Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Sapi Wagyu Anakan dan Dewasa Siap Potong Halal

Harga Sapi Wagyu Anakan dan Dewasa Siap Potong Halal

Ada banyak pilihan ternak untuk aqiqah dan qurban, salah satunya sapi wagyu. Harga sapi wagyu baik anakan maupun dewasa memang tidak murah, tetapi sebanding dengan kualitasnya.

Sapi Wagyu Haram

Seperti yang kita ketahui, jenis sapi wagyu termasuk ras ternak unggulan. Apalagi, harga daging wagyu terbilang mahal di pasaran.

Namun, itu ditentukan juga dari kualitasnya. Untuk harga wagyu a9 misalnya, kalah saing dengan harga daging wagyu a6.

Baca Juga: Harga Sapi Limosin  dan Cara Merawatnya Supaya Cepat Gemuk

Sementara itu, harga daging wagyu termahal biasanya adalah jenis A5. Memang, harga sapi wagyu a5 adalah yang termahal, termasuk dagingnya.

Tak hanya dinilai dari tingkatan kualitasnya, sapi wagyu juga harus diperhatikan halal haramnya. Itu khusus untuk Anda yang ingin menjadikannya sebagai ternak qurban dan aqiqah.

Tidak semua yang termasuk dalam harga sapi wagyu Jepang halal. Hal ini tergantung dari makanan sapi wagyu dan cara pemotongannya.

Sapi wagyu haram jika cara pengolahan daging dan proses potongnya tidak sesuai syariat Islam. Apalagi, untuk membuat daging sapi wagyu A5, peternak akan menambahkan sake ke dalam pakan sapi.

Seperti yang kita ketahui, sake termasuk salah satu minuman fermentasi dari beras yang mengandung alkohol tinggi. Dalam Islam, jelas ini adalah zat haram, lalu bagaimana supaya halal? Sebelumnya, mungkin Anda tertarik dengan harga kambing saneen.

Supaya Sapi Wagyu Halal

Rupanya, hukum mengonsumsi daging wagyu masih menjadi perdebatan di kalangan masyarakat. Karena, di beberapa peternakan khusus yang mengembangkan wagyu, sapi akan diberi minum sake.

Namun, ada sebuah hadits yang bisa dijadikan acuan bahwa daging wagyu halal. Dari HR. At-Tirmidzi, Rasulullah SAW menyarankan untuk menunda penyembelihan ternak yang halal tetapi dinilai haram.

Tujuan ditundanya pemotongan adalah, untuk menghilangkan penyebab haramnya ternak. Sebagai contoh, sapi wagyu impor yang tadinya diberi minum sake, harus diberi pakan halal terlebih dahulu.

Netralisirlah zat haram yang ada di tubuh sapi dengan memberinya pakan yang bersih dan halal. Lakukan tes medis juga terhadap darah, liur, dan kotorannya, apakah sudah bersih dari zat yang haram atau belum.

Lalu, dilansir dari NU Online, dalam Syarah Tahrir, Syekh Abu Zakaria menerangkan bahwa itu hukumnya makruh. Dikatakan, makruh hukumnya mengonsumsi hewan pemakan kotoran, baik itu ternak atau lainnya.

Penjelasan yang lebih detail adalah, kemakruhan itu mencakup anggota tubuh hewan tersebut. Hal itu seperti, susu, telur, daging, dan bulu.

Dimakruhkan juga untuk mengendarai hewan tersebut tanpa alas. Itu khusus hewan ternak berbadan besar.

Alasan hewan halal yang menjadi haram makruh dikonsumsi adalah, adanya perubahan yang terjadi. Perubahan itu bisa pada rasa, aroma, tekstur, dan warna daging.

Baca Juga: Jual Kambing Aqiqah? Ini Tips Supaya Untung Banyak dan Balik Modal

Mengonsumsi ternak tersebut tetap makruh hingga hewan dibiarkan untuk mengonsumsi pakan yang suci. Sehingga, tubuhnya akan kembali bersih dan pantas dikonsumsi kaum Muslim.

Jika Anda membeli sapi wagyu yang hidup untuk qurban atau aqiqah, Anda bisa melakukan hal di atas. Meskipun akan memakan waktu, tetapi itu sangatlah penting. 

Sementara itu, tidak mudah untuk mengetahui daging sapi wagyu halal. Khususnya, jika Anda membelinya di minimarket.


Harga Sapi Wagyu Anakan dan Dewasa Siap Potong Halal


Ciri Daging Sapi Wagyu Halal

Tak seperti sapi wagyu yang bisa dinetralisir, daging sapi cenderung sulit dinilai kehalalanya. Untungnya, sudah ada daging wagyu khusus yang halal di Indonesia.

Berita baik kepada Anda karnivora sejati, Anda bisa membedakan wagyu halal dan non-halal dengan mudah. MUI (Majeli Ulama Indonesia) telah menerbitkan sertifikasi halal pada beberapa importir wagyu Jepang.

