Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Ayam Broiler per Ekor (DOC & Siap Potong) di Berbagai Daerah

Harga Ayam Broiler per Ekor (DOC & Siap Potong) di Berbagai Daerah

Memulai bisnis peternakan, seperti ayam potong broiler memang tidak mudah. Pasalnya, Anda harus mengetahui harga ayam broiler per ekor hari ini, baik siap potong ataupun doc.

Faktor Standar Harga Ayam Broiler

Dengan memantau harga ayam hari ini, khususnya broiler, Anda bisa memperkirakan keuntungan yang didapatkan. Anda bisa menawarkan harga ayam potong per ekor sesuai harga jual pasaran.

Tentunya, nilai jual ayam broiler di tiap tempat berbeda. Sebagai contoh, harga ayam potong hari ini Jawa Tengah berbeda dengan harga ayam broiler hari ini Jawa Timur.

Baca Juga: Harga Ayam Cemani Asli per Ekor (Telur, Anakan, & Dewasa)

Namun, dilansir dari Info Pangan Jakarta, harga ayam broiler hari ini Jakarta berkisar Rp30 ribu hingga Rp48 ribu per ekor. Tentunya, nilai jual ayam potong tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

Begitu pula harga ayam potong hari ini Blitar yang berbeda dengan harga ayam broiler hari ini Jawa Barat. Tak hanya tergantung daerah, tetapi juga hasil panen peternak.

Memang, harga ayam potong 1 kg hari ini tergantung dari kesuksesan panen para peternak. Jika hasil panen melimpah, maka nilai jualnya bisa murah.

Sebelum membahas harga ayam broiler per ekor hidup maupun potong, pastikan Anda mengetahui morfologinya. Berikut ciri-ciri ayam broiler.

Ciri-Ciri Ayam Broiler

Postur Tubuh Ayam Broiler

Berbeda dengan ayam kampung yang berbadan ramping, ayam broiler cenderung tambun. Kaki ayam pedaging ini juga relatif pendek dan larinya tidak cepat.

Sebagai ayam pedaging, memang sangat baik jika badannya besar dan berlemak. Ini yang membuat tekstur dagingnya empuk, lembut, dan gurih.

Bulu Ayam Broiler

Ciri khas dari ayam broiler terletak pada bulunya. Berbeda dengan ayam negeri yang masih berbulu hitam, broiler berbulu putih atau cokelat.

Bulu ayam broiler terbilang rapuh, sehingga mudah dibersihkan setelah dipotong. Umumnya, ini dilakukan dengan mesin khusus.

Pemasaran Ayam Broiler

Ayam broiler yang sudah dipotong biasanya langsung dikemas dan dipasarkan dalam keadaan segar. Anda bisa membelinya langsung di pasar atau minimarket terdekat.

Biasanya, ayam broiler yang ditawarkan di pasar modern dihitung per gr. Contohnya, harga ayam broiler di Superindo hari ini per 100 gr sekitar Rp3.250 hingga Rp4.000, tergantung promo.


Harga Ayam Broiler per Ekor (DOC & Siap Potong) di Berbagai Daerah


Keunggulan Ayam Broiler

Daya Imun Ayam Broiler

Memiliki daya imun yang tinggi, banyak peternak ayam yang memilih memelihara broiler. Ini adalah salah satu cara alami untuk mendapatkan keuntungan.

Jika para petani memilih ayam dengan kondisi fisik lemah dan daya imun kurang baik, maka hasil panen kurang maksimal. Selain itu, para petani tidak perlu mencemaskan biaya pemeliharaan terkait pemberian vitamin.

Waktu Panen Ayam Broiler

Dikenal sebagai ayam ras pedaging, broiler termasuk jenis unggulan. Ayam tersebut adalah hasil persilangan dari berbagai ras ayam dengan tingkat produktivitas tinggi.

