Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Ikan Channa Asiatica (Baby, Bibit, & Dewasa) per Ekor Terbaru

Harga Ikan Channa Asiatica (Baby, Bibit, & Dewasa) per Ekor Terbaru

Selain channa pulchra, beberapa hobis tertarik memelihara ikan channa asiatica. Harga ikan channa asiatica memang tidak murah, tetapi sepadan dengan kecantikannya. Sebelumnya, mungkin Anda juga tertarik dengan harga ikan channa red barito.

Jenis jenis ikan channa asiatica sendiri beragam dan salah satunya adalah channa asiatica RS. Namun, harga channa asiatica red spotted (RS) relatif terjangkau daripada harga asiatica RS pure 10cm.

Baby channa asiatica RSWS bisa ditawarkan dengan harga mulai belasan ribu rupiah. Tentunya lebih terjangkau daripada harga channa RSWS dewasa yang mencapai ratusan ribu rupiah.

Baca Juga: Harga Burung Kutilang (Anakan, Dewasa, Emas, Jawa, Sutra, dll)

Mungkin Anda akan dibingungkan dengan singkatan RS dan WS pada nama belakang channa asiatica. Sebenarnya itu merujuk pada varian ikan seperti berikut.

Jenis Ikan Channa Asiatica

Ikan Channa Asiatica RS

Varian ikan channa asiatica yang cukup populer di kalangan kolektor ikan hias adalah channa asiatica RS. Ini adalah jenis ikan channa asiatica red spotted yang berbeda dengan ikan channa auranti.

Seperti namanya, ikan channa asiatica RS memiliki ciri khas bintik-bintik merah pada tubuhnya. Bintik merah pada ikan membentuk pola garis-garis yang menarik.

Sementara itu, bagian dasar tubuhnya berwarna cokelat kehitaman. Jika terpapar sinar lampu, maka warnanya seolah coklat kemerahan.

Untuk harga ikan channa asiatica RS sendiri tergantung dari ukurannya. Lebih murah jika Anda membeli anakan atau bibit daripada indukan atau dewasa.

Ikan Channa Asiatica WS

Jenis ikan channa asiatica WS tak kalah populer dengan varian RS. Ini adalah varian ikan channa asiatica white spotted.

Ciri khas ikan channa asiatica ws terletak pada pola dan warna tubuhnya. Terdapat bintik-bintik putih di bagian tengah tubuh ikan ini.

Sekilas, totol putih pada ikan seperti mutiara dengan warna dasar hitam. Sementara itu, bagian dasar tubuh ikan channa asiatica WS adalah hitam kecokelatan.

Sama seperti channa asiatica rs, harga ikan channa asiatica WS dibedakan berdasarkan ukurannya. Namun, biasanya harga ikan channa asiatica WS pure lebih mahal daripada mix breed.

Ikan Channa Asiatica RSWS

Mungkin, Anda akan dibuat bingung dengan istilah ikan channa asiatica RSWS. Ini adalah gabungan dari ikan channa asiatica jenis RS dan WS.

Bisa dibilang ikan channa RSWS yang dipasarkan, beberapa adalah hasil kawin silang antara dua jenis channa. Peranakannya menghasilkan ikan channa asiatica red spotted white spotted.

Berbeda dengan indukannya, ikan channa RSWS umumnya memiliki warna spotted yang lebih beragam. Inilah yang membuat harga ikan channa RSWS bisa mencapai ratusan ribu rupiah per ekor.

Sebelum lebih detail membahas harga ikan channa asiatica, Anda perlu mengetahui seluk beluknya. Berikut asal-usul ikan channa asiatica yang berbeda dengan ikan channa barca.

Asal-Usul Ikan Channa Asiatica

Channa asiatica berasal dari China dan dijuluki small snakehead. Termasuk golongan ikan gabus, channa asiatica memiliki habitat di daerah yang lembab.

Umumnya, ikan berkepala ular mungil ini banyak ditemukan di hutan hujan, kolam, danau, dan sungai. Ada juga yang menemukannya di rawa dengan banyak timbunan akar.

Termasuk predator ulung, channa asiatica memang lebih suka berdiam diri di perairan dengan arus lemah. Di Negeri Tirai Bambu, ikan channa asiatica banyak ditangkap dari Sungai Chang Jiang/Yangtze.

Namun, banyak juga yang membawanya dari Sungai Xun di Guangxi. Lalu, ikan ini tersebar ke Guangdong. Sebelumnya, mungkin Anda tertarik untuk melirik harga ikan channa limbata.

Bukan termasuk jenis ikan yang tahan dengan suhu ekstrem, Channa Asiatica mampu hidup di air bersuhu 22-28 derajat Celsius. Untuk kadar pH air yang baik bagi ikan ini sekitar 6-7,2.

Berasal dari negara sub tropis, channa asiatica sangat mudah beradaptasi di negara tropis. Hal ini yang membuatnya mudah dipelihara dan dibudidayakan di Indonesia.

Persebaran ikan channa asiatica tidak hanya di negara Asia seperti Jepang, Indonesia, China, dan Malaysia. Ikan ini juga sudah banyak ditemukan di kawasan Eropa, Amerika, dan Afrika.