Tidak diberikan secara cuma-cuma, MUI bahkan telah melakukan inspeksi mendalam mengenai daging tersebut. Tidak hanya memeriksa kehalalan pakan ternak, tetapi juga proses pemotongan hewan.

Sementara itu, RPH (Rumah Potong HEwan) yang sudah mengantongi sertifikat halal MUI adalah Zenkai Meat. Itu adalah RPH asal Kumamoto Jepang yang mengimpor produk daging wagyu.

Keunggulan daging wagyu dari RPH Zenkai Meat, antara lain, aroma dagingnya khas dan bertekstur lembut. Selain itu, daging wagyu RPH tersebut diklaim manis dan gurih saat dimasak.

Anda juga bisa memperoleh daging wagyu halal dari Kagoshima. Untuk daging wagyunya, Kagoshima sudah memiliki sertifikat halal dari MUI dan MPJA (Muslim Professional Japan Association.

Dapat disimpulkan, Anda bisa memilih daging wagyu dengan cap MUI di kemasannya. Itu pastinya sudah terjamin kehalalannya.

Baca Juga: Aqiqah Pakai Sapi? Ketahui Harga, Jenis, Hukum, dan Syaratnya

Namun, sebelum mengetahui harga sapi wagyu, Anda juga perlu tahu jenisnya. Jika hanya melihat gambar sapi wagyu, mungkin akan kurang detail dan berikut ulasannya. Namun, mungkin Anda juga tertarik dengan harga kambing PE.

Jenis Sapi Wagyu

Sapi Wagyu Satsuma

Salah satu jenis sapi wagyu yang cukup populer adalah sapi wagyu satsuma. Lebih umum disebut satsuma gyu, sapi ini sebenarnya adalah sapi rambut hitam Japanese Black.

Diternak di Prefektur Kagoshima, Jepang, wagyu satsuma memiliki banyak keunggulan. Diketahui, sapi ini merupakan salah satu pemenang Wagyu Olympic.

Itu adalah kompetisi khusus untuk sapi wagyu paling bergengsi di Negeri Sakura. Tak heran, jika harga daging sapi wagyu tersebut tidak murah.

Sapi Wagyu Omi Hime

Jika Anda mencari daging wagyu premium, Anda bisa membeli daging sapi wagyu omi hime. Ini termasuk satu dari lima jenis sapi wagyu full blood.

Juga dikenal sebagai salah satu jenis wagyu premium kuroge, sapi tersebut berasal dari Prefektur Shiga. Di Jepang, sapi omi hime terkenal sebagai merek daging sapi tertua.

Diternak di lahan pertanian sekitar Danau Biwa, sapi omi hime banyak dicari orang. Tujuannya adalah, untuk diternak kembali atau dibeli dagingnya untuk bisnis kuliner.

Sayangnya, berbeda dengan wagyu lainnya, sapi omi hime sangat terbatas. Hal ini karena sapi adalah sapi betina yang masih perawan. 

Sapi Wagyu Matsusaka

Dikenal mempunyai daging bercita rasa manis dengan lemak yang lembut, sapi wagyu matsusaka cukup terkenal di Jepang. Ini berasal dari jenis sapi japanese black yang diternakkan di Kota Matsusaka, Prefektur Mie.

Terbilang memiliki waktu panen yang lama, dibutuhkan sekitar tiga tahun untuk menyiapkan sapi tersebut. Ada beberapa syarat khusus untuk sapi yang siap potong, yakni sudah dewasa dan betina.

Selain itu, sapi juga harus berasal dari ras Kuroge dan belum pernah melahirkan. Untuk mendapatkan sapi seperti ini cukup sulit dan hanya ada di pasar tertentu.

Setelah mengetahui jenis sapi wagyu, Anda juga perlu tahu ciri sapi wagyu berkualitas baik. Berikut rinciannya.


Harga Sapi Wagyu Anakan dan Dewasa Siap Potong Halal


Ciri Sapi Wagyu Premium

  • Memiliki kondisi tubuh yang sehat dan tidak punya riwayat penyakit genetika.
  • Mempunyai mata yang jernih dan tidak berair atau merah.
  • Nafsu makan sapi tidak menurun atau berubah.
  • Tubuh sapi lengkap dan tidak cacat atau luka.
  • Mulut dan hidung sapi tidak berlendir dan bersih.
  • Bulu sapi tidak rontok, tidak berkutu, dan tidak berjamur.

Perhatikan ciri-ciri di atas supaya Anda bisa memilih sapi wagyu untuk aqiqah atau qurban yang baik. Nah, berikut harga sapi wagyu saat ini yang berbeda dengan harga kambing kacang.

Harga Sapi Wagyu

  • Siap Potong Sapi Wagyu Impor Jepang Asli: Rp470.000.000 - Rp600.000.000 per ekor.
  • Anakan Sapi Wagyu Impor Jepang: Rp200.000.000 - Rp400.000.000 per ekor.

Sebagai informasi, harga sapi wagyu di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber. Tentunya, harga sapi wagyu bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah. Itu sama seperti harga kambing jawa randu.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Sapi Wagyu Anakan dan Dewasa Siap Potong Halal"