Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Harga Ikan Bawal 1 Kg (Air Tawar, Hitam, & Putih) di Pasaran

Update Harga Ikan Bawal 1 Kg (Air Tawar, Hitam, & Putih) di Pasaran

Memiliki kandungan gizi yang lengkap dan diklaim bermanfaat untuk kesehatan, harga ikan bawal 1 kg tidaklah murah di pasaran. Namun, itu dibedakan dari jenis dan ukurannya.

Harga ikan bawal air tawar tampaknya lebih murah daripada harga ikan bawal putih atau air laut. Tak hanya itu, harga ikan bawal kecil lebih terjangkau daripada harga ikan bawal besar,

Selain dijual dalam kondisi segar siap masak, ada juga yang mengiklankan jual ikan bawal hidup. Umumnya, ini dijadikan sebagai hewan peliharaan atau budidaya.

Baca Juga: Harga Anak Kucing Anggora Asli dan Mix (Domestic & Persia) per Ekor

Namun, untuk ikan bawal konsumsi, umumnya orang menawarkannya dalam bentuk segar setelah ditangkap atau dipancing. Ini dikemas dalam plastik atau styrofoam ukuran sekilo.

Nah, salah satu pertanyaan yang sering muncul saat di pasar adalah ikan bawal 1 kg berapa ekor? 

Sebelum menjawabnya dan mengetahui harga ikan bawal 1 kg, Anda perlu tahu fakta menarik tentang hewan air ini. Terutama, mengenai asal dan jenisnya.

Asal Ikan Bawal

Termasuk famili Bramidae, bawal termasuk jenis ikan predator yang umum di Indonesia. Beberapa jenis spesies ini juga ditemukan di Hawaii dan perairan tropis lainnya.

Persebaran ikan bawal memang cukup luas karena memiliki sifat yang adaptif. Bisa disebut, hewan ini mudah dipelihara di mana pun, baik air laut maupun air tawar.

Hampir tersebar ke seluruh penjuru dunia, bawal memiliki nama latin Colossoma macropomum. Dengan sifatnya yang adaptif, banyak orang yang menjadikannya sebagai hewan budidaya.

Bisnis budidaya ikan bawal di Indonesia juga terbilang menggiurkan. Permintaan pasar yang tinggi, tampaknya membuat harga ikan bawal 1 kg meningkat.

Selain adaptif, konon ikan bawal memiliki daya hidup tinggi dan tahan dengan berbagai penyakit. Ini membuat petani bawal cukup diuntungkan.

Tips Budidaya Ikan Bawal

Anda tidak perlu bingung untuk membesarkan bawal. Ikan ini juga bisa hidup dengan baik di air laut atau tawar.

yang terpenting dari budidaya bawal adalah menciptakan habitat yang tenang. Air di kolam atau tambak juga harus mengalir dan selalu bersih.

Meskipun spesies ini bisa hidup di air yang keruh dan cukup kotor, tidak disarankan malas mengecek air. Air dengan mineral kurang dan kotor bisa menghambat pertumbuhan ikan.

Tak hanya itu, oksigen dan mineral dalam air juga harus cukup. Sehingga, hewan air tawar ini nyaman hidup di media pemeliharaan.

Ikan bawal bisa dipanen setelah beratnya mencapai 300 gr-500 gr per ekor. Sortir ikan sesuai ukurannya dan jual ke pasar atau restoran.

Harga ikan bawal 1 kg tidak hanya dibedakan berdasarkan beratnya, tetapi juga jenisnya. Nah, berikut adalah jenis-jenis ikan bawal.

Jenis Ikan Bawal

Ikan Bawal Air Tawar

Ini adalah jenis ikan bawal yang paling umum dibudidayakan. Anda bisa membelinya dengan mudah di pasar tradisional atau modern.

Banyak orang yang memeliharanya karena media pembesaran yang mudah dibuat. Spesies ini bahkan bisa dikembangbiakkan di empang atau kolam semen.

Karena banyak yang membudidayakannya, harga ikan bawal air tawar 1 kg lebih murah dari jenis lainnya. Ini juga karena masa panen yang singkat dan pertumbuhannya yang cepat.

Ikan Bawal Hitam

Memiliki julukan Black pomfret, bawal hitam termasuk jenis ikan yang mudah dijumpai di perairan Indonesia. Spesies ini cenderung ada di dasar perairan berlumpur.

Beberapa orang biasanya memancing atau menangkapnya di muara sungai. Ini karena daerah tersebut cukup ramai dengan ikan-ikan kecil kesukaan bawal hitam.

Meskipun begitu, harga ikan bawal hitam per kilo paling mahal di antara semua jenis bawal. Ini karena ukurannya yang lebih besar dan berdaging.

Ikan Bawal Putih

Juga dikenal dengan nama Silver pomfret, habitat hewan ini ada di perairan payau. Namun, tak jarang spesies ini dipancing di daerah pantai.

Meskipun banyak ditemukan di perairan laut lepas, hewan ini bisa dibudidayakan di air tawar. Umumnya, orang akan memilih kolam semen atau tanah yang agak berlumpur.

