Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Ayam Kapas per Ekor dan Pasang (Anakan, Dewasa, DOC) Terbaru

Harga Ayam Kapas per Ekor dan Pasang (Anakan, Dewasa, DOC)

Jika Anda mencari ayam hias yang unik, mungkin ayam kapas jawabannya. Harga ayam kapas per ekor dewasa maupun anakan cukup variatif, tergantung jenisnya.

Termasuk ayam hias impor, banyak orang Indonesia yang ingin mengadopsi ayam kapas. Hal ini yang membuat banyak peternak yang jual ayam kapas.

Baca Juga: Harga Daun Kelor (Segar, Kering, & Bubuk) serta Cara Mengeringkannya

Sebelum mengetahui harga ayam kapas per ekor, pastikan Anda mengetahui penentu nilai jualnya. Berikut hal-hal yang menjadi penentu banderol ayam kapas.

Faktor Penentu Harga Ayam Kapas

Permintaan Pasar Ayam Kapas

Sebenarnya, ayam kapas harga jualnya bisa naik dan turun, tergantung permintaan pasar. Semakin banyak peminatnya, tetapi sedikit yang bisa dijual, maka nilai banderolnya akan tinggi.

Sebaliknya, jika banyak yang ternak ayam kapas, tetapi sedikit permintaan pasar, maka harganya bisa turun. Namun, pada keadaan tertentu, nilai penawaran ayam kapas bisa stabil dari tahun ke tahun.

Kestabilan nilai jual ayam kapas terjadi jika permintaan dan jumlah ternak sama. Namun, ini sangat jarang terjadi di Indonesia.

Usia Ayam Kapas

Seperti harga ayam poland, harga ayam kapas putih ditentukan usianya. Tentunya, harga ayam kapas anakan lebih murah dibandingkan harga ayam kapas dewasa.

Meskipun begitu, nilai jual ayam kapas asli memang tidak bisa dibilang murah. Ini juga yang membuat orang lebih suka membeli telurnya.

Anda bisa menawar harga telur ayam kapas di bawah ratusan ribu rupiah per butir. Sangat terjangkau dibandingkan harga ayam kapas umur 2 bulan.  

Jenis Ayam Kapas

Faktor lain yang menjadi penentu harga ayam kapas di pasaran adalah jenisnya. Sebenarnya spesies ini tidak memiliki jenis yang spesifik dan hanya dibedakan dari asalnya.

Untuk dewasa, harga ayam american silkie biasanya lebih mahal dibandingkan harga indukan ayam kapas biasa. Memang, harga ayam silkie cenderung mahal, apalagi yang ras murni.

Menurut salah satu owner, ayam american silkie harga jualnya bisa mahal karena impor. Selain itu, hanya sedikit peternak lokal yang jual ayam american silkie.

Warna Ayam Kapas

Kerap disandingkan dengan harga ayam anggora, ayam kapas atau silkie memiliki nilai jual yang bersaing. Ini karena warna bulunya yang cukup beragam.

Sebenarnya, untuk ras murni, ayam kapas berbulu putih, lembut, dan mengembang seperti kapas. Namun, saat ini sudah ada ayam kapas hitam dan coklat.

Tentunya, harga ayam kapas hitam berbeda dengan ayam kapas coklat. Selain itu, ada yang menawarkan harga ayam kapas jambul putih di pasaran.

Gender Ayam Kapas

Dilansir dari berbagai sumber, ternyata gender juga mempengaruhi nilai jual ayam kapas. Harga ayam kapas betina, tentunya berbeda dengan harga ayam kapas jantan.

Tak hanya itu, harga DOC ayam kapas jantan umumnya lebih mahal daripada betina. Diketahui, harga anak ayam kapas jantan bisa lebih mahal karena bulunya lebih lebat daripada betina.

Umumnya, untuk hewan kelas unggas, hewan jantan memiliki nilai jual lebih tinggi. Hal ini karena fisiknya yang dinilai lebih estetik.

Jumlah Ayam Kapas

Bagi beberapa orang, membeli unggas tidak afdol jika hanya seekor. Untuk itu, mereka akan membelinya sepasang.

Nah, harga ayam kapas per ekor, tentunya lebih murah dibanding sepasang. Ini tidak hanya berlaku untuk kategori indukan, tetapi juga anakan.

Bahkan, ada yang menjual telur ayam kapas per pasang, yakni jantan dan betina. Tentu saja, ini lebih mahal dibandingkan membeli sebutir telurnya.

Baca Juga: Harga Pohon Pule (Siap Tanam dan Bibit) serta Manfaatnya untuk Kesehatan

Dengan mengetahui penentu nilai penawaran ayam kapas, Anda bisa menimbang dan menentukan untuk mengadopsi ayam kapas atau tidak. Selain itu, pastikan Anda mengetahui cirinya.


