Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Harga Kucing Toyger Asli (Anakan & Dewasa) di Indonesia

Update Harga Kucing Toyger Asli (Anakan & Dewasa) di Indonesia

Bagi Anda yang penasaran dengan kucing paling mahal di dunia, salah satunya adalah toyger. Harga kucing toyger anakan dan dewasa tidak bisa dibilang murah. Sama seperti harga kucing maine coon.

Tergolong sebagai kucing ras liar, toyger dinilai lebih mahal daripada harga kucing bengal. Juga lebih mahal daripada harga kucing persia, tetapi bisa dibandingkan dengan harga kucing sphynx.

Baca Juga: Harga Makanan Anjing Royal Canin (Wet & Dry Food) Semua Varian

Sekilas, toyger mirip dengan ashera, kucing rekayasa genetika dengan rupa mirip macan. Selain itu, toyger hampir mirip kucing savannah, tetapi harga kucing savannah sama mahalnya dengan toyger.

Saking mahalnya toyger, anabul ini masuk dalam list 7 kucing termahal di dunia. Sebelum membahas harga kucing toyger, Anda perlu mengetahui seluk beluknya.

Asal-Usul Kucing Toyger

Breeding Kucing Toyger

Menurut sejarahnya, toyger pertama kali muncul pada tahun 1980. Kucing ini adalah hasil rekayasa genetika yang dilakukan breeder asal Amerika Serikat.

Di sebuah peternakan kucing (cattery) "EEYAAS Cattery, Judy Sugden, ingin memiliki kucing berpenampilan mirip harimau. Tak hanya itu, Judy ingin supaya kucingnya bertubuh mungil dan sifatnya tidak liar.

Untuk mewujudkan keinginannya, Judy menyilangkan ras domestik berwarna tabi dengan ras bengal tabi standard. Hasil persilangan ini menghasilkan kitten dengan bulu bermotif belang.

Pengakuan Kucing Toyger

Mirip dengan harimau, hanya saja berukuran mungil, ras kucing ini dinamakan toyger. Ini adalah singkatan dari 'toy' dan 'tiger'.

Meskipun tidak terlahir dari trah murni, toyger didaftarkan ke TICA (The International Cat Association). Ini supaya toyger mendapatkan pengakuan sebagai ras baru.

Pada 1993, akhirnya TICA menyetujui hal tersebut dan memberikan gelar 'Preliminary New Breed' pada ras toyger. Namun, pengakuan ini baru diketok palu pada tahun 2000-an.

Pengembangan kucing Toyger

Kepopuleran ras toyger membuatnya diakui banyak organisasi kucing. Selain itu, anabul ini berubah status menjadi 'Championship' yang artinya bisa diikutkan ke dalam kontes kucing.

Namun, hingga saat ini, ras toyger masih dalam masa pengembangan. Kucing ini masih diteliti oleh banyak breeder di AS dan Inggris.

Hal ini membuat populasi toyger di dunia masih sedikit. Inilah yang membuat harga kucing toyger tidak bisa dibilang murah.

Untuk lebih jelas mengenal toyger, Anda juga perlu mengetahui morfologinya. Berikut ciri-ciri kucing toyger. Sebelumnya, mungkin Anda akan tertarik dengan harga kucing bengal.


Update Harga Kucing Toyger Asli (Anakan & Dewasa) di Indonesia


Ciri-Ciri Kucing Toyger

Bentuk Wajah Kucing toyger

Tak seperti kucing bengal atau savannah yang memiliki tulang pipi tirus, toyger cenderung berkepala bundar. Ini yang membuatnya terlihat sangat mirip harimau.

Baca Juga: Harga Ikan Channa di Shopee (Limbata, Red Barito, Maru, dll)

Pada bagian dagunya juga tidak terlalu runcing dan tertutup bulu pendek yang tebal. Sekilas, kucing ini juga terlihat gembul, sehingga tidak begitu menyeramkan seperti harimau.

Hidung toyger cenderung lebar dibandingkan kucing domestik. Taring kucing ini terbilang panjang dan membuat mulutnya terlihat gembul.

Tatapan kucing toyger sangat ekspresif dan sekilas terlihat sangat mengintimidasi. Bola mata anabul ini bulat dengan warna kucing keemasan.

Bulu Kucing Toyger

Seperti yang sudah dijelaskan, toyger adalah ras kucing generasi baru dengan bulu pendek. Ciri khas toyger adalah belang hitam pada seluruh bulunya.

Untuk warna dasar bulu kucing toyger adalah cokelat keoranyean, mirip sekali dengan harimau benggala. Ujung ekornya berwarna hitam dengan belang-belang serupa dengan tubuhnya.

Meskipun hasil peranakan bengal, toyger mempunyai bulu dengan tekstur halus. Meskipun cukup lebat dan tebal, bulu toyger tidak mudah rontok dan mudah disisir.

