Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Ikan Channa Red Barito Asli (5 Cm, 10 Cm, 30 Cm, 40 Cm) Tahun 2022

Harga Ikan Channa Red Barito Asli (5 Cm, 10 Cm, 30 Cm, 40 Cm) Tahun 2022

Ada banyak jenis ikan Channa Red di Indonesia, seperti Red Sampit, Red Sentarum, dan Red Barito. Dari semuanya, konon Channa Red Barito terbilang cukup populer di kalangan pencinta ikan hias jenis predator. 

Ikan Channa Red Barito asli ditawarkan dalam berbagai ukuran, mulai 5 cm, 10 cm, hingga 20 cm. Harga ikan Channa Red Barito baby atau bibit maupun dewasa atau indukan sendiri tidak bisa dibilang murah. 

Perbedaan Channa Red Barito dan Channa Red Sampit

Sebelum membahas tentang ikan Channa Red Sampit lebih dalam, sebaiknya Anda mengetahui jenis ikan gabus atau toman hias di Indonesia. Ada banyak ikan gabus hias yang diperjualbelikan di Indonesia, karena bentuk fisiknya yang unik.

Beberapa ikan toman tersebut, yakni Channa Limbata, Blue Pulchra, Auranti, Barca, Maru, dan Striata. Ada juga Red Sampit dan Red Sentarum.

Termasuk dalam kelompok Asian snakehead fish, ikan Channa Red Barito juga dikenal sebagai Ikan Gabus Barito Merah. Predator air tawar ini juga sering disandingkan dengan ikan Red Sampit. Meskipun juga tergolong sebagai ikan Red Maru, dua jenis ikan tersebut berbeda.

Perbedaan red Sampit dan Barito tidak hanya asalnya, tetapi juga warna merah pada sisik ikan. Diketahui, sisik ikan Channa Red Barito lebih merah dibandingkan red Sampit.

Asal Ikan Channa Red Barito

Ikan Gabus Barito Merah termasuk jenis hewan air tawar lokal Indonesia. Ikan ini pertama kali ditemukan dan dibudidayakan di Barito Selatan, Kalimantan Tengah.

Umumnya, ikan Toman tersebut hidup di rawa-rawa dan sungai. Juga disebut sebagai ikan peyang, predator air tawar ini sebenarnya adalah jenis ikan konsumsi.

Baca Juga:  Update Harga Susu untuk Kucing Dewasa dan Kitten yang Baru Lahir dan Manfaatnya

Di tempat asalnya, Channa Red Barito ditangkap untuk dijual sebagai ikan konsumsi. Snakehead fish tersebut juga kerap dijadikan peliharaan untuk kebutuhan pangan keluarga.

Namun, seiring berjalannya waktu, beberapa orang yang melihat keunikan dan keindahan ikan Peyang memeliharanya sebagai ikan hias. Hingga kini, ikan Channa tersebut menjadi incaran para kolektor ikan predator.

Kabarnya, harga ikan Channa Red Barito melambung tinggi setelah orang-orang tahu bahwa ikan tersebut bisa dijadikan sebagai penghias akuarium. Banyak yang mencarinya di situs jual beli online atau langsung ke Barsel untuk membelinya di petani ikan gabus.

Saking mahalnya harga ikan Channa Red Barito, beberapa orang menyebutnya sebagai ikan kesukaan para sultan. Selain itu, bentuk fisiknya dan warna sisiknya yang khas membuat pamor toman tersebut ikut meningkat.

Ciri Fisik Ikan Channa Red Barito

Predator Rawa Barsel ini termasuk dalam golongan ikan hias sekaligus konsumsi. Namun, beberapa orang menyayangkan jika hewan air tawar tersebut menjadi hidangan di atas meja.

Pasalnya, ikan Channa Red Barito memiliki corak warna sisik yang eksotis. Ikan Peyang ini berbeda dengan snakehead fish konsumsi pada umumnya yang hanya memiliki warna hitam atau cokelat gelap.

Mampu tumbuh hingga sepanjang 1 meter, kepala ikan peyang berukuran besar dan gepeng. Sekilas, mirip dengan ular rawa dengan sisik-sisik besar di kepalanya.

Tubuh ikan Channa Barito Merah berbentuk bulat dan memanjang. Sekilas, mungkin terlihat seperti ikan lele atau ular berbadan gemuk.

Sirip punggung predator air tawar ini membulat di bagian ujung. Begitu pun sirip ekornya, hanya saja lebih panjang dan lebar.

Termasuk dalam kelompok ikan Channa Marulioides, ikan ini memiliki saudara dekat, yakni Yellow Sentarum dan Red Sampit. Hal ini pula yang membuat tiga predator rawa tersebut hampir mirip.


Harga Ikan Channa Red Barito Asli (5 Cm, 10 Cm, 30 Cm, 40 Cm) Tahun 2022


Cara Menangkap Ikan Channa Red Barito

Harga ikan Channa Barito yang mahal, bukan hanya karena rupanya yang eksotis, tetapi juga cara mendapatkannya yang sulit. Untuk mendapatkan ikan yang asli, para petani dan pemburu predator rawa tersebut harus menembus hutan.

Tak hanya itu, orang juga harus menggunakan perahu kecil untuk menyusuri rawa. Biasanya, ikan ini akan tampak di malam hari dan jarang ditemukan di siang atau pagi hari.

