Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Kucing 3 Warna Jantan dan Betina (Persia, Domestik, Munchkin) Terbaru

Harga Kucing 3 Warna Jantan dan Betina (Persia, Domestik, Munchkin) Terbaru

Tak hanya terdiri dari banyak ras, kucing juga mempunyai banyak varian warna bulu dan salah satunya calico atau 3 warna. Biasanya, harga kucing 3 warna jantan maupun betina lebih mahal dibandingkan kucing dengan satu warna.

Faktor Penentu Harga Kucing 3 Warna

Sebenarnya, harga kucing kembang telon juga dibedakan dari gendernya. Misalnya, harga kucing belang 3 betina dinilai lebih murah dibandingkan harga kucing 3 warna cowok.

Ada banyak faktor yang menyebabkan raja kucing 3 warna (jantan) lebih mahal daripada betina. Salah satunya adalah, karena kucing jantan belang 3 sangat jarang keberadaaanya.

Baca Juga: Harga Makanan Anjing Royal Canin (Wet & Dry Food) Semua Varian

Selain itu ada banyak mitos kucing 3 warna jantan yang membuat pamornya semakin tinggi. Ini yang menyebabkan popularitas kucing 3 warna betina tersaingi dan membuat nilai jualnya lebih murah.

Lalu, ada juga yang percaya, memberi makan kucing jantan 3 warna dalam Islam termasuk bersedekah. Selain itu, terdapat kepercayaan jika ada kucing yang mendatangi Anda, itu adalah peringatan supaya Anda rajin bersedekah.

Faktor lainnya yang membedakan nilai jual kucing calico adalah jenisnya. Harga kucing persia 3 warna misalnya, akan lebih mahal dibandingkan harga kucing kampung 3 warna.

Namun, harga kucing persia 3 warna betina bisa lebih murah dibandingkan kucing jantan 3 warna domestik. Ini karena keberadaan kucing jantan calico yang sangat jarang.

Sebelum membahas harga kucing 3 warna, Anda perlu mengetahui seluk beluknya. Selain itu, mungkin Anda tertarik dengan harga kucing toyger. Berikut asal kucing calico.

Kenapa Harga Kucing 3 Warna Mahal?

Kucing belang telon atau kembang jahe merupakan anabul yang memiliki tiga warna dan ini sangat jarang di antara ras kucing. Umumnya, warna pada bulu kucing calico adalah hitam, putih, dan oranye.

Pada kucing 3 warna yang paling jarang ditemui, ada juga yang memiliki bulu dengan warna putih, hitam, dan merah. Pola warna belang 3 ini lebih sering ditemukan pada betina daripada jantan.

Memiliki 3 warna sekaligus pada bulunya, tak heran jika banyak yang ingin mengadopsi kucing calico. Sebelum mengetahui daftar harga kucing 3 warna, berikut ciri-cirinya.

Ciri-Ciri Kucing 3 Warna

Seperti yang telah dijelaskan, ciri khas kucing calico terletak pada warna bulunya. Belang 3 warna pada bulu kucing ini membuatnya lebih mudah dikenali.

Namun, pola dan persentase warna oranye, hitam, dan putih pada kucing belang 3 beragam. Ada kucing calico dengan warna oranye dan hitam sedikit dan memiliki warna putih sebagai warna dominannya.

Bahkan, ada kucing belang telon yang memiliki warna oranye dan hitam di bagian ekor dan kepalanya saja. Sementara itu, badannya berwarna putih dengan sedikit totol hitam.

Nah, beberapa orang menyebut kucing seperti ini bukan calico sejati. Untuk kucing calico sejati, warna hitam, oranye, dan putihnya memiliki presentasi hampir sama. 

Dibedakan berdasarkan polanya, umumnya ada dua jenis calico, yakni tabby dan dilute. Harga kucing 3 warna ini umumnya sama dan berikut ulasannya.

Pola Bulu Kucing 3 Warna

Kucing 3 Warna Tabby

Merupakan salah satu pola bulu yang umum pada calico, tabby memiliki ciri khas yang mudah dikenali. Setiap kembang telon tabby, memiliki pola titik atau garis.

Garis dan titik pada kucing terhubung dengan setiap warna, mulai dari putih, hitam, dan oranye. Ini membuat persentase warna belang tiga kucing semakin terlihat jelas.

Kucing 3 Warna Dilute

Berbeda dengan tabby, pada kucing 3 warna dilute tidak ditemukan garis atau titik. Pola warna seperti ini lebih kerap ditemukan pada kucing ras.

Tanpa adanya titik dan garis, warna hitam, putih, dan oranye pada kucing terlihat pudar. Saking pudarnya, warna oranye akan terlihat kecokelatan.

Baca Juga: Harga Ikan Channa di Shopee (Limbata, Red Barito, Maru, dll)

Sebenarnya, baik itu sejati atau tidak, semua kucing dengan warna belang tiga adalah calico. Kucing 3 warna seperti ini jenisnya bisa dari berbagai ras dan ini pula yang menentukan harga kucing 3 warna.


Harga Kucing 3 Warna Jantan dan Betina (Persia, Domestik, Munchkin) Terbaru


Jenis-Jenis Kucing 3 Warna

Kucing 3 Warna Domestik

Salah satu jenis kucing 3 warna yang cukup populer di Indonesia adalah kucing calico domestik. Beberapa orang menyebutnya sebagai kucing calico asli.

