Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Ikan Channa Pulchra Semua Ukuran (Anakan & Dewasa) Terbaru

Harga Ikan Channa Pulchra Semua Ukuran (Anakan & Dewasa) Terbaru

Bagi Anda pencinta ikan hias, pastinya sudah sangat familier dengan channa pulchra. Diklaim cocok untuk pemula, harga ikan channa pulchra bibit maupun dewasa relatif terjangkau. Berbeda dengan harga ikan channa red barito.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Ikan Channa Pulchra

Untuk saat ini, harga channa pulchra termahal mencapai Rp500 ribuan per ekor. Sementara itu, jenis channa pulchra termurah dibanderol Rp15.000.

Standar atau faktor yang mempengaruhi nilai jual ikan ini adalah ukurannya. Harga ikan channa pulchra 10cm tentunya lebih murah dibanding harga channa pulchra 20cm.

Biasanya, yang termasuk kategori termurah adalah bibit ikan channa pulchra ukuran 7 cm. Harga channa blue pulchra 7cm lebih murah dibandingkan harga channa pulchra 14cm.

Sementara itu, yang tergolong mahal adalah harga channa pulchra 30cm. Biasanya, channa pulchra dengan ukuran 20 cm ke atas sudah tergolong dewasa.

Baca Juga: Harga Sapi Limosin  dan Cara Merawatnya Supaya Cepat Gemuk

Sementara itu, menurut beberapa owner, channa pulchra ukuran 15 cm masih remaja. Nah, harga channa pulchra 15cm tentunya lebih mahal daripada 7cm.

Nah, harga ikan channa pulchra dewasa ini memang agak mahal. Selain dari ukurannya, channa pulchra dilihat dari jenisnya.

Secara umum, para penjual ikan hias menawarkan dua jenis channa pulchra, yakni merah dan biru. Konon, harga ikan channa red pulchra lebih mahal dibandingkan harga ikan channa pulchra blue.

Namun, harga baby ikan channa blue pulchra lebih terjangkau dibandingkan harga channa blue pulchra 20 cm. Sebelum membahas lebih jauh mengenai nilai jual ikan tersebut, berikut asal-usulnya.

Asal Ikan Channa Pulchra

Juga dikenal dengan nama peacock snakehead, channa pulchra baru teridentifikasi pada 2007. Hewan air tawar ini ditemukan di Sunga Kyentali Chaung, Myanmar.

Bisa dibilang, channa pulchra berasal dari Myanmar. Hingga saat ini, pamornya kian meningkat, apalagi karena channa blue pulchra baby harganya relatif terjangkau. Lebih murah dibandingkan harga ikan channa limbata.

Tak seperti ikan gabus hias pada umumnya, channa pulchra hidup di habitat tinggi oksigen. Itu ditandai dengan derasnya air sungai dan suhu air yang cukup dingin.

Sebelum teridentifikasi di Myanmar, beberapa ilmuwan percaya bahwa ikan jenis ini berasal dari pegunungan Himalaya. Ini karena suhu di area sekitar pegunungan sangat cocok untuk ikan tersebut.

Bentuk fisik uang unik, membuat channa pulchra digolongkan sebagai ikan hias. Hal ini juga yang membuat banyak aquascapers memburunya.

Namun, beberapa owner lebih menyukainya karena cara merawat baby ikan channa pulchra tidak sulit. Nah, sebelum membahas harga ikan channa pulchra, berikut ciri fisiknya.

Ciri-Ciri Ikan Channa Pulchra

Bentuk Kepala Ikan Channa Pulchra

Berbeda dengan channa pada umumnya, channa pulchra memiliki bentuk kepala lebih lonjong. Jika diamati lebih detail, kepalanya terbilang lebih panjang.

Bagian bawah kepala channa pulchra terdapat insang dan sirip yang lebar. Sementara itu, mulut ikan ini terbilang cukup besar dengan rahang yang menonjol.

Mata predator air tawar tersebut cenderung agak besar dan berbentuk bulat. Warna bola matanya sendiri cenderung hitam kecokelatan.

Warna Ikan Channa Pulchra

Di alam liar, ikan channa pulchra berwarna biru kecoklatan. Namun, saat dipelihara dan dimasukkan ke dalam akuarium, warnanya akan menjadi biru cerah.

Ada beberapa owner yang membagikan cara meningkatkan warna ikan channa pulchra supaya seperti di alam liar. Salah satunya, yakni dengan memberi makanan ikan channa pulchra berprotein tinggi.

Ciri khas dari channa pulchra adalah bintik hitam pada bagian sirip punggungnya. Selain itu, punggung ikan ini dipenuhi totol-totol hitam dengan dasar cokelat kekuningan. Sebelumnya, mungkin Anda tertarik dengan harga ikan channa barca.

Ekor Ikan Channa Pulchra

Selain warnanya yang unik, channa pulchra memiliki bentuk ekor sangat elok. Tergolong sebagai dwarf snakehead, channa pulchra memiliki ekor seperti kipas.

