Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Sapi Limosin dan Cara Merawatnya Supaya Cepat Gemuk

Harga Sapi Limosin  dan Cara Merawatnya Supaya Cepat Gemuk

Ada banyak pilihan ternak sapi untuk aqiqah dan qurban, salah satunya adalah limosin. Harga sapi limosin memang tidak murah, baik anakan maupun dewasa, tetapi itu sebanding dengan hasil dagingnya.

Sebelum mengetahui harga sapi limosin 2022, pastikan Anda mengetahui apa yang mempengaruhi nilai jualnya. Namun, sebelumnya mungkin Anda tertarik dengan harga kambing kacang.

Penentu Harga Sapi Limosin

Sebagai ras unggulan, limosin kerap menjadi buruan para artis, bahkan presiden. Itu tidak hanya yang dewasa, tetapi juga anakan.

Baca Juga: Aqiqah Pakai Sapi? Ketahui Harga, Jenis, Hukum, dan Syaratnya

Sapi limosin harga jualnya cukup beragam, itu ditentukan dari gender, usia, dan berat badan sapi. Sebagai contoh, anak sapi limosin umur 5 bulan bisa lebih murah, karena bobot tubuhnya tidak setara dengan sapi usia 8 bulan. 

Berat badan sapi limosin umur 8 bulan tentunya berbeda dengan anakan 5 bulan. Meskipun begitu, limosin anakan sudah cukup populer.

Bahkan, ada yang sudah menawarkan harga anak sapi limosin umur 3 bulan. Tentunya itu lebih terjangkau dibandingkan harga sapi limosin umur 6 bulan.

Yang paling mahal adalah harga sapi limosin umur 2 tahun. Namun, yang paling laris dan sering diincar pesohor adalah harga sapi limosin umur 1 tahun. Itu lebih mahal daripada harga kambing jawa randu.

Di sisi lain, para peternak lebih suka menawar harga sapi limosin kecil, baik jantan maupun betina. Meskipun begitu, konon harga sapi limosin anakan betina lebih terjangkau.

Hal ini karena harga sapi limosin anakan jantan memiliki kualitas yang lebih baik dijadikan sapi pedaging. Sementara betinanya, bisa dijadikan indukan lagi.

Nah, untuk menentukan sapi limosin yang bagus, Anda perlu mengetahui ciri-cirinya. Itu juga yang menentukan apakah itu jenis sapi limosin termahal atau bukan. 

Ciri-Ciri Sapi Limosin

Bentuk Kepala Sapi Limosin

Lebih dikenal dengan nama sapi limousin, hewan ternak ini mempunyai ukuran kepala cenderung besar. Dibandingkan sapi lokal, bagian atas kepalanya juga lebih menonjol.

Jarak antara telinga kanan dan kiri sapi tersebut juga cenderung lebar dan ditumbuhi bulu tebal. Bagian atas kepalanya juga terdapat bulu yang panjang dan tebal.

Sementara itu, telinganya berbentuk runcing dan lebar. Mata sapi limosin cenderung sipit dan tajam.

Di sisi lain, moncong hewan pemamah biak ini cenderung besar dan tebal. Ini membuat suara sapi limousin cenderung sengau, tetapi keras.

Postur Tubuh Sapi Limosin

Sebagai jenis sapi potong, limosin mempunyai tubuh cenderung berotot, baik jantan maupun betina. Kaki sapi tersebut juga terbilang jenjang dan cukup berdaging.

Postur tubuh sapi ini cenderung besar dibandingkan sapi lainnya, dengan tingkat pertumbuhan yang pesat. Selain berotot, tubuh sapi juga tidak terlalu berlemak.

Hal ini bisa dilihat dari banyaknya kerutan serta tonjolan di bagian tubuhnya. Bahkan, saking berototnya, beberapa sapi terlihat seolah memiliki punik.

Bobot tubuh limosin juga patut diacungi jempol. Sebagai sapi berbadan besar, limosin betina beratnya mampu mencapai 650 kg.

Berat badan limosin betina lebih ringan dibandingkan indukan jantan. Sapi limousin jantan dewasa mampu tumbuh dengan berat hingga 1 ton.

Bahkan ada sapilimosin jantan yang lebih berat dan gemuk lagi. Itu bisa terjadi jika Anda melakukan cara penggemukan sapi limosin dengan tepat.

Bulu Sapi Limosin

Berbeda dengan sapi kebanyakan yang berbulu cenderung tipis, limousin mempunyai bulu tebal. Selain itu, bulunya lebat dan lembut.

Ada beberapa bagian tubuh yang terselimuti bulu panjang dan sangat tebal. Bagian tubuh tersebut, di antaranya telinga, kepala, dan ekor.

Sementara itu, warna bulu sapi limousin berwarna cokelat keemasan. Namun, pada bagian lutut dan perutnya berwarna krem keemasan.

