Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Harga Ikan Golden Dorado (Salmon Air Tawar) Anakan dan Indukan

Update Harga Ikan Golden Dorado (Salmon Air Tawar) Anakan dan Indukan

Ada jenis ikan predator yang sedang banyak diincar kolektor ikan hias, seperti ikan Channa, Arwana, Payara, dan Goliath untuk dipelihara di Aquarium. Selain itu, ada juga ikan Dorado (Golden Dorado) yang biasa disebut sebagai salmon air tawar. Harga ikan Golden Dorado atau Dorado emas bibit atau anakan dan dewasa di pasaran sendiri terbilang tidak murah.

Klasifikasi Ikan Golden Dorado

Mengenal namanya, mungkin Anda berpikir bahwa nama ikan Salmon emas air tawar ini termasuk rasi bintang dorado. Namun, ikan Golden Dorado bukanlah rasi bintang, melainkan hewan air jenis predator.

Banyak orang yang suka memelihara Golden Dorado karena bentuk fisiknya yang keren dan mirip ikan salmon. Memiliki banyak nama, ikan ini juga kerap disebut sebagai River Tiger dan Jaw Characin.

Secara ilmiah, Golden Dorado memiliki nama Salminus brasiliensis. Ikan ini berasal dari kingdom Animalia dan tergabung dalam kelompok Chordata.

Baca Juga: Harga Anjing Pitbull (Dewasa & Puppy) dan Jenisnya di Indonesia

Diklasifikasikan dalam kelas Actinopterygii, Dorado juga tergolong dalam ordo Characiformes. Sementara itu, family-nya adalah Charachidae dan genus-nya adalah Salminus. Spesies spesifik-nya sendiri adalah S. Brasiliensis.

Asal Ikan Golden Dorado

Berasal dari wilayah Brazil Selatan, ikan Golden Dorado tersebar ke beberapa negara sekitarnya. Cukup luas, ikan ini juga dapat ditemukan di Uruguay, Paraguay, Argentina, dan Bolivia.

Sebagai predator air tawar yang tangguh, ikan tersebut juga akhirnya tersebar ke Wilayah Amerika. Bahkan, saat ini Dorado sudah dapat dilihat di wilayah Eropa dan Asia, termasuk Indonesia.

Meskipun keberadaan Salmon air tawar di Nusantara masih langka, tetapi beberapa orang sudah mengincarnya untuk dijadikan penghuni akuariumnya. Umumnya, Golden DOrado yang ada di Indonesia didapatkan secara impor.

Berhubung cara mendapatkannya yang sulit dan harus impor, harga ikan Golden Dorado terbilang mahal. Beberapa orang bahkan rela harus memeliharanya dari benih, untuk mendapatkan nilai jual atau beli yang lebih murah.

Untuk memperkenalkan Dorado kepada masyarakat secara luas, ikan ini sudah ada penangkarannya. Tak hanya itu, hewan air tawar ini sudah bisa dijumpai di taman nasional maupun kebun binatang.


Update Harga Ikan Golden Dorado (Salmon Air Tawar) Anakan dan Indukan

Ciri Fisik Ikan Dorado

Sering disamakan dengan ikan Mahi-Mahi, atau Dolphinfish, Golden Dorado memiliki ciri fisik yang unik. Jika ikan Mahi-Mahi memiliki benjolan di kepalanya, tidak dengan Dorado.

Seperti julukannya, yakni Salmon air tawar, Golden Dorado memiliki bentuk fisik yang sangat mirip dengan Salmon. Ikan predator ini bersisik kemerahan dengan garis hitam yang ada di bagian tengah tubuhnya dan membagi ekornya menjadi dua.

Uniknya, Golden Dorado memiliki warna sisik yang didominasi dengan abu-abu keputihan. Jika terpapar sinar matahari, sisiknya akan memancarkan rona keperakan.

Ciri khas Golden Dorado adalah meskipun warna sisiknya berwarna abu-abu, hitam, dan keperakan, bagian pinggirnya berwarna keemasan. Warna emasnya sangat mencolok di bagian sirip punggung, kepala, ekor, dan perut.

Termasuk predator air tawar, Golden Dorado memiliki rahang yang sangat kuat. Dari kejauhan, Anda akan melihat giginya yang kecil-kecil dan tajam mencuat dari mulutnya.

Karakteristik Ikan Golden Dorado

Termasuk predator air tawar, Golden Dorado memiliki habitat di sungai. Sungai yang luas dan dalam adalah tempat tinggal utama mereka.

Seperti Salmon, ikan ini juga berpindah dari sungai satu ke sungai lainnya. Selain itu, ikan ini bisa dijumpai di danau dan air terjun jika musim kawin.

Meskipun ukuran tubuh Dorado cukup besar, hewan air tawar ini mampu berenang dengan lincah. Karena, habitatnya di alam liar, sehingga ikan ini juga bisa lompat untuk berpindah tempat.

Jika dimasukkan ke dalam akuarium, ikan ini suka berputar dan berenang mengelilingi akuarium. Sifatnya terbilang unik untuk jenis ikan predator.

Termasuk hewan air tawar yang cerdas, di alam liar, ikan ini terbiasa melawan arus air sungai dan air terjun. Inilah yang membuat tubuhnya yang mirip torpedo mampu berenang cepat. Hal ini juga yang membuat harga ikan Golden Dorado mahal.

