Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Anjing Tibetan Mastiff Anakan & Dewasa di Indonesia Terbaru

Harga Anjing Tibetan Mastiff Anakan & Dewasa di Indonesia Terbaru

Jumlah pemilik anjing tibetan mastiff di Indonesia mungkin tak banyak. Karena, harga anjing tibetan mastiff tidak murah. Sama seperti harga anjing dachshund.

Termasuk dalam list harga anjing termahal di Indonesia, tibetan mastiff baru bisa didapatkan secara impor. Ini sangat bertolak belakang dengan daftar harga anjing termurah.

Rata-rata, anjing yang masuk dalam list anjing murah di Indonesia bisa didapatkan langsung tanpa impor. Proses import yang tidak mudah, membuat harga tibetan mastiff di Indonesia lebih mahal daripada di negeri asalnya.

Sebelum membahas tibetan mastiff sifat dan harga anjing tibetan mastiff, pastikan Anda mengetahui seluk beluknya. Berikut Asal tibetan mastiff.

Asal-Usul Tibetan Mastiff

Tidak hanya di Tanah Air, tibetan mastiff merupakan salah satu anjing termahal di dunia. Konon, tibetan mastiff menduduki nomor pertama sebagai anabul dengan nilai jual tinggi.

Baca Juga: Harga Makanan Anjing Royal Canin (Wet & Dry Food) Semua Varian

Menurut kepercayaan beberapa breeder, sebenarnya tibetan mastiff bukanlah anjing mastiff sejati. Nama tibetan mastiff diberikan oleh orang Eropa yang pertama kali datang ke Tibet.

Itu penamaan untuk nama depan anjing (tibetan), karena saat itu anjing banyak ditemukan di tibet. Sementara itu nama ‘ mastiff’ diberikan kepada anjing karena ukuran tubuhnya yang super besar.

Hampir setiap anjing di Tibet yang berbadan besar disebut dengan mastiff. Apalagi, ada anjing tibetan mastiff terbesar dengan ukuran tubuh raksasa.

Bagi beberapa orang, saking besarnya tubuh tibetan mastiff, membuat mereka ingin membandingkan ukurannya dengan singa. Hingga muncullah konten video anjing tibetan mastiff vs singa.

Bagi Anda yang ingin mengadopsi tibetan mastiff, pastikan Anda mengetahui harga anak anjing tibetan mastiff dan indukannya. Selain itu, Anda juga perlu tahu bahwa ada dua standar tibetan mastiff yang diperjualbelikan.

Berdasarkan standar Barat (Western), tibetan mastiff hanya memiliki satu varietas. Sementara itu, India membuktikan bahwa ada dua varian atau jenis tibetan mastiff.

Jenis Tibetan Mastiff

  • Anjing Tibetan Mastiff Kepala Singa. Anjing ini memiliki ciri khas bulu atau surai panjang di kepalanya.
  • Tibetan Mastiff Harimau. Ini adalah tibetan mastiff yang memiliki bulu atau surai pendek di kepalanya.

Selain memiliki surai sebagai ciri khasnya, tibetan mastiff memiliki morfologi yang unik. Berikut ciri-ciri anjing tibetan mastiff, sebelum Anda mengetahui harga anjing tibetan mastiff. Namun, mungkin Anda juga tertarik dengan harga anjing american bully.

Ciri-Ciri Anjing Tibetan Mastiff

Bentuk Wajah Anjing Tibetan Mastiff

Jika diperhatikan, anjing tibetan mastiff memiliki wajah mirip dengan singa. Hal ini yang membuatnya kerap dibandingkan dengan singa.

Hidung tibetan mastiff cenderung lebar dengan moncong besar dan agak panjang. Sementara itu, matanya cenderung bulat dengan warna hitam atau kecokelatan.

Tulang pipi mastiff yang lebar membuat anjing ini terlihat gembul. Ini juga yang membuat wajahnya terlihat menggemaskan.

Bulu Anjing Tibetan Mastiff

Salah satu ciri khas tibetan mastiff adalah bulunya yang sangat tebal. Anjing ini seolah memakai mantel yang terbuat dari wol.

Bagian kepalanya terdapat surai yang membuatnya mirip dengan harimau dan singa. Bulu ekornya yang juga panjang dan tebal, membuat anabul ini seolah memiliki pom-pom.

Baca Juga: Harga Anjing Great Dane Scooby Doo (Puppy dan Dewasa)

Tekstur bulu anjing mastiff sangat mirip dengan jaket woll dari domba, hanya saja tidak keriting. Selain halus dan lembut, bulu anabul ini mudah disisir dan ditata.

Sementara itu, varian warna bulu anjing tibetan mastiff sangat beragam. Umumnya, anabul ini berbulu cokelat, putih, hitam, dan krem.

Bobot Anjing Tibetan Mastiff

Seperti yang telah dijelaskan, tibetan mastiff termasuk golongan anjing terbesar di dunia. Hewan ini mampu tumbuh hingga setinggi orang dewasa.

Ada juga anjing yang tubuhnya sebesar singa dan beruang. Inilah yang menjadi daya tariknya dan membuat harga anjing tibetan mastiff sangat mahal.

