Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Kambing Etawa (Jantan, Betina, Anakan, Dewasa, Grade A, & B) Terbaru

Harga Kambing Etawa (Jantan, Betina, Anakan, Dewasa, Grade A, & B) Terbaru

Bagi Anda yang mencari kambing untuk aqiqah, mungkin etawa bisa dipertimbangkan. Harga kambing etawa memang cukup mahal, baik jantan, betina, anakan, maupun dewasa.

Penentu Harga Kambing Etawa

Keaslian Kambing Etawa

Ada banyak hal yang memengaruhi harga kambing etawa 2022, salah satunya adalah keasliannya. Tentunya, harga kambing etawa asli lebih mahal daripada peranakan.

Sementara itu, salah satu jenis peranakan etawa yang cukup populer adalah kambing PE. Harga kambing PE dinilai lebih murah daripada etawa.

Baca Juga: Harga Kambing Aqiqah untuk Anak Laki-Laki dan Perempuan

Hal itu karena kambing PE mempunyai ukuran lebih kecil daripada etawa. Selain itu, etawa dinilai lebih mahal dibandingkan dengan harga kambing kacang.

Tak hanya itu, menurut beberapa owner, etawa juga lebih mahal dibandingkan harga kambing jawa. Karena, etawa termasuk jenis ras unggulan yang indukannya didapatkan secara impor.

Ukuran Kambing Etawa

Tidak sulit menemukan etawa asli, karena sudah banyak yang jual kambing etawa. Namun, pastikan Anda mengecek harganya sebelum membelinya.

Ada yang menawarkan harga kambing etawa termahal hingga belasan juta rupiah. Itu berlaku untuk penawaran harga kambing etawa super jumbo.

Semakin berat dan besar ukuran kambing, maka semakin mahal harganya. Tak heran banyak peternak kambing etawa berlomba menghasilkan kambing berbobot tinggi.

Gender Kambing Etawa

Penentu nilai jual kambing etawa selanjutnya adalah gendernya. Nilai penawaran kambing etawa jantan, lebih mahal daripada harga kambing etawa betina.

Hal ini karena, pertumbuhan kambing etawa jantan dinilai lebih cepat. Selain itu, kambing etawa jantan cenderung mempunyai tubuh yang lebih besar dan berbobot tinggi dibandingkan betina.

Untuk etawa jantan, beratnya bisa mencapai 100 kg dengan tinggi 130 cm. Sementara itu, etawa betina bisa tumbuh hingga 92 cm dengan bobot 63 kg.

Usia Kambing Etawa

Seperti jenis ternak lainnya, nilai penawaran kambing etawa bergantung pada usianya. Untuk Harga kambing etawa umur 2 bulan, lebih murah dibandingkan indukannya. 

Itu berlaku bagi cempe betina maupun jantan. Meskipun begitu, harga bibit kambing etawa termasuk mahal di antara jenis kambing lainnya.

Harga anak kambing etawa umur 2 bulan bisa mencapai ratusan ribu rupiah per ekor. Itu karena anakan kambing etawa termasuk ras unggulan.

Lokasi Beli Kambing Etawa

Salah satu penentu harga kambing etawa hari ini adalah lokasi pembeliannya. Tentunya, itu karena setiap daerah mempunyai standar harga jual kambing sendiri.

Sebagai contoh, harga kambing etawa kaligesing Purworejo berbeda dengan harga kambing etawa di Medan. Tak hanya itu, harga kambing etawa di Jogja berbeda dengan di Surabaya.

Untuk mengetahui nilai jual kambing etawa teraktual, Anda bisa mengunjungi tempat jual kambing etawa terdekat. Anda juga bisa mengunjungi website atau forum jual beli kambing.

Selain itu, nilai jual kambing etawa dipengaruhi jenisnya. Berikut jenis-jenis kambing etawa di pasaran. Namun, sebelumnya, mungkin Anda tertarik dengan harga ayam kampung.


