Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Ikan Channa Auranti Semua Ukuran (Dewasa & Anakan) Terbaru

Harga Ikan Channa Auranti Semua Ukuran (Dewasa & Anakan) Terbaru

Selain channa limbata, beberapa pencinta ikan predator hias memilih untuk mengadopsi channa auranti. Harga ikan channa auranti anakan dan dewasa memang tidak murah, tetapi sebanding dengan keelokannya. Sama seperti harga ikan channa red barito.

Faktor Penentu Harga Ikan Channa Auranti

Dibandingkan dengan indukan channa auranti, beberapa orang memelihara baby channa auranti. Ini karena harga ikan channa auranti 5cm (masih bibit) lebih murah daripada dewasa.

Baca Juga: Harga Makanan Anjing Royal Canin (Wet & Dry Food) Semua Varian

Salah satu faktor penentu nilai jual ikan tersebut memang dari ukuran dan usianya. Semakin muda usia ikan dengan tubuh yang masih pendek, maka nilai jualnya tidak terlalu tinggi.

Sebagai contoh, harga channa auranti 7cm lebih murah daripada harga channa auranti 10 cm. Selain itu, lebih murah daripada harga channa auranti 10cm.

Mampu tumbuh lebih dari setengah meter, ada juga yang menawarkan harga channa auranti 20cm. Memang breeder ikan hias kerap berlomba memelihara ikan ini untuk dijual dengan harga termahal.

Tak ingin kalah saing, bahkan sudah beredar harga channa auranti 30 cm yang tidak bisa dibilang murah. Nah, khusus untuk harga ikan channa auranti 30cm ini bisa dimasukkan ke dalam list harga channa auranti termahal.

Kerap ditawarkan di forum jual beli ikan eksotis, Anda juga bisa mencarinya di situs e-commerce. Channa auranti shopee misalnya, bisa langsung dibeli melalui situs jual beli online yang bersangkutan.

Namun, Anda juga bisa membelinya secara langsung di toko aquascape daerah Anda. Sebagai contoh, ada yang jual channa auranti Jogja dengan harga bervariasi. 

Sebelum membahas tentang harga ikan channa aurantimaculata, pastikan Anda mengetahui seluk-beluknya. Berikut asal ikan channa auranti.

Asal Ikan Channa Auranti

Lebih dikenal dengan sebutan orange spotted snakehead, ikan channna auranti berasal dari famili Channidae. Predator air tawar ini mempunyai nama ilmiah Channa aurantimaculata.

Channa auranti berasal dari Sungai Brahmaputra Tengah, India. Tak hanya itu, ikan ini kerap dilihat orang di wilayah paling timur Laut Assam, India.

Tergolong ikan yang tinggal di daerah hutan hujan tropis, persebaran ikan channa hingga saat ini belum diketahui. Namun, di Indonesia sudah banyak yang memperjualbelikannya.

Berhubung daerah asalnya adalah negara subtropis, ikan channa ini bisa beradaptasi dengan mudah di Tanah Air. Ini juga yang membuat pemeliharaan ikan channa auranti tidak terlalu sulit.

Meskipun cara memelihara ikan channa auranti tergolong mudah, untuk mendapatkan indukan hewan ini terbilang sulit. Beberapa orang bahkan harus mengimpornya langsung dari India.

Daya tarik channa auranti tidak hanya dari asalnya, tetapi juga bentuk fisiknya. Ini juga yang membuat harga ikan channa auranti mahal. Itu seperti harga ikan channa limbata.


Harga Ikan Channa Auranti Semua Ukuran (Dewasa & Anakan) Terbaru


Ciri-Ciri Ikan Channa Auranti

Bentuk Kepala Ikan Channa Auranti

Tergolong sebagai ikan gabus, channa auranti memiliki bentuk kepala lonjong dan agak pipih. Sekilas, terlihat seperti kepala ular dan ini yang membuatnya dijuluki snakehead fish.

Mata ikan channa auranti terbilang besar untuk ukurannya dengan warna yang kekuningan. Terdapat sirip pada bagian bawah kepala ikan channa auranti. 

Lalu, pada bagian ujung kepalanya, terdapat warna biru pada ujung kepalanya. Ini adalah salah satu ciri khas ikan yang membuatnya terlihat beda dari channa lainnya.

Warna Ikan Channa Auranti

Ikan channa auranti memiliki tubuh yang didominasi dengan warna cokelat. Ciri khas lain dari predator air tawar ini adalah pola warna tubuhnya.

Terdapat garis-garis vertikal berwarna oranye pada tubuhnya. Selain itu, terdapat semburat biru pada bagian ujung ekor dan siripnya.

