Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Harga Anjing Pitbull (Dewasa & Puppy) dan Jenisnya di Indonesia

Update Harga Anjing Pitbull (Dewasa & Puppy) dan Jenisnya di Indonesia

Jual Pitbull petarung, mungkin Anda sudah tidak asing dengan tagline iklan seperti ini di forum jual beli hewan peliharaan. Memang, Pitbull adalah jenis anjing yang umum dilatih untuk bertarung. Ini juga yang membuat harga anjing Pitbull di Indonesia tidak murah.

Umumnya, anabul ini dinilai dari ukuran badan dan usianya. Harga anjing Pitbull besar biasanya dimasukkan dalam list harga anjing Pitbull termahal, berbeda dengan harga burung pleci.

Meskipun begitu, tidak ada harga anjing Pitbull murah saat ini. Misalnya, harga anjing Pitbull Hulk dewasa dengan ukuran tubuh besar bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Baca Juga: Harga Burung Kakatua Dewasa dan Anakan (Raja, Jambul Kuning, Dll)

Namun, jika Anda ingin mengadopsi Pitbull dengan nilai jual murah, Anda bisa memilih puppy atau anakannya. Biasanya, harga anak anjing pitbull di Indonesia tidak mencapai belasan juta rupiah per ekor.

Sebelum membahas lebih jauh tentang daftar harga anjing Pitbull, pastikan Anda mengetahui seluk beluknya. Berikut asal usul anjing Pitbull.

Asal Anjing Pitbull

Breeding Anjing Pitbull

Bukan termasuk trah murni, Pitbul diklaim sebagai anjing ras campuran. Dihasilkan dari perkawinan silang antara anjing bertubuh besar, Pitbull diklaim berasal dari Inggris.

Faktanya, anjing ini dihasilkan dari breeding antara anjing Mastiff dan British Dog. Namun, ada juga yang mengidentifikasi bahwa pitbull merupakan keturunan Bulldog dan Terrier.

Sebetulnya, anjing Mastiff yang disebutkan juga bukan trah asli. Anabul tersebut adalah keturunan anjing Molossus yang menemani bangsawan kerajaan kuno Molossians.

Rumor Negatif Anjing Pitbull

Tak hanya dijadikan sebagai teman, anjing Mastiff juga dilatih untuk berperang. Ini yang membuat sifat agresif dan tubuh kekarnya diturunkan kepada Pitbull.

Setelah peperangan agak mereda, masyarakat kawasan Roma mngembangbiakkan Mastiff dengan anjing asal inggris. Anakan dua ras anjing ini akhirnya tersebar luas ke daerah Romawi.

Namun, ada pendapat lain, anjing Pitbull berasal dari Inggris dan diciptakan untuk tujuan tertentu. Beberapa breeder menyebutkan, Pitbull diciptakan untuk membantu bisnis ilegal.

Tugas Anjing Pitbull

Bisnis ilegal yang cukup populer sebelum abad ke-20 di Inggris adalah pertarungan anjing. Ini juga yang membuat hampir sebagian Pitbull dilatih untuk bertarung.

Sebenarnya, bisnis gelap seperti ini masih ada, tetapi sifatnya underground. Lalu, pada akhir abad ke-19, Pitbull mulai dikenal luas untuk menjadi bagian dari bela negara di Amerika.

Polisi kerap menjadikan Pitbull sebagai anjing pertahanan, membantu melawan teroris, dan menangkap orang jahat. Hingga akhirnya, pamor pitbull di kalangan polisi terendus oleh masyarakat umum.

Sudah banyak orang yang menjadikan Pitbull sebagai anjing pekerja untuk menggiring hewan ternak. Tak hanya itu, Pitbull kerap diajak berburu babi liar dan dijadikan hewan peliharaan untuk menjaga rumah.

Bisa dibilang ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari memelihara Pitbull selain dijadikan teman di rumah. Ini juga yang membuat harga anjing pitbull tidak murah, berbeda dengan harga burung jalak.

Nah, sebelum membahas harga Pitbull di Indonesia, Anda perlu mengetahui, anjing ini memiliki banyak macam. Berikut adalah jenis-jenis Pitbull di pasaran.


Update Harga Anjing Pitbull (Dewasa & Puppy) dan Jenisnya di Indonesia


Jenis-Jenis Anjing Pitbull

Bull Terrier

Jenis Pitbull yang satu ini sudah cukup populer sejak zaman Ratu Victoria di Inggris. Ini adalah anjing hasil perkawinan silang antara Bulldog dan White English Terrier.

Sama seperti jenis Bulldog kuno, anjing ini kerap dijadikan sebagai anjing petarung. Karena, ukuran tubuhnya yang besar dan cukup kekar.

Termasuk anjing berukuran medium to big, Bull Terrier dewasa bisa tumbuh hingga 12 inchi. Untuk beratnya, bisa mencapai 12 kg.

Bulu anjing ini cenderung pendek dengan pola warna solid. Umumnya, anabul ini berbulu putih, cokelat, dan abu-abu.

Karakteristik anjing ini sangat dominan dan agresif, sehingga tidak cocok jika dipelihara bersama hewan peliharaan lain. Tak hanya itu, anjing ini bertempramen buruk dan emosional.

Harga anjing Pitbull Terrier ini juga tidak bisa dibilang murah. Beberapa breeder menawarkannya mulai puluhan juta untuk yang dewasa.

Miniature Bull Terrier

Sekilas, mungkin Anda akan menemukan morfologi yang hampir sama dengan Bull Terrier. Bedanya, anjing ini cenderung berukuran lebih besar.

