Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Anjing Kintamani Bali Asli (Anakan & Dewasa) Tahun 2022 di Pasaran

Harga Anjing Kintamani Bali Asli (Anakan & Dewasa) Tahun 2022 di Pasaran

Salah satu jenis anjing lokal yang punya banyak penggemar di Indonesia adalah Kintamani. Harga anjing kintamani sendiri terbilang lebih murah dibanding ras lain.

Meskipun begitu, anabul ini tidak kalah apik dengan ras lainnya. Umumnya, harga anjing Kintamani kecil lebih terjangkau daripada yang besar.

Sempat masuk dalam list harga anjing 300 ribu, kini Kintamani dijual lebih dari itu. Harga anjing Kintamani putih bisa mencapai jutaan rupiah.

Baca Juga: Update Harga Ikan Cupang Halfmoon Semua Jenis (Anakan dan Dewasa)

Selain putih, ada juga hitam. Harga anjing Kintamani hitam tak jauh berbeda dengan yang putih.

Untuk mengembangkan ras Kintamani, tak jarang breeder mengawinkannya dengan ras lain. Umumnya, orang lebih menyukai anjing Kintamani mix Husky. Sebelum membahas tuntas tentang harga anjing Kintamani, berikut sejarah dan asalnya.

Asal Anjing Kintamani

Merupakan ras lokal, anjing Kintamani berasal dari daerah pegunungan Kintamani, Bali. Trah ini adalah asli desa Sukawan, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

Berasal dari wilayah pegunungan dan hutan, sebenarnya belum ada yang mengetahui kebenaran awal mula anjing ini. Namun, dari dokumentasi tradisional Lontar Bali, disebutkan tentang Kuluk Gembrong.

Diyakini, Kuluk Gembrong adalah asal mula anjing Kintamani. Sementara itu, kepopuleran dan persebaran anjing Kintamani dimulai pada 1985.

Itu berawal ketika klub anjing Kintamani di Bali mengadakan pertunjukan pertama di Pulau Dewata bersama Universitas Udayana. Berkat ini, anjing tersebut dikenal di hampir seluruh kota di Indonesia.

Setelah cukup populer, diadakan pengamatan dan penelitian secara berkelanjutan untuk memperoleh standar anjing Kintamani. Hingga akhirnya, mamalia berbulu ini diakui dunia sebagai anjing kuno.

Juga dijuluki anjing gembrong dari lembah Gunung Batur, anabul tersebut diresmikan dengan nama anjing Kintamani Bali. Ini terjadi dalam Rapat Kerja Nasional ke-2 tahun 2006.

Tergolong tipe primitif dengan ciri anjing spitz, anjing Kintamani sudah diakui FCI (Federation Cynologique Internationale).

Tak heran jika harga anjing Kintamani Bali bisa ditawar dengan harga mahal. Harga anak anjing Kintamani saja, saat ini sudah lebih dari ratusan ribu rupiah.

Untuk lebih mengenal anjing Kintamani, Anda juga perlu mengetahui morfologinya. Berikut ciri-ciri anjing Kintamani.

Ciri-Ciri Anjing Kintamani

Bentuk Wajah Anjing Kintamani

Secara fisik, anjing Kintamani adalah trah berpenampilan menggemaskan di Indonesia. Ini karena kepalanya yang cenderung lebar dengan dahi dan pipi menonjol.

Bentuk telinga anjing ini cenderung lancip dan berbentuk segitiga. Sekilas, itu mirip dengan telinga Serigala.

Ujung telinga anjing Kintamani membulat dengan jarak cukup lebar. Umumnya, ujung telinga anjing berwarna merah atau oranye.

Sementara itu, matanya seperti almond dengan bola mata cokelat gelap. Lalu, hidungnya hitam kecoklatan dengan moncong berukuran sedang.

Bulu Anjing Kintamani

Meskipun trah lokal, anjing Kintamani terlihat seperti ras impor. Karena, bulunya yang tebal dan panjang, terutama di bagian leher.

Warna bulu anjing ini beragam, mulai dari cokelat, putih, dan hitam. Umumnya, mereka hanya memiliki satu warna bulu yang solid.

Namun, ditemukan anjing Kintamani dengan dua warna bulu. Ini adalah jenis anjing yang jarang dan biasanya memiliki nilai jual tinggi.

Khusus bulu ekornya bersurai dan berukuran panjang. Sekilas, itu mirip dengan kemoceng dan akan terlihat menggemaskan saat digoyangkan.

Tubuh Anjing Kintamani

Bukan termasuk anjing besar, anjing Kintamani dewasa bisa tumbuh setinggi 40-55 cm. Biasanya, anjing jantan lebih besar daripada betina.

Tergolong anjing pekerja, tubuh anabul ini sangat tegap dengan kaki yang berotot. Kakinya juga lurus dan cenderung kuat dengan tumit tidak berkuku tajir.

Untuk ekornya sendiri cenderung tegak dan condong ke samping. Jarang sekali ada anjing Kintamani yang menundukkan ekornya.

Tak hanya penampilannya saja yang menjadi faktor penentu anjing Kintamani, tetapi juga keunggulannya. Anabul ini unggul dalam tugasnya seperti berikut.