Baca Juga: Harga Ikan Channa di Shopee (Limbata, Red Barito, Maru, dll)

Tak hanya itu, bagian bawah kepala ikan channa auranti berwarna biru keputihan. Jika dilihat dari jarak jauh, bagian bawah kepalanya seolah disorot lampu neon.

Ukuran Ikan Channa Auranti

Di alam liar atau habitatnya, ikan channa auranti mampu tumbuh lebih dari 50 cm. Namun, jika dipelihara di akuarium atau tank, umumnya channa auranti hanya bisa tumbuh hingga 30 cm.

Namun, tak jarang ditemukan ikan channa auranti 40 cm di pasaran. Umumnya, ini adalah ikan yang diimpor dan dibesarkan di tank yang didesain mirip dengan habitat asalnya.

Sementara itu, cara import ikan channa auranti terbilang sulit. Selain itu juga membutuhkan proses yang cukup rumit.

Hal tersebut yang membuat harga ikan channa auranti tidak murah. Supaya Anda bisa merawatnya dengan mudah, berikut adalah karakteristiknya. Namun, mungkin Anda juga tertarik dengan harga ikan channa asiatica.

Karakteristik Ikan Channa Auranti

Tak seperti ikan channa pada umumnya, temperamen ikan channa auranti bisa dibilang sangat buruk. Channa auranti memiliki sifat teritorial dan penyendiri.

Ikan juga sangat agresif sekali supaya daerah kekuasaannya tidak ada yang mengganggu. Sehingga, ikan ini tidak cocok dicampur dengan hewan air lainnya.

Bahkan, beberapa owner tidak menyarankan Anda untuk meletakkan dua channa auranti dalam satu tank. Anda baru bisa meletakkan sepasang channa auranti dalam akuarium jika berjodoh.

Setelah pembiakan selesai, Anda harus segera memisahkan dua ikan tersebut. Jika tidak, suatu saat akan ada salah satu ikan yang diserang channa auranti yang lebih dominan.

Selain agresif, ikan channa auranti baby sudah memiliki sifat dominan. Anda tidak bisa menjadikan satu baby channa auranti anakan ikan predator lain, meskipun ukurannya lebih besar.

Menurut review salah satu owner, ikan gabus channa auranti juga sangat jahil. Jangan meletakkan akuariumnya berdempertan dengan ikan akuarium ikan lain.

Sifat channa auranti yang agresif dapat membuat ikan yang ada di aquarium sebelahnya menjadi stres. Selain itu, karakteristik channa auranti akan membuat ikan di sebelahnya merasa terintimidasi.

Baca Juga: Harga Burung Kutilang (Anakan, Dewasa, Emas, Jawa, Sutra, dll)

Dengan mengetahui karakteristik channa auranti, Anda bisa memeliharanya secara optimal. Untuk lebih jelas, berikut cara merawatnya.

Tips Merawat Ikan Channa Auranti

  • Siapkan tank atau aquarium besar dan hias dengan ornamen seperti batu kali.
  • Beberapa owner juga menyarankan untuk meletakkan tumbuhan air.
  • Isi akuarium dengan air bersih dan jernih.
  • pH air akuarium yang ideal sekitar 6-7.
  • Jaga suhu air supaya stabil di angka 19-25 derajat Celsius.
  • Berikan pakan hidup seperti udang kecil supaya ikan tidak mogok makan.
  • Untuk pakan utama, berikan pelet ikan, makanan beku, dan ikan rucah.
  • Bersihkan akuarium secara rutin.
  • Ganti air aquarium setiap dua minggu sekali.
  • Jangan pernah telat memberikan makan.

Pastikan Anda melakukan tips di atas supaya ikan bisa terpelihara dengan baik. Selain itu, berikan vitamin khusus untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Lalu berapa harga ikan channa auranti saat ini? Tentunya berbeda dengan harga ikan channa barca.

Harga Ikan Channa Auranti Semua Ukuran (Dewasa & Anakan) Terbaru


Harga Ikan Channa Auranti

Ukuran Channa Auranti

Harga per Ekor

Ikan Channa Auranti Baby 5 cm

Rp180.000 - Rp200.000

Ikan Channa Auranti 7 cm

Rp300.000 - Rp500.000

Ikan Channa Auranti 12 cm

Rp560.000 - Rp700.000

Ikan Channa Auranti 20 cm

Rp780.000 - Rp900.000

Ikan Channa Auranti 30 cm

Rp2.350.000 - Rp2.700.000

Ikan Channa Auranti 40 cm

Rp3.000.000 - Rp4.000.000


Sebagai informasi, harga ikan channa auranti di atas kami rangkum dari situs jual beli online. Tentunya, harga ikan channa auranti bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah. Itu sama seperti harga ikan channa pulchra.
Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Ikan Channa Auranti Semua Ukuran (Dewasa & Anakan) Terbaru"