Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Ikan Shisamo Segar per Pack di Pasaran Seperti Punya Cipung Rayyanza

Harga Ikan Shisamo Segar per Pack di Pasaran Seperti Punya Cipung Rayyanza

Salah satu jenis ikan dengan rasa gurih dan lezat adalah ikan shisamo. Tak heran, meskipun harga ikan shisamo segar tidak bisa dibilang murah, hidangan laut ini termasuk laris di pasaran.

Karakteristik Ikan Shisamo

Asal Ikan Shisamo

Lebih dikenal dengan nama capelin, shisamo memiliki nama ilmiah Mallotus villosus. Ini termasuk ikan dari keluarga Osmeridae atau ikan kepala batu.

Bukan bahan pangan lokal, ikan shisamo memang banyak ditemukan di laut Atlantik. Hidangan laut ini sangat umum bagi masyarakat Canada, khususnya daerah Newfoundland.

Baca Juga : Harga Obat Batuk Alpara per Strip, Tablet, dan Box di Apotek

Termasuk produk laut yang berkualitas tinggi, capelin sempat menjadi hidangan utama di Atlantik barat. Namun seiring berjalannya waktu, capelin lebih dikenal di daratan Asia, khususnya Jepang.

Mengetahui asal ikan shisamo, tak heran jika harga ikan capelin tidak bisa dibilang murah. Umumnya, ikan ini dijual dalam kemasan box, tidak seperti ikan laut lainnya yang dikemas plastik kiloan.

Bentuk Ikan Shisamo

Sekilas, shisamo mirip dengan ikan kaca piring, tetapi dagingnya tidak transparan. Warna sisiknya cenderung hijau keperakan dengan perut berwarna putih.

Sementara itu, kepalanya berwarna putih keperakan.Terdapat garis berwarna zaitun di sepanjang kepalanya.

Ciri khas capelin adalah mulut yang besar dengan rahang bawah lebar di bawah mata. Tak hanya itu, tubuhnya juga cenderung memanjang.

Tubuh Ikan Shisamo Berisi Telur

Cukup populer di Jepang, ikan shisamo menjadi hidangan rumahan. Biasanya, ikan ini dibakar atau digoreng dan disajikan dengan nasi panas.

Hampir semua bagian tubuh ikan capelin bisa dimakan, mulai kepala hingga ekornya. Bahkan, duri ikan shisamo bisa dimakan saking kecil dan krispinya.

Selain itu, hampir sebagian besar tubuh shisamo berisi telur. Ini membuat rasanya menjadi sangat gurih dan lezat.

Aroma ikan capelin juga sangat khas, tidak begitu amis, tetapi terdapat aroma khas laut yang segar. Ini membuatnya menjadi salah satu hidangan favorit banyak orang.

Kandungan Gizi Ikan Shisamo

Harga ikan shisamo tidak hanya mahal karena asal dan rasanya, tetapi juga kandungan gizinya. Memiliki banyak telur, ikan capelin dinilai bergizi tinggi.

Telur ikan shisamo disebut masago dengan warna kehitaman dan ada juga yang oranye. Umumnya, telur ikan ini dijadikan pengganti tobiko atau dihidangkan dengan nasi panas dan telur ayam mentah.

Baca Juga : Harga Burung Robin Gacor, Bahan, Bakalan, Lokal, dan Impor

Dalam satu porsi ikan capelin, terdapat asam lemak omega-3. Diketahui, jumlah omega-3 dalam ikan ini bisa setara dengan ikan salmon.

Dikutip dari detikfood, 100 gr ikan salmon mengandung 1,0 gr omega-3. Sementara itu, 100 gr ikan shisamo mengandung 1,2 gr omega-3.

Manfaat Ikan Shisamo

Dengan kandungan protein dan omega-3 yang cukup tinggi, ikan capelin dinilai baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Tak hanya itu, ikan ini baik dikonsumsi ibu hamil, ibu menyusui, dan lansia.

Diketahui pula, ikan capelin bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Itu jika diolah dengan benar.

Sebagai jenis ikan laut yang berukuran kecil, shisamo memang mudah diolah. Namun, jika pengolahannya kurang tepat, maka khasiatnya pun kurang maksimal untuk tubuh.


Harga Ikan Shisamo Segar per Pack di Pasaran Seperti Punya Cipung Rayyanza


Cara Mengolah Ikan Shisamo

Bukan termasuk ikan yang rewel untuk dikonsumsi, ikan shisamo di pasaran tersedia dalam kemasan styrofoam atau box. Ikan ini sudah disortir dan dibersihkan, sehingga Anda tidak perlu repot lagi mengolahnya.

Salah satu cara paling mudah mengolah ikan shisamo adalah menggorengnya. Bilas atau cuci ikan capelin dan goreng dengan minyak panas sebentar.

Selain itu, ikan bisa dibakar tanpa harus dibumbui. Ini akan membuat citarasa shisamo keluar dengan after taste gurih dan sedikit smoky.

Beberapa orang juga ada yang menjadikannya sebagai soup atau tumisan. Namun, tidak disarankan memasak ikan shisamo terlalu lama atau dengan banyak minyak.

Hal itu akan membuat cita rasa dan manfaat ikan capelin berkurang. Sementara itu, berapa nilai jual ikan shisamo di pasaran?

Harga Ikan Shisamo

Kemasan Ikan Shisamo

Harga Ikan Shisamo

Ikan Shisamo Full Telur Capelin Fish Premium Quality Import 8 pcs 170 gr 

Rp65.000

Ikan Shisamo Full Telur 200 gr 

Rp85.000

Capelin Fish Shishamo Product of Canada 350 gr 

Rp119.000

Sebagai informasi, harga ikan shisamo di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber. Itu termasuk forum jual beli makanan impor.

Baca Juga : Harga Kikil Sapi per Kg di Pasaran (Segar, Frozen, Siap Masak)

Tentunya, nilai jual ikan shisamo bisa berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga jual ikan capelin bisa berbeda di tiap daerah dan lapak.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Posting Komentar untuk "Harga Ikan Shisamo Segar per Pack di Pasaran Seperti Punya Cipung Rayyanza"