Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Harga Ikan Koi Kumpay (Ukuran 5 Cm hingga 40 Cm) dan Cara Merawatnya

Update Harga Ikan Koi Kumpay (Ukuran 5 Cm hingga 40 Cm) dan Cara Merawatnya

Ikan koi tak hanya menjadi incaran pencinta ikan hias, tetapi juga mereka yang masih percaya dengan mitos. Menurut kabar yang beredar, dengan memelihara ikan ini akan mendapatkan manfaat berupa keberuntungan yang melimpah. Sementara harga koi Jepang impor terbilang mahal, ada koi lokal seperti ikan koi kumpai yang dibanderol lebih murah. Harga ikan koi kumpay yang terbilang lebih miring inilah yang membuatnya diklaim cukup laris di pasaran.

Tidak hanya komoditas pertanian yang bisa ditunjukkan Indonesia untuk bersaing di kancah Internasional tetapi juga perikanan. Siapa sangka Indonesia berhasil mencapai angka ekspor ikan hias sebesar USD 15,2 juta pada periode Januari-Mei 2021 (KKP). Salah satunya, ikan koi yang terkenal dengan peminatnya yang sangat banyak baik itu di dalam negeri maupun luar negeri. 

Baca Juga: Update Harga Snack untuk Melatih Anjing Semua Merek dan Manfaatnya

Ikan koi memang tergolong cukup mahal dibandingkan dengan ikan biasa yang sering Anda temui di pasaran. Namun, hal ini tidak mengurangi pecandu ikan koi ini untuk tetap membelinya. 

Budidaya ikan koi pun juga sudah berhasil memasuki seluruh pelosok negeri, termasuk ikan koi kumpay yang mampu mengalihkan perhatian masyarakat Indonesia. Ikan koi sangat terkenal akan pesonanya yang menawan.

Persilangan Ikan Koi Kumpay

Siapa yang masih tidak tahu dengan keunggulan ikan koi yang satu ini? Selain harga ikan koi kumpay yang terbilang murah, si primadona air tawar ini memiliki bentuk tubuh yang elok. 

Ikan koi sudah lama dibudidayakan masyarakat Indonesia sejak tahun 1920-an. Namun, perkembangannya baru diawali pada tahun 1982. Dibawa oleh Dragon Fang dan Hani Moniaga dari Jepang, budidaya ikan koi di Indonesia mulai meningkat. 

Ikan ini dihasilkan dari persilangan koi asal Jepang dan ikan mas ras kumpay dari Bogor dan Cibalagung, Jawa Barat. 

Saat itu, dikirimkan sebanyak 60 ekor ikan koi kumpay berwarna hijau dan kuning kepada Pangeran Akihito. Persilangan dilakukan di Jepang pada kala itu.

Untuk menghasilkan varietas baru, dilakukan pengiriman kembali oleh Pangeran Akihito sebanyak 50 ekor ikan koi kumpay silangan ke Indonesia. 

Kemudian, ikan berhasil dibudidayakan di Indonesia. Sejak saat itu, peminat ikan koi di Indonesia semakin melonjak hebat, apalagi karena harga ikan koi kumpay yang cukup miring.

Ikan koi kumpay memiliki ciri khas yang sangat unik dan menarik. Ciri yang paling khas ditonjolkan oleh bentuk badan dan warnanya yang indah. 

Keindahan badan koi ini ditAndai dengan siripnya yang panjang serta berumbai sehingga terlihat indah saat bergerak. Sedangkan sisiknya ditutupi warna yang sangat bervariasi seperti putih, hijau gelap, merah, dan kuning.

Untuk penyilangannya pun juga tidak terlalu sulit. Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah memilih ikan kumpay dengan warna yang polos misalkan putih, hitam, atau emas. Untuk mengawinkannya, satu ekor betina dicampur dengan lima ekor jantan dalam sebuah karamba yang kira-kira berukuran 2x3x1 meter. 

Agar telurnya tidak berserakan, Anda bisa memberi ijuk di dasar keramba dan dibiarkan semalam. Jika telur yang dihasilkan sudah lumayan banyak, induk diangkat. 

Setelah itu, anakan dipindahkan ke kolam khusus untuk pemeliharaan ikan kecil. Lebih disarankan agar di dalam kolam terkandung banyak plankton

Kepopuleran ikan koi tentu akan berbanding lurus dengan harganya. Tidak mungkin Anda bisa mendapatkan kualitas bagus dengan harga yang murah. 

Perlu Anda ketahui bahwa Ikan koi tidak bisa disamakan harganya dengan jenis ikan yang lain. Karena koi sendiri bisa dinobatkan sebagai primadona ikan hias di Indonesia. 

Untuk saat ini, sangat disayang ketersediaan ikan koi kumpay yang paling banyak dijumpai di Indonesia hanya warna kuning putih. Namun, tenang saja hal ini tidak menutup kemungkinan untuk meningkatkan ketersediaan kumpay dengan warna yang lain dalam jumlah lebih banyak.

