Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Minat Lanjut Studi ke Luar Negeri? Yuk Intip Biaya Kuliah dan Hidup di Australia

Minat Lanjut Studi ke Luar Negeri? Yuk Intip Biaya Kuliah dan Hidup di Australia

Ada kalanya, orang lebih memilih untuk melanjutkan studinya ke luar negeri. Nah, salah satu negara yang kerap menjadi incaran pelajar Indonesia adalah Australia. Namun, sebelum melanjutkan jenjang pendidikan, Anda perlu mengetahui biaya kuliah dan hidup di Australia.

Kenapa Ingin Kuliah di Australia?

Dilansir dari beberapa sumber, biaya kuliah dan hidup di Australia tidak bisa dikatakan murah. Meskipun begitu, banyak orang Indonesia yang ingin menjajal peruntungan lanjut studi dan tinggal di sana.

Itu yang membuat rasio antara siswa asal Nusantara dengan siswa lokal termasuk tinggi dibandingkan Amerika Serikat dan Inggris. Apalagi, sudah banyak universitas ternama yang mulai menawarkan biasiswa dan diskon bagi pelajar Internasionap seperti, Indonesia.

Baca Juga : Harga Ikan Shisamo Segar per Pack di Pasaran Seperti Punya Cipung Rayyanza

Selain itu, sudah banyak universitas di Australia yang memiliki kualitas pendidikan baik, reputasi yang tak kalah saing dengan kampus luar negeri lainnya, dan fasilitas pendidikan yang nyaman. Hal-hal seperti inilah yang membuat pandangan orang untuk lanjut studi ke Australia menjadi bukan masalah jika dibandingkan dengan biayanya.

Tipe-Tipe Mahasiswa di Australia

Berbicara mengenai biaya kuliah dan hidup di Australia, sebenarnya setiap orang memiliki anggaran yang berbeda. Ini juga bergantung pada universitas pilihan serta gaya hidup masing-masing mahasiswa. 

Jika Anda termasuk orang yang hemat dalam pengeluaran dengan gaya hidup sederhana, biaya hidup pun tidak akan mahal. Namun, jika Anda memiliki gaya hidup mewah, maka biaya hidup di Australia juga akan mahal.

Di sisi lain, jika Anda hemat, tetapi Anda memilih universitas yang tidak ada beasiswa dan biayanya mahal, itu juga akan menguras kantong Anda. Ada juga mahasiswa yang memilih untuk hidup mewah, tetapi memilih kampus dengan biaya murah.

Nah, sebagai tips jika Anda ingin berhemat dan minim biaya kuliah, Anda harus pintar-pintar memilih kampus dan mengelola budget. Pilihlah universitas yang memberikan beasiswa atau diskon dan lebih hemat dalam mengelola uang. Selain itu, perhatikan hal berikut.

Tips Hemat Hidup di Australia

Budget hidup di Australia untuk siswa internasional bisa dihemat dengan memilih letak dan jenis akomodasi terlebih dahulu. Beberapa pilihan yang mungkin menjadi incaran mahasiswa Indonesia, yakni kos dan homestay. 

Asrama kampus juga bisa menjadi pilihan jika universitas Anda menyediakannya. Namun, rata-rata asrama kampus di Australia tidak bisa dibilang murah, mengingat fasilitasnya yang super lengkap dan masih berada di area kampus.

Baca Juga : Harga Obat Batuk Alpara per Strip, Tablet, dan Box di Apotek

Perhatikan juga lokasi Anda saat menyewa rumah bersama teman. Seperti di Tanah Air, harga sewa rumah atau tempat tinggal di pinggir kota lebih murah daripada di pusat kota.

Tips lainnya adalah transportasi dan makan. Untuk transportasi yang paling murah, yakni transportasi umum, seperti bus atau kereta. Hindari naik taksi jika memang Anda ingin menghemat biaya pengeluaran.

Sementara untuk makan, Anda lebih baik masak sendiri. Harga makanan di pinggir jalan juga relatif lebih murah daripada di restoran, tetapi memang lebih murah lagi jika Anda bisa memasak.

Rata-Rata Biaya Hidup di Australia

Dikutip dari Government Department of Immigration and Border Protection, rata-rata orang harus merogoh kocek 18.000 dolar Australia per tahun untuk hidup di Negeri Kangguru ini. Ini juga yang membuat pihak imigrasi Australia memberi syarat ketat kepada mahasiswa asing yang ingin mendapatkan visa belajar.

Namun, untuk berjaga-jaga, Anda bisa membawa uang lebih dari itu. Hal ini terkait dengan biaya hidup yang harus Anda tanggung selama di Australia. Sebagai referensi, berikut rinciannya.

Biaya Kuliah dan Hidup di Australia

Referensi Biaya Hidup di Australia

Jenis Biaya Hidup di Australia

Biaya Hidup di Australia

Sewa Rumah 3 Kamar di Pinggir Kota 

AUD1800 per bulan (Rp18,3 jutaan per bulan)

Sewa Rusun 1 Kamar di Pinggir Kota 

AUD1000 per bulan (Rp10,1 jutaan per bulan)

Sewa Kamar Studio 

AUD900 per bulan (Rp9,1 jutaan per bulan)

Makan 

AUD200 - AUD900 per bulan (Rp2 jutaan hingga Rp9,1 jutaan per bulan)

Syarat Visa Belajar Mahasiswa Individu

AUD19.830 (Rp202 jutaan)

Syarat Visa Pasangan (Jika mengajak pasangan untuk hidup di Australia)

AUD6.940 (Rp70 jutaan)

Syarat Visa Anak (Jika mengajak anak untuk hidup di Australia)

AUD2.970 (Rp30 jutaan)

Setelah mengetahui biaya hidup di Australia, perhatikan juga rata-rata biaya kuliah di negeri ini. Berikut referensinya

Baca Juga : Harga Burung Robin Gacor, Bahan, Bakalan, Lokal, dan Impor

Biaya Kuliah di Australia

Jenjang Pendidikan

Biaya Kuliah di Australia

Foundation/Pre-U

AUD15.000 - AUD37.000 (Rp152 jutaan-Rp376 jutaan)

Diploma

AUD4.000 - AUD22.000 (Rp40 jutaan-Rp224 jutaan)

Sarjana (S1)

AUD15.000 - AUD33.000 (Rp152 jutaan-Rp336 jutaan)

Magister

AUD20.000 - AUD37.000 (Rp203 jutaan-Rp376 jutaan)

  • Keterangan : 1 AUD = Rp10.187,62

Sebagai informasi, Biaya kuliah dan hidup di Australia bisa berubah sewaktu-waktu. Ini tergantung dari gaya hidup, universitas pilihan, dan kurs mata uang yang berlaku.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Posting Komentar untuk "Minat Lanjut Studi ke Luar Negeri? Yuk Intip Biaya Kuliah dan Hidup di Australia"