Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Update Harga Ayam Cochin Anakan dan Dewasa (Mini, Kapas, Bantam, & Giant)

Update Harga Ayam Cochin Anakan dan Dewasa (Mini, Kapas, Bantam, & Giant)

Untuk Anda yang bingung mencari ayam hias untuk dipelihara, mungkin cochin solusinya. Meskipun harga ayam cochin anakan dan dewasa per ekor tidak murah, itu sepadan dengan keelokannya.

Sebenarnya, nilai ayam cochin fluktuatif, seperti harga unggas pada umumnya. Namun, ada faktor yang mempengaruhi naik turunnya nilai jual cochin.

Menurut review salah satu owner, usia ayam cochin mempengaruhi nilai penawarannya. Harga anakan ayam cochin tentunya lebih murah dibandingkan indukan.

Baca Juga: Harga Mederma Gel Kemasan 10 Gr & 20 Gr untuk Bekas Luka

Nah, sebelum membahas harga ayam cochin lebih detail, Anda perlu mengetahui asalnya. Berikut ulasan asal-usul ayam cochin.

Asal Ayam Cochin

Belum ada kepastian mengenai asal usul asam cochin standar. Namun, para ahli percaya bahwa cochin berasal dari China.

Juga dikenal dengan nama changhai chickens, kepopuleran cochin tidak hanya merebak di Asia. Beberapa pedagang membawa cochin ke daratan Eropa untuk diternak.

Hingga akhirnya, banyak peternak Inggris yang mencoba ternak cochin. Di daratan Eropa, cochin lebih dikenal dengan nama ayam pekin.

Semakin banyak permintaan ayam cochin di pasaran membuat banyak peternak semakin antusias mengembangkannya. Sehingga, secara alami terciptalah varian baru dari cochin.

Jenis-Jenis Ayam Cochin

Ayam Cochin Mini

Sekilas, ayam cochin mini mirip dengan ayam kate, tetapi bulunya lebih lebat. Kaki ayam cochin mini juga sangat pendek, bahkan hampir tidak terlihat.

Untuk harga ayam cochin mini relatif mahal jika dibandingkan dengan ayam kate. Namun, cukup bersaing jika dibandingkan dengan harga ayam brahma.

Postur tubuh ayam cochin mini cenderung bulat dengan ekor agak miring. Sementara itu, kepala ayam ini sangat pendek.

Saking pendeknya kepala cochin mini, ayam ini sangat mudah menundukkan kepalanya untuk menyentuh tanah. Bisa dibilang, ini adalah ayam yang imut dan menggemaskan.

Ayam Cochin Kapas

Seperti namanya, ayam kapas cochin memiliki bulu seperti kapas. Tekstur bulunya sangat lembut dan halus.

Dari ujung kepala hingga ekor, cochin kapas berbulu putih. Ciri khas ayam cochin kapas terletak pada kakinya yang dilapisi bulu putih.

Sekilas, ayam cochin kapas seperti menggunakan kaus kaki. Sementara itu, harga ayam kapas cochin tidak kalah saing dengan lainnya.

Ayam Cochin Bantam

Dari semua jenis ayam cochin yang ada, bantam cochin adalah yang cukup populer. Hal ini karena harga ayam bantam cochin lebih murah dibandingkan varian lainnya.

Selain itu, cara ternak ayam bantam cochin terbilang mudah dibandingkan jenis lainnya. Ini karena ayam mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

Baca Juga: Harga Obat Batuk Alpara per Strip, Tablet, dan Box di Apotek

Untuk postur tubuh ayam bantam, sekilas mirip dengan ayam kate. Namun, bulu ekor cochin bantam lebih lebat dan fluffy.

Kaki ayam cochin bantam juga sangat pendek dan tertutup bulu agak tebal di bagian atasnya. Khusus ayam cochin bantam jantan, bagian kepalanya dihias jengger kecil berwarna merah.

Ayam Cochin Giant

Berbeda dengan jenis ayam cochin lainnya, giant cochin memiliki ukuran tubuh sangat besar. Inilah ciri kha ayam cochin giant.

Selain besar, giant cochin juga lebih tinggi daripada varian chochin lainnya. Hal ini membuat ayam giant cochin lebih disukai sebagai ayam pedaging.

Seperti ayam cochin lainnya, giant cochin berbulu lebat dan lembut.  Beberapa peternak bahkan menyimpan bulu ayam giant cochin untuk dijadikan isi bantal dan hiasan mantel.

Dengan tubuh yang besar dan memiliki banyak manfaat, harga ayam giant cochin tidak bisa dibilang murah. Apalagi jika sudah menjadi hidangan di restoran mewah.

Baca Juga: Harga Kikil Sapi per Kg di Pasaran (Segar, Frozen, Siap Masak)

Mengetahui ada banyak jenis ayam cochin, pilihlah yang sesuai dengan selera Anda untuk dipelihara. Lalu, berapa harga ayam cochin tahun 2023 di pasaran? Berikut tabelnya.


Update Harga Ayam Cochin Anakan dan Dewasa (Mini, Kapas, Bantam, & Giant)


Harga Ayam Cochin

Jenis Ayam Cochin

Harga

Ayam Mini Cochin Anakan

Rp320.000 per ekor

Ayam Mini Cochin Dewasa

Rp520.000 per ekor

Ayam Kapas Cochin Anakan

Rp450.000 per ekor

Ayam Kapas Cochin

Rp610.000 per ekor

Ayam Bantam Cochin Anakan

Rp500.000 per ekor

Ayam Bantam Cochin Dewasa

Rp660.000 per ekor

Ayam Giant Cochin Anakan

Rp680.000 per ekor

Ayam Giant Cochin Dewasa

Rp900.000 per ekor

Sebagai informasi, harga ayam cochin di atas telah kami rangkum dari forum jual beli unggas hias. Tentunya, harga pasaran ayam cochin tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Jika dibandingkan dengan tahun 2022, harga ayam cochin tahun 2023 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, ayam cochin anakan dibanderol Rp300 ribu per ekor tahun 2022, naik menjadi Rp320 ribu per ekor tahun 2023.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Posting Komentar untuk "Update Harga Ayam Cochin Anakan dan Dewasa (Mini, Kapas, Bantam, & Giant)"