Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Info Terbaru Harga Anjing Shih Tzu Anakan dan Dewasa (Asli & Mix Breed)

Info Terbaru Harga Anjing Shih Tzu Anakan dan Dewasa (Asli & Mix Breed)

Bagi Anda penggemar anjing hias, mungkin shih tzu adalah solusinya. Harga anjing shih tzu asli anakan dan dewasa memang mahal, tetapi sebanding dengan keindahan bulunya. Itu sama seperti harga anjing golden retriever.

Penentu Harga Anjing Shih Tzu

Ada beberapa hal yang membuat harga anjing shih tzu mini dan standar tidak murah. Salah satunya adalah, usianya.

Dibandingkan dewasa atau indukan, harga anak anjing shih tzu lebih murah. Ada alasan mengapa harga anakan anjing shih tzu bisa dibanderol jutaan rupiah.

Baca Juga: Harga Burung Robin Gacor, Bahan, Bakalan, Lokal, dan Impor

Beberapa breeder menyebutkan bahwa puppy shih tzu belum mendapatkan vaksin lengkap. Harga vaksin anjing shih tzu lengkap terbilang mahal dan ini juga yang membuat indukan anjing tersebut lebih mahal.

Selain itu, harga makanan anjing shih tzu juga juga membuat nilai jual anjing dewasa terbilang lebih mahal. Namun, ada juga yang menyebutkan harga grooming anjing shih tzu lah yang membuatnya mahal.

Sebelum membahas daftar harga anjing shih tzu, pastikan Anda mengetahui seluk beluknya. Berikut asal anjing shih tzu.

Asal Anjing Shih Tzu

Kemunculan Anjing Shih Tzu

Termasuk ras anjing tertua dari China, shih-tzu atau dikenal dengan nama Chinese lion dog sudah dikembangkan sejak 1000 tahun lalu. Beberapa orang juga lebih mengenalnya sebagai chrysanthemum dog.

Meskipun asal-usul anjing shih tzu masih kontroversial, beberapa orang meyakini bahwa anabul ini pertama kali muncul di China. Tepatnya di Tibet, nenek moyang shih tzu adalah anjing primitif dan sudah ada 10.000 tahun lalu.

Ada juga yang mempercayai bahwa shih tzu adalah salah satu dari 14 jenis anjing terkenal di bumi. Hal ini karena shih tzu dianggap sebagai keturunan mulia dan kerap diadopsi para biksu.

Ketenaran Anjing Shih Tzu

Selain dipelihara sebagai hewan kuil, banyak biksu Tibet yang membesarkan shih tzu untuk dihadiahkan kepada para kaisar China kuno.

Saking meroketnya pamor shih tzu, banyak raja China dan Mongolia menganggapnya sebagai maskot. Dipercaya, shih tzu mampu membawa kedamaian dan kemakmuran di negerinya.

Namun, uniknya, belum banyak yang mengetahui keberadaan shih tzu di luar China dan Mongolia. Barulah pada 1861, shih tzu mulai dikenal dunia karena seorang warga Inggris diangkat menjadi ratu Tionghoa.

Pemeliharaan Anjing Shih Tzu Kuno

Ratu Tionghoa tersebut tampaknya jatuh hati melihat keelokan shih tzu. Tak hanya itu, saking sayangnya, sang ratu mengeluarkan titah untuk mengeksekusi orang yang berani menyakiti shih tzu.

Juga dikenal dengan nama Ratu T'zu Hsi, warga negara Inggris tersebut bahkan telah memperlakukan shih tzu seperti anaknya sendiri. Para pelayan istana juga memperlakukan shih tzu layaknya putri dan pangeran.

Diperlakukan bak putri raja, tak heran jika harga anjing shih tzu betina tidak murah. Itu juga berlaku untuk harga anjing shih tzu jantan.

Persebaran Anjing Shih Tzu

Untuk memperluas persebaran shih tzu, pada 1982, sepasang anjing shih tzu dibawa ke Inggris. Ladi Brownrigg adalah orang yang membawanya dan diketahui wanita ini merupakan istri seorang jenderal China Utara.

Shih Tzu akhirnya menjadi buah bibir di Inggris dan membuatnya diimpor secara massive. Banyak juga peternakan khusus shih tzu yang memperjualbelikannya ke Eropa dan Amerika.

Namun, shih tzu baru dikenal masyarakat Indonesia pada 2011. Hingga saat ini, jumlah penggemar shih tzu di Indonesia cukup meningkat.

Baca Juga: Harga Kikil Sapi per Kg di Pasaran (Segar, Frozen, Siap Masak)

Sudah ada yang menawarkan harga anjing shih tzu Jakarta yang tak kalah saing dengan harga anjing shih tzu di Bali. Tak hanya itu, beberapa breeder menawarkan harga anjing shih tzu medan mulai jutaan rupiah. Itu cukup bersaing dengan harga anjing great dane.

Perbandingan Harga Anjing Shih Tzu

Namun,  hanya sedikit yang berani memelihara shih tzu. Karena, harga anjing shih tzu non stambum dan stambum tidaklah murah.

Biasanya, untuk mengakali nilai jual shih tzu supaya lebih murah, para breeder mengawinkan silang dengan anjing ras lain.

Dibandingkan ras asli, memang harga anjing shih tzu mix terbilang lebih murah. Apalagi, jika di-mix breed dengan anjing domestik.