Bagian ujung ekornya sangat lebar dengan sudut-sudut berwarna biru gelap. Sementara itu, dasarnya berwarna biru terang, sehingga terlihat seperti gradasi yang indah.

Meskipun ekornya cukup lebar, channa pulchra lebih suka berenang lambat. Ikan ini bahkan cenderung malas untuk berlarian di akuarium atau kolam.

Postur Tubuh Ikan Channa Pulchra

Seperti yang telah disebutkan, channa pulchra termasuk dwarf snakehead. Sehingga, ikan ini tidak bisa tumbuh sangat besar.

Berdasarkan review salah satu owner, channa pulchra hanya bisa tumbuh hingga 30 cm. Mungkin Anda akan bertanya-tanya, berapa lama pertumbuhan ikan channa pulchra?

Baca Juga: Aqiqah Pakai Sapi? Ketahui Harga, Jenis, Hukum, dan Syaratnya

Ada yang menyebutkan bahwa channa pulchra mampu tumbuh hingga 6 bulan. Tetapi, ada juga yang mengatakan bisa tumbuh hingga 1 tahun.

Untuk itu, beberapa owner membagikan tips ikan channa pulchra agar cepat besar. Salah satunya adalah merawatnya dengan tepat seperti berikut.

Cara Merawat Ikan Channa Pulchra

  • Ikan channa pulchra adalah predator air tawar yang suka hidup di tempat luas. 
  • Siapkan akuarium besar yang dilengkapi dengan pasir, filter, dan lampu neon.
  • Pasir yang cocok untuk ikan channa pulchra adalah pasir bangunan yang lembut.
  • Supaya ikan tidak mudah stres, Anda harus melatih mentalnya.
  • Cara melatih mental ikan channa pulchra tidak sulit, karena Anda hanya perlu mengajaknya bermain.
  • Beberapa owner menyarankan Anda untuk melakukan cara membuat ikan channa pulchra galak supaya tidak stres.
  • Berikan pakan hidup untuk ikan secara rutin supaya insting berburunya tidak tumpul.
  • Kuras air akuarium dan ganti setiap 2-4 minggu sekali.

Lakukan cara di atas supaya ikan channa pulchra Anda memiliki umur yang panjang. Selain itu, pastikan Anda selalu memperhatikan suhu air.

Suhu air yang pas untuk ikan channa pulchra, yakni sekitar 18-20 derajat celcius. Sementara itu, pH air harus stabil di angka 6-7.

Dengan menerapkan tips memelihara ikan channa pulchra, penyakit ikan channa pulchra bisa dihindari. Sebelum mengetahui harga ikan channa pulchra, berikut adalah karakteristiknya. Namun, mungkin Anda tertarik dengan harga ikan channa auranti.


Harga Ikan Channa Pulchra Semua Ukuran (Anakan & Dewasa) Terbaru


Karakteristik Ikan Channa Pulchra

Seperti ikan channa pada umumnya, channa pulchra memiliki sifat agresif. Namun, itu tidak seagresif ikan channa pada umumnya.

Dengans karakternya yang lebih suka bermalas-malasan, ikan channa pulchra diklaim cocok bagi pemula. Bahkan beberapa aquascaper awam akan memilihnya sebelum menambah koleksi ikan hias lainnya.

Sekilas, karakteristik ikan channa pulchra indukan jantan dan betina hampir sama. Hal ini yang membuat para owner kebingungan.

Namun, jika diperhatikan lebih detail, channa pulchra betina cenderung lebih agresif daripada jantan. Namun, cara membedakan jenis kelamin ikan channa pulchra paling mudah adalah dari fisiknya.

Baca Juga: Jual Kambing Aqiqah? Ini Tips Supaya Untung Banyak dan Balik Modal

Perhatikan bagian genital ikan channa pulchra. Menurut para breeder, channa pulchra jantan memiliki bagian genital lebih menonjol dibanding betina.

Setelah bisa membedakan channa pulchra jantan dan betina, mungkin Anda tertarik untuk membudidayakannya. Namun, sebelum bergelut dengan bisnis budidaya, pastikan Anda mengetahui harga ikan channa pulchra.

Harga Ikan Channa Pulchra

Ukuran Ikan Channa Pulchra

Harga per Ekor

Ikan Channa Pulchra Blue 5 cm

Rp19.000

Ikan Channa Pulchra Blue 8 cm

Rp38.300

Ikan Channa Pulchra Blue 13 cm

Rp120.000

Ikan Channa Pulchra Red 10 cm

Rp200.000

Ikan Channa Pulchra Blue 15 cm

Rp375.000

Ikan Channa Pulchra Red 17 cm

Rp400.000

Ikan Channa Pulchra Red Stripe 12 cm

Rp500.000

Ikan Channa Pulchra Blue 17 cm

Rp700.000


Sebagai informasi, harga ikan channa pulchra di atas telah kami rangkum dari situs jual beli online. Tentunya, harga ikan channa pulchra bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah. Hal itu sama seperti harga ikan di shopee.
Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Ikan Channa Pulchra Semua Ukuran (Anakan & Dewasa) Terbaru"