Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Harga Kucing Rex Selkirk (Kitten & Dewasa) dan Tips Merawatnya

Update Harga Kucing Rex Selkirk (Kitten & Dewasa) dan Tips Merawatnya

Selain Cornish Rex, beberapa pencinta kucing tertarik untuk memelihara kucing Rex Selkirk. Harga kucing Rex Selkirk memang tidak murah karena bentuk fisiknya yang sangat unik dan menarik.

Yang membuat anabul ini menarik adalah bulunya yang keriting seperti bulu domba. Bisa dibilang, harga kucing berbulu domba ini lebih mahal dibandingkan harga kucing Persia. Namun, lebih murah dibandingkan harga burung pleci

Baca Juga: Harga Burung Kakatua Dewasa dan Anakan (Raja, Jambul Kuning, Dll)

Sebelum membahas penyebab bulu kucing keriting dan harga kucing Selkirk rex, Anda perlu mengetahui seluk beluknya. Berikut asal usul atau sejarah kucing Rex Selkirk.

Asal Kucing Rex Selkirk

Breeder Rex Selkirk 

Berdasarkan sejarahnya, Rex Selkirk adalah ras kucing asal Montana, Amerika Serikat. Ini adalah jenis Rex yang paling unik akibat mutasi genetik.

Diklaim sebagai anabul bertubuh medium to big atau cenderung besar, anabul ini hampir mirip dengan Maine Coon. Kemunculannya mulai populer di tahun 1987, berbeda dengan hewan yang ada dalam harga burung jalak.

Saat itu, ada seekor kucing betina di Sheridan, Montana yang melahirkan enam bayi kucing. Kitten tersebut lahir dari kucing milik Kitti Garrett Brown.

Dari enam anak kucing itu, ada salah satu yang paling berbeda. Anabul itu berbulu keriting seperti boneka.

Penamaan Rex Selkirk

Salah satu rekan Brown, Peggy Vorrhees membawa anak kucing tersebut ke Noface Cattery. Itu adalah sebuah penangkaran di Livington, Montana dan pemiliknya bernama Jeri Newman.

Newman sebagai kolektor kucing unik merasa takjub dengan bayi kucing yang dibawa Vorrhees. Newman kemudian memeliharanya dan menamai anabul itu Miss DePetto.

Setelah usia DePesto 10 bulan, Newman mengawinkannya dengan Persia hitam solid. Kucing betina itu melahirkan enam kitten dan tiga di antaranya berbulu keriting.

Tidak seperti kucing pada umumnya, akhirnya Newman menamai anabul berbulu keriting itu dengan sebutan Selkirk. Nama tersebut diambil dari nama pegunungan Selkirk.

Pengakuan Rex Selkirk

Untuk menunjukkan jenisnya. kucing diberi nama belakang Rex. Rex mengindikasikan bahwa kucing merupakan jenis berbulu keriting.

Popularitas Rex Selkirk semakin meroket hingga akhirnya diakui TICA (The Cat International Cat Association) pada 1990. Hal itu disusul ACFA CAT (American Cat Fanciers Association).

Diakui sebagai ras baru, Rex Selkirk didaftarkan CFA (Cat Fanciers Association) pada 1992. Pengakuan dari CFA baru didapatkan pada tahun 2000 dan ini membuat pamor Rex Selkirk melambung tinggi.

Hingga saat ini, sudah banyak breeder yang memperjualbelikan kucing Rex selkirk. Tak heran, banyak iklan di jual kucing Selkirk Rex di situs jual beli online.

Kerap disangka Maine Coon karena ukuran tubuhnya, sebaiknya Anda mengetahui morfologinya. Berikut adalah ciri-ciri kucing Rex Selkirk.


Update Harga Kucing Rex Selkirk (Kitten & Dewasa) dan Tips Merawatnya


Ciri-Ciri Kucing Rex Selkirk

Bentuk Wajah Kucing Rex Selkirk

Kepala kucing Rex Selkirk cenderung bulat dengan tulang pipi yang tegas. Namun, karena tertutup bulu tebal yang keriting, anabul ini seolah berpipi gembul.

Telinga mamalia mungil ini panjang dan besar, serta menghadap ke atas. Ujungnya runcing dengan bulu-bulu keriting di bagian pangkalnya.

Hidung kucing ini tidak terlalu mancung dan cenderung mungil dengan mulut yang agak menonjol. Dagunya juga tidak terlalu runcing dan agak membulat di ujung.

Bentuk wajahnya yang menggemaskan membuat Rex Selkirk terlihat seperti boneka hidup. Tak heran jika harga kucing Rex Selkirk cukup mahal, berbeda dengan harga burung cucak ijo.

Mata Kucing Rex Selkirk

Bentuk mata kucing ini hampir sama seperti Maine Coon, yakni cenderung bulat dengan ujung agak sipit. Tatapannya cenderung tajam dan ekspresif.

Ada banyak varian warna bola mata Rex Selkirk yang membuatnya dilirik para kolektor kucing hias. Kebanyakan Rex Selkirk memiliki bola mata emas, hijau, dan kuning.

Baca Juga: Harga Burung Perkutut Anakan dan Dewasa (Jawa, Bangkok, dll)

Namun, ada juga kucing Rex Selkirk dengan mata berwarna biru dan oranye. Paling jarang ditemui adalah kucing Rex selkirk bermata odd-eye atau memiliki warna bola mata berbeda antara kanan dan kiri.

Tubuh Kucing Rex Selkirk

Seperti yang telah disebutkan, kucing Rex Selkirk memiliki tubuh cenderung besar. Kucing Rex Selkirk jantan dewasa mampu tumbuh dengan bobot hingga lebih dari 16 pon.