Tugas Anjing Kintamani

Terlahir sebagai anjing kuno golongan pekerja, banyak orang Bali yang memeliharanya bukan hanya sebagai estetik. Anjing ini dipelihara dengan beragam tugas selain menjadi hewan rumahan.

Beberapa orang ada yang menjadikannya sebagai hewan penjaga rumah ketika rumah sedang kosong. Tak hanya itu, anabul ini kerap diajak berburu dan menemani orang untuk berolahraga.

Mampu menjadi teman yang baik, beberapa orang menjadikannya sebagai terapis. Umumnya, anjing akan bertugas sebagai pengawas sekaligus membantu pasien mengontrol emosinya.

Bagi beberapa pasien dengan autisme, anjing Kintamani memiliki peran yang sangat penting. Hewan ini diklaim mampu membantu proses penyembuhan gejala autis.

Memiliki kecerdasan yang luar biasa, beberapa orang juga memanfaatkannya sebagai penuntun. Umumnya, ini dilakukan mereka yang memiliki kekurangan dalam penglihatan.

Baca Juga: Update Harga Shampo Kucing Bermanfaat untuk Membasmi Kutu & Jamur

Tugas lain yang tak kalah menggemaskan adalah sebagai anjing sirkus. Anjing ini mudah dilatih dan memiliki sifat penurut.

Dengan tampilannya yang terbilang apik, tak heran jika harga anjing Kintamani saat ini bisa lebih dari sejuta rupiah. Nah, bagi Anda yang ingin mengadopsi anabul tersebut, pastikan Anda tahu cara merawatnya.


Harga Anjing Kintamani Bali Asli (Anakan & Dewasa) Tahun 2022 di Pasaran


Cara Memelihara Anjing Kintamani

  • Memelihara anjing Kintamani tidaklah sulit, karena anjing ini tidak memerlukan kandang.
  • Anda bisa membiarkannya keluar masuk rumah tanpa harus mengekangnya.
  • Namun, jika Anda menyediakan kandang atau ruang khusus anjing, jagalah kebersihannya.
  • Bersihkan kandang setiap hari minimal tiga kali sehari.
  • Selalu ganti air minum anjing minimal setiap pagi dengan air bersih.
  • Berikan pakan yang sehat dengan kandungan lemak, protein, dan kalori seimbang.
  • Tergolong anabul yang tidak rewel, anjing bisa mengonsumsi berbagai pakan anjing.
  • Berikan snack untuk mengatasi rasa bosan anjing.
  • Ajak anjing berolahraga dan berlari pagi setiap hari.
  • Pastikan anjing memiliki banyak aktivitas untuk menyalurkan energinya.
  • Biarkan anjing bersosialisasi dengan hewan peliharaan lain.
  • Vitamin dan vaksin harus diberikan sesuai dengan dosis dan kebutuhan.
  • Bawa ke dokter hewan jika anjing sakit atau mulai mogok makan.
  • Mandikan anjing setiap 2-4 minggu sekali menggunakan shampo khusus.
  • Bersihkan telinga anjing dan potong kukunya untuk mencegah infeksi.

Selain itu, Anda juga harus memahami karakteristik anjing. Ini sangat penting untuk mempermudah bersosialisasi dengan mereka.

Karakteristik Anjing Kintamani

  • Enerjik dan suka bermain.
  • Lincah dan suka dengan anak-anak.
  • Ramah dan mudah bersosialisasi.
  • Loyal dan tidak terlalu dominan dengan anjing lain.
  • Suka berlarian dan mengeksplorasi ruangan dalam rumah.
  • Tidak terlalu cerewet.
  • Mandiri dan tidak terlalu manja.
  • Setia kepada ownernya.

Sifatnya yang menggemaskan dan bentuk fisik yang menarik, membuat hewan ini memiliki banyak penggemar. Lalu, berapa harga anjing Kintamani saat ini? Berikut rinciannya.


Harga Anjing Kintamani Bali Asli (Anakan & Dewasa) Tahun 2022 di Pasaran


Harga Anjing Kintamani

  • Puppy Anjing Kintamani Non-Stambum: Rp800.000-Rp1.250.000 per ekor.
  • Anakan Anjing Kintamani Stambum Rp2.000.000-Rp3.000.000 per ekor.
  • Anjing Kintamani Dewasa Jantan atau Betina Non STB: Rp2.500.000-Rp4.000.000 per ekor.
  • Indukan Anjing Kintamani Jantan atau Betina Stambum: Rp3.000.000-Rp7.000.000 per ekor.

Sebagai informasi, harga anjing Kintamani di atas kami rangkum dari forum jual beli anjing dan situs e-commerce. Tentunya, nilai jual anjing tersebut bisa berbeda di tiap tempat dan berubah sewaktu-waktu. Meskipun begitu, harga anjing Kintamani tahun 2022 masih sama seperti tahun 2021.

Baca Juga: Harga Ikan Golden Dorado (Salmon Air Tawar) Anakan dan Indukan

Harga anjing Kintamani juga tergantung penawaran penjual dan pembeli. Untuk mengetahui harga anjing Kintamani teraktual, Anda bisa menjelajahi forum jual beli anjing terpercaya.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Anjing Kintamani Bali Asli (Anakan & Dewasa) Tahun 2022 di Pasaran"