Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Burung Perkutut Anakan dan Dewasa (Jawa, Bangkok, dll)

Harga Burung Perkutut Anakan dan Dewasa (Jawa, Bangkok, dll)

Mendengarkan kicauan burung perkutut di pagi hari menjadi rutinitas yang mengasyikkan bagi sebagian orang. Sayangnya, harga burung perkutut, baik anakan maupun dewasa tidaklah murah.

Untuk harga perkutut anakan saja, bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Di sisi lain, harga burung perkutut termahal bisa mencapai jutaan rupiah per ekor.

Perkutut harga jualnya memang mahal, karena memiliki suara yang indah. Anda bisa mengetahui nilai penawarannya secara langsung di tempat jual perkutut terdekat.

Baca Juga: Harga Burung Parkit Dewasa & Anakan (Lutino, Australia, Roselle, dll)

Selain kualitas suaranya, faktor utama yang membuat harga burung perkutut murah hampir tidak ada adalah jenisnya. Berikut varian burung perkutut.

Jenis-Jenis Burung Perkutut

Burung Perkutut Jawa

Juga disebut sebagai zebra dove atau perkutut lokal, burung ini menjadi incaran banyak orang. Pasalnya, burung perkutut lokal terkenal piawai dalam berkicau.

Tak hanya itu, bentuk fisiknya juga unik dan menarik. Ciri khas burung perkutut jawa adalah bulunya yang bercorak garis-garis.

Didominasi dengan warna abu-abu dan garis hitam, burung perkutut jawa terbilang cantik saat dipelihara. Nah, untuk harga burung perkutut lokal di pasaran ini bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

Lebih mahal lagi untuk harga perkutut lokal gacor. Untuk perkutut lokal gacor atau kutut lokal gacor yang sering ikut kontes bisa ditawar hingga jutaan rupiah per ekor.

Meskipun begitu, perkutut lokal tidak sulit ditemukan. Karena sudah banyak yang jual burung perkutut lokal saat ini. 

Burung Perkutut Bangkok

Jika Anda ingin memelihara burung kicau yang unik, Anda bisa memelihara perkutut bangkok. Berbeda dengan jenis perkutut lainnya, burung ini memiliki jambul seperti mahkota berwarna gelap.

Sementara itu, burung perkutut bangkok memiliki suara yang besar dan berat. Bisa dibilang, suaranya lebih ngebas dibandingkan perkutut gacor lokal.

Tak seperti namanya, perkutut bangkok sebetulnya adalah jenis perkutut lokal. Ada beberapa jenis perkutut lokal yang dibawa ke Bangkok dan dikembangkan di sana.

Setelah menjadi burung perkutut bangkok modern yang bersuara khas, akhirnya diekspor ke Indonesia. Setelah itu, jenis burung perkutut bangkok mulai dipasarkan secara massal di Tanah Air.

Jika dibandingkan dengan harga burung perkutut lokal, harga burung perkutut bangkok lebih mahal. Namun, cukup bersaing dengan harga perkutut lokal gacor dan perkutut cemani lokal, juga dengan harga burung murai.

Burung Perkutut Maungeus

Lebih dikenal dengan sebutan perkutut sumba, memang jenis perkutut tersebut asalnya dari Sumbawa. Sekilas perkutut maungeus mirip dengan perkutut lokal.

Didominasi warna abu-abu, terdapat garis-garis hitam di bagian tubuhnya. Namun, ciri khasnya adalah semburat kuning kecokelatan pada bulunya.

Juga bersuara merdu, banyak yang ingin memelihara perkutut sumba. Namun, jenis ini lebih jarang dibandingkan perkutut lokal.

Umumnya, para owner akan memeliharanya dalam kandang khusus untuk dikembangbiakkan. Harga kandang burung perkutut sendiri beragam, tergantung dari ukurannya.

Ada kandang burung perkutut murah, ada juga yang mahal. Pilihlah yang sesuai budget dan kebutuhan.

Burung Perkutut Putih

Termasuk jenis perkutut yang populer di kalangan pencinta perkutut katuranggan, burung perkutut putih sangat langka. Selain itu, beberapa orang percaya bahwa jenis ini mampu membawa keberuntungan.

Ciri perkutut putih katuranggan adalah seluruh tubuhnya berwarna putih. Sementara itu, matanya berwarna merah.

Bisa dibilang, ini adalah jenis burung perkutut albino. Selain itu, terdapat cakar berwarna putih dan kaki berwarna merah.

Untuk membedakan perkutut katuranggan asli dan palsu, Anda bisa melihat warna mata dan garis hitam di kakinya. Harga burung perkutut putih ini tidaklah murah dengan harga burung cucak ijo.

Burung Perkutut Majapahit

Juga termasuk jenis burung perkutut yang jarang ditemukan, perkutut majapahit terbilang cukup populer. Ini adalah jenis keturunan perkutut yang dipelihara sejak zaman Majapahit oleh Prabu Brawijaya V.

Tak heran, jika nilai jual perkutut majapahit asli terbilang mahal. Harga burung perkutut majapahit bisa mencapai jutaan rupiah per ekor.