Baca Juga: Harga Ayam Kampung Hidup per Ekor (Jantan, Betina, Organik)

Diklaim sebagai ternak paling ekonomis jika dibandingkan ternak ayam lainnya, panen ayam broiler terbilang singkat. Anda sudah bisa memanen ayam dalam waktu 4-5 minggu setelah pembesaran.

Pertumbuhan Ayam Broiler

Bisa dibilang, keunggulan utama ayam broiler adalah pertumbuhan yang cepat. Waktu pemeliharaan yang cepat juga membuat para peternak tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk keperluan pemeliharaan.

Apalagi, harga pakan ayam broiler per karung juga tidak murah. Bahkan, satu karung voer ayam broiler isi 25 kg bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

DOC Ayam Broiler

Dengan waktu panen yang cepat, para peternak bisa menghasilkan modal kembali lebih cepat. Hal ini membuat mereka bisa segera memantau harga anak ayam broiler.

Tak hanya itu, para peternak bisa langsung membeli DO ayam broiler. Tentunya, harga doc ayam broiler juga lebih murah daripada ayam kampung dan joper.

Mutu Genetik Ayam Broiler

Secara genetik broiler bisa dikatakan baik sebagai ayam pedaging. Mutu genetiknya bisa muncul maksimal apabila ayam dipelihara di lingkungan yang baik.

Meskipun termasuk ayam berkualitas unggulan, tidak membuat harga ayam broiler bibit mahal. Inilah yang paling menguntungkan bagi para petani.

Setelah mengetahui keunggulan ayam broiler, lalu berapa harga ayam broiler per ekor? Anda bisa melihat rincian berikut. Tak hanya dijual 1 ekor, ada juga yang menjualnya per kg dan per box.

Harga Ayam Broiler per Ekor dan Lainnya

  • DOC Ayam Broiler: Rp6.500 - Rp9.000 per ekor.
  • Daging Ayam Broiler: Rp27.500 - Rp40.300 per kilo.
  • Ayam Broiler Hidup: Rp33.000 - Rp50.000 per ekor.
  • Bibit Ayam Broiler 20 ekor: Rp240.000 per box.
  • Anakan Ayam Broiler 102 ekor: Rp650.000 per box.

Sebagai informasi, harga ayam broiler per ekor dan lainnya di atas kami rangkum dari situs jual beli online. Tentunya, harga ayam broiler per ekor dan lainnya tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

Baca Juga: Harga Obat Cacing Kucing (Wormix, Combantrin, Drontal, Dll)

Selain menyajikan informasi harga ayam broiler per ekor dan lainnya, ada juga yang dari berbagai daerah. Berikut harga ayam broiler per ekor di berbagai daerah di Indonesia.


Harga Ayam Broiler per Ekor (DOC & Siap Potong) di Berbagai Daerah


Harga Ayam Broiler per Ekor di Tiap Daerah

Daerah Penghasil Ayam Broiler

Harga Ayam Broiler per Ekor

Solo

Rp17.500

Sragen

Rp17.500

Semarang

Rp17.500

Jepara

Rp17.500

Yogyakarta

Rp17.500

Tegal

Rp17.500

Magetan

Rp17.500

Madiun

Rp17.500

Tulungagung

Rp17.500

Malang

Rp17.500

Surabaya

Rp17.500

Gresik

Rp17.500

Lumajang

Rp17.500

Bali

Rp20.000

Lombok

Rp20.000

Bogor 

Rp23.000

Depok

Rp23.000

Tangerang

Rp23.000

Bekasi

Rp23.000

Tasikmalaya

Rp23.000

Indramayu

Rp23.000

Cirebon

Rp23.000

Kuningan

Rp23.000

Garut

Rp23.000

Kupang

Rp26.000

Pontianak

Rp28.000

Bontang

Rp28.000


Harga ayam broiler per ekor di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk berita. Tentunya, harga ayam broiler bisa naik dan turun setiap harinya.
Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Ayam Broiler per Ekor (DOC & Siap Potong) di Berbagai Daerah"