Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Anak Kucing Anggora Asli dan Mix (Domestic & Persia) per Ekor Terbaru

Harga Anak Kucing Anggora Asli dan Mix (Domestic & Persia) per Ekor Terbaru

Harga kucing anggora dewasa memang tidak murah dan bisa berkisar belasan juta rupiah. Karena itu, beberapa orang memilih untuk mengadopsi kitten. Saat ini, harga anak kucing anggora lebih murah daripada indukan dan biasanya berkisar ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Meskipun begitu, tidak ada kucing anggora 100 ribuan, apalagi harga kucing 50 ribu. Namun, ada yang menawarkan jual anak kucing anggora 100rb dengan kriteria tertentu. Tentunya, itu berbeda dengan harga burung kakatua.

Paling murah, ada yang jual kucing anggora harga 200 ribu. Namun, ada juga kucing anggora harga 300 ribuan. biasanya mereka dijual karena pemiliknya sudah memiliki banyak kucing.

Baca Juga: Harga Burung Perkutut Anakan dan Dewasa (Jawa, Bangkok, dll)

Sempat bersaing dengan harga kucing persia dibawah 500rb, harga anak kucing anggora tampaknya bisa ditawarkan lebih mahal. Harga anak kucing anggora asli saja bisa mencapai Rp2 juta rupiah per ekor.

Tentunya, daftar harga anak kucing anggora ditentukan beberapa faktor selain keasliannya. Memang, jika dibandingkan trah asli, harga anak kucing anggora mix kampung jauh lebih murah.

Namun, sebelum membahas harga pasaran anak kucing anggora, pastikan Anda mengetahui seluk beluknya. Berikut asal anak kucing anggora.

Asal Kucing Anggora

Kucing Anggora dari Turki

Termasuk ras kucing kuno, anggora diklaim sebagai trah kucing tertua di dunia. Namun, dulunya anggora tidak menggemaskan seperti saat ini.

Berada di alam liar, tepatnya pegunungan Ankara, anggora tumbuh menjadi kucing yang berbulu panjang. Tak hanya itu, tubuhnya juga kuat dan berotot karena beradaptasi dengan iklim di pegunungan Ankara.

Juga disebut sebagai Turkish cat, anggora murni memang berasal dari Turki. Tak hanya itu, kucing ini juga disebut sebagai kucing Ankara.

Persebaran Kucing Anggora

Persebaran anggora di Eropa diduga pada abad ke-15 saat perang salib. Para tentara membawa beberapa ekor anggora dari Turki ke Eropa dan membuatnya populer di era Renaisans.

Lalu, pada abd ke-16, seorang Sarjana Pransis Nicolas-Claude Fabri de Peiresc membawa Anggira dari Ankara ke Prancis. Kucing-kucing itu lantas dikembang biakkan dan dijadikan sebagai hadiah kepada para bangsawan.

Keberadaan kucing anggora di Eropa semakin populer hingga akhirnya, kucing anggora banyak diimpor ke Eropa. Tak hanya itu, sudah banyak kontes kucing yang diadakan khusus untuk menyambut anabul tersebut di Eropa.

Perdagangan Kucing Anggora 

Pada tahun 1954, untuk pertama kalinya anggora dijual ke Amerika Serikat. Anabul itu mulai dikembangkan dengan pesat di Amerika Serikat, Skandinavia, dan Britania Raya pada 1960-an. Sebelumnya, mungkin Anda tertarik dengan harga burung parkit.

Banyak yang mengimpor anggora ke Eropa, membuat populasinya menurun di Turki. Selain itu, orang Turki sangat menghargai kucing anggora, sehingga dilakukan upaya pelestarian kucing ini di kebun binatang Ankara.

Dengan upaya pemerintah saat itu, untuk mendapatkan kucing anggora asli dari kebun binatang sangat sulit. Namun, istri Kolonel Angkatan Darat Walter Hibah berhasil mengimpor sepasang anggora dari Kebun Binatang Ankara ke Amerika Serikat. 

Pengakuan Kucing Anggora

Pamor kucing anggora yang semakin melambung membuatnya diakui CFA (Cat Fanciers' Association) sebagai trah asli. Hal ini yang membuat adanya kontes tahunan khusus untuk anggora sejak 1970.

Tak hanya itu, kucing Ankara ini juga sudah mendapatkan kelas baru di CFA dengan kategori kejuaraan. Namun, saat itu hanya anggora putih saja yang diakui.

Disusul pengakuan dari FIFE (Fédération Internationale Féline) pada 1993, hingga kini anggora semakin terkenal. Itu pula yang membuat harga anak kucing anggora bisa mencapai jutaan rupiah.

Sering dibilang mirip kucing persia, beberapa orang tampaknya kesulitan membedakan anggora yang asli. Untuk itu, berikut ciri-ciri kucing anggora.


Harga Anak Kucing Anggora Asli dan Mix (Domestic & Persia) per Ekor Terbaru


Ciri-Ciri Kucing Anggora

Wajah Kucing Anggora

Bentuk kepala kucing anggora cenderung bulat dengan garis pipi yang tegas dan tulang rahang yang timbul. Jarak telinga kucing ini tidak terlalu jauh dengan telinga yang memanjang ke atas dan berbentuk segitiga.

