Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Daging Burung Dara 1 Kg dan 1 Ekor (Segar & Frozen)

Harga Daging Burung Dara 1 Kg dan 1 Ekor (Segar & Frozen)

Selain menjadi hewan peliharaan, burung dara kerap diternak untuk dijual dagingnya. Meskipun harga daging burung dara tidak bisa dibilang murah, bahan makanan ini terbilang laris di pasaran.

Berbeda dengan burung dara peliharaan atau burung dara kicau, burung dara konsumsi cenderung bertubuh gemuk. Selain itu, suara kicaunya tidak semerdu burung dara peliharaan.

Untuk jenis burung dara atau merpati pedaging, biasanya berasal dari ras King. Ini adalah ras merpati yang bertubuh besar dan gemuk.

Ada sekitar 13 jenis burung dara konsumsi yang diternak. Beberapa yang cukup sering dijumpai di pasar Indonesia, yakni merpati modena, lahore, florentine, dan pomerian crooper.

Baca Juga : Harga Foundation PIXY untuk Kulit Berminyak Lengkap dengan Review!

Termasuk hidangan mewah, daging burung dara umumnya dijual dalam keadaan frozen dan segar. Tentunya, untuk daging merpati segar lebih mahal daripada frozen.

Untuk mengetahui varian dara konsumsi, mungkin akan lebih jelas jika Anda pergi ke jual daging burung dara terdekat. Namun, meskipun jenisnya berbeda, secara umum daging merpati memiliki gizi berikut.

Kandungan Nutrisi Burung Dara 1 Ekor (450 gr)

  • 356 kkal Kalori
  • 18,82 gr Lemak
  • 226 mg Kolesterol
  • 43,92 gr Protein
  • 128 mg Sodium
  • 595 mg Kalium

Mengetahui kandungan gizi daging burung dara yang lengkap, tak heran jika banyak yang menyukainya. Ini juga yang membuat harga daging burung dara tidak bisa dibilang murah.

Bahkan di beberapa lapak, nilai jual daging burung dara bisa lebih mahal daripada daging ayam. Namun, ada juga orang yang jual daging burung merpati lebih murah, apalagi jika dalam keadaan frozen.

Karakteristik Daging Burung Dara

Sebagai salah satu komoditi ternak, merpati memiliki karakter daging yang khas dibandingkan unggas lain. Daging dara segar berwarna merah dengan serat yang halus.

Baca Juga : Resmi Turun di Indonesia, Berapa Harga Langganan Netflix?

Dengan kandungan lemak yang rendah, tekstur daging burung merpati cenderung lebih lembut daripada ayam. Tak hanya itu, daging merpati tidak terlalu amis seperti ayam.

Tidak seperti ayam dan bebek, jumlah peternak burung dara di Indonesia tidak banyak. Sementara itu, permintaan daging burung dara cukup tinggi dan ini yang menyebabkan harga daging burung dara tidak murah.


Harga Daging Burung Dara 1 Kg dan 1 Ekor (Segar & Frozen)


Cara Mengolah Daging Burung Dara

Sebelum mengolah burung dara, pastikan Anda memilih daging yang masih segar. Selain itu, pilih burung dara dengan daging yang gemuk dan banyak.

Cuci daging burung dara seperti mencuci daging ayam. Setelah itu, potong daging sesuai selera.

Anda juga bisa membiarkan daging burung merpati utuh. Biasanya ini pas untuk diolah menjadi burung dara saus mentega atau dibakar.

Jika Anda ingin mendapatkan cita rasa daging burung dara yang gurih, marinasi dengan bumbu. Anda bisa menambahkan bawang putih, bawang merah, jahe, dan serai yang dihancurkan.

Supaya lebih berbumbu lagi, Anda bisa menambahkan kecap asin, saus tiram, dan sedikit minyak wijen. Beberapa orang juga suka menambahkan sedikit perasan jeruk nipis untuk menambah aroma dagingnya.

Daging merpati yang sudah dimarinasi selama 15-30 menit bisa langsung dimasak. Beberapa orang suka membakar dan menggorengnya, tetapi ada juga yang mengukusnya untuk mendapatkan kuah kaldu dan tekstur daging lebih juicy.

Baca Juga : Harga Mederma Gel Kemasan 10 Gr & 20 Gr untuk Bekas Luka

Nah, bagi Anda yang ingin mencicipi lezatnya daging burung merpati, Anda bisa langsung membelinya. Berikut referensi nilai jual daging burung dara di pasaran.

Harga Daging Burung Dara

Kemasan Daging Burung Dara

Harga Daging Burung Dara

Daging Burung Dara Jumbo Segar 1 ekor 

Rp45.000

Daging Burung Dara Muda Segar 1 ekor 

Rp35.000

Daging Burung Dara Frozen 1 ekor 

Rp26.000

Daging Burung Dara Konsumsi + Bumbu Siap Goreng 1 ekor 

Rp60.000

Daging Burung Dara Konsumsi Jumbo Segar 1 Kg (isi 2 ekor) 

Rp111.000

Daging Burung Dara Konsumsi Segar 1 Kg (isi 5 ekor) 

Rp130.000

Daging Burung Dara Konsumsi Segar Premium 1 Kg (isi 5 ekor) 

Rp259.000

Sebagai informasi, harga burung dara di atas telah kami dapatkan dari forum jual beli daging unggas. Tentunya, nilai jual daging burung dara bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Posting Komentar untuk "Harga Daging Burung Dara 1 Kg dan 1 Ekor (Segar & Frozen)"