Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Anakan Anjing Border Collie (Mix dan Asli) serta Cara Merawatnya

Harga Anakan Anjing Border Collie (Mix dan Asli) serta Cara Merawatnya

Salah satu jenis anjing yang cukup banyak penggemarnya adalah border collie. Dinilai punya nilai jual tidak murah untuk indukannya, banyak anabul lovers lebih memilih mengadopsinya dari bayi. Meskipun begitu, harga anakan anjing border collie masih berkisar jutaan rupiah per ekor, baik mix atau pun ras original.

Sebelum membahas harga anakan border collie, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai anabul ini. Berbeda dengan merawat anjing dewasa, border collie anakan terbilang agak rewel.

Baca Juga : Modal Budikdamber Ikan Lele Lengkap dengan Caranya untuk Pemula

Bayi border collie tidak seperti anak anjing lain yang perawatannya mudah. Sebagai orang tua baby border collie, terkadang Anda perlu menyiapkan banyak hal. Ini tidak hanya terkait pakan dan tempat tidur atau kandangnya, berikut rinciannya.

Cara Merawat Anakan Anjing Border Collie Supaya Sehat

Buat Jadwal Latihan Anakan Anjing Border Collie

Diklaim sebagai salah satu anjing terpintar di dunia, Anda perlu melatihnya supaya kepintarannya berkembang baik. Pastikan Anda sudah mulai menyusun jadwal latihan bayi border collie Anda dengan tahapan khusus.

Dimulai dengan latihan berlari kecil, hingga bermain kejar-kejaran. Setelah anjing mahir, Anda bisa mulai melatihnya untuk mematuhi perintah dan membantu pekerjaan rumah.

Terkenal sebagai anjing pekerja, border collie kecil sudah bisa membantu mengusir hama tikus. Selain itu, anabul ini cukup cerdas untuk menjaga bayi.

Sebagai tips supaya border collie mudah memahami perintah Anda, gunakan kalimat yang tidak terlalu panjang. Selain itu, perintah harus spesifik dengan nada suara stabil.

Jangan lupa untuk melibatkan sinyal fisik, supaya anabul bisa menangkap perintah Anda dengan cepat. Latihan yang rutin dengan memerhatikan istirahat dan reward positif akan membuat border collie menjadi anjing yang aktif, cerdas, dan sehat.

Pelajari Tingkat Temperamen Anakan Anjing Border Collie

Tak seperti anjing dewasa, border collie baby punya temperamen yang khas. Anabul yang satu ini bukan termasuk jenis anjing pemberani dan garang saat pertama kali kontak dengan manusia.

Border collie bayi biasanya akan bersembunyi di balik tubuh induknya. Beberapa border collie anakan juga ada yang cenderung agresif.

Cobalah untuk bersabar dan melatih anjing Anda berkontak fisik dengan manusia. Saat pertama kali Anda mengadopsinya, jangan terlalu sering memegang, bahkan menggendongnya.

Anak border collie perlu waktu yang agak lama untuk beradaptasi dengan manusia baru. Selain itu, jika anabul ini sudah percaya pada Anda, cobalah untuk tidak terlalu sering berkontak fisik dengannya.

Biarkan bayi anjing border collie yang berkontak fisik dengan Anda duluan. Ini akan membuat mereka merasa lebih nyaman dan tidak stres, sehingga kesehatannya tetap terjaga.

Melatih Pendengaran Anakan Anjing Border Collie

Dikategorikan sebagai anjing yang introvert, bayi border collie terkadang lebih suka suasana yang sepi. Namun, cobalah biasakan anabul Anda dalam suasana yang bising.

Latih pendengaran anak border collie Anda, supaya mereka tidak berubah agresif jika suasana rumah berubah ramai. Apalagi jika Anda termasuk jenis orang yang suka mengadakan party di rumah.

Dengan melatih pendengaran anakan border collie, mereka akan belajar beradaptasi dengan kebisingan. Ini membuat mereka memiliki daya tahan stres tinggi terhadap suara.

Sebagai tips, berikan stimulan suara dari yang kecil hingga kencang. Anda bisa memanfaatkan suara dari smartphone, laptop, TV, dan radio. Latihan secara bertahap juga akan melatih anjing menjadi lebih sabar dan tidak mudah lelah menghadapi situasi ramai.

Siapkan Ruangan Khusus untuk Anakan Anjing Border Collie

Seperti anjing introvert lainnya, border collie baby butuh ruang privasi. Ini sebagai salah satu tempat mereka untuk sekadar beristirahat sekaligus menenangkan diri.