Harga Ayam Kapas per Ekor dan Pasang (Anakan, Dewasa, DOC)


Ciri-Ciri Ayam Kapas

Juga dikenal dengan nama ayam silky dan ayam sutra, ayam kapas berasal dari China. Namun, ada juga yang berasal dari peternakan di Amerika.

Ciri khas ayam silky adalah bulunya yang halus seperti kapas dan cenderung mengembang. Ras ini sangat unik, karena memiliki kulit yang halus dibandingkan ayam pada umumnya.

Untuk membedakan jenis yang asli atau murni dan palsu, Anda hanya perlu melihat kulit dan tulangnya. Ayam ini memiliki kulit keabu-abuan dan bertulang hitam.

Sementara itu, cuping telinga ayam kapas berwarna biru dengan kaki bercakar lima. Tentunya sangat berbeda dengan ayam biasa yang bercakar empat.

Karakteristik Ayam Kapas

Sementara ciri ayam kapas secara umum bisa Anda lihat di atas, mungkin Anda kebingungan membedakan jantan dan betina. Ini sangat mudah, karena Anda bisa melihat sifatnya.

Ayam kapas betina memiliki karakteristik lebih agresif daripada ayam jantan. Hal ini karena ayam kapas betina sangat pandai menjaga anaknya.

Sifatnya yang over protektif terhadap anaknya, membuatnya terlihat garang. Unggas betina ini tak akan segan-segan mengejar dan mematuk Anda jika mengganggu anaknya.

Berbeda dengan betina, ayam kapas jantan justru memiliki sifat yang lemah lembut. Tak jarang, ayam kapas jantan sangat manja kepada ownernya.

Mengetahui karakteristik ayam kapas, pastinya Anda sudah tahu sedikit cara memelihara ayam kapas. Nah, supaya lebih mudah, berikut tipsnya.

Tips Memelihara Ayam Kapas

  • Sebisa mungkin, sediakan kandang yang luas untuk ayam kapas.
  • Kandang harus terdiri dari dua bagian, yakni untuk berteduh dan bermain.
  • Bagian pinggir atau dalam kandang harus dibekali dengan tempat makan dan minum.
  • Pastikan Anda membersihkan kandang ayam setiap pagi dan sore.
  • Berikan vaksin untuk meningkatkan daya imun ayam.
  • Untuk menjaga keindahan bulunya, berikan vitamin khusus sesuai dosis.
  • Ayam kapas juga harus dimandikan untuk mencegah parasit dan rontok bulu.
  • Sebagai saran, mandikan ayam seperti ketika Anda memandikan burung.
  • Setelah dimandikan, jemur ayam kapas untuk mengeringkan bulunya.
  • Waktu yang paling pas menjemur ayam adalah di pagi hari.
  • Pakan diberikan sebanyak 2-3 kali sehari sesuai takaran.
  • Pilih pakan yang mengandung protein, lemak, dan serat cukup.
  • Anda bisa memberikan biji-bijian dan voer secara berselang-seling.
  • Jika ayam Anda sakit, berikan minum air mineral yang matang dan bersih.

Lakukan tips di atas supaya ayam kapas Anda sehat dan tidak mudah sakit. Jika ayam Anda sakit, segera lakukan isolasi dan rawat ayam secara intensif.

Baca Juga: Harga Jahe Merah per Kg dan Semua Kemasan (Segar, Potong, & Bubuk)

Pemberian obat dilakukan sesuai kebutuhan dan dosis. Anda bisa membawa ayam ke dokter hewan terdekat.

Merawat ayam kapas memang gampang-gampang sulit, tetapi itu cukup menyenangkan jika Anda menyukainya. Sementara itu, berapa harga ayam kapas tahun 2022 saat ini? Tentunya berbeda dengan harga ayam kampung.


Harga Ayam Kapas per Ekor dan Pasang (Anakan, Dewasa, DOC)


Harga Ayam Kapas

  • DOC Ayam Kapas: Rp75.000 per ekor.
  • Anakan Ayam Kapas Putih Usia 2-3 bulan: Rp250.000 per ekor.
  • Ayam Kapas Anakan Usia 4 bulan: Rp650.000 per ekor.
  • Indukan Ayam Kapas Jantan atau Betina: Rp900.000 per ekor.
  • Dewasa Ayam Kapas Betina atau Jantan Cokelat: Rp850.000.
  • Sepasang Ayam Kapas Putih Indukan Jantan & Betina: Rp1.750.000 per pasang.

Sebagai informasi, harga ayam kapas di atas telah kami rangkum dari forum jual beli ayam hias. Tentunya, nilai jual ayam kapas tersebut bisa berubah sewaktu-waktu. Sama seperti harga ayam cemani.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Ayam Kapas per Ekor dan Pasang (Anakan, Dewasa, DOC) Terbaru"