Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Burung Murai Anakan dan Dewasa (Batu, Air, Albino, dll) Terbaru

Harga Burung Murai Anakan dan Dewasa (Batu, Air, Albino, dll) Terbaru

Bagi Anda yang masih pemula dan ingin memelihara burung kicau, Anda bisa memelihara murai. Harga burung murai anakan maupun dewasa bervariasi, tergantung jenisnya. Itu sama seperti harga burung merpati.

Jenis-Jenis Burung Murai

Burung Murai Batu Medan

Murai batu harga jualnya tidak murah, apalagi jenis murai batu medan. Karena tergolong burung paket lengkap.

Termasuk burung yang handal berkicau, murai medan juga memiliki fisik yang elok. Ciri khasnya adalah ekornya yang sangat panjang.

Baca Juga: Harga Kacang Kedelai per Kg (Lokal dan Impor) di Berbagai Daerah

Meskipun terkenal karena kecantikannya, ini bukan termasuk dalam list harga burung murai batu termahal. Namun, untuk harga murai batu ekor 25 cm memang tidak murah.

Menurut review salah satu owner, ukuran ekor murai batu medan bisa mencapai 30 cm. Supaya terlihat lebih indah, biasanya orang akan memeliharanya dalam kandang murai no 3 atau sangkar murai no 3.

Burung Murai Nias

Sekilas, bentuk fisik murai nias sama seperti murai medan, hanya saja ukuran tubuhnya lebih kecil. Selain itu, ekornya cenderung pendek.

Meskipun begitu, kepiawaiannya dalam berkicau tak kalah dengan murai batu medan. Nah, untuk menunjang nilai estetik burung ini, umumnya orang akan memasukkannya dalam kandang murai ebod.

Hal tersebut karena ukuran sangkar murai yang sesuai dan memiliki model yang klasik. Sangkar murai ebod juga banyak dipilih karena nilai jual yang lebih terjangkau dibandingkan kandang radja murai.

Biasanya orang akan memilih ukuran sangkar murai no 3 atau ukuran sangkar murai no 2. Semakin besar kandang yang Anda pilih, maka murai akan semakin leluasa bergerak. 

Burung Murai Lampung

Termasuk jenis murai yang kerap diikutkan lomba, memang, suara murai lampung terbilang sangat merdu. Meskipun begitu, secara fisik tak seindah burung murai medan, apalagi untuk yang betina.

Untuk fisiknya, murai belita lampung lebih indah daripada yang lampung. Ini juga alasan harga murai batu betina medan lebih mahal daripada jenis dari lampung.

Dengan ukuran tubuh yang mungil, Anda bebas memilih ukuran sangkar murai no 1 2 3. Supaya kurungan murai lebih indah, Anda bisa memasang mahkota sangkar murai di bagian atasnya.

Karena suaranya yang merdu, biasanya para owner tidak hanya memasukkannya dalam sangkar khusus yang digembok. Ada juga yang memasang ring burung murai di kakinya.

Itu bertujuan untuk menandai burung murai supaya tidak diambil orang. Namun, ada juga yang lebih memilih sangkar murai besi yang dinilai lebih aman.

Burung Murai Batu Kalimantan

Jenis burung murai batu kalimantan juga sering ikut dalam ajang perlombaan. Burung murai kalimantan memiliki ekor yang lebih panjang daripada murai lampung.

Namun, ukuran ekornya masih kalah dengan jenis murai medan. Untuk burung murai batu harga jualnya tidak murah, termasuk murai batu kalimantan.

Nilai jual burung murai batu kalimantan yang sedikit mahal, membuat orang lebih protektif terhadapnya. Bahkan, tak jarang yang memilih harga kandang burung murai mahal untuk jenis burung yang satu ini.

Ukuran tubuh burung murai batu kalimantan cenderung mungil. Anda bebas memilih ukuran diameter sangkar murai no 1 2 3 untuknya. 


Harga Burung Murai Anakan dan Dewasa (Batu, Air, Albino, dll) Terbaru


Burung Murai Batu Jawa

Termasuk jenis murai batu yang langka, tak banyak yang jual murai ini. Selain itu, harga murai betina untuk jenis ini juga mahal, apalagi yang jantan.

Ciri khas yang membuat murai batu jawa mahal adalah tingkah lakunya saat berkicau. Burung ini akan berdiri dengan kepala dan ekor tegak sambil mengeluarkan jambulnya saat berkicau.

Meskipun tak banyak yang jual murai batu ini, banyak yang ingin memilikinya. Ini pula yang menjadi alasan harga burung murai tersebut selalu naik.

Burung Murai Sabang

Diketahui, burung murai harga jualnya tidak murah, apalagi untuk jenis burung murai sabang. Banyak dijual di pasaran aceh, konon harga murai ini bisa ditawar hingga puluhan juta rupiah per ekor.

Apalagi, jika dijual dalam sangkar murai radja. Itu akan semakin mahal dan inilah alasan murai sabang dikenal sebagai burung sultan.

