Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Burung Kakatua Dewasa dan Anakan (Raja, Jambul Kuning, Dll)

Harga Burung Kakatua Dewasa dan Anakan (Raja, Jambul Kuning, Dll)

Bagi Anda yang mencari teman ngobrol yang imut dan tidak membosankan, tak ada salahnya memelihara kakatua. Harga burung kakatua anakan maupun dewasa memang tidak murah, tetapi sepadan dengan keunggulannya.

Ada banyak hal yang membuat nilai jual burung kakatua mahal dan beragam. Menurut salah satu owner, kepiawaiannya berkicau adalah penentu utama harga burung kakatua murah atau mahal.

Apalagi, untuk burung kakatua yang pintar bicara. Itu bisa termasuk dalam list harga burung kakatua termahal.

Baca Juga: Harga Burung Perkutut Anakan dan Dewasa (Jawa, Bangkok, dll)

Selain itu, jenis-jenis burung kakatua juga menentukan nilai jual burung kakak tua. Berikut jenis-jenis burung kakatua.

Jenis-Jenis Burung Kakatua

Burung Kakatua Raja

Merupakan jenis kakatua terbesar di dunia, kakatua raja memiliki nama ilmiah Probosciger atterimus. Unggas kicau yang satu ini umumnya ditemukan di hutan terpencil dan saat ini tergolong langka.

Selain tubuh yang besar, kakatua raja memiliki jambul yang fenomenal seperti mahkota. Ciri khasnya adalah semburat merah muda di bagian bawah matanya.

Tergolong langka, harga burung kakatua raja sangat mahal. Alagi, itu termasuk jenis hewan impor.

Di Indonesia sendiri, kakatua raja harga jualnya bisa lebih dari puluhan juta rupiah per ekor. Apalagi, untuk harga burung kakatua raja hitam.


Harga Burung Kakatua Dewasa dan Anakan (Raja, Jambul Kuning, Dll)


Burung Kakatua Jambul Kuning

Jika Anda adalah kicau mania, pastinya sudah cukup familier dengan kakatua jambul kuning. Seperti namanya, ciri khas kakatua ini adalah jambulnya yang berwarna kuning terang.

Populasinya yang semakin berkurang, membuat hewan yang satu ini tergolong hewan yang dilindungi. Karena itu juga, hampir tidak ada yang jual kakatua jambul kuning.

Namun, di beberapa daerah, masih ada oknum yang memperjual belikannya. Harga burung kakatua jambul kuning juga tidak murah.

Berdasarkan penelusuran penulis, harga kakatua jambul kuning masih lebih murah dibandingkan harga kakatua raja. Meskipun begitu, kakatua jambul kuning harga jualnya tetap mahal.

Burung Kakatua Jambul Oranye

Juga disebut kakatua cockated orange, kakatua jambul oranye memiliki ukuran jambul yang besar. Bulu di bagian kepalanya berukuran besar dan panjang seperti mahkota.

Lalu, jambul bagian paling depan berwarna putih, sedangkan bagian belakangnya berwarna oranye. Bagian belakang jambulnya berukuran paling panjang daripada yang depan.

Sementara itu, bulu di bagian tubuhnya didominasi dengan warna putih. Ada juga burung yang memiliki semburat oranye di bagian atas sayapnya.

Untuk harga burung kakatua jambul orange lebih murah daripada harga burung kakak tua raja. Namun, tidak banyak orang yang jual kakatua ini, berbeda dengan burung yang ada dalam harga burung jalak.

Burung Kakatua Jambul Putih

Termasuk jenis burung lokal, kakatua jambul putih berasal dari Maluku. Memiliki nama ilmiah Cacatua Alba, populasi burung ini juga semakin berkurang, sehingga dikategorikan sebagai satwa dilindungi.

Ciri khas kakatua jambul putih adalah dari ujung kepala, yakni jambulnya hingga ekor berwarna putih. Sementara itu, cakar dan paruhnya berwarna abu-abu kehitaman.

Meskipun sudah dikategorikan sebagai burung yang dilindungi, masih banyak oknum yang melakukan jual beli burung kakatua ini. Diketahui, nilai jual kakatua putih lebih rendah daripada harga burung kaka tua raja.

Burung Kakatua Galah

Jika Anda mencari kakatua yang unik, mungkin kakatua galah solusinya. Ini adalah jenis kakatua berbadan besar dan dijuluki sebagai kakatua raksasa.

Ciri khas kakatua galah adalah warna merah muda gelap pada bagian leher dan dadanya. Selain itu, bulu sayap dan tubuhnya berwarna abu-abu.

Sementara itu, ekornya berwarna putih. Nah, harga burung kakatua warna warni ini cukup mahal dan bisa mencapai jutaan rupiah per ekor.

Namun, seperti jenis kakatua lainnya, penjual burung kakatua ini tidak banyak. Jika Anda ingin beli burung kakatua tersebut, maka Anda harus mencari forum yang terpercaya.

