Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Kucing British Longhair Anakan dan Dewasa per Ekor Terbaru

Harga Kucing British Longhair Anakan dan Dewasa per Ekor Terbaru

Dibandingkan harga BHS (British Shorthair), harga kucing British longhair dinilai lebih terjangkau. Ini adalah salah satu alasan populernya anabul tersebut, berbeda dengan harga burung lovebird.

Harga anak British longhair saja masih di bawah belasan juta rupiah per ekor. Sementara itu, Harga kucing British shorthair anakan bisa mencapai puluhan juta rupiah per ekor.

Bahkan, harga kucing British shorthair 3 bulan bisa mencapai Rp17 juta per ekor. Nilai jual BSH ini juga tergantung dari corak dan warna bulunya.

Menurut beberapa breeder lokal, harga kucing British shorthair golden lebih mahal daripada harga kucing British shorthair abu-abu. Berdasarkan penelusuran kami, nilai jual BSH Golden bisa mencapai Rp60 juta per ekor.

Baca Juga: Harga Burung Jalak  Anakan & Dewasa (Suren, Bali, Kebo, Putih, dll)

Sementara itu, BSH abu-abu ditawarkan hingga Rp40 juta per ekor. Memang, tidak ada harga kucing British shorthair murah saat ini.

Untuk membuat harga kucing British shorthair murah, beberapa breeder mengembangkannya dengan cara mengawinkan silang. Umumnya, kucing ini dikawinkan dengan Persia atau Anggora.

Nah, harga kucing British shorthair mix Persia lebih umum dijumpai. Mamalia mungil ini biasa dikenal dengan British longhair.

Sebelum membahas lebih jauh tentang harga kucing British longhair, Anda perlu mengetahui sejarahnya. Berikut asal usul kucing British longhair.

Asal Kucing British Longhair

Hasil Perkawinan Silang

Berdasarkan sejarah, kucing British longhair muncul sekitar 1914 hingga 1918. Ini bermula ketika peperangan pecah dan beberapa ras kucing hampir punah.

Salah satu ras anabul yang populasinya menurun drastis adalah British shorthair. Ini juga membuat harga kucing shorthair di beberapa belahan dunia meningkat drastis.

Untuk menstabilkan harga dan populasinya, para breeder kucing mencoba berbagai cara. Salah satu cara supaya ras kucing British tersebut tidak punah adalah dikawinkan dengan ras yang tersisa.

Pada masa tersebut, ras kucing yang paling umum adalah Persia. Sehingga, kucing shorthair ini terpaksa dikawinkan dengan Persia.

Hasil dari perkawinan silang antar ras kucing ini menghasilkan berbagai macam anakan. Selain British shorthair, kebanyakan adalah kucing berbulu panjang.

Dianggap Produk Gagal

Tidak memiliki ciri khas kucing BSH, kecuali warna bulunya, akhirnya kitten berbulu panjang ini dikenal sebagai British longhair. Selain itu, muncul inovasi untuk mengawinkan British shorthair dengan ras kucing berbulu pendek lain.

Ini bertujuan untuk melestarikan trah BSH murni. Beberapa spesies yang dipilih, di antaranya Russian blue, Chartreux, dan Burma. Semua jenis ini memiliki ciri khas pada bulu pendeknya.

Namun, itu lantas tidak menghasilkan trah BSH asli. Hampir semua keturunannya justru berbulu panjang. Sebelumnya, mungkin Anda tertarik dengan harga burung murai.

Membuat beberapa breeder merasa kecewa, kucing berbulu panjang tersebut terkesan dikucilkan. Ini dianggap sebagai produk gagal karena breeder bertujuan melestarikan BSH murni.

Peliharaan Para Bangsawan

Seiring perkembangan zaman, tampaknya banyak orang yang bisa menerima British longhair. Meskipun dianggap produk gagal oleh beberapa breeder, tetapi tidak bagi pencinta kucing.

Penggemarnya tidak hanya berasal dari kaum awam yang tak tahu seluk beluk kucing. Namun, ada juga dari kalangan kolektor kucing hias.

Tak hanya itu, banyak juga bangsawan Eropa yang menyukai jenis kucing ini. Tentunya, hal tersebut membuat pamor British longhair semakin meroket.

Hingga akhirnya TICA (The International Cat Association) mengakui British longhair. Ini terjadi pada tahun 2009 dan disusul FIFE (Feline Federation Europe).

Baca Juga: Harga Burung Cucak Ijo Anakan & Dewasa (Banyuwangi, Mini, dll)

Menjadi peliharaan bangsawan, ternyata juga berdampak pada nilai jualnya. Harga kucing British longhair sejak saat itu tidak dipandang rendah. Meskipun masih di bawah harga British Shorthair.

Tak hanya memiliki bulu yang cenderung panjang, Ada banyak hal yang membuat bentuk fisik anabul ini disukai para bangsawan. Berikut adalah ciri-ciri atau morfologi British longhair.


Harga Kucing British Longhair Anakan dan Dewasa per Ekor Terbaru


Ciri-Ciri Kucing British Longhair

Bentuk Wajah British Longhair

Juga dikenal dengan nama Britannica, Lowlander, dan Highlander, anabul ini memiliki bentuk kepala cenderung bulat. Tulang pipinya tidak terlalu menonjol dan cenderung berlemak.

