Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Kambing Kacang Cempe dan Dewasa (Asli dan Peranakan)

Harga Kambing Kacang Cempe dan Dewasa (Asli dan Peranakan)

Ada banyak jenis kambing untuk qurban di Indonesia dan salah satunya adalah kambing kacang. Harga kambing kacang, baik anakan maupun dewasa juga dikenal lebih terjangkau dibandingkan jenis lainnya.

Penentu Harga Kambing Kacang

Usia Kambing Kacang

Ada banyak faktor yang mempengaruhi harga kambing kacang 2022. Beberapa owner mengatakan, itu tergantung dari usianya.

Seperti kambing pedaging pada umumnya, kambing kacang anakan, tentunya lebih murah dibandingkan harga kambing kacang dewasa. Apalagi, jika cempe dibandingkan dengan harga kambing kacang umur 1 tahun.

Baca Juga: Harga Kambing Jawa Randu dan Super di Pasaran per Ekor

Biasanya, harga anak kambing kacang umur 2 bulan dibanderol ratusan ribu. Namun, untuk harga pasaran kambing kacang dewasa, bisa mencapai jutaan rupiah.

Indukan Kambing Kacang

Keaslian kambing kacang juga menentukan nilai jualnya. Untuk kambing kacang asli hasil perkawinan antar indukan yang sama, tentunya bisa lebih mahal.

Itu juga tergantung dari indukan yang disilangkan. Jika kambing kacang dikawinkan dengan kambing PE atau etawa murni, maka anakannya bisa lebih mahal.

Namun, harga peranakan kambing kacang dan etawa akan jauh lebih murah dibandingkan harga kambing etawa. Bisa dibilang, itu cukup bersaing dengan harga kambing jawa randu.

Gender Kambing Kacang

Jenis kelamin atau gender kambing juga menentukan harganya. Sebagai penghasil daging yang baik, harga kambing kacang jantan dinilai lebih mahal daripada betina.

Alasan kambing jantan lebih mahal, karena ukuran tubuhnya yang lebih besar daripada betina. Selain itu, pertumbuhan kambing jantan cenderung pesat.

Meskipun begitu, ada kondisi yang membuat nilai penawaran kambing kacang betina menjadi mahal. Salah satunya adalah, jika Anda membeli kambing kacang betina yang sedang hamil.

Apalagi, jika kambing bunting kembar. Biasanya, kambing kacang akan menghasilkan anak lebih dari satu pada kebuntingan kedua dan berikutnya.

Untuk kebuntingan pertama, memang sebagian besar kambing hanya akan melahirkan seekor anak kambing. Itu juga yang membuat kelahiran anak kambing pertama biasanya lebih mudah.

Dengan mengetahui penentu nilai jual kambing kacang, Anda bisa memilih kambing kacang sesuai dengan usia, gender, danindukannya. Selain itu, pastikan Anda mengetahui keuntungan membeli kambing kacang.

Keuntungan Membeli Kambing Kacang

Sebagai salah satu jenis kambing lokal, kambing kacang sudah sejak dulu diternak di Indonesia. Tak hanya itu, pengembangan kambing kacang sudah dilakukan secara turun temurun.

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari memelihara kambing kacang. Tak hanya bisa dijadikan sebagai konsumsi pribadi, Anda bisa memeliharanya untuk diternak.

Setelah bibit atau cempe kambing kacang berusia lebih dari empat bulan, Anda bisa menjualnya. Dengan begini, keuntungan yang akan Anda dapatkan bisa berlipat-lipat.

Supaya lebih untung, Anda bisa menjual kambing kacang, khususnya yang dewasa saat hari raya idul adha. Ketika itu, banyak orang yang mencari kambing sebagai hewan qurban.

Beberapa orang juga menjadikan kambing kacang sebagai kambing perah yang diambil susunya. Dipercaya, susu kambing kacang mampu dijadikan sebagai bahan obat tradisional.

Memiliki banyak keuntungan, tak heran jika banyak orang yang ingin memeliharanya. Sementara itu, Anda juga perlu mengetahui ciri-cirinya. Namun, mungkin Anda juga tertarik dengan harga kambing boer.


Harga Kambing Kacang Cempe dan Dewasa (Asli dan Peranakan)


Ciri-Ciri Kambing Kacang

Postur Tubuh Kambing Kacang

Jika Anda masih awam menilai fisik kambing, mungkin Anda akan bingung membedakan kambing kacang dan gibas. Kambing kacang merupakan kambing lokal ras murni, sedangkan gibas adalah peranakan.

Kambing gibas dihasilkan dari perkawinan silang antara kambing kacang dan etawa. Hal ini yang membuat ukuran tubuh kambing gibas lebih besar daripada kambing kacang.

Selain tubuh yang cenderung kecil, bobot tubuhnya juga cenderung ringan dibandingkan kambing lainnya. Kambing kacang hanya mampu tumbuh hingga 30 kg untuk jantan.

Sementara itu, kambing kacang betina mampu tumbuh dengan bobot hingga 20 kg. Meskipun begitu, tubuh kambing kacang cenderung tidak terlalu berotot.