Suka menjelajah ketika hidup di sungai, Golden Dorado suka berenang dari permukaan hingga ke dasar akuarium. Sementara itu, di alam liar, ikan ini suka menjelajah bagian dasar sungai yang ditumbuhi tumbuhan air.

Sifat Ikan Golden Dorado di Akuarium

Di alam liar, ikan ini hidup secara berkelompok dan saling membantu. Namun, saat dimasukkan ke dalam akuarium, ikan ini tampaknya bisa sedikit jahil.

Dorado suka mengejar hewan air lainnya, seperti ikan Arwana. Hal ini yang membuat owner Arwana memanfaatkan kejahilan ikan tersebut supaya Arwana miliknya mau berenang berputar-putar di Aquarium.

Meskipun jahil dan suka mengejar ikan lain, hewan ini tidak berbahaya asalkan Anda mengetahui temperamen-nya dengan baik. Ikan tersebut tidak akan memangsa ikan lain yang ukuran badannya lebih besar daripada mulutnya.

Baca Juga: Harga Anak Kucing Anggora Asli dan Mix (Domestic & Persia) per Ekor

Pastikan Anda tidak mencampur ikan Golden Dorado dengan hewan air tawar kecil. Ikan ini lebih cocok dengan hewan air tawar besar, baik itu jenis predator atau bukan.

Bukan termasuk ikan air tawar lokal, cara memelihara ikan Golden Dorado terbilang gampang-gampang sulit. Hal ini juga yang membuat harga ikan Golden Dorado di Tanah Air tidak murah.


Update Harga Ikan Golden Dorado (Salmon Air Tawar) Anakan dan Indukan


Cara Memelihara Ikan Golden Dorado

  • Siapkan media pemeliharaan yang tepat, seperti akuarium atau kolam yang luas.
  • Buat media pemelihara senyaman mungkin dengan ikan.
  • Lebih baik jika Anda meletakkan tumbuhan air atau akar-akaran sebagai hiasan sekaligus tempat bermain ikan.
  • Ikan tidak suka dengan tempat yang sempit, sehingga jangan memasukkannya ke dalam akuarium kecil.
  • Umumnya, orang akan merawat Golden Dorado di tank.
  • Air pada media pemelihara harus jernih dan tank harus dibekali dengan filter.
  • Bersihkan dan ganti air tank setiap bulan maksimal 3-4 kali.
  • Berikan pakan plankton atau larva saat ikan masih anakan atau bibit.
  • Untuk ikan Dorado dewasa, berikan ikan-ikan kecil, udang, dan kadal sebagai pakan.
  • Ikan Golden Dorado lebih suka pakan hidup yang bergerak, daripada pakan kering atau hewan mati.
  • Memiliki sifat agak rewel sola makanan, jangan berikan pakan yang terlalu besar daripada mulutnya.
  • Jika Anda memelihara lebih dari satu ikan dorado, pastikan pakan yang diberikan cukup.
  • Jangan sampai pakan tersisa di media budidaya atau pemeliharaan, karena bisa menjadi racun bagi ikan.

Cara memelihara ikan Golden Dorado memang tidak sulit, tetapi membutuhkan biaya banyak. Belum lagi, Anda harus mengeluarkan kocek tak sedikit, karena harga ikan Golden Dorado yang tidak murah.

Ikan Golden Dorado Konsumsi

Selain bisa dijadikan sebagai ikan hias, ternyata, di negeri asalnya, ikan Golden Dorado adalah ikan konsumsi. Banyak orang Brazil yang menjadikannya sebagai hidangan dengan cara digoreng, dibakar, dan ditim.

Namun, diantara semua, resep ikan Golden Dorado Bakar terbilang paling disukai. Karena daging ikan menjadi lebih lembut dan empuk saat dibakar, belum lagi bumbunya yang meresap ke dalam.

Sama seperti ikan konsumsi pada umumnya, di beberapa negara, ikan Dorado dijual dalam kemasan per ekor, per kilo atau per kg, dan per 1 kantong. Lalu, berapa harga ikan Golden Dorado di Indonesia?

Harga Ikan Golden Dorado

  • Bibit atau Anakan Ikan Golden Dorado Jantan atau Betina: Rp600.000 - Rp830.000 per ekor.
  • Ikan Golden Dorado Jantan atau Betina Dewasa atau Indukan: Rp1.500.000 - Rp5.800.000 per ekor.

Tentunya, harga ikan Golden Dorado di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber di internet, termasuk situs jual beli online atau situs e-commerce. 

Sama seperti nilai jual ikan hias pada umumnya, harga ikan Golden Dorado di tiap tempat bisa berbeda dan berubah sewaktu-waktu.

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga ikan Golden Dorado tahun 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, bibit ikan Golden Dorado yang dijual Rp575 ribu-Rp810 ribu per ekor tahun 2021, naik menjadi Rp600 ribu-Rp830 ribu per ekor tahun 2022.

Baca Juga: Harga Kucing Persia Medium Anakan (Kitten) dan Dewasa per Ekor

Bagi Anda yang ingin membeli ikan Golden Dorado untuk keperluan budidaya, sebaiknya membeli dari bibitnya hingga menjadi indukan yang unggul dan siap melakukan pemijahan atau dikawinkan. 

Untuk informasi lebih teraktual mengenai harga ikan Golden Dorado, Anda bisa mengunjungi toko ikan hias impor terdekat.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Update Harga Ikan Golden Dorado (Salmon Air Tawar) Anakan dan Indukan"