Pipinya yang cenderung tirus tertutup bulu tebal, sehingga terlihat seolah chubby. Sementara itu, hidungnya cenderung mungil dan mulutnya agak lebar.

Kucing ini memiliki mata berbentuk almond dan sedikit sipit di bagian ujung. Tatapannya sangat ekspresif dan menggemaskan.

Untuk warna bola mata kucing anggora sangat beragam, mulai dari biru, oranye, gold, dan kuning. Ada juga kucing dengan bola mata abu-abu serta hijau yang sangat jarang.

Tubuh Kucing Anggora

Kucing anggora sebenarnya cenderung panjang, langsing, dan tidak gembul. Namun, karena bulunya panjang dan lebat, anabul ini jadi terlihat gendut.

Selain itu, tubuh kucing anggora cenderung berotot dan kekar. Hanya saja itu tidak terlihat karena bulunya yang tebal.

Baca Juga: Harga Burung Pleci Anakan & Dewasa (Jawa, Bali, Lombok, Garut, dll)

Anggora jantan bisa tumbuh dengan berat maksimal 4-5 kg. Sementara kucing anggora betina lebih ringan, yakni sekitar 3-4 kg.

Bulu Kucing Anggora

Seperti yang telah dijelaskan, kucing anggora memiliki bulu yang panjang dan tebal. Tak hanya itu, kucing ini berbulu lembut dan halus.

Selain putih salju, warna bulu kucing anggora sangat beragam. Apalagi, jika kucing dikawinkan dengan ras lain. Itu berbeda dengan hewan yang ada dalam harga burung jalak.

Ada kucing anggora dengan bulu berwarna hitam, abu-abu, oranye, dan merah. Namun, ada juga kucing dengan bulu berwarna cokelat dan biru. Semakin beragam warna bulunya, semakin mahal harga anak kucing anggora yang ingin Anda adopsi.

Perkiraan Usia Kucing Anggora

Termasuk ras kucing yang kuat dengan perubahan cuaca dan iklim, diperkirakan anggora bisa hidup selama 9-14 tahun. Namun, ada juga kucing anggora yang mampu bertahan hingga 17 tahun lebih.

Selain seleksi alam, panjangnya usia kucing anggora juga didukung cara perawatan yang tepat. Semakin baik Anda memelihara kucing anggora, maka semakin panjang umurnya.

Sebelum mengetahui rincian harga anak kucing anggora atau kitten anggora, Anda juga perlu mengetahui cara merawatnya. Memelihara kitten anggora tidak sama seperti merawat anggora dewasa. Karena, kucing ini membutuhkan perawatan yang maksimal seperti berikut.

Cara Memelihara Anak Kucing Anggora

  • Ajari anak kucing anggora pup di cat litter yang sudah Anda sediakan.
  • Anak kucing anggora baru boleh dimandikan ketika usianya lebih dari 2 minggu.
  • Pastikan kitten anggora mampu mengubur pup dan pipisnya sendiri.
  • Pakan harus diberikan sebanyak tiga kali sehari.
  • Untuk kitten usia 0-1 minggu hanya membutuhkan asupan gizi dari susu.
  • Berikan pakan basah khusus bayi kucing anggora saat mereka berusia 2-4 minggu.
  • Pakan basah dan susu harus diberikan secara teratur hingga usia kitten 6 bulan.
  • Secara berselang-seling, berikan pakan basah dan kering khusus kitten saat usianya lebih dari 7 bulan.
  • Jangan lupa untuk mengontrol jamur dan parasit kucing dengan memandikannya secara rutin.

Selain itu, vaksin dan vitamin harus diberikan sesuai dengan dosis dan kebutuhan kucing. Setelah usianya lebih dari 8 bulan, Anda bisa mentreatment kucing Anda layaknya anggora dewasa. Namun, Anda juga bisa melihat harga burung cucak ijo terlebih dahulu.

Cara atau tips memelihara anak kucing anggora memang gampang-gampang sulit, tetapi Anda harus telaten. Lalu, berapa harga anak kucing anggora saat ini? Berikut rinciannya.


Harga Anak Kucing Anggora Asli dan Mix (Domestic & Persia) per Ekor Terbaru


Harga Anak Kucing Anggora

Kategori Kucing Anggora

Harga per Ekor

Kucing Anggora Anakan Mix Domestic

Rp350.000 - Rp500.000

Kucing Anggora Kitten Mix Persia

Rp700.000 - Rp900.000

Kucing Anggora Bayi Ras Murni

Rp1.300.000 - Rp1.800.000

Kucing Anggora Anakan Asli Odd Eye

Rp1.500.000 - Rp2.000.000

Sebagai informasi, harga anak kucing anggora di atas kami rangkum dari situs e-commerce dan forum jual beli hewan peliharaan. Tentunya, harga anak kucing anggora bisa berubah sewaktu-waktu. Itu sama seperti harga burung kenari.

Baca Juga: Harga Burung Lovebird Anakan dan Dewasa (Biola, Violet, Albino, dll)

Selain itu, harga anak kucing anggora bisa berbeda di tiap daerah. Untuk mengetahui harga anak kucing anggora teraktual, Anda bisa mengunjungi breeder terdekat.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Anak Kucing Anggora Asli dan Mix (Domestic & Persia) per Ekor Terbaru"