Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Burung Gelatik per Ekor (Anakan, Bakalan, & Gacor)

Harga Burung Gelatik per Ekor (Anakan, Bakalan, & Gacor)

Salah satu jenis burung kicau yang cukup populer dan sering ikut lomba adalah burung gelatik. Harga burung gelatik anakan dan dewasa bervariasi tergantung jenisnya.

Sebelum mengetahui jenis burung gelatik dan harganya, pastikan Anda mengetahui ciri-cirinya. Berikut ulasannya.

Ciri-Ciri Burung Gelatik

Ukuran Burung Gelatik

Sebagai golongan burung kicau, gelatik cukup banyak ditemukan di indonesia. Ciri fisik utama burung gelatik adalah tubuhnya yang mungil.

Baca Juga: Harga Burung Puyuh Petelur Dewasa & Anakan (DOQ) di Pasaran

Jika diukur menggunakan penggaris, mungkin ukuran tubuhnya hanya sekitar 13 cm. Itu sudah termasuk kepala hingga ekor.

Suara Burung Gelatik

Meskipun bertubuh kecil, gelatik memiliki suara yang merdu. Menurut review salah satu ownernya, burung gelatik bersuara sangat nyaring.

Tak hanya itu, suara gelatik sangat khas, yakni lantang dengan tarikan nafas yang kuat. Dengan suaranya, tentunya Anda tidak akan bosan bersantai di rumah.

Habitat Burung Gelatik

Di alam liar, burung gelatik banyak ditemukan di hutan tropis. Burung ini biasanya hinggap di dahan dan ranting pepohonan besar.

Jarang sekali ditemukan burung gelatik yang berada di daratan. Tak hanya itu, burung gelatik suka terbang dan hinggap dari satu pohon ke pohon lain.

Mengetahui morfologi burung gelatik, Anda juga perlu tahu harga burung gelatik per ekor. Namun, Anda harus memahami perbedaan gelatik jantan dan betina.

Perbedaan Burung Gelatik Jantan dan Betina

Suara Gelatik Jantan VS Betina

Sangat mudah membedakan gelatik jantan dan betina, Anda hanya perlu mendengarkan suaranya. Burung gelatik jantan dan betina memiliki warna suara yang berbeda.

Jika didengarkan lebih saksama, burung gelatik jantan bersuara lebih merdu daripada betina. Tak hanya itu, suara burung gelatik jantan lebih nyaring dan lantang.

Beberapa owner juga menjelaskan, suara gelatik jantan sangat bervariasi. Sementara itu, gelatik betina bersuara datar dan tidak banyak variannya.

Bentuk Gelatik Jantan VS Betina

Selain suaranya, Anda bisa melihat fisiknya. Sama seperti jenis burung pada umumnya, gelatik jantan memiliki fisik lebih estetik.

Suara dan bentuk fisik gelatik jantan memiliki fungsi untuk menarik perhatian betina. Ini salah satu alasan, mengapa gelatik betina tidak terlalu menarik.

Bahkan, beberapa jenis burung gelatik jantan mempunyai paruh yang unik. Ada yang berparuh merah yang mencolok, sedangkan betina berparuh biasa.

Bulu Gelatik Jantan VS Betina

Salah satu cara paling mudah membedakan gelatik jantan dan betina adalah melihat warna bulunya. Umumnya, gelatik jantan bulunya lebih cerah dibandingkan betina.

Pada burung gelatik betina, bulunya terlihat kusam dan didominasi satu warna. Sementara itu, gelatik jantan ada yang memiliki lebih dari dua warna pada bulunya.

Bulu ekor gelatik jantan juga lebih panjang dan mengembang. Sementara itu, ekor gelatik betina cenderung pendek dan datar.

Baca Juga: Harga Ayam Brahma Dewasa dan Anakan (per Ekor & Pasang)

Jika Anda sudah bisa membedakan mana gelatik jantan dan betina, saatnya Anda mengetahui jenisnya. Memang, keanekaragaman gelatik menjadi penentu nilai jual burung gelatik saat ini.


Harga Burung Gelatik per Ekor (Anakan, Bakalan, & Gacor)


Jenis-Jenis Burung Gelatik

Gelatik Batu

Juga dikenal dengan nama gelatik wingko, gelatik batu termasuk jenis yang populer. Burung ini mempunyai ciri khas warna bulu yang hitam legam.

Untuk harga gelatik batu tergantung dari usianya. Tentunya, harga burung gelatik batu indukan lebih mahal dibanding anakan.

Gelatik Belong

Juga dikenal dengan nama gelatik Jawa, harga gelatik belong tidak murah. Sama seperti jenis lainnya, harga gelatik belong ditentukan usianya.

Untuk harga burung gelatik jawa anakan, lebih murah daripada dewasa. Namun, masih mahal harga burung gelatik jawa sepasang.

Gelatik Putih

Salah satu jenis burung gelatik yang jarang ditemukan adalah gelatik putih. Seperti namanya, burung ini mempunyai bulu berwarna putih.

Tekstur bulunya lembut dan cenderung mudah rontok. Sehingga, membutuhkan perawatan ekstra untuk menjaga keindahannya.

Karena tergolong sulit ditemukan, harga burung gelatik putih bisa lebih mahal dibandingkan lainnya. Selain itu, biaya perawatannya juga tidak murah.