Suara burung perkutut Majapahit juga sangat khas dan terbilang merdu. Meskipun begitu, secara fisik, unggas kicau ini mirip dengan perkutut lokal.

Baca Juga: Harga Burung Pleci Anakan & Dewasa (Jawa, Bali, Lombok, Garut, dll)

Di pasaran sendiri, burung perkutut majapahit dibedakan menjadi dua, yakni jenis biasa dan cemani. Perkutut cemani majapahit ciri khasnya berbulu hitam, sementara yang biasa berwarna abu-abu.

Tentunya, harga perkutut majapahit biasa lebih murah dibandingkan harga perkutut cemani majapahit. Ini karena jumlah orang yang jual perkutut majapahit asli jenis cemani tidak banyak.


Harga Burung Perkutut Anakan dan Dewasa (Jawa, Bangkok, dll)


Burung Perkutut Lurah

Seperti namanya, memang perkutut lurah biasanya dipelihara oleh seorang lurah atau pejabat negeri. Menurut kepercayaan orang-orang, itu sebagai simbol kewibawaan seorang pemimpin.

Ada juga yang percaya, perkutut lurah bisa mendatangkan rejeki. Ciri khas perkutut lurah adalah, di bagian tubuhnya terdapat corak mirip sisik ular. 

Tak hanya itu, bulu dada burung tersebut berwarna terang, seperti warna perut ular. Di alam liar, perkutut lurah banyak ditemukan di dalam hutan terpencil. 

Selain itu, burung ini hampir tidak pernah turun ke tanah. Itulah yang membuatnya sulit ditangkap untuk ditangkarkan.

Burung Perkutut Kantong Semar

Juga termasuk jenis perkutut katuranggan, perkutut kantong semar dipercaya mampu membawa keberuntungan. Ciri khasnya adalah perut atau tembolok yang terlihat sangat menonjol.

Sekilas, hewan kicau ini mirip dengan tokoh pewayangan, yakni Semar. Selain itu, perkutut ini mempunyai paruh yang agak tebal dan turun ke bawah.

Bentuk kepala dan matanya juga sangat bulat seperti koin. Sementara itu, tubuh burung ini cenderung memanjang.

Harga burung perkutut kantong semar juga lumayan mahal. Apalagi, untuk jenis yang gacor, lebih mahal daripada harga burung kenari.

Burung Perkutut Sri Tumpuk

Bagi orang Jawa, burung perkutut sri tumpuk dipercaya mampu mendatangkan keberuntungan dan rejeki. Hal ini yang membuat harga burung perkutut sri tumpuk tidak murah.

Ciri khas burung perkutut sri tumpuk adalah warna bulu yang abu-abu dengan belang hitam. Sekilas, itu mirip dengan perkutut lokal.

Yang membedakannya dengan perkutut lainnya adalah kebiasannya. Tak seperti perkutut lainnya, sri tumpuk hanya akan buang kotoran di satu tempat.

Jika Anda tidak segera membersihkan kotorannya, maka kotorannya akan menumpuk. Inilah alasan burung dinamakan sri tumpuk.

Itulah beberapa jenis burung perkutut yang bisa Anda temukan di pasaran. Sebelum membahas harga burung perkutut, pastikan Anda tahu cara memeliharanya.

Supaya mudah, berikut adalah tips memelihara burung perkutut. Pastikan Anda memperhatikannya supaya burung perkutut Anda bisa hidup lebih lama.


Harga Burung Perkutut Anakan dan Dewasa (Jawa, Bangkok, dll)


Tips Memelihara Burung Perkutut

  • Berikan pakan jenis biji-bijian kesukaan perkutut, seperti jagung.
  • Bersihkan kandang atau sangkar burung perkutut setidaknya sekali sehari.
  • Ganti air minum burung setiap pagi dengan yang bersih dan jernih.
  • Pakan harus diberikan secara teratur dan rutin supaya burung tidak stres.
  • Jemur dan mandikan burung setiap pagi.

Bisa dibilang, cara memelihara burung perkutut tidaklah sulit. Lalu, berapa harga burung perkutut saat ini? tentunya berbeda dengan harga burung lovebird.

Baca Juga: Harga Burung Jalak  Anakan & Dewasa (Suren, Bali, Kebo, Putih, dll)

Harga Burung Perkutut

Jenis Burung Perkutut

Harga

Burung Perkutut Jawa 

Rp100.000 - Rp300.000

Burung Perkutut Maungeus 

Rp100.000 - Rp500.000

Burung Perkutut Bangkok 

Rp250.000 - Rp700.000

Burung Perkutut Putih 

Rp1.250.000 - Rp1.500.000

Burung Perkutut Majapahit 

Rp700.000 - Rp2.000.000

Burung Perkutut Lurah 

Rp700.000 - Rp2.000.000

Burung Perkutut Sri Tumpuk 

Rp1.150.000 - Rp2.000.000

Burung Perkutut Kantong Semar 

Rp3.000.000 - Rp5.000.000

Sebagai informasi, harga burung perkutut di atas telah kami rangkum dari forum jual beli burung kicau. Tentunya, nilai jual perkutut bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah.
Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Burung Perkutut Anakan dan Dewasa (Jawa, Bangkok, dll)"