Burung Kakatua Maluku

Memiliki banyak nama, burung kakatua maluku dikenal sebagai kakatua seram. Secara internasional, kakatua maluku dikenal sebagai Salmon-crested Cockatoo.

Juga merupakan kakatua berukuran besar, burung ini mampu tumbuh sepanjang 52 cm dengan berat 850 gr. Ciri khas burung ini adalah jambul berwarna merah muda.

Sementara itu bagian ekor dan ujung sayapnya berwarna kuning cerah. Harga burung kakatua maluku sendiri juga mahal.

Baca Juga: Harga Burung Parkit Dewasa & Anakan (Lutino, Australia, Roselle, dll)

Memang, burung kakak tua harga jualnya tidak ada yang murah. Bahkan, untuk nilai jual anakan burung kakak tua saja bisa jutaan rupiah per ekor.

Burung Kakatua Hitam Ekor Merah

Termasuk jenis kakatua impor, kakatua ekor hitam atau red-tailed cockatoo berasal dari Australia. Memiliki banyak nama, burung kakatua ini dikenal sebagai Calyptorhynchus banksii.

Juga dikelompokkan sebagai unggas terbang besar, kakatua hitam ekor merah bisa tumbuh hingga 60 cm. Ciri khasnya adalah bulu tubuh dan kepala yang didominasi hitam.

Sementara itu, bagian ujung jambul dan ekornya berwarna kemerahan. Harga kakatua ini cukup mahal, sehingga jarang ada yang beli kakatua tersebut, tidak seperti burung cucak ijo.

Burung Kakatua Solomon

Memiliki nama ilmiah Cacatua ducorpsii, kakatua solomon juga dikenal sebagai kakatua ducorpsii corella. Burung ini cukup mungil dibandingkan dengan jenis kakatua lainnya.

Ciri khas burung kakatua solomon adalah bulunya didominasi warna putih. Di alam liar, burung ini sangat suka memanjat ranting pohon.

Untuk itu, beberapa owner akan meletakkan tangkringan kakatua di kandangnya. Anda bisa memilih tangkringan burung kakatua yang terbuat dari kayu atau besi.

Ada yang unik dari burung kakatua solomon, yakni selaput pelangi berwarna hitam pada burung jantan. Sementara itu, kakatua solomon betina, memiliki iris berwarna coklat.

Burung Kakatua Tanimbar

Sama seperti kakatua solomon, burung kakatua tanimbar termasuk jenis yang berukuran mungil. Burung ini umum ditemukan di Maluku dan memiliki panjang sekitar 30 cm.

Juga dikenal dengan nama Cacatua goffini, burung ini mempunyai bulu berwarna putih. Sementara itu, jambulnya berwarna putih dengan semburat merah muda di bagian mukanya.

Namun, burung kakatua tanimbar digolongkan sebagai burung yang terancam punah. Hal ini karena populasinya di alam semakin menurun.

Hal ini pula yang membuatnya tidak banyak diperjualbelikan. Untungnya, saat ini, sudah banyak orang yang mencoba untuk menangkarnya, sama seperti burung yang ada dalam harga burung kenari.

Burung Kakatua Rawa

Juga dikenal dengan nama Little corella, kakatua rawa banyak dijumpai di Papua dan Australia. Tubuhnya yang mungil, hanya mampu tumbuh sepanjang 35-40 cm.

Burung kakatua ini juga terbilang pendek dibandingkan jenis lainnya. Ciri khasnya adalah warna kebiruan pada matanya dan paruh berwarna putih.

Sementara itu, bulunya berwarna putih seperti burung merpati. Sebelum Anda memelihara burung kakatua, baik jenis rawa atau lainnya, pastikan Anda tahu cara memeliharanya.


Harga Burung Kakatua Dewasa dan Anakan (Raja, Jambul Kuning, Dll)


Tips Memelihara Burung Kakatua 

  • Bersihkan kandang kakatua setiap hari supaya tidak berbau.
  • Mandikan burung kakatua sekaligus jemur selama 15 menit.
  • Berikan pakan berprotein tinggi.
  • Tetapkan jadwal untuk mengajak kakatua bermain dan berlatih berkicau.

Memelihara kakatua tidaklah mudah, dan butuh ketelatenan. Karena, meskipun cerdas, kadang kakatua sangat jahil. Lalu, berapa harga burung kakatua saat ini?

Baca Juga: Harga Burung Pleci Anakan & Dewasa (Jawa, Bali, Lombok, Garut, dll)

Harga Burung Kakatua

Jenis Burung Kakatua

Harga per Ekor

Burung Kakatua Jambul Kuning Anakan 

Rp8.700.000

Burung Kakatua Jambul Putih 

Rp20.000.000

Burung Kakatua Jambul Kuning Dewasa 

Rp22.000.000

Sebagai informasi, harga burung kakatua di atas telah kami rangkum dari forum jual beli kakatua terpercaya. Tentunya, nilai jual burung kakatua bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap tempat, sama seperti harga burung lovebird.
Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Burung Kakatua Dewasa dan Anakan (Raja, Jambul Kuning, Dll)"