Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Ayam Petelur DOC dan Dewasa (per Box dan Ekor) Terbaru

Harga Ayam Petelur DOC dan Dewasa (per Box dan Ekor) Terbaru

Menjadi peternak ayam petelur memang gampang-gampang sulit. Anda juga harus mengetahui harga ayam petelur siap telur dan DOC hari ini. Yang tentunya, berbeda dengan harga ayam kampung.

Dengan mengetahui harga DOC ayam petelur, Anda bisa mengetahui keuntungan yang didapatkan. Selain itu, Anda harus tahu strategi jitu untuk jual ayam petelur.

Sebenarnya, tidak sulit mengecek harga ayam petelur. Karena Anda bisa mengetahuinya dari Pinsar petelur nasional hari ini.

Baca Juga: Harga Ikan Mujair per Kilo (Segar, Hidup, Bibit, Filet, Asin, Frozen, dll)

Namun, Pinsar petelur nasional akan mengumumkan melalui website resminya. Ada juga yang melalui media berita.

Penentu Harga Ayam Petelur

Usia Ayam Petelur

Sebelum mengetahui nilai jual ayam petelur, ada beberapa hal yang menjadi faktor penentu harga ayam petelur. Salah satunya, adalah usia dan distributornya.

Sebagai contoh, harga ayam petelur umur 16 minggu lebih mahal daripada DOC usia 1 bulan. Selain itu, lebih mahal dengan harga ayam pullet umur 13 minggu.

Kualitas Ayam Petelur

Khusus untuk harga pullet ayam petelur memang terbilang mahal. Karena, sebelum diperjual belikan, anakan ayam sudah disortir terlebih dahulu. 

Sebagai saran, jika Anda adalah peternak pemula, sebaiknya belilah pullet atau ayam siap bertelur untuk menghindari kegagalan. Memang, harga jual ayam petelur siap bertelur terdekat tidak murah, sama seperti harga ayam broiler.

Produktivitas Ayam Petelur

Juga bisa dibilang lebih mahal jika dibandingkan penawaran DOC ayam petelur terdekat. Namun, keuntungan yang akan Anda dapatkan dari ternak akan sepadan dengan harga ayam petelur siap produksi.

Nantinya, setelah sukses menjadi peternak ayam petelur, Anda bisa mencoba jual ayam petelur siap bertelur sendiri. Untuk mengembangkan bisnis seperti ini, Anda bahkan bisa bekerja sama dengan orang yang jual DOC ayam petelur terdekat.

Produsen Ayam Petelur

Faktor lain yang mempengaruhi harga ayam petelur dewasa maupun anakan adalah label produksinya. Sebagai contoh, harga DOC ayam petelur Japfa berbeda dengan harga DOC ayam petelur pokphand.

Begitupun dengan harga pullet ayam petelur Japfa berbeda dengan nilai jual DOC yang dijual di peternakan ayam petelur terdekat. Yang pasti, harga ayam bertelur cenderung fluktuatif. 

Varian Ayam Petelur

Jenis ayam petelur juga mempengaruhi penawarannya. Harga ayam petelur afkir misalnya, berbeda dengan harga DOC ayam petelur isa brown.

Khusus untuk harga ayam afkir petelur hari ini, Anda bisa melihatnya di forum jual beli ayam ternak. Biasanya, yang jual parent stock ayam petelur jenis afkir menawarkannya dengan harga agak mahal.

Dikenal sebagai ayam petelur kualitas tinggi, memang nilai jual ayam afkir lebih mahal dibandingkan jenis lain. Nah, berikut adalah jenis-jenis ayam petelur lain yang juga berkualitas unggul.


Harga Ayam Petelur DOC dan Dewasa (per Box dan Ekor) Terbaru


Jenis-Jenis Ayam Petelur

Ayam Petelur Cokelat Ras Hibrida

Sebenarnya, ayam petelur coklat hibrida memiliki banyak varian. Namun, yang terbilang sangat populer adalah ayam petelur negeri atau golden comet.

Tubuh unggas ini cenderung lebih besar dan berat dibandingkan ayam petelur lain. Sehingga, tak ayal banyak yang menjadikannya sebagai ayam potong juga. Berbeda dengan ayam cemani.

Untuk dijadikan ayam potong sekaligus petelur, pastikan Anda memberi pakan yang berkualitas tinggi. Harga pakan ayam petelur seperti ini biasanya mencapai ratusan ribu rupiah per karung.

Ayam Petelur Putih White Leghorn

Seperti namanya, white leghorn mempunyai ciri khas bulu yang berwarna putih. Hampir mirip dengan ayam broiler, hanya saja ukurannya lebih kecil.

Untuk ternak ayam seperti ini, Anda juga perlu menyiapkan pakan yang bergizi bagi ayam. Anda bisa memberikan konsentrat dengan kandungan lemak dan protein yang seimbang.