Sementara itu, kucing betina cenderung lebih kecil dan ringan. Rex Selkirk betina bisa tumbuh dengan berat hingga 15 pon.

Selain bertubuh besar, hampir sebagian besar Rex Selkirk berotot dan berbadan tegap. Kucing ini juga cenderung kekar dengan struktur badan mirip Devon Rex dan Cornish Rex.

Untuk kakinya, hampir mirip dengan British Shorthair. Namun, kakinya lebih tinggi dengan tapak cenderung besar.

Bulu Kucing Rex Selkirk

Ciri khas Rex Selkirk adalah bulunya yang mengembang dan keriting. Banyak yang mengira, kucing ini dikeriting di salon, tetapi itu terjadi secara alami.

Seperti yang sudah dijelaskan, penyebab bulu kucing keriting adalah genetik. Memang, secara alami Rex Selkirk terlahir dengan bulu yang keriting.

Ukuran panjang bulu anabul ini bervariasi dan tidak semuanya panjang. Ada Rex Selkirk berbulu pendek dan medium, tetapi yang pasti semuanya keriting.

Dengan bentuknya yang keriting, kucing seolah terlihat lebih gembul dan bervolume. Ini juga yang membuat harga kucing Rex Selkirk mahal.

Warna bulu kucing Rex Selkirk sangat beragam, mulai dari oranye, kuning, merah, biru, abu-abu, dan hitam. Tak jarang, ada Rex Selkirk berwarna putih dan krem.

Selain harus mengetahui morfologi Rex Selkirk sebelum mengadopsinya, Anda juga perlu memahami karakteristiknya. Berikut sifat atau karakteristik Kucing Rex Selkirk yang berbeda dengan hewan dalam harga burung kenari.

Karakteristik Kucing Rex Selkirk

  • Ramah dan mudah bergaul dengan hewan peliharaan lain.
  • Manja dan suka dipeluk atau digendong.
  • Penurut dan selalu mengikuti ownernya.
  • Tidak bisa ditinggal sendirian terlalu lama.
  • Agak cerewet dan suka menanggapi ownernya ketika berbicara.
  • Cerdas dan memiliki rasa ingin tahu tinggi.
  • Agak bandel dan jahil.
  • Enerjik, aktif, dan suka bermain.

Hal terpenting ketika Anda ingin memiliki anabul selain mengetahui biaya adopsi kucing Rex Selkirk adalah memperhatikan pemeliharaannya. Terbilang ras yang unik, Anda harus mengetahui tips memelihara Rex Selkirk yang berbeda dengan binatang dalam harga burung lovebird.

Tips Memelihara Kucing Rex Selkirk

  • Buat kandang kucing yang luas dan nyaman untuk kucing.
  • Anda juga bisa membuat ruang bermain khusus untuk kucing supaya mereka tidak bosan.
  • Jaga kebersihan Rex Selkirk dengan membersihkan cat litter secara rutin minimal dua kali sehari.
  • Bulu Rex Selkirk harus disisir dan dirawat setiap hari supaya tidak kusam dan tetap mengembang.
  • Anda bisa melapisi bulunya dengan VCO sebelum dimandikan supaya mengilap.
  • VCO juga diklaim baik untuk mencegah kutu, jamur, dan bulu rontok.
  • Mandikan kucing secara rutin setiap 3-4 minggu sekali.
  • Grooming harus dilakukan secara rutin untuk menjaga keindahan bulu kucing.
  • Pastikan Anda memberikan vitamin dan vaksin sesuai kebutuhan dan dosis.
  • Pakan yang diberikan harus mengandung banyak vitamin E dan minyak ikan.

Memang agak sulit merawat Rex Selkirk karena bulunya yang cenderung tebal seperti wol. Lalu, berapa harga kucing Rex Selkirk saat ini? Berikut ulasannya.


Update Harga Kucing Rex Selkirk (Kitten & Dewasa) dan Tips Merawatnya


Harga Kucing Rex Selkirk per Ekor

  • Anak (Kitten) Kucing Rex Selkirk Jantan atau Betina: Rp8.000.000 - Rp15.000.000 per ekor.
  • Adult (Indukan) Kucing Rex Selkirk Jantan atau Betina: Rp17.000.000 - Rp35.000.000 per ekor.

Harga Kucing Rex Selkirk per Pasang

  • Kitten Kucing Rex Selkirk Jantan dan Betina: Rp16.000.000 - Rp30.000.000 per pasang.
  • Indukan Kucing Rex Selkirk Jantan dan Betina: Rp32.000.000 - Rp68.000.000 per pasang.

Sebagai informasi, harga kucing Rex Selkirk di atas telah kami rangkum dari situs jual beli online. Selain itu dari forum jual beli hewan peliharaan. Sama seperti nilai jual hewan peliharaan lainnya, harga kucing Rex Selkirk bisa berubah sewaktu-waktu.

Perubahan harga kucing Rex Selkirk dipengaruhi penawaran penjual. Sementara itu, mahalnya harga kucing juga berdasarkan faktor usia.

Baca Juga: Harga Burung Parkit Dewasa & Anakan (Lutino, Australia, Roselle, dll)

Selain itu, harga kucing Rex Selkirk di tiap daerah berbeda-beda. Ini juga tergantung dari kebijakan breeder terkait.

Untuk mengetahui harga kucing Rex Selkirk secara aktual, Anda bisa mengunjungi breeder terdekat. Selain itu, Anda bisa mengunjungi laman forum jual beli kucing atau situs e-commerce.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Update Harga Kucing Rex Selkirk (Kitten & Dewasa) dan Tips Merawatnya"