Juga dikenal dengan nama kucing kembang telon, caliso domestik adalah kucing 3 warna dari peranakan kucing kampung. Meskipun begitu, harga kucing 3 warna domestik juga tidak murah.

Khusus untuk harga kucing 3 warna jantan domestik bisa mencapai puluhan juta rupiah. Sementara itu, calico domestik betina umumnya ditawarkan mulai ratusan ribu rupiah.

Kucing 3 Warna Persia

Salah satu jenis calico yang cukup populer di kalangan pencinta kucing hias adalah calico persia. Seperti namanya, ini adalah kucing persia dengan bulu belang tiga.

Pada kucing persia. hampir tidak pernah ditemukan calico jantan. Rata-rata memang calico persia adalah betina.

Harga kucing 3 warna persia betina lebih mahal daripada harga kucing kembang telon domestik betina. Namun, masih lebih murah dibandingkan belang tiga jantan domestik.

Kucing 3 Warna Persia Peaknose

Persia memiliki banyak macam dan salah satunya adalah peaknose. Anabul ini memiliki ciri khas pada hidungnya yang sangat pesek.

Tak hanya itu, anabul ini memiliki warna belang tiga sebagai penanda bahwa dirinya calico. Terbilang sangat menggemaskan, kucing belang tiga ini menjadi incaran pencinta kucing persia.

Harga kucing 3 warna persia peaknose tentunya lebih mahal dibandingkan kucing calico domestik dan persia biasa. Namun, tak kalah saing dengan harga calico jantan.

Kucing 3 Warna Munchkin

Calico juga ada yang jenisnya munchkin, yakni kucing berkaki pendek yang menggemaskan. Munchkin merupakan salah satu jenis kucing yang lahir karena kelainan genetik.

Sama seperti belang telon lainnya, ciri khas kucing 3 warna munchkin adalah bulunya. Selain itu, tubuh yang mungil adalah salah satu kelebihannya.

Untuk harga kucing 3 warna munchkin tidak bisa dibilang murah. Anakannya saja, bisa ditawarkan hingga jutaan rupiah per ekor.

Baca Juga: Harga Burung Kutilang (Anakan, Dewasa, Emas, Jawa, Sutra, dll)

Ada banyak ras kucing yang bisa menjadi calico, tak heran jika banyak breeder antusias untuk mendapatkan kembang telon. Biasanya, mereka juga akan berlomba menghasilkan kitten calico jantan.

Berhubung masih kecil, beberapa orang merasa kebingungan apakah anak kucing yang mereka miliki jantan atau betina. Berikut cara membedakan calico jantan dan betina anakan.

Tips Membedakan Gender Kitten Kucing 3 Warna 

  • Lakukan pemeriksaan jenis kelamin kucing saat usianya sudah 1 minggu.
  • Supaya lebih mudah, Anda bisa melakukannya saat kitten sedang tidur.
  • Angkat bayi kucing yang tidur secara perlahan.
  • Perhatikan jarak antara anus dan lubang kencing kitten.
  • Kucing betina memiliki jarak anus dan saluran kencing sangat dekat.
  • Anak kucing jantan memiliki jarak anus dan saluran urine agak jauh.

Jika Anda menemukan calico jantan, sebaiknya segera dipisahkan dari induknya. Karena induk kucing memiliki kebiasaan memakan kucing yang lemah. Sebelumnya, mungkin Anda tertarik dengan harga kucing siam.

Kucing 3 warna jantan termasuk anabul yang sangat lemah dan rentan dimakan indukannya. Lalu, berapa harga kucing 3 warna saat ini? Berikut rinciannya.


Harga Kucing 3 Warna Jantan dan Betina (Persia, Domestik, Munchkin) Terbaru


Harga Kucing 3 Warna

Varian Kucing 3 Warna

Harga per Ekor

Kucing 3 Warna Betina Domestik Kitten

Rp100.000 - Rp200.000

Kucing 3 Warna Betina Domestik Dewasa

Rp250.000 - Rp500.000

Kucing 3 Warna Betina Persia Kitten

Rp1.000.000 - Rp2.500.000

Kucing 3 Warna Betina Persia Peaknose Kitten

Rp3.000.000 - Rp5.000.000

Kucing 3 Warna Betina Persia Dewasa

Rp3.000.000 - Rp7.000.000

Kucing 3 Warna Betina Persia Peaknose Dewasa

Rp8.000.000 - Rp12.0000.000

Kucing 3 Warna Betina Munchkin Dewasa

Rp9.100.000 - Rp17.200.000

Kucing 3 Warna Betina Munchkin Kitten

Rp10.700.000 - Rp22.000.000

Kucing 3 Warna Jantan Kitten

Rp20.000.000 - Rp27.003.500

Kucing 3 Warna Jantan Dewasa

Rp30.000.000 - Rp50.000.000


Sebagai informasi, harga kucing 3 warna di atas kami rangkum dari situs jual beli online. Tentunya, harga kucing 3 warna bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah.
Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Kucing 3 Warna Jantan dan Betina (Persia, Domestik, Munchkin) Terbaru"