Dengan sifatnya yang adaptif, tak heran jika harga ikan channa asiatica tidak terlalu mahal bagi beberapa orang. Supaya Anda bisa mengetahui lebih detail mengenai hewan air tawar ini, berikut ciri-cirinya.


Harga Ikan Channa Asiatica (Baby, Bibit, & Dewasa) per Ekor Terbaru


Ciri-Ciri Ikan Channa Asiatica

Bentuk Kepala Ikan Channa Asiatica

Seperti yang sudah disebutkan, channa asiatica memiliki bentuk kepala seperti ular. Hal ini sama seperti jenis ikan gabus pada umumnya.

Mulut ikan gabus tersebut juga lebar dengan gigi-gigi yang runcing. Hal ini yang menjadi ciri khas bahwa ikan channa asiatica termasuk ikan predator.

Mata ikan channa asiatica terbilang cukup besar dan lebar untuk ikan seukurannya. Warna bola matanya kucing dengan pupil berwarna hitam.

Warna Ikan Channa Asiatica

Selain memiliki bintik berwarna merah dan putih, tubuh ikan juga memiliki warna dasar. Warna dominan yang ada di tubuh ikan ini sangat beragam.

Baca Juga: Harga Anjing Dachshund (Anakan, Dewasa, Jantan, & Betina)

Ada ikan channa asiatica dengan tubuh berwarna dasar abu-abu, hitam, dan kemerahan. Namun, paling umum adalah ikan dengan warna cokelat.

Warna dasar tubuh ikan channa asiatica baru akan terlihat jelas ketika ikan terpapar cahaya. Ini yang membuat beberapa owner melengkapi akuariumnya dengan lampu neon.

Pertumbuhan Ikan Channa Asiatica

Tak seperti ikan gabus pada umumnya, channa asiatica memiliki proses pertumbuhan yang unik. Pada awal pemeliharaan, sekitar 1-2 tahun pertama, pertumbuhan ikan terbilang sangat cepat.

Panjang ikan juga terbilang signifikan perbedaannya dari bulan pertama hingga tahun kedua. Umumnya, cepatnya pertumbuhan channa asiatica terlihat hingga 34 cm.

Setelah itu, pertumbuhan ikan akan melambat. Diketahui, ikan betina lebih cepat melambat pertumbuhannya.

Sangat penting mengetahui harga ikan channa asiatica sebelum memeliharanya, tetapi Anda juga perlu tahu cara merawatnya. Berikut cara memelihara ikan channa asiatica.

Cara Memelihara Ikan Channa Asiatica

  • Meskipun Anda memelihara baby ikan channa asiatica yang masih kecil, sediakan akuarium besar.
  • Ikan channa asiatica tidak suka dengan tempat sempit.
  • Minimal Anda harus menyiapkan aquarium sebesar 100 cm x 45 cm x 450 cm.
  • Kuras airnya setiap minggu dengan air yang jernih untuk menghindari parasit.
  • Supaya lebih indah, Anda bisa meletakkan batuan warna-warni sebagai dekorasi.
  • Jangan memasang aerator dengan tekanan terlalu tinggi.
  • Beberapa orang juga meletakkan tumbuhan air untuk dekorasi.
  • Pakan harus diberikan secara rutin supaya ikan tidak stres.
  • Supaya tidak bosan, berikan hewan hidup sebagai pangan.

Memelihara ikan channa asiatica memang gampang-gampang sulit, tetapi itu sangat penting. Dengan melakukan cara merawat ikan channa asiatica dengan tepat, maka ikan akan tetap sehat. Lalu, berapa harga ikan channa asiatica? Tentunya berbeda dengan harga ikan channa pulchra.


Harga Ikan Channa Asiatica (Baby, Bibit, & Dewasa) per Ekor Terbaru


Harga Ikan Channa Asiatica Baby

  • Channa Asiatica RSW Baby: Rp14.000 - Rp25.000 per ekor.
  • Ikan Channa Asiatica WS Baby: Rp17.000 - Rp30.000 per ekor.
  • Baby Channa Asiatica RS: Rp17.000 - Rp30.000 per ekor.

Harga Ikan Channa Asiatica Bibit

  • Bibit Channa Asiatica RSWS: Rp40.000 - Rp60.000 per ekor.
  • Ikan Channa Asiatica RS Pure Anakan: Rp95.000 - Rp125.000 per ekor.
  • Channa Asiatica WS Anakan: Rp95.000 - Rp205.000 per ekor.

Harga Ikan Channa Asiatica Dewasa

  • Indukan Channa Asiatica RSWS: Rp440.000 - Rp800.000 per ekor.
  • Ikan Channa Asiatica RS Pure Dewasa: Rp500.000 - Rp950.000 per ekor.
  • Channa Asiatica WS Dewasa: Rp500.000 - Rp950.000 per ekor.

Sebagai informasi, harga ikan channa asiatica di atas kami rangkum dari situs jual beli online. Tentunya, nilai jual channa asiatica bisa berubah sewaktu-waktu.

Baca Juga: Harga Burung Prenjak (Jali, Emas, Kristal, Kepala Merah, dll)

Semakin panjang ukuran channa asiatica, maka semakin mahal harganya. Untuk informasi teraktual mengenai harga ikan channa asiatica, Anda bisa mengunjungi toko aquascape terdekat.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Ikan Channa Asiatica (Baby, Bibit, & Dewasa) per Ekor Terbaru"