Pastikan ruangan terasa aman dan nyaman untuk anabul Anda. Sebisa mungkin, ruangan khusus dibuat untuk bayi border collie.

Baca Juga : Harga Daging Burung Dara 1 Kg dan 1 Ekor (Segar & Frozen)

Hindari mencampur anabul dengan anjing lain, ini akan membuatnya kurang nyaman. Selain itu, pisahkan tempat tidur anjing dengan area makan dan buang air.

Kondisi ruangan yang bersih juga patut diperhitungkan, sehingga anak anjing Anda terjaga kesehatannya. Anjing border collie sangat suka tempat yang bersih.


Harga Anakan Anjing Border Collie (Mix dan Asli) serta Cara Merawatnya


Grooming Anakan Anjing Border Collie

Umumnya, paling aman memandikan anakan border collie pertama kali ketika usianya sudah dua minggu lebih. Di usia ini, anabul sudah memiliki kemampuan untuk mengontrol suhu badannya.

Selain itu, diketahui anabul ini sudah bisa beradaptasi dengan suhu. Namun, jangan terlalu memaksakan jika anabul Anda masih lemah.

Ciri anakan border collie yang sudah bisa dimandikan, yakni bulunya yang sudah tumbuh merata. Anda perlu memandikan anak anjing border collie dengan air hangat suam kuku.

Gunakan sampo khusus untuk anak anjing berbulu pendek. Akan lebih baik jika Anda memilih shampoo anti kutu.

Sebelum dimandikan, pastikan juga Anda sudah membersihkan telinga dan kuku anabul. Setelah dimandikan, Anda harus mengeringkan bulu anjing dengan hairdryer.

Pastikan bulu anak border collie tidak lembap, supaya tidak berjamur. Setelah itu, sisir menggunakan sikat supaya bulunya mengembang.

Paling tidak, Anda harus memandikan border collie sebulan sekali. Namun, grooming seperti membersihkan telinga, hidung, mata, kuku, dan menyisir bulunya, harus dilakukan seminggu sekali.

Grooming tidak hanya membuat anabul nyaman, tetapi juga mencegah penyakit. Apalagi jika bayi border collie Anda sangat aktif dan suka bermain di luar.

Sebagai tips, Anda bisa melakukan grooming sendiri di rumah. Ini mengingat harga anakan anjing border collie yang tidak bisa dibilang murah.

Pakan Anakan Anjing Border Collie

Pakan anakan anjing border collie sebenarnya mudah ditemukan. Beberapa produsen pakan hewan juga sudah memproduksi khusus dalam berbagai merk.

Namun, jika Anda kesulitan menemukan pakan yang cocok, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Saat anabul masih kecil, pastikan Anda hanya memberi pakan halus dengan tekstur lembek dan berair.

Makanan untuk bayi border collie harus tinggi protein. Setidaknya, pakan mengandung 35% protein, 15% lemak, 10% karbohidrat, dan 40% yang terdiri dari mineral, serat, dan vitamin. 

Dengan protein berkadar tinggi, anabul Anda akan memiliki tubuh proporsional dan terhindar dari gizi buruk. Selain itu, pakan harus didampingi dengan susu sesuai dosis.

Untuk anak anjing, makan harus diberikan sebanyak 3 kali sehari. Sementara, jika sudah dewasa, pakan bisa dikurangi menjadi dua kali sehari.

Selain cara di atas, Anda juga perlu memerhatikan kesehatan anabul dengan membawanya ke dokter hewan setiap enam bulan sekali. Ini sangat penting untuk mengetahui apakan anak border collie Anda mengidap penyakit bawaan berikut atau tidak.

Penyakit Turunan Anakan Anjing Border Collie

  • Tuli
  • Kelainan Retina
  • Epilepsi
  • Displasia Pinggul
  • Cedera

Setelah memahami cara merawat anakan border collie, pastikan Anda mengetahui biaya adopsi anjing tersebut. Berikut referensi harga anakan anjing border collie.

Baca Juga : Harga Foundation PIXY untuk Kulit Berminyak Lengkap dengan Review!

Harga Anakan Anjing Border Collie

Kategori Anakan Anjing Border Collie

Harga

Anjing Border Collie Puppy Mix Non Stambum

Rp5.210.000 - Rp7.000.000 per ekor

Anjing Border Collie Anakan Asli Stambum

Rp10.100.000 - Rp15.000.000 per ekor

Sebagai informasi, harga anakan anjing border collie di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber. Tentunya, biaya adopsi bayi border collie bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Posting Komentar untuk "Harga Anakan Anjing Border Collie (Mix dan Asli) serta Cara Merawatnya"