Sama seperti ternak lainnya, sapi limousin bisa terkena kutu dan jamur. Untuk itu, Anda harus melakukan perawatan khusus.

Beberapa peternak biasanya akan memandikan sapi di sore hari. Selain mengusir parasit, ini adalah cara untuk menurunkan suhu tubuh sapi yang kepanasan.

Baca Juga: Jual Kambing Aqiqah? Ini Tips Supaya Untung Banyak dan Balik Modal

Selain fisik yang ok, sapi limousin banyak dipilih pesohor karena mempunyai banyak kelebihan. Sebelumnya, mungkin Anda juga tertarik dengan harga kambing PE.


Harga Sapi Limosin  dan Cara Merawatnya Supaya Cepat Gemuk

Keunggulan Sapi Limosin

Dibandingkan dengan sapi lokal, limousin mempunyai banyak keunggulan. Selain karena bobotnya, sapi ini mempunyai pertumbuhan cepat.

Dengan daya pertumbuhan yang cepat. limousin bisa cepat dipanen. Hal ini membuat para peternak bisa cepat menjualnya.

Selain itu, daya hidup sapi limousin diklaim cukup baik. Hal ini karena sapi mempunyai karakteristik yang mudah beradaptasi dengan lingkungan.

Tak hanya itu, konon sapi limousin mudah dikembangkan di Indonesia. Sapi jenis ini sudah bisa dikembangkan di balai pengembangan ternak Indonesia.

Indukan limousin murni sudah ada di balai ternak dan akan dikawinkan dengan ras murni dengan cara inseminasi buatan. Nantinya, anakan sapi atau pedet limousin itu bisa diperjualbelikan secara massal. 

Bagi Anda yang ingin membeli sapi limousin, sebaiknya pertimbangkan untuk membeli anakannya. Ini bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan lebih.

Ada bisa merawat sapi hingga besar dan menjualnya dengan harga mahal. Lalu, bagaimana cara merawat sapi limosin agar cepat besar?

Cara Merawat Sapi Limosin

  • Berikan air minum dan pakan setiap saat, ketika tempat pakan atau minumnya sudah kosong.
  • Konsentrat diberikan secara berselang-seling atau dicampur dengan pakan hijau.
  • Obat cacing harus diberikan secara rutin untuk meningkatkan nafsu makan dan daya tahan tubuh sapi.
  • Vitamin dan suplemen juga tidak boleh ketinggalan diberikan kepada sapi.
  • Khusus proses penggemukan sapi, bisa dilakukan kurang lebih 100 hari sebelum sapi dipotong.
  • Kandang harus dibersihkan setiap hari dan pastikan tidak ada air yang menggenang.
  • Sediakan kandang khusus untuk pembesaran dan penggemukan sapi.
  • Posisi kandang harus lebih tinggi daripada tanah dan terhindar dari polusi udara.
  • Buatlah kandang dengan ventilasi yang baik supaya kandang tidak lembap.
  • Vaksin harus diberikan secara rutin supaya sapi tidak sakit.

Sapi limousin yang sudah berusia 4 bulan ke atas bisa langsung dijual. Namun, sebaiknya Anda menjualnya ketika sudah berusia 2 tahun. Pastinya, itu lebih mahal daripada harga kambing boer.

Selain itu, perhatikan waktu yang tepat untuk menjualnya. Jika Anda ingin mendapatkan untung lebih, jualah sekitar 2 minggu sebelum Idul Adha. Sementara itu, bagaimana ciri sapi yang terbaik?


Harga Sapi Limosin  dan Cara Merawatnya Supaya Cepat Gemuk


Ciri Sapi Limosin Berkualitas

  • Kondisi tubuh sapi sehat dan tidak cacat.
  • Telinga dan moncong sapi bersih, serta tidak berlendir.
  • Mata sapi terlihat jernih dan tidak terlalu banyak mengeluarkan air.
  • Sapi memiliki riwayat kesehatan baik dan tidak pernah sakit.
  • Nafsu makan sapi baik dan tidak menurun selama proses penggemukan.

Untuk lebih rinci mengenai ciri sapi limousin terbaik, Anda bisa langsung berdiskusi dengan peternaknya. Lalu, berapa harga sapi limosin?

Baca Juga: Kambing Saanen: Harga, Kelebihan, Kekurangan, dan Perbedaannya

Harga Sapi Limosin

Berat Sapi Limousin

Harga per Ekor

Sapi Limousin 450 kg

Rp50.000.000

Sapi Limousin 750 kg

Rp75.000.000

Sapi Limousin 1,1 ton

Rp100.000.000

Sebagai informasi, harga sapi limousin di atas telah kami rangkum dari forum jual beli hewan qurban. Tentunya, nilai jual sapi limousin bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Sapi Limosin dan Cara Merawatnya Supaya Cepat Gemuk"