Bentuk Kepala Anjing Kacang

Tak seperti kambing gibas, kambing kacang cenderung bertelinga kecil. Bagian ujung telinganya juga tegak dan kaku, dengan bulu tipis di bagian luarnya.

Kambing jantan maupun betina memiliki tanduk kecil yang tegap di sisi kanan dan kirinya. Moncong kambing ini juga tidak terlalu panjang dengan gigi yang rapi.

Ukuran tanduk kambing jantan lebih panjang daripada betina. Tanduk pada kambing jantan bisa tumbuh hingga 10 cm, sedangkan kambing betina hanya bisa mencapai 8 cm.

Baca Juga: Harga Kambing Jawa Randu dan Super di Pasaran per Ekor

Mata kambing kacang juga cenderung mungil dan jernih. Sementara itu, ukuran kepala kambing kacang juga tidak sebesar kambing gibas.

Bulu Kambing Kacang

Meskipun kambing kacang mempunyai bulu cenderung pendek dan jarang, tetapi teksturnya halus. Apalagi, jika kambing sering dimandikan.

Warna bulu kambing kacang juga beragam, mulai dari hitam, cokelat, dan putih. Ada juga kambing kacang yang mempunyai bulu dengan warna campuran dari ketiganya.

Dengan tekstur bulu yang lembut dan tidak terlalu lebat, ini memudahkan para peternak merawatnya. Anda juga tidak perlu khawatir kambing mengalami rontok bulu.

Sebelum memilih kambing kacang yang ingin dibeli, pastikan juga Anda mengetahui jenisnya. Berikut jenis-jenis kambing kacang.

Jenis-Jenis Kambing Kacang

Kambing Kacang Murni

Seperti namanya, ini adalah kambing kacang asli, yakni hasil dari perkawinan sesama ras kambing kacang. Kambing kacang ras murni, tentunya mempunyai keunggulan sendiri.

Meskipun bertubuh mungil, kambing kacang ini memiliki daya tahan yang bagus. Kambing tidak akan mudah sakit, meskipun cuaca sedang ekstrem.

Selain itu, kambing kacang tidak memiliki karakteristik terlalu agresif. Sehingga, mempermudah pemeliharaannya.

Kambing Jawa Randu

Punya banyak nama, kambing jawa randu kerap disebut bligin, gumbolo, dan koplo. Ada juga yang menyebutnya kambing kacukan.

Sebagai ras unggul, kambing jawa randu adalah hasil perkawinan silang antara kambing PE dan kambing kacang. Bisa dibilang kambing ini mempunyai silsilah yang rumit.

Kambing PE sendiri adalah kambing peranakan etawa. Bisa dibilang, itu bukan etawa galur murni. Sebelumnya, pastikan Anda juga melihat harga kambing etawa.

Kambing PE

Lebih populer disebut kambing peranakan etawa, kambing PE bisa dihasilkan dari kambing kacang. Indukan kambing kacang yang unggul akan dikawinkan dengan etawa ras murni.

Hasil peranakan antara kambing kacang dan etawa ini mempunyai ukuran tubuh lebih besar daripada kambing kacang. Selain itu, bentuk fisiknya menyerupai kambing etawa.

Tujuan mengawinkan kambing kacang dan etawa adalah untuk mendapatkan bibit unggul. Anakan kambing tersebut dinilai tahan terhadap perubahan cuaca yang ekstrem.

Baca Juga: Harga Kambing PE (Peranakan Etawa) Dewasa dan Cempe

Nah, bagi Anda yang tertarik membeli kambing kacang, pastikan Anda memilih yang unggul. Berikut ciri-ciri kambing kacang unggulan.


Harga Kambing Kacang Cempe dan Dewasa (Asli dan Peranakan)


Ciri-Ciri Kambing Kacang Unggulan

  • Bertubuh tegap dan sehat.
  • Tidak terkena penyakit dan tidak cacat.
  • Gigi kambing cenderung rata dan tidak berlendir.
  • Mata kambing cenderung jernih dan tidak terlalu berair.
  • Nafsu makan kambing kacang baik dan kambing cenderung lincah.

Setelah mengetahui seluk beluknya, lalu berapa harga kambing kacang saat ini? Tentunya berbeda dengan harga kambing untuk qurban.

Harga Kambing Kacang

Kategori Kambing Kacang

Harga per Ekor

Kambing Kacang Bibit Usia 2 bulan 

Rp750.000

Kambing Kacang Betina Usia 6 bulan 

Rp1.000.000

Kambing Kacang Jantan Usia 6 bulan 

Rp1.600.000

Kambing Kacang Betina Usia 1 tahun 

Rp1.700.000

Kambing Kacang Jantan Usia 1 tahun 

Rp2.000.000

Sebagai informasi, harga kambing kacang di atas telah kami rangkum dari forum jual beli kambing. Tentunya harga kambing kacang bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah. Itu sama seperti harga burung puyuh.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Kambing Kacang Cempe dan Dewasa (Asli dan Peranakan)"