Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Anjing Dachshund (Anakan, Dewasa, Jantan, & Betina) Terbaru

Harga Anjing Dachshund (Anakan, Dewasa, Jantan, & Betina) Terbaru

Ada banyak jenis anjing unik yang cukup populer di dunia dan salah satunya adalah dachshund. Meskipun begitu, harga anjing dachshund, baik anakan maupun dewasa tidak murah.

Bukan jenis anjing lokal, tidak banyak yang jual anjing dachshund di tanah air. Sehingga, untuk mendapatkan dachshund, Anda harus mengadopsinya secara impor.

Baca Juga: Harga Burung Prenjak (Jali, Emas, Kristal, Kepala Merah, dll)

Dibandingkan chihuahua, pomeranian, dan doberman, jenis anjing dachshund agak asing bagi sebagian orang di Indonesia. Hal ini karena nilai penawaran anabul tersebut yang mahal.

Julukan Anjing Dachshund

Termasuk jenis anjing yang umum di Jerman, anjing dachshund cukup populer di dunia. Namun, beberapa ilmuwan percaya, anjing dachshund berasal dari Mesir.

Hal itu dibuktikan dari adanya penemuan tulang anjing dachshund di Mesir. Diperkirakan, usianya sudah sama dengan zaman Mesir kuno.

Sebagai anjing hias, dachshund juga sering dijadikan sebagai anjing pemburu kelinci. Beberapa orang juga menjadikannya sebagai teman berburu rubah dan musang.

Itu juga yang membuatnya memiliki pamor tinggi di berbagai negara. Hal ini juga yang membuat dachshund memiliki banyak julukan.

Di Kanada, dachshund dikenal sebagai wiener dog, lalu di Inggris disebut sausage dog atau anjing sosis. Sementara itu, di Prancis lebih dikenal dengan nama teckel dan diplesetkan menjadi tekel di Tanah Air.

Nah, untuk anjing dachshund di Indonesia, beberapa orang mengimpornya langsung dari Prancis atau London. Setelah diimpor, banyak owner yang kemudian menawarkannya untuk diadopsi.

Umumnya, itu ada di kota-kota besar. Sebagai contoh, ada yang jual anjing tekel Surabaya.

Ada juga yang jual anjing tekel Jakarta. Tentunya, harga anjing sosis seperti ini tidaklah murah.

Sebelum membahas harga anjing dachshund, pastikan Anda mengetahui morfologinya. Berikut ciri-ciri anjing dachshund.

Ciri-Ciri Anjing Dachshund

Postur Tubuh Anjing Dachshund

Keunikan anjing dachshund adalah bentuk fisiknya. Berbeda dengan anjing lainnya, anjing tekel mempunyai badan yang memanjang dengan kaki pendek.

Sekilas, postur tubuhnya mirip corgi, hanya saja lebih panjang. Termasuk jenis anjing berukuran sedang, dachshund bisa tumbuh dengan panjang tubuh lebih dari 50 cm. 

Meskipun kakinya pendek, anjing sausage ini mampu lari dengan cepat. Sementara itu, anjing ini mampu tumbuh dengan bobot mulai 7 hingga 12 kg. 

Bentuk Wajah Anjing dachshund

Bagian atas kepala anjing tekel cenderung bulat dengan rahang tegas dan tirus. Meskipun begitu, itu membuatnya terlihat menggemaskan.

Moncong anabul tersebut tidak terlalu panjang dan cenderung berukuran sedang. Bagian ujung moncongnya terdapat hidung kecil seperti kismis.

Telinga anabul ini cenderung panjang hingga menyentuh pundaknya. Umumnya, telinga dachshund cenderung bergelambir. 

Sementara itu, tatapan anjing dachshund cenderung ekspresif dengan bola mata seperti almond. Itu membuat wajahnya terlihat imut.

Bulu Anjing Dachshund

Termasuk anjing berbulu tebal, dachshund mempunyai tiga varian bulu, yakni pendek, panjang, dan bergelombang. Khusus untuk anjing tekel berbulu gelombang, termasuk yang jarang ditemukan.

Tekstur bulu anabul ini cenderung lembut, halus, dan berkilau. Sementara itu, warnanya cukup beragam, mulai dari hitam, coklat, dan kemerahan.

Khusus anjing tekel hitam, adalah jenis yang paling umum. Harga anjing tekel hitam juga tidak murah.

Namun, ada juga yang menawarkan harga anjing tekel cokelat lebih murah dibandingkan hitam. Ini karena anjing masih anakan.

Dengan mengetahui ciri anjing dachshund, Anda bisa mengetahui mana ras asli dan campuran. Selain itu, Anda juga perlu memahami sifat anjing dachshund atau karakteristiknya.


Harga Anjing Dachshund (Anakan, Dewasa, Jantan, & Betina) Terbaru


Sifat Anjing dachshund

Karakteristik anjing dachshund terbilang cocok sebagai anjing penjaga. Meskipun tubuhnya kecil, anabul ini memiliki tingkat kewaspadaan tinggi.

Tak hanya itu, sifatnya yang pemberani dan bermental kuat, sangat pas untuk diacungi jempol. Anjing ini bahkan rela menggigit orang hanya untuk melindungi ownernya.