Supaya lebih aman, para nelayan ikan Channa biasanya datang secara berkelompok. Ada beberapa peralatan yang harus disiapkan untuk menangkap predator rawa tersebut, seperti alat pancing dan umpan.

Untuk alat pancing yang dipakai bermacam-macam, tetapi beberapa orang lebih memilih menggunakan pancingan tradisional yang terbuat dari bambu atau jala. Sehingga, sirip ikan tidak rusak saat ditangkap.

Setelah ikan ditangkap, ada orang yang langsung menjualnya atau dipelihara terlebih dahulu. Namun, kebanyakan akan dipelihara dulu untuk dijadikan indukan dan dikawinkan, sehingga bisa dibudidayakan.

Cara memelihara ikan tomang ini terbilang mudah, sehingga banyak orang yang membudidayakannya. Nah, sebelum membahas harga ikan channa red barito, berikut adalah cara budidayanya.

Baca Juga: Update Harga Ikan Cupang Halfmoon Semua Jenis (Anakan dan Dewasa)

Cara Budidaya Ikan Channa Red Barito

Kolam Budidaya Ikan Channa Red Barito

  • Siapkan kolam beton atau terpal anti bocor berukuran 1 m x 2 m untuk pemijahan.
  • Anda juga harus menyiapkan kolam pembesaran seperti kolam terpal atau semen.
  • Jika Anda ingin hemat air untuk pengisian kolam, gunakan air sungai atau sumber air alami terdekat.
  • Masukkan pakan alami ikan tomang ke dalam kolam, seperti plankton dan ikan-ikan kecil.
  • Ada juga yang membuat pakan ikan alami menggunakan pupuk kandang.

Pemijahan Budidaya Ikan Channa Red Barito

  • Pilih indukan gabus yang siap dipijahkan.
  • Indukan jantan memiliki genital berwarna merah dan jika ditekan akan mengeluarkan cairan bening.
  • Genital ikan gabus betina berukuran lebih besar dan mengeluarkan telur-telur kecil saat ditekan.
  • Warna tubuh indukan betina lebih pucat dan pudar dibandingkan betina.
  • Supaya telur ikan lebih banyak, Anda bisa memasukkan tiga indukan betina dan dua jantanke dalam kolam.
  • Tambahkan tanaman eceng gondok di kolam supaya ikan cepat kawin.

Penetasan Telur Budidaya Ikan Channa Red Barito

  • Setelah dibiarkan 1-2 malam, telur ikan akan muncul di permukaan dan di akar eceng gondok.
  • Gunakan jaring ikan berukuran kecil untuk mengambilnya dan letakkan di akuarium untuk ditetaskan.
  • Suhu air pada media penetasan harus normal (20-23 derajat Celsius) dengan ketinggian air 50 cm.
  • Telur-telur ini akan menetas setelah 24 jam dimasukkan ke akuarium.
  • Jangan terburu-buru memberi makan larva ikan gabus.
  • Anakan ikan gabus baru bisa diberi pakan naupli artemia setelah dua hari sebanyak tiga kali sehari.
  • Pakan diberikan secara bertahap hingga ikan gasus berusia lima hari untuk diberi daphnia sebanyak tiga kali sehari.

Pindahkan larva ikan gabus ke kolam pemeliharaan untuk dibesarkan. Pastikan Anda memberi pakan yang rutin dan tidak boleh telat.

Termasuk ikan predator, Channa Red Barito juga memiliki sifat kanibal dan memangsa satu sama lain jika lapar. Tentunya, jika ini tidak dicegah, bisa menurunkan hasil budidaya.

Baca Juga: Update Harga Ikan Koi Slayer Kumpay dan Platinum Tahun 2022

Anda bisa langsung menjual hasil budidaya di pasar ikan hias. Harga ikan Channa Red Barito yang mahal, membuat beberapa orang lebih  memilih untuk membeli benih atau bibitnya.


Harga Ikan Channa Red Barito Asli (5 Cm, 10 Cm, 30 Cm, 40 Cm) Tahun 2022


Harga Ikan Channa Red Barito

  • Ikan Channa Red Barito ukuran 5 cm - 6 cm: Rp610.000 - Rp800.000 per ekor.
  • Channa Red Barito 10 cm: Rp880.000 - Rp1.000.000 per ekor.
  • Indukan Red Barito 30 cm: Rp1.300.000 - Rp1.712.000 per ekor.
  • Red Barito Channa 40 cm: Rp2.675.000 - Rp3.999.000.

Sebagai tambahan, harga ikan Channa Red Barito di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber. Ada juga yang dari situs jual beli online. 

Seperti ikan hias air tawar lainnya, harga ikan Channa Red Barito tersebut bisa berbeda di tiap daerah. Selain itu, bisa berubah sewaktu-waktu.

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga ikan Channa Red Barito tahun 2022 mengalami sedikit kenaikan. Sebagai contoh, Channa Red Barito 40 cm yang dibanderol Rp2,5 juta-Rp3 juta, sedikit naik menjadi Rp2,6 jutaan-Rp3 jutaan per ekor.

Untuk informasi lebih lengkap dan teraktual mengenai harga ikan Channa Red Barito, Anda bisa langsung mengunjungi toko ikan hias terdekat. Pastikan juga, Anda sudah mengecek harga ikan Channa Red Barito sebelum membelinya.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Ikan Channa Red Barito Asli (5 Cm, 10 Cm, 30 Cm, 40 Cm) Tahun 2022"