Menurut review beberapa owner, bulu toyger juga cenderung lembut. Ini membuatnya disukai banyak orang dan menjadi alasan kenapa harga kucing toyger mahal. Dan lebih mahal daripada harga kucing anggora.

Postur Tubuh Kucing Toyger

Toyger mempunyai tubuh dengan ukuran sedang dan berpostur tegap. Selain itu, tubuhnya cenderung memanjang seperti harimau bengal.

Hampir semua bagian kaki toyger cenderung kekar dan berotot. Selain itu, tulang anabul ini cenderung kuat dan seimbang, apalagi pada bagian bahunya.

Jika diperhatikan lebih detail, toyger terlihat seolah dari ras kucing besar. Padahal, toyger memiliki ukuran tubuh tidak terlalu besar.

Berat Tubuh Kucing Toyger

Ukuran tubuh toyger jantan lebih besar daripada betina. Ini membuat bobot toyger jantan lebih berat, yakni sekitar 4,6 kg - 6,8 kg. 

Sementara itu, toyger betina cenderung lebih kecil daripada jantan. Toyger betina mampu tumbuh dengan bobot maksimal 3,2 kg - 4,6 kg.

Dengan mengetahui ciri fisik toyger secara detail, Anda bisa membedakannya dengan berbagai ras kucing liar. Selain itu, Anda jadi mengetahui alasan harga kucing toyger tidak murah.

Nah, supaya Anda bisa memelihara toyger dengan baik, pastikan Anda mengetahui sifatnya. Berikut karakteristik kucing toyger.

Karakteristik Kucing Toyger

Berbeda dengan kucing hutan pada umumnya, toyger memiliki karakteristik yang ramah dan mudah beradaptasi. Selain itu, kucing ini diklaim sebagai kucing yang sangat cerdas.

Toyger sangat interaktif dan mudah dilatih, mulai dari bermain lempar tangkap, hingga bermain bersama anak. Hewan ini juga mudah memahami apa yang dikatakan tuannya.

Umumnya, pemilik toyger akan mengajarinya jalan-jalan di sekitar kompleks supaya kucing bisa lebih jinak. Selain itu, ini sangat penting untuk mencegah bosan dan stres pada kucing.

Hampir mirip dengan kucing ras rumahan, kucing toyger sangat santai dalam menghadapi berbagai hal. Selain itu, kucing juga suka bermalas-malasan.

Meskipun begitu, ada beberapa toyger yang sangat aktif dan suka bermaini. Biasanya, ini adalah toyger yang masih muda.

Khusu toyger betina, biasanya sangat manja dan lebih manja daripada toyger jantan. Anda harus selalu memeluknya atau menggendongnya supaya kucing tidak stres.

Baca Juga: Harga Burung Kutilang (Anakan, Dewasa, Emas, Jawa, Sutra, dll)

Dengan mengetahui karakteristik toyger, Anda sudah siap untuk mengadopsinya. Namun, sebelum mengetahui harga kucing toyger, pastikan Anda mengetahui tips memeliharanya.

Tips Memelihara Kucing Toyger

  • Sediakan ruangan bermain kucing yang dilengkapi permainan kucing lengkap.
  • Cat litter harus selalu dibersihkan setiap hari, minimal 2 kali sehari.
  • Tempat makan, minum, dan cat litter harus berada di ruangan berbeda.
  • Jika memungkinkan, ruang bermain dan cat litter juga berada di ruangan berbeda.
  • Minum kucing harus diganti setiap pagi dengan air matang bersih.
  • Anak kucing toyger baru bisa diadopsi dan dipisahkan dari induknya ketika berusia 2 minggu.
  • Kitten toyger harus diberi pakan dan susu sesuai porsinya.
  • Kucing toyger dewasa membutuhkan pakan sebanyak 2 kali sehari.
  • Pakan basah dan kering diberikan berselang-seling supaya toyger tidak bosan.
  • Snack kucing sangat dibutuhkan jika Anda ingin melatih kucing.
  • Mandikan kucing setiap 2-4 minggu sekali.
  • Sisir bulu kucing toyger setiap hari supaya tidak menggumpal.

Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan kesehatan kucing toyger. Berikan vaksin dan vitamin sesuai dosis dan kebutuhan. Lalu, berapa harga kucing toyger saat ini? Tentunya berbeda dengan harga kucing british shorthair.


Update Harga Kucing Toyger Asli (Anakan & Dewasa) di Indonesia


Harga Kucing Toyger

  • Kitten Kucing Toyger: Rp40.000.000 - Rp50.000.000 per ekor.
  • Kucing Toyger Dewasa Jantan atau Betina: Rp71.324.000 - Rp75.000.000 per ekor.

Sebagai info, harga kucing toyger tersebut kami rangkum dari berbagai sumber berita di internet. Tentunya, harga kucing toyger bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah. Itu sama seperti harga kucing sphynx.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Update Harga Kucing Toyger Asli (Anakan & Dewasa) di Indonesia"