Gelatik Albino

Mungkin Anda akan dibingungkan dengan gelatik putih dan albino. Memang agak sulit membedakan dua jenis burung ini.

Namun, Anda bisa melihat matanya. Gelatik albino asli bermata merah, sedangkan yang palsu berwarna hitam kecokelatan.

Jika dibandingkan gelatik putih, varian albino lebih jarang ditemukan. Ini juga yang membuat harga gelatik albino lebih mahal dibandingkan yang putih.

Gelatik Silver

Jika Anda menginginkan burung gelatik yang unik dengan suara merdu, gelatik silver mungkin jawabannya. Seperti namanya, burung ini memiliki bulu berwarna silver.

Meskipun begitu, beberapa burung cenderung berbulu abu-abu. Jika terkena sinar matahari, baru terlihat ada pantulan cahaya keperakan.

Nah, harga burung gelatik silver bervariasi, tergantung gendernya. Namun, lebih mahal jika itu jantan dan sudah bisa berkicau.

Gelatik Cokelat

Salah satu jenis burung gelatik yang paling mudah ditemukan di Indonesia adalah gelatik coklat. Bahkan, Anda bisa menemukannya di alam liar.

Secara fisik, burung ini mirip dengan burung gereja. Hanya saja, ukurannya lebih besar.

Namun, ada juga burung gelatik cokelat dengan bulu semburat putih kekuningan. Harga burung gelatik cokelat, konon lebih terjangkau dibandingkan lainnya.

Selain dibedakan dari jenisnya, gelatik juga digolongkan berdasarkan kemampuannya berkicau. Semakin mahir berkicau, maka harga burung gelatik akan semakin mahal.

Kemampuan Burung Gelatik Berkicau

Burung Gelatik Bakalan

Sesuai namanya, ini adalah burung gelatik liar atau yang masih muda dan akan dijadikan gelatik gacor. Bisa dibilang, burung gelatik ini nantinya akan dipersiapkan sebagai gelatik kicau.

Untuk gelatik liar, biasanya sangat mudah menjadikannya gacor. Karena sudah sering mendengarkan kicau burung lainnya.

Burung Gelatik Gacor

Gelatik bakalan yang sudah dilatih berkicau, lama-lama akan menjadi gelatik gacor. Ini adalah jenis burung gelatik kicau seutuhnya.

Jika burung gelatik sudah menjadi gacor, maka burung bisa berkicau hanya dengan mendengar siulan Anda. Selain itu, burung seperti ini sudah memiliki lebih dari satu varian kicau.

Burung Gelatik Kontes

Untuk menjadi gelatik kontes, burung harus gacor dan memiliki penampilan menarik. Tak hanya itu, setidaknya, burung gelatik harus bisa menirukan suara burung lain.

Baca Juga: Harga Ayam Serama per Ekor dan Pasang (Anakan, Dewasa)

Menurut owner, harga burung gelatik kontes paling mahal di antara gelatik lainnya. Ini karena gelatik sudah sangat terlatih untuk berkicau.

Mempersiapkan burung gelatik bakalan menjadi gacor hingga kontes memang gampang-gampang sulit. Itu membuat orang hanya suka menjadikan gelatik sebagai gelatik gacor.

Nah, sebelum membeli gelatik, sebaiknya Anda mengetahui cara memeliharanya. Supaya lebih mudah, berikut tipsnya.


Harga Burung Gelatik per Ekor (Anakan, Bakalan, & Gacor)


Tips Memelihara Burung Gelatik

  • Bersihkan kandang burung setiap pagi atau sore.
  • Mandikan burung secara rutin.
  • Jemur burung setiap pagi.
  • Pakan harus diberikan secara rutin.
  • Lakukan stimulus kemampuan berkicau.
  • Gunakan gelatik masteran untuk menjadikan gelatik gacor.

Memgetahui tips memelihara gelatik yang mudah, Anda perlu melakukannya dengan baik. Lalu, berapa harga burung gelatik tahun 2022 ini? Berikut ulasannya.

Harga Burung Gelatik

Jenis Burung Gelatik

Harga per Ekor

Harga Burung Gelatik Batu Anakan 

Rp80.000 - Rp150.000

Harga Burung Gelatik Belong Anakan

Rp80.000 - Rp150.000

Harga Burung Gelatik Batu Bakalan 

Rp100.000 - Rp300.000

Harga Burung Gelatik Cokelat

Rp100.000 - Rp300.000

Harga Burung Gelatik Belong Bakalan 

Rp150.000 - Rp300.000

Harga Burung Gelatik Belong Gacor 

Rp200.000 - Rp500.000

Harga Burung Gelatik Batu Gacor 

Rp400.000 - Rp700.000

Harga Burung Gelatik Silver

Rp750.000 - Rp900.000

Harga Burung Gelatik Putih 

Rp820.000 - Rp1.100.000

Harga Burung Gelatik Albino 

Rp1.000.000 - Rp1.200.000

Sebagai informasi, harga burung gelatik di atas kami rangkum dari forum jual beli burung. Tentunya, nilai jual burung gelatik bisa berubah sewaktu-waktu.
Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Burung Gelatik per Ekor (Anakan, Bakalan, & Gacor) "