Cukup populer di tahun 1872, miniature Bull Terrier berasal dari perkawinan antara White English Terrier, Bulldog, dan Dalmatian. Memang, trahnya cukup rumit dan ini yang membuatnya menjadi unik.

Juga tergolong Bull Terrier biasa, kaki Miniature Bull Terrier lebih pendek daripada Bull Terrier. Inilah yang membuatnya seolah mungil jika dibandingkan Bull Terrier.

Baca Juga: Harga Burung Perkutut Anakan dan Dewasa (Jawa, Bangkok, dll)

Untuk tingginya sendiri mampu mencapai 14 inchi. Anjing Miniature Bull Terrier dewasa bisa mencapai 9-15 kg.

Tubuh anjing Miniature Bull Terrier juga berotot dengan bulu yang pendek dan agak tebal. Warna bulunya cukup beragam, antara lain hitam, putih, krem, merah, dan cokelat kekuningan.

Staffordshire Bull Terrier

Ini adalah jenis anjing Pitbull yang cukup umum dan pertama kali muncul di abad ke-19. Berasal dari Inggris, mamalia ini berasal dari persilangan Bulldog dan beberapa anjing Inggris lainnya.

Diketahui pula, Staffordshire Bull Terrier adalah anjing yang berasal dari Bulldog dan Manchester terrier. Inilah yang membuat sifatnya tidak terlalu galak dan agresif jika dibandingkan jenis pitbull lainnya.

Ciri fisiknya adalah otot yang besar dan bulu-bulu pendek yang halus. Anjing ini juga bertubuh besar berukuran 14-16 inci. Sebelumnya, mungkin Anda tertarik dengan harga burung cucak ijo.

Anjing Staffordshire Bull Terrier dewasa jantan mampu mencapai berat 12-17 kg. Sementara itu, anjing betina lebih ringan, yakni mampu mencapai 10-15 kg.

Meskipun lebih ramah dari Pitbull lainnya, Staffordshire Bull Terrier masih memiliki sifat yang liar. Anda harus tetap waspada dan disarankan untuk memasang pengikat leher saat mengajaknya jalan-jalan di area terbuka.

American Staffordshire Terrier

Sangat mudah untuk mengenali American Staffordshire Terrier di antara jenis Pitbull lainnya. Karena, anjing ini adalah ras yang paling besar dan tinggi.

Anjing American Staffordshire Terrier dewasa mampu tumbuh dengan ketinggian hingga 19 inci. Sementara itu, beratnya mampu mencapai 18 kg.

Dengan tubuh yang besar dan sangat berotot, tak heran jika anabul ini kerap dijadikan sebagai anjing pekerja. Banyak owner yang menjadikannya sebagai penjaga rumah.

Tak hanya itu, American Staffordshire Terrier kerap dijadikan sebagai anjing penangkap maling dan pelacak. Namun, karena terlalu agresif, Anda harus waspada saat memeliharanya.

Selain harus mengetahui varian Pitbull yang umum di Nusantara, Anda juga perlu mengetahui cara memeliharanya. Merawat anjing yang cukup agresif seperti Pitbull memang tak bisa sembarangan.


Update Harga Anjing Pitbull (Dewasa & Puppy) dan Jenisnya di Indonesia


Cara Memelihara Anjing Pitbull

  • Sediakan kandang anjing khusus yang terbuat dari besi dan agak luas.
  • Bersihkan kanda setiap hari supaya tidak bau dan jauh dari penyakit.
  • Minuman anjing harus diganti setiap pagi.
  • Pakan diberikan sebanyak dua kali sehari untuk Pitbull dewasa.
  • Puppy Pitbull membutuhkan makan sebanyak tiga kali sehari ditambah susu.
  • Berikan pakan yang berlemak, berprotein, dan bervitamin lengkap.
  • Pastikan anjing divaksin sesuai dengan kebutuhan dan dosis.

Selain itu, Anda harus rajin memandikan anjing maksimal sebulan sekali. Lalu, berapa harga anjing Pitbull saat ini? Berikut rinciannya.

Harga Anjing Pitbull

Kategori Anjing Pitbull

Harga per Ekor

Anjing Pitbull Usia 3 bulan

Rp2.000.000 - Rp3.500.000

Anjing Pitbull Puppy Stambum

Rp4.000.000 - Rp5.120.000

Anjing Pitbull Standar

Rp4.000.000 - 8.000.000

Anjing Pitbull Adult High Quality

Rp6.000.000 - Rp12.000.000

Anjing Pitbull Indukan Jantan atau Betina Stambum

Rp35.000.000 - Rp40.000.000

Anjing Pitbull Asli Stambum + Dokumen

Rp100.000.000 - Rp140.000.000

Sebagai informasi, harga anjing Pitbull di atas telah kami rangkum dari forum jual beli anjing dan situs jual beli online. Tentunya, harga anjing Pitbull tersebut bisa berubah sewaktu-waktu, sama seperti harga burung kenari.

Baca Juga: Harga Burung Parkit Dewasa & Anakan (Lutino, Australia, Roselle, dll)

Perlu diingat, harga anjing Pitbull di tiap daerah bisa berbeda, tergantung pada penawaran penjual. Untuk mengetahui informasi harga anjing Pitbull teraktual, Anda bisa langsung datang ke breeder terdekat. Itu sama seperti jika Anda ingin mengetahui harga burung lovebird.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Update Harga Anjing Pitbull (Dewasa & Puppy) dan Jenisnya di Indonesia"