Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Ayam Pheasant Anakan dan Dewasa (Semua Jenis)

Harga Ayam Pheasant Anakan dan Dewasa (Semua Jenis)

Ada banyak jenis ayam hias yang populer dan salah satunya adalah ayam pheasant. Untuk harga ayam pheasant anakan dan dewasa memang tidak murah, tetapi sepadan dengan keelokannya.

Harga Telur Ayam Pheasant

Termasuk jenis unggas yang cukup populer, hingga kini banyak yang jual ayam pheasant di Indonesia. Tak hanya dalam usia DOC atau anakan, ada juga yang menawarkan telurnya.

Ayam pheasant harga jualnya tidak murah, khususnya untuk dewasa atau indukan. Hal ini yang membuat orang ingin membelinya dari telur, karena lebih terjangkau.

Baca Juga: Harga Ayam Petelur DOC dan Dewasa (per Box dan Ekor)

Dilansir dari salah satu situs e-commerce lokal, harga telur ayam pheasant berkisar puluhan ribu rupiah per butir. Jauh lebih murah dibandingkan dewasanya yang bisa mencapai puluhan juta rupiah per ekor.

Dibandingkan dengan harga anakan ayam pheasant, memang harga telur ayam pheasant terbilang lebih murah. Ini juga yang membuat banyak orang jual telur ayam pheasant.

Nah, untuk harga ayam pheasant sendiri bervariasi tergantung jenisnya. Berikut adalah jenis-jenis ayam pheasant.


Harga Ayam Pheasant Anakan dan Dewasa (Semua Jenis)


Jenis-Jenis Ayam Pheasant

Ayam Pheasant Tibet

Sebenarnya, nama ayam tibet adalah sebutan bagi ayam pheasant. Karena, beberapa orang mempercayai, ayam pheasant termasuk jenis unggas asli Tibet.

Ciri khas ayam tibet asli memiliki ekor yang panjang dengan tubuh mungil. Sekilas, mirip dengan burung, hanya saja tidak pandai terbang.

Warna bulu ayam tibet beragam, mulai dari berah, biru, kuning, hingga cokelat. Untuk harga ayam tibet tergantung dari usianya.

Ayam Pheasant Ringneck

Seperti namanya, ini adalah jenis ayam pheasant yang memiliki corak cincin pada lehernya. Ciri khas dari ayam pheasant ringneck adalah garis putih atau kuning melingkar di lehernya.

Tubuh ayam pheasant ringneck agak besar dibandingkan ayam tibet. Ekor ayam ini tidak terlalu panjang dan berwarna kecokelatan.

Harga ayam ringneck juga tergantung dari usianya. Umumnya, telur ayam ringneck lebih terjangkau dibandingkan anakan.

Ayam Pheasant Golden

Umum disebut golden pheasant, ayam emas ini memiliki bulu berwarna emas di bagian kepala hingga leher. Tidak semua tubuhnya dilapisi dengan bulu emas.

Ada juga pheasant emas dengan punggung dan kepala berwarna emas. Sementara itu, bagian tubuh lainnya berwarna hijau, merah, dan coklat.

Menurut review salah satu ownernya, harga ayam golden pheasant cukup mahal. Sebagai satan, lebih baik Anda membelinya dari anakan atau telur.

Sudah banyak yang jual telur golden pheasant lebih terjangkau dibandingkan harga anakan golden pheasant. Rata-rata tidak sampai jutaan rupiah per butir.

Ayam Pheasant Ringneck Golden

Berbeda dengan golden pheasant, ringneck golden pheasant memiliki warna emas lebih dominan. Hanya saja, bagian sayap, ujung ekor, dan lehernya tidak berwarna emas.

Ciri khas ayam hias ini memang terletak pada leher dan tubuhnya. Leher ayam ringneck golden pheasant berwarna coklat atau hijau. Sementara itu, tubuhnya berwarna emas.

Sama seperti jenis ayam pheasant lainnya, tentunya harga anakan ayam golden pheasant lebih murah daripada yang indukan. Namun, jika ingin lebih murah lagi, sudah banyak yang jual telur ayam golden pheasant ini.

Ayam Pheasant Putih

Juga termasuk golongan unggas hias, ayam pheasant putih memiliki ciri khas bulu yang berwarna putih seperti salju. Dari ujung kepala hingga ekor, warna bulunya putih dengan tekstur lembut.

Ada juga ayam pheasant putih dengan sedikit totol atau bintik kecoklatan di bawah lehernya. Sekilas, unggas ini mirip merpati, hanya saja berukuran lebih besar dan tidak pandai terbang.

Terbilang cukup langka di Tanah air, harga ayam pheasant putih juga tidak murah. Apalagi, daya tahan ayam pheasant putih tak sekuat ayam negeri atau lokal.

Ayam Pheasant Hijau

Sekilas, pheasant hijau terlihat seperti burung merak betina. Namun, ukuran tubuh ayam ini cenderung mungil dengan jengger merah tipis di bagian kepalanya.

Selain didominasi dengan warna hijau, pada bagian punggung ayam terdapat bulu berwarna hijau kecokelatan. Sementara itu, ekor unggas hias ini berpola garis-garis.

Baca Juga: Harga Ayam Cochin Anakan dan Dewasa (Mini, Kapas, Bantam, & Giant)

Memiliki sifat yang tidak terlalu agresif, banyak yang memelihara ayam pheasant hijau di halaman rumah tanpa kandang. Harga ayam pheasant hijau sendiri bisa mencapai belasan juta per ekor.