Nah, sebelum Anda memelihara anjing shih tzu, pastikan Anda sudah mengetahui morfologinya. Sehingga, Anda bisa membedakan mana shih tzu ras murni dan mix breed. Sebelumnya, mungkin Anda tertarik dengan harga anjing beagle.


Info Terbaru Harga Anjing Shih Tzu Anakan dan Dewasa (Asli & Mix Breed)


Ciri-Ciri Anjing Shih Tzu

Bentuk Wajah Anjing Shih Tzu

Ras anjing shih tzu murni memiliki bentuk kepala cenderung bulat dengan dagu mungil. Moncong anjing ini juga tidak terlalu panjang dengan hidung yang kecil.

Mata anjing shih tzu berbentuk bulat dengan pandangan yang sangat ekspresif. Ini membuatnya terlihat sangat menggemaskan.

Bagian pipi dan bawah dagu shih tzu berbulu sangat panjang dan menyerupai janggut. Selain itu, bagian alis shih tzu juga sangat panjang, sehingga membuatnya terlihat sangat lucu.

Bulu Anjing Shih Tzu

Ciri khas anjing shih tzu adalah bulunya yang sangat panjang dan cenderung lurus. Selain itu, bulu bagian ekor dan kepalanya cenderung mengembang.

Tekstur bulu anjing shih tzu bagian dalam atau lapisan paling bawah sangat halus dan lembut. Sementara itu, bagian paling atas, teksturnya mirip dengan rambut manusia.

Untuk warna bulu shih tzu sangat beragam, ada yang cokelat, hitam, calico, hingga putih. Namun, kebanyakan orang menawarkan harga anjing shih tzu putih tidak murah. Namun tidan semahal harga anjing tibetan mastiff.

Postur Tubuh Anjing Shih Tzu

Termasuk anjing hias, shih tzu memiliki postur tubuh yang mungil dengan tinggi badan maksimal 25 cm. Berat shih tzu hanya mampu mencapai 8 kg untuk anjing jantan dewasa.

Sementara itu, shih tzu betina lebih mungil dan ringan dibandingkan betina. Umumnya, anjing shih tzu indukan betina hanya memiliki berat maksimal sekitar 3-5 kg.

Tak hanya itu, tulang anjing shih tzu terbilang kecil dan ini yang membuatnya terlihat kurus saat dimandikan. Anjing ini terlihat gembul hanya karena bulunya yang panjang dan mengembang.

Baca Juga: Harga Burung Belibis Kembang, Batu, Konsumsi, dan Hias

Selain harus mengetahui ciri fisiknya, Anda juga perlu mengetahui karakteristiknya. Ini yang membuat anjing shih tzu memiliki banyak penggemar.

Karakteristik Anjing Shih Tzu

  • Penyayang dan ramah.
  • Sangat manja dan suka mengikuti ownernya.
  • Sedikit pemalu dan kurang bisa beradaptasi dengan orang baru.
  • Suka berlarian di dalam rumah dan merobek atau mencakar barang.
  • Mudah beradaptasi di tempat yang tak luas.
  • Agak cerewet dan sangat sensitif.

Dengan mengetahui karakteristiknya, Anda bisa memahami shih tzu lebih baik. Sebelum mengetahui nilai jual anjing shih tzu murni, berikut tips memeliharanya.

Tips Memelihara Anjing Shih Tzu

  • Siapkan kadang khusus shih tzu dengan ukuran agak luas.
  • Shih tzu sangat sensitif dengan suhu, sehingga ruang bermainnya harus dilengkapi AC.
  • Berikan pakan bernutrisi lengkap sebanyak 2-3 kali sehari.
  • Selalu ganti air minum anjing.
  • Selalu jaga kebersihan anjing, mulai dari memandikannya hingga membersihkan kandangnya.
  • Grooming harus dilakukan secara rutin.

Lakukan tips memelihara anjing shih tzu di atas supaya anabul Anda jauh dari penyakit. Lalu, berapa harga anjing shih tzu saat ini? Tentunya berbeda dengan harga anjing pudel.


Info Terbaru Harga Anjing Shih Tzu Anakan dan Dewasa (Asli & Mix Breed)


Harga Anjing Shih Tzu

Varian Anjing Shih Tzu

Harga per Ekor

Anjing Shih Tzu Non Stambum Anakan Hitam

Rp1.780.000

Anjing Shih Tzu Mix Meltese Puppy Betina 2 bulan

Rp2.000.000

Anjing Shih Tzu Puppy Calico

Rp2.700.000

Anjing Shih Tzu Mix Poodle Jantan

Rp3.660.000

Anjing Shih Tzu Murni Calico Anakan

Rp3.910.000

Anjing Shih Tzu Mix Minipom

Rp4.511.000

Anjing Shih Tzu Jantan Stambum

Rp6.770.000

Anjing Shih Tzu Dewasa Betina Putih Stambum

Rp6.920.000

Sebagai informasi, nilai jual anjing shih tzu di atas diklaim dari situs jual beli online. Tentunya, harga anjing shih tzu bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah.

Jika dibandingkan dengan tahun 2022, harga anjing shih tzu tahun 2023 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, anjing shih tzu jantan stambum dibanderol Rp6 juta per ekor tahun 2022, naik menjadi Rp6,7 jutaan per ekor tahun 2023.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Posting Komentar untuk "Info Terbaru Harga Anjing Shih Tzu Anakan dan Dewasa (Asli & Mix Breed)"