Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Ayam Poland Dewasa dan Anakan (Ori, Putih, Batik, Tanduk, dll)

Harga Ayam Poland Dewasa dan Anakan (Ori, Putih, Batik, Tanduk, dll)

Ada banyak jenis ayam hias yang sedang naik daun di Indonesia dan salah satunya adalah ayam poland. Harga ayam poland anakan maupun dewasa memang tidak murah, tetapi banyak yang ingin memeliharanya.

Meski dapat dikonsumsi, ayam poland lebih banyak dipelihara untuk estetika. Bahkan, ayam poland sudah dikategorikan sebagai ayam kompetisi.

Sebagai unggas hias yang kerap ikut kompetisi, tak heran jika harga anak ayam poland maupun indukannya mahal. Bahkan, bisa menyentuh jutaan rupiah per ekor.

Baca Juga: Harga Ayam Cochin Anakan dan Dewasa (Mini, Kapas, Bantam, & Giant)

Juga dikenal dengan nama ayam mahkota atau ayam chamois, jenis ayam poland beragam. Itu pula yang mempengaruhi harga ayam poland chamois di Indonesia.

Jenis-Jenis Ayam Poland

Ayam Poland Kapas

Seperti namanya, ayam poland ini memiliki bulu menyerupai kapas. Bagian atas kepala ayam poland kapas dilapisi bulu putih yang mengembang.

Saking lebat bulunya, mata ayam poland kapas tidak terlihat. Mungkin, Anda hanya akan melihat paruhnya saja sebagai pemisah antara bagian kepala dan badan.

Sekilas, ayam poland kapas mirip dengan pompom berjalan. Harga ayam poland kapas sendiri tergantung dari usianya.

Tentunya, harga anak ayam poland jenis kapas lebih murah daripada bedawasa. Namun, masih lebih murah harga telur ayam poland.

Ayam Poland Ori

Juga disebut dengan ayam poland galur murni, jenis ini bukan hasil kawin silang dengan jenis ayam lain. Ciri khas ayam poland ori adalah bulunya berwarna gelap.

Selain itu, bulu ayam poland galur murni cenderung hitam dengan perpaduan warna merah, cream, dan oranye. Ada juga yang berwarna moka dan cokelat.

Memang, warna bulu ayam poland ori cukup beragam. Hal ini yang membuat harga ayam poland ori tidak bisa dibilang murah.

Ayam Poland Batik

Salah satu jenis ayam poland yang cukup banyak diincar kolektor unggas hias adalah ayam poland batik. Seperti namanya, ayam ini memiliki bulu dengan corak batik.

Bagian atas kepalanya terdapat jambul menyerupai mahkota. Jambulnya cenderung mekar dengan bentuk seperti kipas.

Dari ujung kepala hingga ekor, bulu ayam ini berwarna hitam dengan semburat putih dan cokelat. Harga ayam poland batik tak kalah saing dengan kapas.

Akan lebih mahal lagi jika Anda membelinya sepasang. Harga ayam poland sepasang bisa mencapai jutaan rupiah.


Harga Ayam Poland Dewasa dan Anakan (Ori, Putih, Batik, Tanduk, dll)


Ayam Poland Jambul

Nah, jenis ayam poland yang paling ikonik adalah ayam poland jambul. Seperti namanya, mahkota ayam poland tersebut menyerupai jambul manusia.

Berbeda dengan ayam poland lainnya, jambul ayam ini berbentuk bulat dan mengembang. Seolah, ayam poland jambul memakai pom-pom di atas kepalanya.

Untuk harga ayam poland jambul bisa mencapai ratusan ribu rupiah, tergantung usia dan gendernya. Biasanya, harga ayam poland jantan lebih mahal, karena warnanya lebih beragam.

Ayam Poland Tanduk

Berbeda dengan ayam poland lainnya, ayam poland tanduk tidak memiliki jambul atau mahkota. Unggas tersebut memiliki jengger di atas kepalanya yang menyerupai tanduk.

Cukup unik dibandingkan jenis lainnya, harga ayam poland tanduk juga tidak murah. Secara umum, harga pasaran ayam poland di atas puluhan ribu rupiah per ekor.

Menurut review salah satu owner, warna bulu ayam poland tanduk sangat indah. Bagian ekornya berwarna hitam, sementara tubuhnya dilapisi bulu berwarna monochrome.

Ayam Poland Putih

Varian ayam poland putih dikategorikan dalam ayam poland galur murni. Secara umum, ayam poland murni hanya memiliki satu warna, seperti abu-abu, hitam, cokelat, dan putih.

Dari ujung kepala hingga ekor, ayam poland ini hanya memiliki satu warna bulu, yakni putih. Jambulnya juga berwarna putih, mengembang, dan mirip kipas.

Untuk harga ayam poland putih agak bersaing dengan ayam poland ori. Biasanya, ayam poland putih ditawarkan mulai anakan usia 1 bulan.

Ayam Poland Silangan

Berbeda dengan ayam poland galur murni, ayam poland silangan adalah hasil perkawinan silang antar ras poland dan lainnya. Hasil perkawinan ayam poland dengan ras lain akan menghasilkan ayam poland silangan dengan fisik beragam.