Harga Kambing Etawa (Jantan, Betina, Anakan, Dewasa, Grade A, & B) Terbaru


Jenis-Jenis Kambing Etawa

Kambing Etawa Super

Sebagai jenis etawa terkenal, etawa super mempunyai produktivitas susu dan daging tinggi. Hal ini membuatnya sering diikutkan kontes kambing etawa.

Selain itu, postur tubuh kambing etawa super cenderung gagah dan besar. Kepalanya cenderung tegak dengan tanduk yang pendek dan melengkung.

Bulu kambing ini cenderung lebat dan tebal, khususnya di bagian leher hingga kaki depan. Untuk warnanya sendiri didominasi dengan hitam dan putih. 

Sebagai jenis kambing etawa jumbo, jenis etawa super mampu tumbuh lebih dari 130 cm. Lalu, kambing etawa super jantan bisa mencapai bobot lebih dari 100 kg.

Kambing Etawa Kaligesing

Jika Anda mencari kambing etawa yang lebih murah daripada jenis super, Anda bisa memilih etawa kaligesing. Dengan tubuh yang lebih kecil dibandingkan etawa super, nilai penawarannya lebih rendah.

Ini bukan termasuk jenis etawa ras murni impor, namun peranakan etawa super dengan lokal. Juga termasuk ras unggulan, etawa kaligesing mampu tumbuh hingga 100 cm.

Untuk berat kambing etawa kaligesing, hanya mampu mencapai 60 kg. Meskipun begitu, banyak yang meliriknya untuk hewan qurban dan aqiqah.

Ciri khas lainnya adalah bulunya yang tidak terlalu tebal, tetapi cukup lebat. Warnanya didominasi dengan hitam dan putih.

Baca Juga: Harga Ikan Channa di Shopee (Limbata, Red Barito, Maru, dll)

Seperti etawa lainnya, jenis kaligesing adalah penghasil susu dan daging yang baik. Ini juga yang membuat para peternak untung.

Kambing Etawa Senduro

Jika Anda ingin mencoba bisnis susu kambing etawa, jenis senduro cukup baik untuk dipertimbangkan. Ini adalah jenis kambing etawa yang dinilai mempunyai produktivitas susu tinggi.

Menurut review para owner, dalam sehari saja, kambing etawa senduro bisa menghasilkan sekitar 3,5 liter susu. Tak hanya itu, kambing ini bisa dijadikan sebagai penghasil daging jika produktivitas susunya mulai menurun. 

Juga dikenal sebagai jenis kambing terbaik di kelasnya, etawa senduro berbulu pendek dan tipis. Selain itu, bulunya cenderung didominasi warna putih.

Harga kambing etawa senduro sendiri cukup variatif. Itu tergantung dari kelas, usia, bobot, dan gendernya. Tentunya, itu berbeda dengan harga ayam broiler.

Kambing Etawa PE

Bagi Anda yang ingin membeli kambing berkualitas bagus, tetapi lebih murah daripada etawa di atas, bisa memilih etawa PE. Ini merupakan kambing etawa peranakan.

Untuk menghasilkan kambing etawa PE unggulan, peternak akan mengawinkan kambing etawa ras murni dari India dengan kambing lokal. Sudah banyak yang menjualnya, karena tingginya permintaan pasar mengenai etawa kambing ini.

Sebagai kambing peranakan, etawa PE mempunyai tubuh yang cenderung mungil dengan bobot mencapai 40 kg untuk jantan. Sementara itu, betinanya hanya mampu mencapai bobot 35 kg.

Termasuk jenis etawa berukuran mungil, etawa PE mempunyai produktivitas susu tidak terlalu baik. Sehingga, kebanyakan orang hanya menjadikannya sebagai kambing pedaging.

Sebelum membeli kambing etawa, sebaiknya Anda mengetahui ciri-ciri kambing yang layak beli. Berikut rinciannya.