Kemajuan teknologi saat ini sangat mendukung kita untuk berbelanja meskipun hanya dari rumah. Tidak hanya keperluan rumah tangga yang dapat dibeli secara online, bahkan ikan pun juga bisa.

Baca Juga Harga: Harga Ikan Koi Slayer Kumpay dan Platinum Tahun 2022

Salah satu ikan yang bisa dibeli lewat situs e-commerce adalah koi kumpay. Koi ini umumnya dijual dengan harga ribuan hingga ratusan tergantung ukurannya. 

Semakin panjang dan besar ukurannya, maka semakin mahal pula harga ikan koi kumpay tersebut. Sebagai referensi, berikut daftar harga ikan koi kumpay di Indonesia serta ukurannya.

Harga Ikan Koi Kumpay

Ukuran Ikan Koi KumpayHarga per  Ekor    
Ikan koi kumpay 5 cmRp8.000 - Rp10.000
Ikan koi kumpay 10 cmRp12.500 - Rp15.000
Ikan koi kumpay 15 cmRp17.200 - Rp20.000
Ikan koi kumpay 20 cmRp26.000 - Rp30.000
Ikan koi kumpay 25 cmRp41.000 - Rp50.000
Ikan koi kumpay 30 cmRp60.800 - Rp70.000
Ikan koi kumpay 35 cmRp81.500 - Rp90.000
Ikan koi kumpay 40 cmRp100.000 - Rp110.000

Harga ikan koi kumpay di atas telah kami dapatkan dari berbagai sumber di internet. Harga ikan koi kumpay tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. 

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga ikan koi kumpay tahun 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, ikan koi kumpay 5 cm yang dibanderol Rp5 ribu tahun 2021 naik menjadi Rp8 ribu-Rp10 ribu.

Pastikan Anda mengecek harga ikan koi kumpay sebelum membelinya. Selain itu, Anda harus mengetahui tips memilih ikan yang tepat. Hal ini akan membuat Anda mengetahui kualitas ikan koi kumpay. 


Update Harga Ikan Koi Kumpay (Ukuran 5 Cm hingga 40 Cm) dan Cara Merawatnya


Cara Memilih Ikan Koi Kumpay 

  • Tampilan luar koi, Ikan koi yang bagus.
  •  Koi memiliki badan yang proporsional, tidak terlalu gemuk dan juga tidak terlalu kurus.
  • Warna yang bagus, tidak terlalu pucat dan juga tidak terlalu mencolok.
  • Sisiknya masih utuh dan tidak ada bintik-bintik warna.
  • Kondisi ikan masih sehat.
  • Gerakan ikan gesit, tidak diam di tempat, dan tidak terlihat lemas.
  • Memiliki nafsu makan yang wajar.

Jika berminat membelinya, selain harus tahu harga ikan koi kumpay di Indonesia, Anda harus mengetahui bagaimana cara merawatnya dengan baik. Untuk perawatan ikan koi kumpay tidak jauh berbeda dengan koi pada umumnya.

Cara Budidaya Ikan Koi Kumpay

  • Sebagai pakan utama, berikan pelet. 
  • Pelet harus mengandung banyak protein. 
  • Sementara itu, untuk pakan tambahan bisa berupa sayuran. 
  • Untuk pakan utama cukup diberikan dua kali sehari. 
  • Pakan tambahan cukup diberikan sekali dalam dua hari.
  • Gunakan air bersih dan jernih supaya ikan terjaga kesehatannya. 
  • Selain itu, pasang biological filter pada media budidaya. 
  • Kebersihan kolam harus selalu dijaga. 
  • Kekeruhan air kolam bisa membuat kesehatan koi Anda menurun bahkan mati. 

Demikianlah pemaparan tentang harga ikan koi kumpay di Indonesia. Tidak menutup kemungkinan ikan koi yang ada di pasaran banyak yang dijual dengan seadanya. Bisa dibilang, ikan dijual tanpa memperhatikan orisinalitasnya alias palsu.

Baca Juga: Harga Merk Susu untuk Anak Anjing Terbaik dan Manfaatnya

Diketahui, perkembangan koi kumpay cukup signifikan dengan daya saing sangat tinggi.  Sangat penting untuk merawat ikan koi dengan sepenuh hati dan tepat. Untuk lebih rinci, Anda bisa tanyakan langsung kepada penjualnya.

Semoga Anda bisa mendapatkan ikan koi dengan harga terbaik dan tentunya dengan kualitas yang bagus. Jangan segan dan malu untuk menanyakan kualitas dan keaslian koi kepada penjualnya. 

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Update Harga Ikan Koi Kumpay (Ukuran 5 Cm hingga 40 Cm) dan Cara Merawatnya"