Baca Juga: Harga Domba Qurban dan Jenisnya (Garut, Donggala, Merino, dll) per Ekor

Nah, harga konsentrat ayam petelur khusus white leghorn cukup bervariasi. Anda bisa membelinya di toko peternakan terdekat.

Ayam Petelur Ancona

Berbeda dengan ayam petelur negeri, ayam ancona memiliki tubuh kecil dan sangat ramping. Konon, ayam ini tersebar di seluruh negara dan termasuk jenis yang liar.

Ciri khas ayam ancona adalah bulunya yang berwarna hitam dengan bintik putih. Nah, untuk pakannya, Anda bisa memberikan voer dari pokphand.

Untuk harga pakan ayam petelur pokphand tentunya berbeda dengan harga pakan ayam petelur comfeed. Memang nilai jual pakan ternak juga tergantung dari mereknya.

Ayam Petelur Sussex

Termasuk ras unggulan, ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari ternak ayam sussex. Ayam ini bisa dijadikan ayam petelur, pedaging, hingga peliharaan.

Memiliki warna bulu yang indah, tak sedikit yang memelihara ayam sussex sebagai ayam hias. Sebagai tips supaya ayam sussex memiliki tingkat produksi baik, pastikan Anda memberikan pakan tidak telat.

Biasanya, para peternak akan langsung membeli satu karung pakan untuk ternak ayam sussex. Untuk harga pakan ayam petelur per karung sendiri tergantung dari label produksinya.

Ayam Petelur Barnevelder

Jika Anda memiliki lahan ternak ayam di area perkebunan, jenis ayam petelur yang dikenal cocok adalah ayam barnevelder. Ciri khas ayam ini adalah warna bulunya yang hitam mengilap.

Pada bagian ujung bulu ayam tersebut terdapat semburat cokelat. Warna tersebut didapatkan dari hasil persilangan ayam Belanda dengan unggas hutan Asia.

Menurut review salah satu peternak ayam petelur Barnevelder, sebaiknya Anda memberikan pakan konsentrat yang baik Comfeed contohnya. Harga konsentrat ayam petelur comfeed, tergantung dari ukurannya. Itu juga bagus untuk ayam cochin.

Ayam Petelur Buff Orpington

Salah satu jenis ayam petelur yang terkenal jinak dengan bulu yang indah adalah ayam buff orpington. Ini adalah ayam yang memiliki bulu berwarna keemasan dan mampu menghasilkan 180 butir telur per tahun.

Untuk memelihara atau ternak ayam ini, Anda tidak bisa asal memilih pakan ayam petelur murah. Setidaknya, pilihlah harga sentrat ayam agak mahal dengan kandungan gizi lengkap.

Itu akan membantu meningkatkan produktivitas ayam setiap tahunnya. Selain itu, ayam juga terhindar dari kekurangan gizi.

Ayam Petelur Easter Egger

Termasuk jenis ayam hias di tanah air, ayam easter egger mampu menghasilkan telur sebanyak 250 butir per tahun. Ayam ini memiliki ciri khas bulu yang berwarna-warni.

Ada ayam yang berbulu putih, cokelat, keemasan, biru, hingga kehijauan. Diternak dalam jumlah banyak, biasanya peternak menyediakan pakan per karung dengan ukuran 25-50 kg.

Nah, harga pakan ayam petelur 50 kg tentu bervariasi. Untuk pakan ayam petelur pokphand misalnya, berbeda dengan harga konsentrat ayam petelur 50 kg tanpa merek.

Baca Juga: Harga Kambing Qurban Semua Jenis (PE, Etawa, Boer, Cempe, dll)

Mengetahui ada banyak ras ayam petelur unggulan, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Lalu, berapa harga ayam petelur per ekor tahun 2022? Tentunya berbeda dengan harga ayam kalkun.

Harga Ayam Petelur DOC dan Dewasa (per Box dan Ekor) Terbaru


Harga Ayam Petelur

Jenis Ayam Petelur

Harga

Ayam Petelur DOC 

Rp8.000 per ekor

Ayam Petelur DOC Arab 

Rp8.750 per ekor

Ayam Petelur DOC Layer Petelur ISA Brown Lohman horn 

Rp10.000 per ekor

Ayam Petelur Merah Afkir Dewasa 

Rp180.000 per ekor

Ayam Petelur DOC PT Sreeya 100 ekor 

Rp236.000 per box

Ayam Petelur DOC Vaksin PT ITA 100 ekor 

Rp400.000 per box

Ayam Petelur Dewasa Siap Bertelur 

Rp671.000 per ekor

Ayam Petelur Usia 17 - 18 Minggu 8 Ekor + Kandang 

Rp1.980.000 per kandang

Sebagai informasi, harga ayam petelur dewasa dan DOC di atas, kami rangkum dari situs e-commerce tahun 2022. Tentunya, harga ayam petelur bisa berubah sewaktu-waktu.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Ayam Petelur DOC dan Dewasa (per Box dan Ekor) Terbaru"