Beberapa breeder umumnya lebih suka mengawinkan ayam poland galur murni dengan ayam kampung. Namun, ada juga yang mengawinkannya dengan ayam poland tanduk.

Jika dibandingkan dengan jenis lainnya, harga ayam poland silangan umumnya lebih terjangkau. Apalagi jika itu hasil perkawinan antara poland ori dan kampung.

Ayam Poland Jambul Mahkota

Dari segi fisik, ayam jambul mahkota bisa dibilang yang paling menarik di antara jenis lainnya. Jambul ayam ini tidak hanya mengembang, tetapi panjang dan menyerupai kipas bulu berukuran sedang.

Panjang bulu di kepala ayam poland jambul mahkota secara vertikal bisa lebih dari 10 cm. Saking tinggi dan besarnya, jambul ayam poland tersebut bisa menutupi tangan orang dewasa.

Karena unik, tak heran jika harga ayam poland jambul mahkota sangat mahal. Unggas hias ini juga tergolong hewan impor, sehingga jarang yang memeliharanya di Nusantara.

Ayam Poland Three Colour

Seperti namanya, ini adalah jenis ayam poland dengan warna bulu beraneka ragam. Dalam satu tubuh ayam poland, terdapat tiga warna bulu yang berbeda.

Baca Juga: Harga Ayam Kalkun per Ekor Semua Jenis (Hidup & Potong)

Bukan termasuk golongan ayam poland galur murni, jenis ayam poland tiga warna dihasilkan dari perkawinan silang. Umumnya, unggas hias ini berwarna hitam, cokelat, dan kemerahan.

Ciri khas ayam poland three color adalah jambulnya yang berbentuk bulat dan berwarna-warni. Harga ayam poland three colour cukup mahal, tetapi lebih mahal yang galur murni.

Ayam Poland Asli

Meskipun namanya asli, bukan berarti ayam poland ini adalah galur murni atau ori. Ayam poland asli adalah hasil perkawinan silang antara sesama ras ayam poland.

Sebagai contoh, ayam poland jambul mahkota disilangkan dengan poland tanduk. Hasil persilangan tersebut menghasilkan ayam poland asli.

Untuk warna bulu dan bentuk fisik ayam polan asli beragam, tergantung indukannya. Harga ayam poland asli lebih mahal dibandingkan jenis three color.

Ayam Poland Walik

Jika pada umumnya unggas memiliki bulu yang tertata rapi, berbeda dengan ayam poland walik. Bulunya yang berantakan dan teksturnya yang agak keriting, justru menjadi daya pikatnya.

Ciri khas ayam poland walik adalah semua bulunya yang seolah terbalik ke depan dengan ujung ikal. Begitu pula dengan jambulnya yang juga terbalik ke depan.

Sekilas, Anda akan melihat seolah jambul ayam ini terkena angin dari belakang. Padahal, memang bentuknya seperti itu.

Terbilang unik, harga ayam poland walik juga mahal. Satu ekornya bisa ditawarkan dengan harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Baca Juga: Harga Ayam Mutiara Anakan dan Dewasa (Silver, Hitam, Putih, Plangkok)

Dengan mengetahui jenis-jenis ayam poland, Anda bisa memperkirakan mana ayam poland yang ingin Anda adopsi. Namun, sebelum mengetahui daftar harga ayam poland, pastikan Anda mengetahui tips atau cara memelihara ayam poland.

Tips Memelihara Ayam Poland

  • Bersihkan kandang ayam setiap pagi dan sore.
  • Beri pakan ayam dengan teratur dan jangan telat.
  • Anda bisa memberi voer dan biji-bijian untuk pakannya.
  • Selalu ganti air minum ayam dengan yang bersih.
  • Vaksin dan vitamin harus diberikan rutin sesuai dosis dan kebutuhan.

Mengetahui tips merawat ayam poland cukup mudah, lalu berapa harga ayam poland terbaru? Berikut rinciannya.


Harga Ayam Poland Dewasa dan Anakan (Ori, Putih, Batik, Tanduk, dll)


Harga Ayam Poland

Jenis Ayam Poland

Harga

Telur Ayam Poland 

Rp30.000 - Rp50.000 per butir

Ayam Poland Three Colour Dewasa 

Rp350.000 per ekor

Ayam Poland Jambul Mahkota Anakan 

Rp375.000 per ekor

Ayam Poland Asli Dewasa 

Rp420.000 per ekor

Ayam Poland Walik Anakan 

Rp450.000 per ekor

Ayam Poland Walik Dewasa 

Rp700.000 per ekor

Ayam Poland Batik

Rp1.000.000 per ekor

Ayam Poland Frizzle Dewasa 

Rp1.250.000 per ekor

Ayam Poland Asli Dewasa 

Rp1.250.000 per ekor

Ayam Poland Putih Dewasa 

Rp1.300.000 per ekor

Sayangnya, tidak semua jenis ayam poland selalu tersedia di pasaran Indonesia. Harga ayam poland di atas tentu tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.
Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Ayam Poland Dewasa dan Anakan (Ori, Putih, Batik, Tanduk, dll)"