Untuk anjing tibetan mastiff dewasa jantan, umumnya memiliki ukuran tubuh lebih besar daripada betina. Bobot anjing ini mampu mencapai lebih dari 50 kg.

Sementara itu, anjing tibetan mastiff betina memiliki tubuh lebih kecil daripada anjing jantan. Umumnya, tibetan mastiff betina mampu tumbuh dengan bobot maksimal 45 kg.

Postur Tubuh Anjing Tibetan Mastiff

Dengan postur yang besar, sebenarnya tibetan mastiff sangat berotot. Tulang anabul ini juga sangat besar dan ini yang membuatnya menjadi anjing yang kuat.

Sebagai anjing pekerja, tibetan mastiff berbadan tegap dan mampu berdiri dengan dua kaki. Ini yang membuat musuhnya merasa terintimidasi. 

Selain bentuk tubuh yang cenderung unik dan seperti singa, daya tarik tibetan mastiff ada pada sifatnya. Ini juga yang membuat harga anjing tibetan mastiff kian melambung tinggi. Dan lebih mahal dibandingkan dengan harga anjing shih tzu.


Harga Anjing Tibetan Mastiff Anakan & Dewasa di Indonesia Terbaru


Karakteristik Anjing Tibetan Mastiff

Anjing Tibetan Mastiff Tahan Banting

Dianggap sebagai ras primitif, tibetan mastiff atau mastiff tibet memiliki sifat teritorial. Hewan ini akan menjaga dan mempertahankan wilayahnya dengan baik.

Hal ini yang membuat anjing tibetan mastiff kerap dijadikan anjing penjaga. Apalagi, anjing akan mempertahankan wilayahnya dengan cara apa pun.

Sifat tahan bantingnya dalam menjaga daerah kekuasaannya mirip dengan serigala. Ini sudah mendarah daging sejak tibetan mastiff pertama kali ditemukan di Pegunungan Himalaya.

Anjing Tibetan Mastiff Bersifat Teritorial

Selain itu, ras anjing yang memiliki sifat teritorial sangat tinggi adalah anjing hutan dan gunung. Dan, tibetan mastiff diklaim sebagai ras anjing gunung.

Perilaku naluriah anjing tibetan mastiff adalah hidup berkelompok. Hal ini yang membuatnya kerap stres jika ditinggal sendirian.

Untuk mencegah stres dan depresi pada anjing tibetan mastiff, biasanya para owner akan memeliharanya bersama hewan lain. Beberapa orang ada yang menjadikan pug sebagai kawan mastiffnya.

Anjing Tibetan Mastiff Sangat Aktif

Meskipun memiliki tubuh yang sangat besar, nyatanya tibetan mastiff sangat energik dan aktif. Anabul ini sangat suka bermain dan berlarian, baik di luar maupun di dalam rumah.

Ada saatnya, Anda harus memperhatikan apakah tibetan mastiff Anda sudah menyalurkan energinya dengan baik atau belum. Ini sangat penting supaya anjing tidak stres.

Beberapa orang bahkan membuat jadwal khusus untuk kegiatan harian anjing tibetan mastiff. Tak hanya itu, anabul ini juga sangat manja dan suka mengikuti ownernya ke mana pun.

Baca Juga: Harga Anjing Beagle (Dewasa & Anakan) dan Cara Memeliharanya

Dengan memperhatikan sifatnya, Anda akan lebih mudah merawat tibetan mastiff. Berikut adalah cara atau tips memelihara tibetan mastiff, sebelum Anda mengetahui harga anjing tibetan mastiff.

Tips Memelihara Tibetan Mastiff

  • Pastikan ruang istirahat dan bermain anjing dilengkapi dengan AC super dingin.
  • Berikan pakan sesuai kebutuhan anjing.
  • Untuk menghindari mogok makan, berikan pakan anjing basah dan kering berselang-seling.
  • Anjing tibetan mastiff harus dibawa ke dokter minimal 6 bulan sekali untuk cek kesehatan.
  • Grooming harus dilakukan secara rutin.
  • Mandikan anjing tibetan mastiff maksimal sebulan sekali.
  • Selalu bersihkan kuku, telinga, dan wajah anjing ini supaya terhindar dari virus.

Untuk menjaga kesehatan tibetan mastiff, Anda juga perlu memberikan vitamin dan vaksin. Lalu, berapa harga anjing tibetan mastiff saat ini? Berikut rinciannya.


Harga Anjing Tibetan Mastiff Anakan & Dewasa di Indonesia Terbaru


Harga Anjing Tibetan Mastiff

  • Puppy Tibetan Mastiff Jantan atau Betina Usia 7 hari: Rp37.000.000 - Rp50.000.000 per ekor.
  • Anakan Tibetan Mastiff Jantan atau Betina 3 bulan: Rp213,7 juta - Rp300 juta per ekor.
  • Tibetan Mastiff Jantan/Betina 11 bulan: Rp22,7 miliar - Rp30 miliar.

Sebagai info, harga anjing tibetan mastiff di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber berita di internet. Tentunya, harga anjing tibetan mastiff bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah. Sama seperti harga anjing pudel.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Anjing Tibetan Mastiff Anakan & Dewasa di Indonesia Terbaru"