Meskipun begitu, anjing berkaki pendek ini mempunyai emosi yang sangat stabil. Tak hanya itu, mereka juga tidak mudah marah jika diganggu hewan lain.

Sifat anjing tekel lainnya adalah suka bermain dan sangat aktif. Dengan tubuhnya yang panjang, anjing ini suka berlarian mengejar bola.

Baja Juga: Harga Burung Nuri Kepala Hitam (Anakan, Dewasa, per Ekor, & Pasang)

Menurut review beberapa owner, ada saatnya ketika anjing dachshund bermalas-malasan. Ini terjadi saat cuaca sedang dingin dan hujan.

Dengan sifatnya itu, tak heran jika harga anjing dachshund tidak murah. Selain itu, diketahui anabul ini memiliki daya hidup tinggi seperti berikut.

Perkiraan Masa Hidup Anjing Dachshund

Berdasarkan penelitian, anjing dachshund mampu bertahan hidup mulai 12 tahun hingga 15 tahun. Namun, itu tergantung dari cara pemeliharaan dan perhatian yang diberikan pemiliknya.

Jika perawatannya bagus dan perhatian yang diberikan cukup, maka anabul ini bisa hidup lebih lama. Itu karena anjing yang bahagia dan terawat dengan baik tidak mudah terkena penyakit.

Tak heran jika banyak owner rela mengeluarkan banyak uang demi biaya perawatan anjing dachshund. Disisi lain, harga dachshund hampir tidak pernah turun di pasaran.

Karena biaya adopsi anjing tekel tidak murah, sangat disayangkan jika Anda merawatnya asal-asalan. Berikut adalah tips merawat anjing tersebut.

Tips Memelihara Anjing Dachshund

  • Pastikan Anda memiliki ruang khusus untuk memelihara anjing.
  • Siapkan kandang anjing yang luas jika Anda tidak ingin memelihara dachshund di dalam rumah.
  • Sewaktu-waktu, biarkan anjing bermain di dalam rumah, supaya lebih mengenal ownernya.
  • Buat jadwal anjing bermain dan berlatih dengan waktu istirahat cukup.
  • Selalu jaga kebersihan kandang anjing.
  • Sediakan juga ruang bermain anjing, supaya tidak merusak sofa.
  • Ajak anjing berlari setiap pagi atau sore selama 30 menit.
  • Pakan harus diberikan secara rutin dan teratur, sesuai usia dan kebutuhan.
  • Makanan anjing tekel yang baik mengandung protein, lemak, dan serat seimbang.
  • Berikan snack anjing supaya anabul Anda tidak bosan.
  • Supaya tidak mogok makan, sesekali berikan pakan basah.
  • Periksakan kesehatan anjing setiap 6 bulan sekali.
  • Jangan lupa untuk memberikan vaksin dan vitamin dengan dosis yang tepat.

Dengan melakukan perawatan yang tepat, anjing akan mempunyai daya hidup lebih tinggi. Namun, Anda juga perlu memperhatikan penyakit apa yang bisa menyerang dachshund.

Penyakit Anjing Dachshund

Masalah kesehatan yang paling umum dialami dachshund adalah sakit punggung. Ini karena ukuran tulang belakang anjing tekel yang lebih panjang daripada kakinya.

Kondisi kesehatan seperti ini bisa lebih parah jika mengalami obesitas. Sehingga, pastikan takaran makan anabul Anda tidak berlebihan.

Selain itu, anabul tersebut juga kerap sakit kaki. Ini bisa terjadi jika kakinya tidak kuat menopang berat badannya.

Baca Juga: Harga Burung Merpati Balap (Anakan, Dewasa, per Ekor, & Pasang)

Nah, dengan mengetahui masalah kesehatannya, Anda bisa mencoba menghindarinya. Itu bisa dilakukan dengan cek kesehatan anabul Anda secara rutin. Sementara itu, berapa harga anjing dachshund saat ini?


Harga Anjing Dachshund (Anakan, Dewasa, Jantan, & Betina) Terbaru


Harga Anjing Dachshund

  • Puppy Anjing Dachshund Jantan Non Stamboom: Rp4.500.000 - Rp5.000.000 per ekor.
  • Anakan Anjing Dachshund Betina Non Stamboom: Rp3.000.000 - Rp5.500.000 per ekor.
  • Anjing Dachshund Jantan Stamboom: Rp7.500.000 - Rp8.000.000 per ekor.
  • Dachshund Betina Anakan Stamboom: Rp7.500.000 - Rp9.000.000 per ekor.
  • Indukan Anjing Dachshund Jantan Non Stamboom: Rp9.000.000 - Rp11.000.000 per ekor.
  • Adult Anjing Dachshund Betina Non Stamboom: Rp9.250.000 - Rp11.500.000 per ekor.
  • Dewasa Anjing Dachshund Jantan Stamboom: Rp14.000.000 - Rp17.000.000 per ekor.
  • Betina Dachshund Indukan Stamboom: Rp14.200.000 - Rp17.000.000 per ekor.

Sebagai informasi, harga anjing dachshund di atas telah kami rangkum dari forum adopsi anjing impor. Tentunya, harga anjing dachshund bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Anjing Dachshund (Anakan, Dewasa, Jantan, & Betina) Terbaru"