Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Benur Udang Vaname Siap Budidaya per Kg dan Eceran

Harga Benur Udang Vaname Siap Budidaya per Kg dan Eceran

Tingginya permintaan pasar akan udang vaname membuat sejumlah orang ingin menjajal bisnis budidayanya. Untuk itu, langkah awal dalam budidaya udang vaname adalah menyiapkan benihnya. Nah, harga benur udang vaname sendiri tergantung dari varian dan jumlahnya.

Kenapa Budidaya Udang Vaname?

Sebagai komoditas penting, vaname kerap dijadikan objek penelitian pangan. Supaya populasi udang ini tetap lestari, para nelayan tidak lagi menangkap vaname di laut lepas.

Mereka lebih memilih untuk membudidayakannya, apalagi jika vaname punya daya hidup tinggi dan mudah beradaptasi dengan lingkungan. Umumnya, arthropoda ini dikembangbiakkan di kawasan Asia, termasuk Indonesia.

Alasan lain orang budidaya vaname, yakni peluang bisnis yang menjanjikan. Menurut beberapa pembudidaya, itu karena proses pembesaran udang tidak rumit dan hasil panen yang melimpah.

Baca Juga : Harga Udang Vaname per Kg Semua Size Segar di Pasaran

Nilai FCR (Feed Conversion Ratio) vaname juga relatif rendah, yakni rasio jumlah pakan untuk menghasilkan 1 kg daging budidaya. Tentunya, dengan FCR rendah, udang ini tidak akan menguras banyak biaya selama proses perawatan hingga panen.

Diimbangi dengan peluang pasar vaname yang cukup banyak, Anda bisa menjualnya ke beberapa industri katering atau restoran, pasar ikan, supermarket, hingga ekspor. Tak hanya datang dari negara Asia, permintaan vaname juga datang dalam skala besar dari negara-negara di Eropa.

Nah, untuk membudidayakan vaname di Indonesia, para petani lebih suka menggunakan media tambak. Juga dikenal dengan nama udang kaki putih/udang raja (Litopenaeus vannamei), pembesaran hewan ini menggunakan tambak terbilang gampang-gampang sulit.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, selain pengolahan media budidaya, yakni pemilihan benur atau bibit. Apalagi, harga bibit udang vaname dibedakan dari varietasnya. Di Indonesia sendiri, ada tiga jenis udang raja yang dibudidayakan.

Varietas Benur Udang Vaname di Indonesia

Penaeus Vannamei

Salah satu varietas benih vaname yang cukup populer di kalangan petani lokal, yakni Penaeus Vannamei. Saking populernya, banyak orang yang jual bibit udang vaname ini secara eceran. Untuk harga benur udang vaname ini juga tidak terlalu mahal dibanding varietas lainnya.

Bukan termasuk jenis lokal, Penaeus Vannamei diketahui berasal dari Panaman. Kelebihan jenis ini mampu beradaptasi dengan baik di habitat baru.

Kelangsungan hidup yang tinggi membuat para petani udang semakin diuntungkan. Apalagi, jika tingkat mortalitasnya rendah, sehingga hasil panen pun melimpah.

VN-1 (Varietas Udang Vaname Nusantara 1)

Seperti namanya, VN-1 termasuk udang raja lokal yang diketahui hasil budidaya vaname dari Situbondo. Tak kalah unggul dengan Penaeus Vannamei, varietas ini punya daya imun yang tinggi.

Selain itu, VN-1 dikenal punya pertumbuhan cepat dengan ukuran yang seragam. Harga benur udang vaname ini juga tidak kalah saing dengan varietas lainnya.

Menurut beberapa petani udang, VN-1 termasuk jenis udang dengan perawatan simpel, karena jarang kena virus atau penyakit. Ini juga yang membuat benur varian tersebut banyak dibudidayakan.

Global Gen Vaname

Juga termasuk varietas lokal, benur Global Gen Vaname mulai populer di tahun 2010. Berasal dari lombok, banyak yang jual benih udang vaname ini hingga ke luar pulau.

Tak heran jika Anda yang tinggal di Jawa, tidak sulit beli benur udang vaname jenis ini. Bahkan, Anda yang tinggal di Kalimantan dan Sulawesi juga tidak kesulitan mencarinya.

Baca Juga : Harga Anakan Anjing Border Collie (Mix dan Asli) serta Cara Merawatnya

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki Global Gen Vaname, yakni memiliki tumbuh kembang baik, daya tahan hidup tinggi, dan kebal dari sembilan virus yang kerap menyerang udang. Ini tentunya meningkatkan hasil panen dan menurunkan persentase kerugian.

Selain harus mengetahui varietas benih vaname, Anda juga perlu tahu bahwa udang ini juga dibedakan berdasarkan tahapan proses kembangbiak. Ada dua spesifikasi benur vaname layak budidaya, yakni nauplius dan post larva.


Harga Benur Udang Vaname Siap Budidaya per Kg dan Eceran


Spesifikasi Benur Udang Vaname

Nauplius

Dibedakan menjadi dua, nauplius adalah bibit udang vaname air tawar dan asin yang sudah punya warna pada kulitnya. Ciri khas benur ini adalah warna kecokelatan pada kulitnya.

Selain itu, benih ini punya pola gerak aktif yang lama dan mudah dirangsang cahaya. Tak heran jika beberapa orang menggunakan senter untuk mengetahui tingkat keaktifan udang.

Post Larva

Berbeda dengan nauplius, post larva adalah benur vaname yang masih transparan. Tak hanya itu, organ pencernaan udang ini juga masih belum lengkap.

Ciri post larva layak budidaya, yakni gerakannya aktif dan berenang melawan arus dengan kepala mengarah ke bawah. Selain itu, benih undang ini belum begitu peka terhadap cahaya.

Untuk harga benih udang vaname di atas, biasanya lebih mahal varian nauplius karena sudah memiliki organ lengkap dan daya adaptasi lebih tinggi. Anda bisa langsung pergi ke lapak jual benur udang vaname terdekat untuk mendapatkan varian benur sesuai kebutuhan.

Harga Benur Udang Vaname

Kuantitas Benur Udang Vaname

Harga Benur Udang Vaname

Benur Udang Vaname Eceran

Rp125 - Rp250 per ekor

Benur Udang Vaname 1 kg

Rp35.000 per pack

Benur Udang Vaname 3 kg

Rp100.000 per pack

Benur Udang Vaname 5 kg

Rp168.000 per pack

Benur Udang Vaname 10.000 ekor

Rp350.000 per pack

Benur Udang Vaname 54.000 ekor

Rp810.000 per pack

Sebagai informasi, harga benur udang vaname di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber. Tentunya, nilai jual benur vaname bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah.

Baca Juga : Modal Budikdamber Ikan Lele Lengkap dengan Caranya untuk Pemula

Untuk tambahan, pastikan benur udang yang Anda beli punya sertifikat dan layak budidaya. Selain itu, pilih bibit udang yang sehat, tidak cacat, dan punya nafsu makan tinggi.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Posting Komentar untuk "Harga Benur Udang Vaname Siap Budidaya per Kg dan Eceran"