Pipi yang gembul membuat anabul ini terlihat seperti boneka beruang mini. Seperti Persia, British longhair bermata bulat dan cenderung besar dengan tatapan yang ekspresif.

Warna matanya beragam, yakni cokelat, kuning keemasan, emas, dan tembaga. Jarang sekali ditemui kucing British longhair bermata biru dan abu-abu. Itu berbeda dengan harga burung kepodang.

Bulu Kucing British Longhair

Seperti yang telah disebutkan, British longhair memiliki bulu lebih panjang daripada BSH. Namun, ini bisa dimasukkan ke dalam dua varian, yakni medium dan long.

Warna bulu British longhair beragam, tetapi yang paling umum adalah biru. Ada juga kucing dengan warna bulu hitam, cokelat, cinnamon, merah, oranye, ungu, kekuningan, dan krem.

Sementara itu, pola warnanya adalah solid, bicolor, calico, point, tabby, dan tortie. Umumnya pola solid lebih digemari.

Tubuh Kucing British Longhair

Jika dibandingkan dengan BSH murni, British longhair terbilang berbadan lebih besar. Untuk kucing jantan dewasa, umumnya mampu tumbuh dengan bobot 4,5 kg-9 kg.

Indukan betina memiliki tubuh lebih kecil. Bobotnya hanya bisa mencapai 3,6 kg-7,6 kg.

Selain itu, dilihat dari pertumbuhannya, British longhair jantan lebih cepat daripada betina. Anabul ini juga cenderung mudah gemuk apabila makannya tidak terkontrol.

Yang membuat kucing ini populer bukan hanya tampilan fisik yang menari, tetapi juga sifatnya yang menggemaskan. Dengan sifatnya itu, tak heran beberapa orang rela menawar harga kucing British Shorthair hingga belasan juta rupiah.

Karakteristik/Sifat Kucing British Longhair

Tak seperti BSH yang sejatinya adalah kucing pekerja, British longhair adalah kucing rumahan. Ini membuatnya memiliki sifat yang tenang dan sangat manja.

Meskipun begitu, hewan mungil ini juga sangat mandiri dan tidak terlalu membutuhkan banyak perhatian. Terbilang cocok untuk Anda yang memiliki banyak kesibukan.

Mudah bergaul dengan hewan peliharaan lain, British longhair terbilang sangat ramah dan penyayang. Selain itu, anabul ini bukan jenis hewan yang egois dan dominan.

Menurut review beberapa owner, British longhair cocok untuk Anda yang tidak suka berisik. Karena, hewan ini tidak cerewet dan bukan tipe kucing yang vokal.

Namun, anabul ini kurang cocok dengan anak-anak dan lebih suka menghabiskan waktu dengan duduk santai. Ini karena kucing lebih menyukai suasana yang tenang. Ini seperi hewan yang ada dalam harga burung gagak.

Selain harus mengetahui sifatnya, Anda juga harus mengetahui cara memeliharanya sebelum mengadopsi British longhair. Dengan melakukan cara perawatan yang tepat, kucing Anda akan sehat dan berumur panjang.

Dilansir dari berbagai sumber, British longhair memiliki masa hidup 15-17 tahun. Namun, tak jarang ada kucing yang hidup lebih dari 19 tahun. Sebelum mengetahui harga kucing British longhair, berikut cara memeliharanya.

Cara Memelihara Kucing British Longhair

  • Selalu jaga kebersihan kandang dan ganti air minumnya.
  • Berikan pakan dengan kandungan lemak, protein, dan kalori cukup.
  • Vitamin dan vaksin harus diberikan dengan sosis dan kebutuhan yang sesuai.
  • Tidak disarankan memberikan makananan manusia kepada kucing.
  • Grooming harus dilakukan secara rutin untuk menjaga bulunya.

Selain itu, bawalah ke dokter hewan setiap 4-6 bulan sekali untuk periksa kesehatan. Nah, sementara itu, berapa harga kucing British longhair? Berikut rinciannya.


Harga Kucing British Longhair Anakan dan Dewasa per Ekor Terbaru


Harga Kucing British Longhair

Ketgori Kucing British Longhair

Harga

Kucing British Longhair Anakan

Rp2.500.000 - Rp5.000.000 per ekor

Kucing British Longhair Kitten Pedigree

Rp4.000.000 - Rp7.000.000 per ekor

Kucing British Longhair Dewasa Jantan atau Betina

Rp9.000.000 - Rp14.000.000 per ekor

Kucing British Longhair Indukan Jantan atau Betina Pedigree

Rp13.000.000 - Rp20.000.000 per ekor

Kucing British Longhair Indukan Jantan dan Betina Pedigree

Rp26.000.000 - Rp40.000.000 per pasang

Sebagai informasi, harga kucing British longhair di atas telah kami rangkum dari forum jual beli hewan peliharaan dan situs e-commerce. Tentunya, harga kucing British longhair tersebut bisa berubah sewaktu-waktu. Itu mirip dengan harga burung gelatik.

Baca Juga: Harga Burung Kenari per Ekor (F1, AFS, Yorkshire, Merlok, dll)

Harga kucing British longhair di setiap daerah juga bisa berbeda-beda. Untuk mengetahui harga kucing British longhair teraktual, Anda bisa mengunjungi breeder kucing terdekat.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Kucing British Longhair Anakan dan Dewasa per Ekor Terbaru"