Ciri-Ciri Kambing Etawa Terbaik

  • Telinga kambing etawa panjang dan tidak robek.
  • Bulu kambing tidak mudah rontok dan cenderung halus.
  • Kondisi kambing sehat dan tidak berpenyakit.
  • Kambing dapat bergerak dengan leluasa.
  • Tidak ada bagian tubuh kambing yang cacat.
  • Mata kambing cenderung jernih dan tidak merah atau terlalu berair.
  • Gigi kambing cenderung rapi dan mulutnya tidak berbusa.
  • Nafsu makan kambing baik saat dijual.
  • Suhu tubuh kambing dalam keadaan normal.

Perhatikan rincian di atas saat Anda memilih kambing yang ingin dibeli. Lalu, berapa harga kambing etawa?


Harga Kambing Etawa (Jantan, Betina, Anakan, Dewasa, Grade A, & B) Terbaru


Harga Kambing Etawa

Daftar Harga Kambing Etawa Jantan Grade A

Kategori Kambing Etawa Jantan

Harga per Ekor

Kambing Etawa Jantan Kurang 7 Bulan Belum Poel 60 - 65cm

Rp1.900.000 - Rp2.500.000

Kambing Etawa Jantan 8 - 12 Bulan Belum Poel >70 cm

Rp2.600.000 - Rp2.900.000

Kambing Etawa Jantan Diatas 12 Bulan Poel Siap Kawin >80 cm

Rp3.500.000 - Rp3.750.000

Kambing Etawa Jantan Diatas 12 Bulan Poel Siap Kawin >90 cm

Rp4.000.000 - Rp5.900.000

Daftar Harga Kambing Etawa Jantan Grade B

Kategori Kambing Etawa Jantan

Harga per Ekor

Kambing Etawa Jantan Kurang 7 Bulan Belum Poel 60 - 65cm

Rp2.000.000 - Rp2.300.000

Kambing Etawa Jantan 8 - 12 Bulan Belum Poel >70 cm

Rp2.300.000 - Rp2.500.000

Kambing Etawa Jantan Diatas 12 Bulan Poel Siap Kawin >80 cm

Rp3.000.000 - Rp3.500.000

Kambing Etawa Jantan Diatas 12 Bulan Poel Siap Kawin >90 cm

Rp3.500.000 - Rp4.000.000

Daftar Harga Kambing Etawa Betina Grade A

Baca Juga: Harga Burung Kutilang (Anakan, Dewasa, Emas, Jawa, Sutra, dll)

Kategori Kambing Etawa Betina

Harga per Ekor

Kambing Etawa Betina Kurang 7 Bulan Cempe 60 - 65cm

Rp1.500.000 - Rp1.750.000

Kambing Etawa Betina 8 - 12 Bulan Dara >70 cm

Rp2.100.000 - Rp2.300.000

Kambing Etawa Betina Diatas 12 Bulan Bunting, Laktasi 1, 2, 3, Siap Perah >70 cm

Rp2.750.000 - Rp3.000.000

Kambing Etawa Betina Diatas 12 Bulan Bunting, Laktasi 1, 2, 3, Siap Perah >70 cm >80 cm

Rp3.500.000 - Rp3.900.000

Daftar Harga Kambing Etawa Betina Grade B

Kategori Kambing Etawa Betina

Harga per Ekor

Kambing Etawa Betina Kurang 7 Bulan Cempe 60 - 65cm

Rp1.200.000 - Rp1.500.000

Kambing Etawa Betina 8 - 12 Bulan Dara >70 cm

Rp1.500.000 - Rp1.900.000

Kambing Etawa Betina Diatas 12 Bulan Bunting, Laktasi 1, 2, 3, Siap Perah >70 cm

Rp2.000.000 - Rp2.500.000

Kambing Etawa Betina Diatas 12 Bulan Bunting, Laktasi 1, 2, 3, Siap Perah >70 cm >80 cm

Rp2.750.000 - Rp3.000.000

Harga kambing etawa di atas telah kami rangkum dari forum jual beli kambing. Tentunya, harga kambing etawa bisa berubah sewaktu-waktu. 

Itu sama seperti harga ayam kalkun yang tidak terikat. Bahkan bisa naik drastis di hari tertentu, seperti hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Kambing Etawa (Jantan, Betina, Anakan, Dewasa, Grade A, & B) Terbaru"