Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Ayam Kalkun per Ekor Semua Jenis (Hidup & Potong) Terbaru

Harga Ayam Kalkun per Ekor Semua Jenis (Hidup & Potong) Terbaru

Saat ada acara keluarga yang spesial, memang paling tepat untuk menghidangkan kalkun bakar. Namun, harga ayam kalkun per ekor anakan maupun dewasa tidaklah murah.

Penentu Harga Ayam Kalkun per Ekor

Ukuran Ayam Kalkun

Sebelum membahas harga ayam kalkun potong, tak ada salahnya untuk mengetahui nilai jual yang hidup. Tentunya, harga ayam kalkun per ekor cenderung fluktuatif, sama seperti ayam broiler.

Ada beberapa hal yang menentukan penawaran ayam kalkun saat ini, seperti jenis, ukuran, usia, dan jumlah. Harga ayam kalkun besar dengan bobot puluhan kilo tentunya lebih mahal daripada yang kecil.

Gender Ayam Kalkun

Untuk yang hidup, umumnya juga dibedakan berdasarkan gender. Harga ayam kalkun jantan bisa lebih mahal daripada yang betina.

Baca Juga:  Harga Ikan Mujair per Kilo (Segar, Hidup, Bibit, Filet, Asin, Frozen, dll)

Harga ayam kalkun betina bisa lebih murah, karena bentuk fisik yang kurang menarik. Meskipun begitu, akan lebih mahal lagi harga ayam kalkun sepasang dibandingkan harga ayam kalkun per ekor.

Usia Ayam Kalkun

Bagi Anda yang masih pemula dan ingin memelihara kalkun, sebaiknya pilih bibit unggul. Umumnya, harga ayam kalkun umur 2 bulan lebih murah daripada bibit yang sudah berusia 5 bulan.

Sebenarnya, cara mudah untuk mengetahui harganya, Anda bisa langsung datang ke tempat jual ayam kalkun terdekat. Namun, kami telah merangkum jenis ayam kalkun dan harganya.

Anda sudah tidak perlu khawatir mencari daftar harga ayam kalkun per ekor di pasaran. Bahkan, kami telah mempersiapkan harga ayam kalkun panggang saat ini.

Jenis-Jenis Ayam Kalkun

Ayam Kalkun Black Spanish

Salah satu jenis kalkun yang paling umum dipelihara adalah kalkun black spanish. Selain karena badannya berukuran besar, bentuk fisiknya juga unik dan menarik.

Harga ayam kalkun black spanish memang terpaut mahal, tetapi sepadan dengan keelokannya. Selain dijadikan ternak, kalkun ini juga dijadikan sebagai hewan peliharaan atau hewan hias.

Kepala ayam kalkun black spanish cenderung kecil dan berleher panjang. Sementara itu, tubuhnya dipenuhi bulu hitam dengan ujung putih.

Bagian depan lehernya terdapat jengger panjang berwarna merah. Lalu, ekor ayam kalkun black spanish menyerupai bunga yang mekar dan ini membuatnya terlihat estetik. 

Namun, bentuk ekor yang cantik hanya dimiliki kalkun jantan. Tak hanya itu, bulu bagian sayapnya berwarna hitam dengan bintik putih seperti mutiara. 

Ayam Kalkun Bronze

Termasuk jenis kalkun yang populer di Indonesia, konon harga ayam kalkun bronze lebih murah daripada black spanish. Ayam ini memiliki ciri tubuh yang tambun dengan leher yang jenjang.

Untuk pasaran harga ayam kalkun bronze potong biasanya lebih murah daripada yang hidup. Sementara itu, ayam kalkun ini memiliki bulu cokelat keemasan atau bronze.

Selain itu, ada juga kalkun bronze yang berbulu putih di bagian ekor. Beberapa kalkun juga berbulu hitam di bagian sayap dan pangkal ekornya.

