Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Update Harga Ayam Kampung Hidup per Ekor (Jantan, Betina, Organik)

Update Harga Ayam Kampung Hidup per Ekor (Jantan, Betina, Organik)

Selain ayam serama, kate, dan broiler, beberapa orang lebih memilih memelihara ayam kampung. Harga ayam kampung hidup jantan maupun betina per ekor tergantung dari usia dan kondisinya.

Perbandingan Harga Ayam Kampung Hidup dan Lainnya

Harga Ayam Kampung Jantan VS Betina

Menurut para peternak ayam kampung, harga ayam jantan kampung hidup cukup mahal. Apalagi untuk harga ayam jago kampung hidup dewasa siap kawin.

Baca Juga: Harga Ikan Shisamo Segar per Pack di Pasaran Seperti Punya Cipung Rayyanza

Dengan harga ayam betina kampung hidup yang tergolong lebih terjangkau, tak sulit untuk membudidayakannya. Ini membuat peternak ayam mudah mengawinkan seekor ayam kampung jantan dengan lebih dari dua ekor ayam betina.

Harga Ayam Kampung VS Broiler

Anakan ayam kampung bisa dipelihara lagi untuk diternak atau langsung dijual. Umumnya, harga doc ayam kampung lebih mahal daripada ayam broiler.

Jika Anda singgah ke tempat jual ayam saja, harga ayam broiler hari ini terbilang lebih murah dibanding ayam kampung. Hal ini yang menjadi motivasi para peternak untuk memelihara ayam kampung.

Harga Ayam Kampung VS Joper

Untuk menghasilkan produk lebih unggul, beberapa peternak mengawinkan jago kampung dengan ayam layer betina. Tentunya, ayam layer atau ayam merah yang dipilih adalah jenis petelur unggulan.

Hasil dari perkawinan silang ini menghasilkan ayam joper. Untuk harga ayam joper hidup memang lebih mahal daripada ayam kampung asli.

Selain dijual dalam kondisi hidup, banyak yang menawarkan ayam joper segar siap masak. Harga ayam joper per kg juga tidak murah, apalagi dibandingkan ayam broiler.

Perbedaan Ayam Kampung dan Joper

Ukuran Tubuh Ayam Kampung VS Joper

Memiliki perawakan mirip ayam kampung, banyak yang bingung membedakan ayam joper dan kampung. Nah, sebelum mengetahui harga ayam di pasar hari ini, pastikan Anda mengetahui ciri ayam kampung.

Sekilas, mungkin ayam joper dan kampung terlihat sama, tetapi coba perhatikan lebih detail. Tubuh ayam kampung betina maupun jantan lebih kecil daripada ayam joper.

Kaki Ayam Kampung VS Joper

Bagian kaki ayam kampung juga lebih pendek dibandingkan ayam joper. Seperti yang sudah dikatakan, ayam joper merupakan jenis bibit unggul, sehingga tak heran jika lebih tinggi.

Kaki ayam joper terbilang lebih berotot dibandingkan ayam kampung yang ramping. Tulang kaki ayam joper juga diklaim lebih besar dibandingkan ayam kampung.

Jengger Ayam Kampung VS Joper

Khusus untuk jago atau ayam jantan, joper memiliki jengger yang lebih merah dan lebar mirip kipas. Sementara itu, jago kampung memiliki jengger tidak terlalu lebar.

Baca Juga: Harga Obat Batuk Alpara per Strip, Tablet, dan Box di Apotek

Selain itu, jengger ayam joper lebih merah merona dibandingkan ayam kampung. Ini karena joper merupakan hasil perkawinan ayam merah dan kampung.

Suara Ayam Kampung VS Joper

Menurut review owner ayam kampung, suara jago ayam kampung cenderung merdu dan panjang. Sementara itu, ayam joper memiliki suara lebih pendek, tetapi sama merdunya.

Memang, koko ayam jago di pagi hari merupakan salah satu alasan orang memelihara ayam. Ini juga yang membuat orang suka memelihara ayam kampung.

Setelah mengetahui perbedaan ayam kampung dan joper, Anda bisa langsung memilih ayam yang ingin dibeli. Pastikan juga Anda mengetahui harga ayam kampung hidup sebelum membelinya.

Namun, lebih penting mengetahui cara memeliharanya sebelum membelinya. Berikut tips memelihara ayam kampung.


Update Harga Ayam Kampung Hidup per Ekor (Jantan, Betina, Organik)


Tips Memelihara Ayam Kampung

  • Sediakan kandang yang cukup luas dan nyaman untuk ayam.
  • Ayam hanya perlu diletakkan kandang ketika menjelang malam.
  • Keluarkan ayam kampung di pagi hingga sore hari.
  • Biarkan ayam berkeliaran bebas supaya dagingnya tidak alot saat dipotong.
  • Pakan harus diberikan secara rutin sebanyak 2-3 kali sehari.
  • Pastikan Anda menjaga kebersihan kandang.
  • Berikan vaksin dan vitamin untuk menjaga kesehatan ayam kampung.

Bisa dibilang, cara memelihara ayam kampung memang gampang-gampang susah, apalagi untuk kelas organik. Namun, harga ayam kampung hidup organik bisa lebih mahal daripada biasanya.

Baca Juga: Harga Burung Robin Gacor, Bahan, Bakalan, Lokal, dan Impor

Khusus untuk ayam kampung organik, berikan pakan organik. Lalu, berapa harga ayam kampung hidup saat ini? Tentunya berbeda dengan harga ayam pheasant.

Harga Ayam Kampung Hidup

  • Anak Ayam Kampung Hidup Betina: Rp67.000 per ekor.
  • Ayam Kampung Hidup Jantan Anakan: Rp78.000 per ekor.
  • Organik Ayam Kampung Hidup Anakan Jantan/Betina: Rp107.000 per ekor.
  • Betina Ayam Kampung Hidup Dewasa: Rp155.000 per ekor.
  • Jago Ayam Kampung Hidup Dewasa: Rp188.000 per ekor.
  • Jantan/Betina Ayam Kampung Hidup Organik: Rp257.000 per ekor.

Sebagai informasi, harga ayam kampung hidup di atas telah kami rangkum dari situs jual beli online. Tentunya, harga ayam kampung hidup bisa berubah sewaktu-waktu. Sama seperti harga ayam brahma.

Jika dibandingkan dengan tahun 2022, harga ayam kampung hidup di tahun 2023 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, anak ayam kampung betina hidup dibanderol Rp50 ribu per ekor tahun 2022, naik menjadi Rp67 ribu per ekor tahun 2023.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Posting Komentar untuk "Update Harga Ayam Kampung Hidup per Ekor (Jantan, Betina, Organik)"