Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Burung Kepodang (Emas, Kuning, Batu, Jawa, Sumatera, Dll)

Harga Burung Kepodang (Emas, Kuning, Batu, Jawa, Sumatera, Dll)

Jika Anda adalah kicau mania, pastinya sudah tidak asing dengan burung kepodang. Harga burung kepodang memang tidak murah, tetapi sepadan dengan suaranya yang merdu.

Termasuk burung kicau yang populer, harga kepodang cenderung fluktuatif. Jika dibandingkan dengan harga burung kepodang 2021, jelas tahun 2022 sudah berbeda.

Ada banyak faktor yang menjadi penentu nilai jual burung kepodang. Salah satunya adalah usianya.

Baca Juga: Harga Burung Gagak per Ekor (Dewasa, Lolohan, & Anakan)

Berdasarkan usia, tentunya harga burung kepodang anakan lebih murah dibandingkan dewasa. Sama seperti nilai jual unggas pada umumnya.

Memiliki banyak sebutan, ada yang menyebutnya sebagai burung pesolek dan bincarung. Menurut review salah satu owner, harga burung bincarung tergantung dari jenisnya.


Harga Burung Kepodang (Emas, Kuning, Batu, Jawa, Sumatera, Dll)


Jenis-Jenis Burung Kepodang

Burung Kepodang Emas

Dari semua jenis kepodang yang ada, kepodang emas paling dicari-cari. Bahkan, saking populernya, burung tersebut dijadikan maskot di Jawa Tengah.

Dipercaya, kepodang emas merupakan perlambangan kejayaan dan kemakmuran. Ini karena burung tersebut berbulu kuning keemasan.

Saat terkena cahaya matahari, bulu kepodang emas akan memancarkan sinar kemilau. Hal ini yang membuat harga kepodang emas tidak murah.

Jika dibandingkan harga burung kepodang emas 2021, tahun 2022 ini nilai jualnya mengalami kenaikan. Ini juga disebabkan karena kepodang emas yang langka.

Burung Kepodang Kuning

Lebih dikenal dengan nama kepodang biasa, harga burung podang kuning ditaksir lebih dari ratusan ribu rupiah. Apalagi untuk kepodang kuning gacor yang pandai berkicau.

Termasuk jenis burung yang populer, banyak orang yang ingin memelihara kepodang kuning. Sekilas, unggas ini mirip dengan kepodang emas.

Namun, jika diperhatikan lebih detail, bulu kepodang kuning tidak memancarkan cahaya keemasan. Nah, harga burung kepodang kuning cenderung lebih murah dibandingkan harga burung kepodang emas.

Tak hanya itu, jumlah orang yang menawarkan kepodang kuning lebih banyak dibandingkan orang yang jual burung kepodang emas. Karena kepodang kuning sangat mudah ditemukan.

Burung Kepodang Sungu

Jika Anda mencari kepodang dengan warna bermacam-macam, Anda bisa memelihara kepodang sungu. Bulu burung ini beragam, mulai dari abu-abu, putih, keemasan, dan hitam.

Semua warna itu biasanya terdapat di perut, sayap, ekor, dan dadanya. Burung kepodang harga jualnya bisa mencapai jutaan rupiah, begitu pun dengan kepodang sungu.

Meski demikian, nilai jual kepodang sungu lebih rendah dibandingkan kepodang emas. Hal ini karena lebih banyak yang menawarkan kepodang sungu daripada yang jual kepodang emas.

Burung Kepodang Sumatera

Meskipun berasal dari Sumatera, burung kepodang ini sudah tersebar hingga ke seluruh Indonesia. Pasalnya, burung ini terbilang cocok untuk pemula.

Selain itu, burung kepodang Sumatera dikenal memiliki suara lebih lantang dan indah dibandingkan lainnya. Suaranya yang khas membuat orang ingin memeliharanya.

Untuk perawatannya juga mudah dan dikenal ekonomis. Apalagi, burung ini tidak rewel dan mempunyai daya tahan tubuh tinggi.

Burung Kepodang Dada Merah

Berbeda dengan kepodang umumnya, burung ini mempunyai bulu merah di bagian dada. Tak hanya itu, kepodang dada merah berbulu hitam di bagian ujung sayap dan kakinya.

Termasuk jenis yang langka, tidak banyak orang yang memeliharanya. Selain itu, kepodang dada merah sangat jarang ditemukan di pemukiman.

Baca Juga: Harga Burung Gelatik per Ekor (Anakan, Bakalan, & Gacor)

Kecantikan kepodang dada merah sebenarnya sudah cukup terkenal. Namun, tampaknya agak sulit untuk menangkarnya.

Burung Kepodang Batu

Ciri khas kepodang batu adalah warna kuning pucat yang dominan di tubuhnya. Sementara itu, di sekitar matanya terdapat semburat hitam pucat.

Selain itu, burung kepodang batu memiliki bulu bergaris hitam di bagian dada. Untuk paruhnya sendiri berwarna hitam legam.

Setelah mengetahui jenis-jenis kepodang, pastikan Anda mengetahui cara memeliharanya. Supaya lebih mudah, berikut tips memelihara burung kepodang.


Harga Burung Kepodang (Emas, Kuning, Batu, Jawa, Sumatera, Dll)


Tips Memelihara Burung Kepodang

  • Siapkan sangkar burung yang cukup besar dengan tangkringan lebih dari satu.
  • Pastikan sangkar dilengkapi dengan tempat minum dan makan terpisah.
  • Bersihkan kandang atau sangkar burung secara rutin setiap hari.
  • Mandikan burung setiap pagi menggunakan spray.
  • Jemur burung setiap pagi, setidaknya selama 15 menit.
  • Berikan pakan secara teratur dengan kandungan protein dan lemak seimbang.

Sebenarnya, masih ada banyak jenis burung kepodang yang bisa Anda temukan di pasaran. Nah, untuk lebih rinci, Anda bisa melihat tabel berikut.

Baca Juga: Harga Burung Puyuh Petelur Dewasa & Anakan (DOQ) di Pasaran

Harga Burung Kepodang

Jenis Burung Kepodang

Harga per Ekor

Burung Kepodang Anakan 

Rp100.000 - Rp250.000

Burung Kepodang Bali 

Rp275.000 - Rp500.000

Burung Kepodang Sumatera 

Rp250.000 - Rp500.000

Burung Kepodang Kapur 

Rp350.000 - Rp500.000

Burung Kepodang Jawa 

Rp500.000 - Rp750.000

Burung Kepodang Dada Merah 

Rp800.000 - Rp1.000.000

Burung Kepodang Gacor 

Rp1.000.000 - Rp2.500.000

Burung Kepodang Lokal 

Rp1.250.000 - Rp1.500.000

Burung Kepodang Emas 

Rp1.500.000 - Rp2.500.000

Sebagai informasi, harga burung kepodang di atas kami rangkum dari berbagai macam sumber. Tentunya, harga burung kepodang bisa berubah sewaktu-waktu.
Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Burung Kepodang (Emas, Kuning, Batu, Jawa, Sumatera, Dll)"