Ayam Pheasant Silver 

Salah satu jenis ayam pheasant yang terbilang unik adalah silver pheasant. Ayam ini memiliki warna leher, punggung, hingga ekor berwarna putih keperakan.

Sementara bagian atas kepala, leher depan, dan bawah tubuhnya berwarna hitam jelaga. Uniknya lagi, bagian kepala ayam ini dihias dengan bulu berwarna merah.

Ekor ayam silver pheasant bisa memanjang hingga lebih dari 30 cm. Sekilas, mirip dengan merak, hanya saja ekornya tidak berbentuk kipas.

Untuk harga ayam pheasant silver cenderung mahal. Satu ekornya saja, bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Ayam Pheasant White Crested Kaleej

Ciri khas ayam pheasant white crested kaleej adalah jambul putih di kepalanya. Jambul tersebut menyerupai ramput dan bisa memanjang hingga 10 cm.

Bulu ayam pheasant tersebut didominasi warna biru. Selain itu, terdapat semburat abu-abu silver di bagian bawah kepala hingga perutnya. 

Sementara itu, ekor ayam pheasant white crested kaleej berwarna hitam kebiruan. Harga ayam pheasant white crested kaleej cukup bersaing dengan ayam pheasant hijau.

Ayam Pheasant Reevest

Cukup terkenal di daratan Eropa, reeves pheasant mempunyai ciri khas garis hitam di bagian mata. Lingkaran hitam itu membuat ayam seperti memakai topeng.

Untuk bulunya, didominasi dengan warna cokelat, hitam dan putih. Ekor ayam ini cenderung pendek dengan warna cokelat kehitaman.

Biasanya, ayam reevest pheasant ditawarkan dalam usia anakan dan dewasa. Harga ayam pheasant reevest juga tidak murah, karena bukan unggas lokal.

Ayam Pheasant Lady Amherst

Daripada disebut ayam, mungkin jenis pheasant lady amherst lebih cocok disebut burung. Namun, unggas ini tidak pandai terbang dan lebih suka di daratan.

Bagian belakang kepala dan bawah leher depannya diselimuti bulu berwarna putih. Sementara bagian leher atas depan dilapisi bulu berwarna hijau yang melingkar hingga ke punggung.

Selain itu, terdapat bulu berwarna merah di ujung kepala, biru dan hitam pi punggung bawah, dan coklat di pangkal ekor. Ada juga bulu berwarna oranye dan coklat di bagian ekornya.

Memiliki banyak kombinasi warna, harga ayam pheasant lady amherst terbilang mahal. Selain itu, ayam ini juga agak langka.

Baca Juga: Harga Ayam Poland Dewasa dan Anakan (Ori, Putih, Batik, Tanduk, dll)

Sebenarnya, masih ada banyak varian ayam pheasant yang dijual di pasaran. Nah, sebelum Anda memeliharanya, pastikan tahu tips merawat ayam pheasant berikut.


Harga Ayam Pheasant Anakan dan Dewasa (Semua Jenis)


Tips Memelihara Ayam Pheasant

  • Sediakan kandang khusus untuk ayam berteduh dan bertelur.
  • Kandang harus luas dan dilengkapi tempat minum serta makan.
  • Berikan pakan berprotein tinggi.
  • Bersihkan kandang ayam setiap hari minimal sekali.
  • Vaksin dan vitamin harus diberikan sesuai kebutuhan dan dosis.

Lakukan tips di atas supaya ayam pheasant terhindar dari penyakit. Lalu, berapa harga ayam pheasant tahun 2022 saat ini? Berikut tabelnya.

Harga Ayam Pheasant

Jenis Ayam Pheasant

Harga

Ayam Pheasant Peach Telur 

Rp35.000 per butir

Ayam Pheasant Mikado Telur

Rp35.000 per butir

Ayam Pheasant Siamese Fireback

Rp35.000 per butir

Ayam Pheasant Swinhoe Telur 

Rp45.000 per butir

Ayam Pheasant Ringneck Telur 

Rp45.000 per butir

Ayam Pheasant Kalij Telur

Rp45.000 per butir

Ayam Pheasant Silver Telur 

Rp50.000 per butir

Ayam Pheasant Reevest Telur 

Rp50.000 per butir

Ayam Pheasant Lady Amherst Telur

Rp50.000 per butir

Ayam Pheasant Golden Telur

Rp50.000 per butir

Ayam Pheasant Ringneck Merah Telur 

Rp75.000 per butir

Ayam Pheasant Hijau Anakan 

Rp1.200. 000 per ekor

Ayam Pheasant Golden (Yellow Pheasant) Dewasa 

Rp7.000.000 per ekor

Ayam Pheasant Reevest Dewasa 

Rp11.000.000 per ekor

Ayam Pheasant Ringneck Golden Jantan & Betina 

Rp13.000.000 per pasang

Ayam Pheasant Golden (Yellow Pheasant) Jantan & Betina 

Rp14.000.000 per pasang

Sebagai informasi, harga ayam pheasant di atas telah kami rangkum dari forum jual beli unggas hias tahun 2022. Tentunya, harga ayam pheasant tahun 2022 berbeda dengan harga ayam pheasant tahun 2021.
Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Ayam Pheasant Anakan dan Dewasa (Semua Jenis)"