Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Tiket Kereta Whoosh di Vending Machine Stasiun dan Aplikasi Resmi

Harga Tiket Kereta Whoosh di Vending Machine Stasiun dan Aplikasi Resmi


Kereta Whoosh buatan PT Kereta Cepat Jakarta Indonesia (KCIC) resmi beroperasi mulai 18 Oktober 2023. Menyita banyak perhatian publik, harga tiket kereta Whoosh sudah bisa dilihat dan dipesan secara langsung melalui vending machine di Stasiun Jatimulya, Stasiun Padalarang, dan Stasiun Tegalluar.

Rute Kereta Whoosh

Sebagai kereta cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara, nama ‘Whoosh’ adalah akronim dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat. Sebelum menjadi Whoosh, kereta cepat ini dikenal dengan nama ‘Kereta Cepat Jakarta-Bandung.’

Sesuai dengan namanya, kereta ini punya kecepatan operasional hingga 350 km/jam yang menghubungkan Bandung, Jawa Barat, dengan Jakarta Timur. Untuk rutenya sendiri, Whoosh melayani 14 perjalanan kereta melalui tiga stasiun.

Baca Juga : Harga Benur Udang Vaname Siap Budidaya per Kg dan Eceran

Diketahui, Whoosh dioperasikan Kereta Cepat Indonesia China sebagai konsorsium Pilar Sinergi BUMN Indonesia dan China Railway International Company Limited. Trase layanan ini merupakan fase pertama dari serangkaian jalur di sistem kereta cepat Pulau Jawa. 

Dalam keterangan persnya, Eva Chairunisa selaku GM Corporate Secretary KCIC menjelaskan, penumpang bisa memakai intermoda yang telah disediakan. KCIC melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan para operator transportasi untuk pengoperasiannya. 

Hal tersebut sangat diperlukan untuk kemudahan penumpang mengakses Stasiun Kereta Cepat Whoosh. Dikutip dari CNN Indonesia, untuk menuju Stasiun Jatimulya, penumpang Whoosh bisa menggunakan transportasi Bus Transjakarta 7W rute Cawang - Halim. 

Sementara itu, jika penumpang ingin pergi ke Stasiun Padalarang, bisa menggunakan KA Feeder Kereta Cepat rute Padalarang - Cimahi - Bandung. Eva menambahkan bahwa penumpang Whoosh mendapatkan gratis perjalanan KA Feeder.

Fasilitas Kereta Whoosh

Tentunya, jadwal KA Feeder sudah disesuaikan dengan jadwal kedatangan dan keberangkatan Whoosh. Nantinya, KA Feeder akan berhenti di Stasiun Padalarang, Cimahi, dan Bandung. Selain itu, penumpang Whoosh yang ingin naik dari Stasiun Padalarang bisa menggunakan Commuter Line Bandung Raya rute Cicalengka - Rancaekek. 

Nah, jika Anda ingin naik Whoosh dari Stasiun Tegalluar, Anda bisa memanfaatkan Bus Damri. Untuk rutenya, yakni Metro Indah Mall - Tegalluar atau memakai jasa Bus Summarecon rute Mall Sumarecon - Tegalluar.

Fasilitas lain yang disediakan Whoosh untuk penumpangnya, yakni gerbong yang terdiri dari tiga kelas, yakni First Class/VIP, Business Class, dan Premium Economy. Dilansir dari METROTVNEWS.COM, Kelas VIP berada di area depan dengan kapasitas 18 penumpang.

Sementara itu, kelas 1 berkapasitas 28 penumpang, dan kelas 2 atau ekonomi premium berkapasitas 555 orang. Total kapasitas kereta Woosh adalah 601 penumpang.

Di sisi lain, penumpang kereta woosh juga mendapatkan KA Feeder gratis untuk tujuan Padalarang, Cimahi, dan Bandung. Rencananya, KCIC juga menambah angkutan lanjutan di stasiun kereta cepat Whoosh.

Tak hanya itu, angkutan lanjutan juga akan ditambahkan di exit tol dan jalan baru yang bekerja sama dengan seluruh stakeholder. Hal ini bertujuan menciptakan layanan transportasi yang saling terintegrasi.

Baca Juga : Harga Udang Vaname per Kg Semua Size Segar di Pasaran

"Kehadiran kereta cepat Whoosh disambut baik berbagai pihak," tutur Eva. "Banyak pihak terlibat dalam ketersediaan akses serta moda transportasi lanjutan yang terintegrasi, sehingga kami bisa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat."

Harga Tiket Kereta Whoosh

Kelas Tiket Kereta Whoosh

Harga Tiket Kereta Whoosh

Premium Economy Class 

Rp150.000

Business Class 

Rp450.000

First Class 

Rp600.000

Sebagai informasi, harga tiket kereta Whoosh di atas telah kami rangkum dari aplikasi resmi Whoosh. Tentunya, nilai jual tiket kereta cepat Whoosh bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung jadwal dan rute keberangkatan.

Promo Harga Tiket Kereta Whoosh

PT KCIC memberlakukan promo harga tiket Whoosh pada 18 Oktober lalu untuk meningkatkan jumlah penumpang dan daya tarik masyarakat. Menurut CNBC Indonesia, pemesanan tiket perjalanan Kereta Cepat Whoosh keberangkatan mulai 18 Oktober 2023 dibanderol Rp300 ribu.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkirakan harga tiket Kereta Cepat Whoosh Jakarta - Bandung paling tinggi mencapai Rp350 ribu. Diharapkan dengan adanya promo ini, layanan Kereta Cepat Whoosh semakin dikenal masyarakat. Bisa dibilang, ini adalah sebuah upaya menuju Indonesia lebih maju.

"Penetapan kebijakan tarif tersebut dilakukan melalui berbagai study dan survey," jelas Eva. "Tak hanya itu, harga yang ditawarkan berdasarkan fenomena serta kebutuhan masyarakat mengenai moda transportasi di Tanah Air."

Eva juga menjelaskan bahwa calon penumpang Whoosh bisa melakukan pemesanan tiket secara langsung di vending machine Stasiun Kereta Cepat Whoosh pilihan. Namun, Anda juga bisa melakukan order di Access by KAI, loket stasiun, website resmi KCIC, Livin by Mandiri, BRImo, dan BNI Mobile Banking.

KCIC juga memberikan promo menarik seperti diskon rombongan, diskon lansia, paket perjalanan, dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui jadwal perjalanan serta rute kereta Woosh, Anda bisa mengakses website resminya, yakni kcic.co.id melalui smartphone.

Baca Juga : Harga Anakan Anjing Border Collie (Mix dan Asli) serta Cara Merawatnya

Diketahui, hingga saat ini sudah terdapat sekitar 4800 kursi yang dipesan untuk perjalanan grup atau rombongan melalui permohonan resmi. Setelah operasional berbayar diterapkan pada 17 Oktober, terdapat total 14 perjalanan Kereta Cepat Whoosh per hari dengan rincian 7 perjalanan dari stasiun Halim dan 7 perjalanan dari stasiun Tegalluar.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Posting Komentar untuk "Harga Tiket Kereta Whoosh di Vending Machine Stasiun dan Aplikasi Resmi"