Juga termasuk ayam hias, beberapa orang lebih memilih untuk menjadikan kalkun bronze sebagai hewan peliharaan. Namun, akan sangat menguntungkan jika Anda mencoba menjadikannya ternak.

Produktivitas kalkun bronze memang kurang baik jika dibandingkan ayam kampung. Namun, Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan mesin penetas saat musim bertelur tiba.

Ayam Kalkun Golden Palm

Salah satu jenis kalkun yang paling berwarna adalah ayam kalkun golden palm. Harga ayam kalkun golden palm juga tidak bisa dibilang murah.

Baca Juga: Harga Domba Qurban dan Jenisnya (Garut, Donggala, Merino, dll) per Ekor

Pada tubuhnya, terdapat bulu dengan beragam warna, mulai dari hitam, coklat, dan putih. Ada juga ayam dengan bulu berwarna keabu-abuan.

Namun, ciri khas dari ayam kalkun golden palm adalah telapak kaki yang berwarna keemasan. Sementara itu, kepalanya dihias dengan jengger merah tipis dan warna biru pada bagian wajahnya.

Khusus untuk kalkun golden palm jantan, ekornya berbentuk seperti kipas yang melingkar. Sementara itu, sayapnya cenderung kecil dan seperti memakai gaun.

Untuk ayam kalkun golden palm betina, bagian ekornya cenderung pendek dan tidak mengembang. Selain itu, bulunya lebih tipis dan tidak terlalu berumbai.

Ayam Kalkun Narragansett

Jenis ayam kalkun yang cukup legendaris adalah narragansett. Harga ayam kalkun narragansett juga bisa dibilang mahal.

Bertubuh besar dengan leher yang jenjang, ayam kalkun narragansett termasuk yang laris di pasaran. Harga daging ayam kalkun per kilo jenis narragansett bisa mencapai jutaan rupiah.

Sementara itu, harga anak ayam kalkun narragansett bisa lebih dari Rp500 ribu per ekor. Untuk harga anak ayam kalkun umur 1 bulan jenis ini saja, bisa lebih dari Rp200 ribu per ekor.

Ciri khas ayam kalkun narragansett adalah punggungnya yang ditutupi bulu berwarna hitam. Sementara itu, ekornya berwarna cokelat dengan ujung hitam.

Lalu, bulu bagian tubuh kalkun narragansett berwarna cokelat, hitam, dan putih. Bagian lehernya terdapat bulu berwarna putih sepert krah baju.

Ayam Kalkun Putih

Juga disebut dengan white holland, kalkun putih banyak dipelihara sebagai ayam hias. Harga ayam kalkun putih sendiri tergantung dari shipping, karena termasuk hewan impor.

Seperti namanya, kalkun putih memiliki bulu berwarna putih dari ujung kepala hingga ekor. Tentunya, ini berbeda dengan ayam kalkun albino.

Untuk mengetahui perbedaan kalkun putih dan albino, Anda bisa melihat bola matanya. Kalkun albino memiliki mata berwarna merah.

Sementara itu, kalkun putih memiliki mata berwarna hitam kecokelatan. Di bagian bawah matanya terdapat kulit berwarna kebiruan.

Harga ayam kalkun anakan jenis putih juga terbilang tidak murah, bahkan bisa menyentuh angka jutaan. Ini tergantung dari usianya, semakin besar umurnya maka semakin mahal hargannya.

Sebenarnya, masih ada banyak jenis ayam kalkun yang dipasarkan. Namun, di atas adalah jenis yang paling umum.

Anda bisa mengetahui varian ayam kalkun lainnya setelah ini. Lalu, berapa harga ayam kalkun per ekor dan per pasang saat ini? berikut rinciannya.


