) & Dewasa per Ekor


Harga Kucing Hutan Norwegia

  • Mix Norwegian Forest Persia Anakan: Rp1.000.000 - Rp1.300.000 per ekor. 
  • Lokal Norwegian Forest Cat Anakan: Rp1.700.000 - Rp2.500.000 per ekor.
  • Adult Kucing Hutan Norwegia Jantan atau Betina Lokal: Rp2.800.000 - Rp5.300.000 per ekor.
  • Norwegian Forest Kitten Impor Cattery Resmi: Rp13.750.000 - Rp18.000.000 per ekor.
  • Kucing Hutan Norwegia Dewasa Jantan atau Betina Impor Cattery Resmi: Rp23.100.000 -Rp40.000.000 per ekor.

Sebagai informasi, harga kucing hutan Norwegia di atas, kami rangkum dari forum jual beli kucing. Tentunya, harga kucing hutan Norwegia bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah.

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga kucing hutan Norwegia tahun 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, mix Norwegian Forest Persia anakan yang semula dibanderol Rp900 ribu-Rp1,1 juta pada tahun 2021, naik menjadi Rp1 juta-1,3 juta per ekor tahun 2022.

Baca Juga: Update Harga Shampo Kucing Bermanfaat untuk Membasmi Kutu & Jamur

Untuk mengetahui harga kucing hutan Norwegia, Anda bisa datang langsung ke breeder terdekat. Anda juga bisa menghubungi forum jual beli kucing terpercaya.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Update Harga Kucing Hutan Norwegia Kitten (Anakan) & Dewasa per Ekor"