Harga ikan bawal putih sekilo dinilai lebih murah dibandingkan bawal hitam. Namun, ikan ini lebih mahal daripada bawal air tawar.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai harga ikan bawal 1 kg, pastikan Anda mengetahui morfologinya. Berikut adalah ciri-ciri ikan bawal.


Update Harga Ikan Bawal 1 Kg (Air Tawar, Hitam, & Putih) di Pasaran


Ciri-Ciri Ikan Bawal

Masih satu famili dengan ikan piranha, bawal memiliki struktur tubuh mirip dengan predator sungai Amazon itu. Bentuk ikan bawal kuga cenderung lebar dan hidupnya berkelompok.

Seperti piranha, bawal juga berkelompok saat memangsa makanannya. Ini untuk pakan yang hidup dan berukuran cenderung sedang hingga besar.

Hampir semua bawal berinsang cukup besar dibandingkan ikan lainnya. Ini memungkinkan bawal bisa hidup di air minim oksigen.

Baca Juga: Harga Anjing Akita Puppy (Anakan) dan Dewasa (Jantan & Betina)

Selain lebar, tubuh bawal juga panjang dan lebar. Sehingga, ukuran matanya cukup besar dengan sorot pandang yang luas. Sementara itu, berikut adalah cara membedakan setiap jenis ikan bawal.

Perbedaan Ikan Bawal Air Tawar, Hitam, dan Putih

Warna Ikan Bawal

Ikan bawal air tawar umumnya memiliki sisik bergradasi. Bagian atas atau punggungnya berwarna abu-abu keperakan dengan bagian perut putih keperakan.

Lalu, seperti namanya, bawal hitam memiliki warna hitam di seluruh tubuhnya. Namun, lebih banyak yang berwarna abu-abu keperakan.

Sementara itu, ikan bawal putih memiliki warna sisik putih keperakan. Dari ujung kepala hingga ekor berwarna putih terang.

Bentuk Tubuh Ikan Bawal

Bawal air tawar cenderung bertubuh bulat dengan sirip dada berada tepat di bawah insang.

Ciri khas lain dari bawal air tawar adalah bagian bawah kepala hingga sebagian perutnya ada semburat kemerahan. Ini berbeda dengan bawal hitam dan putih.

Ikan bawal hitam memiliki tubuh yang tidak terlalu bulat dan agak pipih. Selain itu, ekor dan siripnya agak kecil.

Sementara itu, bawal putih memiliki tubuh yang lebih lebar dan panjang di antara semua jenis bawal. Ikan ini mampu tumbuh dengan bobot hingga 2 kg.

Selain itu, bawal putih memiliki ekor dan sirip punggung serta perut memanjang. Ada juga sirip di bagian bawah kepala yang melebar.

Metode Penjualan Ikan Bawal

Sebagian besar ikan bawal air tawar dipasarkan dalam kondisi hidup. Beberapa orang juga memasarkannya dalam kondisi segar setelah ditangkap atau dipancing.

Sementara itu, bawal hitam dan putih umumnya ditawarkan dalam kondisi beku. Beberapa orang juga menawarkannya dalam bentuk olahan, seperti fillet.

Baca Juga: Harga Ikan Tongkol 1 Kg di Pasaran (Segar, Frozen, Giling)

Tak hanya dijual dalam ukuran per kg, untuk bawal air laut ditawarkan per ekor. Sementara itu, ikan bawal air tawar lebih dihitung per kilo, karena ukurannya tidak terlalu besar.

Nah sebelum membahas tentang harga ikan bawal 1 kg, beberapa orang sangat penasaran dengan kandungan gizinya. Berikut adalah nilai gizi ikan bawal per 100 gr.

Kandungan Gizi Ikan Bawal 100 gr

  • 91 kkal Kalori.
  • 1,70 gr Lemak.
  • 19 gr Protein.
  • 20 mg Kalsium.
  • 150 mg Fosfor.
  • 129 Natrium.
  • 2 mg Zat Besi.

Selain itu, daging ikan bawal mengandung vitamin lengkap (A, B1, B2, B3, dan C). Ada juga kalium, tembaga, seng, air, dan abu. 

Dengan semua nutrisinya, bawal dipercaya memiliki banyak manfaat yang baik untuk tumbuh kembang anak. Ini juga yang membuat harga ikan bawal 1 kg tidak murah. Lalu, berapa harga ikan bawal 1 kg saat ini? berikut rinciannya.


Update Harga Ikan Bawal 1 Kg (Air Tawar, Hitam, & Putih) di Pasaran


Harga Ikan Bawal 1 kg

  • Ikan Bawal Air Tawar: Rp25.000-Rp37.000 per kg.
  • Silver atau Ikan Bawal Putih: Rp45.000-Rp65.000 per kg.
  • Bawal Hitam: Rp60.000-Rp78.000 per kg.

Sebagai informasi, harga ikan bawal 1 kg saat ini didapatkan dari berbagai sumber di internet. Meskipun hanya kisaran, Anda bisa menjadikannya sebagai referensi sebelum membelinya. Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga ikan bawal air 1 kg tahun 2022 masih terbilang stabil.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Update Harga Ikan Bawal 1 Kg (Air Tawar, Hitam, & Putih) di Pasaran"