Harga Ayam Kalkun per Ekor Semua Jenis (Hidup & Potong) Terbaru


Harga Ayam Kalkun per Ekor dan per Pasang

Jenis Ayam Kalkun

Harga

Ayam Kalkun Black Spanish Anakan 

Rp900.000 - Rp2.000.000 per ekor

Ayam Kalkun Black Spanish Anakan Jantan & Betina

Rp1.800.000 - Rp3.500.000 per pasang

Ayam Kalkun Black Spanish Dewasa

Rp1.600.000 - Rp2.500.000 per ekor

Ayam Kalkun Black Spanish Dewasa Jantan & Betina

Rp3.000.000 - Rp5.000.000 per pasang

Ayam Kalkun Bronze Anakan

Rp750.000 - Rp1.100.000 per ekor

Ayam Kalkun Bronze Anakan Jantan & Betina

Rp1.500.000 - Rp2.000.000 per pasang

Ayam Kalkun Bronze Dewasa

Rp2.180.000 - Rp2.500.000 per ekor

Ayam Kalkun Bronze Dewasa Jantan & Betina

Rp4.300.000  - Rp5.000.000 per pasang

Ayam Kalkun Golden Palm Anakan

Rp750.000 - Rp1.100.000 per ekor

Ayam Kalkun Golden Palm Anakan Jantan & Betina

Rp1.500.000 - Rp2.000.000 per pasang

Ayam Kalkun Golden Palm Dewasa

Rp2.180.000 - Rp2.500.000 per ekor

Ayam Kalkun Golden Palm Dewasa Jantan & Betina

Rp4.300.000  - Rp5.000.000 per pasang

Ayam Kalkun Narragansett Anakan

Rp500.000 - Rp850.000 per ekor

Ayam Kalkun Narragansett Anakan Jantan & Betina

Rp1.000.000 - Rp1.700.000 per pasang.

Ayam Kalkun Narragansett Dewasa

Rp1.700.000 - Rp2.500.000 per ekor

Ayam Kalkun Narragansett Dewasa Jantan & Betina

Rp3.200.000 - Rp5.000.000 per pasang

Ayam Kalkun Putih Anakan

Rp500.000 - Rp850.000 per ekor

Ayam Kalkun Putih Anakan Jantan & Betina

Rp1.000.000 - Rp1.700.000 per pasang.

Ayam Kalkun Putih Dewasa

Rp1.700.000 - Rp2.500.000 per ekor

Ayam Kalkun Putih Dewasa

Rp3.200.000 - Rp5.000.000 per pasang

Ayam Kalkun Bourbon Red Dewasa

Rp1.000.000 per ekor

Ayam Kalkun Self Buff

Rp800.000 per ekor

Harga ayam kalkun per ekor dan per pasang di atas telah kami rangkum dari forum jual beli unggas impor. Tentunya, harga ayam kalkun per ekor dan per pasang bisa berubah sewaktu-waktu.

Baca Juga: Harga Kambing Qurban Semua Jenis (PE, Etawa, Boer, Cempe, dll)

Selain membahas harga ayam kalkun per ekor, ada juga harga ayam kalkun per potong. Berikut tabelnya.


Harga Ayam Kalkun per Ekor Semua Jenis (Hidup & Potong) Terbaru


Harga Ayam Kalkun Potong

Varian Daging Ayam Kalkun

Harga 

Ayam Kalkun Giling 1 kg

Rp90.000 - Rp200.000 per kg

Ayam Kalkun Segar 1 kg

Rp115.000 - Rp250.000 per kg

Ayam Kalkun Segar USA Premium Butterball 

Rp1.495.00 - Rp1.890.000 per ekor

Ayam Kalkun Segar Norbest USA

Rp2.190.000 - Rp2.980.000 per ekor

Ayam Kalkun Panggang 

Rp1.250.000 - Rp3.500.000 per ekor

Sama seperti harga ayam kalkun per ekor, harga ayam kalkun potong sekilo bisa berubah sewaktu-waktu. Sebaiknya, Anda mengecek harga ayam kalkun per ekor dan potong sebelum membelinya.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Ayam Kalkun per Ekor Semua Jenis (Hidup & Potong) Terbaru"