Baca Juga: Harga Bawang Putih per Kg (di Berbagai Daerah dan Pasaran) 2022

Ciri khas burung murai sabang adalah bentuk tubuh yang proporsional dengan ekor sedang. Kicau burung ini juga sangat stabil dan lantang.

Burung Murai Irian

Jika burung murai pada umumnya berwarna jingga dan hitam, murai irian berwarna hitam legam. Dari ujung kepala hingga ekor berwarna hitam dan itulah ciri khasnya.

Selain itu, terdapat semburat kebiruan pada bola matanya. Termasuk burung murai yang kecil, tidak sulit mencari kandang yang pas.

Anda bisa memilih ukuran sangkar murai yang kecil hingga besar, sesuai selera. Harga kandang murai seperti ini tentunya bervariasi.

Burung Murai Bordan

Tak seperti ras murai lainnya, murai bordan lahir dari hasil perkawinan antara murai medan dan borneo betina. Ini membuat burung memiliki suara yang unik dan lantang.

Ciri khas burung ini adalah mampu menari dan memainkan ekornya. Tak heran jika harga murai bordan tidak murah. 

Supaya murai bordan memiliki suara semakin indah, Anda bisa memberikan pakan voer Gold Coin untuk kacer. Ini termasuk Gold Coin murai yang cukup populer di kalangan owner kicau mania.

Burung Murai Air

Termasuk jenis murai yang populer baru-baru ini, burung murai air memiliki ciri khas bulu berwarna abu-abu di bagian tubuhnya. Sementara itu, sayap dan kepalanya berwarna hitam.

Ada juga burung murai air dengan sayap berwarna putih di bagian tengahnya. Diketahui, harga murai air tahun 2022 ini mengalami kenaikan dibandingkan harga murai air 2021.

Biasanya, harga murai air gacor akan lebih mahal daripada bakalan. Tak hanya itu, harga murai air jantan lebih mahal dibandingkan harga burung murai air betina.

Burung Murai Albino

Dari semua jenis burung murai yang ada, murai albino yang paling langka. Harga murai albino juga paling mahal, apalagi harga murai batu albino.

Murai albino harga jualnya bisa mencapai jutaan rupiah per ekor untuk anakan. Bahkan, Ada yang menawar harga burung murai albino hingga puluhan juta rupiah.

Untuk ciri khas murai albino adalah bulunya yang berwarna putih. Terbagi menjadi dua, yakni murai albino mata cokelat dan merah, lebih banyak yang mengincar si mata merah.

Harga murai albino mata merah inilah yang termahal dari semua jenis murai albino. Lalu, berapa harga burung murai tahun 2022 ini? Sebelumnya, berikut tips memeliharanya.


Harga Burung Murai Anakan dan Dewasa (Batu, Air, Albino, dll) Terbaru


Tips Memelihara Burung Murai

  • Berikan pakan yang teratur, Anda bisa memberinya voer nanjung 105.
  • Kandang atau sangkar murai harus dibersihkan setiap hari.
  • Minum harus diganti setiap pagi.
  • Vaksin dan vitamin diberikan sesuai dosis dan keperluan murai.
  • Latih burung murai berkicau setiap hari dengan masteran yang berkualitas.
  • Mandikan dan jemur burung murai setiap pagi.

Pilih jenis murai yang sesuai dengan budget dan selera Anda. Lalu, berapa harga burung murai? Tentunya berbeda dengan harga burung wambi.

Baca Juga: Harga Bawang Merah per Kg di Berbagai Daerah dan Cara Menanamnya untuk Pemula

Harga Burung Murai

Jenis Burung Murai

Harga per Ekor

Burung Murai Air

Rp150.000 - Rp300.000

Burung Murai Batu Kalimantan

Rp750.000 - Rp1.000.000

Burung Murai Batu Jawa

Rp1.200.000 - Rp1.500.000

Burung Murai Irian

Rp800.000 - Rp2.000.000

Burung Murai Bordan

Rp1.000.000 - Rp2.500.000

Burung Murai Batu Medan Anakan

Rp1.000.000 - Rp3.500.000

Burung Murai Nias Anakan

Rp2.000.000 - Rp4.500.000

Burung Murai Lampung

Rp2.000.000 - Rp4.500.000

Burung Murai Sabang

Rp6.000.000 - Rp7.500.000

Burung Murai Batu Medan Dewasa

Rp10.000.000 - Rp12.000.000

Burung Murai Nias Dewasa

Rp6.500.000 - Rp45.000.000

Burung Murai Albino

Rp150.000.000 - Rp750.000.000

Sebagai informasi, harga burung murai di atas kami rangkum dari forum jual beli burung kicau. Tentunya, harga burung murai bisa berubah sewaktu-waktu. Sama seperti harga burung perkutut.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Burung Murai Anakan dan Dewasa (Batu, Air, Albino, dll) Terbaru"