Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Anjing Golden Retriever 2022 (Anakan dan Dewasa)

Harga Anjing Golden Retriever 2022 (Anakan dan Dewasa)

Memiliki tubuh besar dan gagah, tetapi cukup menggemaskan, beberapa orang memilih untuk memelihara anjing golden retriever. Namun, tampaknya Anda harus merogoh kocek dalam-dalam, karena harga anjing golden retriever 2022 mengalami kenaikan dari tahun 2021.

Karakteristik Anjing Golden Retriever

Sebelum mengetahui harga anjing golden retriever 2021, Anda harus mengetahui kepopuleran anabul ini. Golden retriever mulai digemari di Indonesia dengan pamor yang semakin melejit di tahun 2000-an, karena memiliki sifat yang sangat aktif, lincah, tenang, dan baik (Oktaviami, dkk: 2013). Selain itu, anjing berbulu emas ini memiliki sifat yang penuh kasih sayang dan menyenangkan.

Sebelum dijadikan sebagai anjing rumahan, golden retriever umumnya dimanfaatkan sebagai anjing pemburu, penolong, dan pelacak. Karena, hewan berbadan besar ini memiliki semangat tinggi dan indera penciuman tajam di air maupun darat.

Dengan bentuk fisiknya yang menawan dan temperamen yang baik, membuat orang ingin menjadikan golden retriever sebagai sahabat manusia. Hingga saat ini, sudah banyak orang yang lebih memilih untuk menjadikannya sebagai anjing rumahan daripada anjing pemburu.

Baca Juga: Harga Anjing Kintamani Bali Asli (Anakan & Dewasa) Tahun 2022 di Pasaran

Tak hanya itu, dengan kesabaran yang mengagumkan, anjing tersebut biasa dijadikan sebagai pengganti baby sitter di rumah. Beberapa orang juga menganggap, golden retriever memiliki sifat yang lembut kepada anak-anak, bahkan bayi dan balita.

Breeding Anjing Golden Retriever

Proses Breeding Anjing Golden Retriever

Dengan sifat dan karakteristiknya itu, golden retriever banyak dipelihara orang, meskipun harga anjing golden retriever 2022 tidak bisa dibilang murah. Tingginya permintaan adopsi anabul berbulu emas ini, membuat para breeder mulai gencar mengembangbiakkan golden retriever.

Breeding anjing golden retriever merupakan kombinasi antara seni dan ilmiah, karena menyangkut ilmu pengetahuan, intelegensia, emosional, dan peralatan fisik. Sementara itu, keberhasilan mengembangbiakkan golden retriever berkaitan dengan masalah reproduksi mahkluk tersebut.

Sangat penting mengetahui aspek reproduksi golden retriever untuk keberhasilan pengembangbiakannya. Salah satu faktor terpenting lainnya adalah waktu perkawinan yang tepat untuk menghasilkan banyak puppy golden retriever.

Umumnya, perkiraan klinis yang mungkin bisa Anda pakai untuk menentukan waktu yang tepat mengawinkan anjing golden retriever adalah perubahan vulva (alat kelamin luar) anjing. Ciri anabul yang siap untuk menjalani proses breeding memiliki vulva yang membesar.

Perubahan ukuran vulva pada golden retriever terjadi akibat edema pada vulva. Tak hanya itu, mendekati estrus, vulva akan berubah menjadi lembut. Selain itu perhatikan juga karakteristik dan perilaku anjing Anda. 

Waktu Breeding Anjing Golden Retriever

Perubahan perilaku birahi dan melembutnya vulva bisa dipakai untuk menentukan kapan waktu yang optimal mengawinkan anjing Anda. Biasanya, gejala klinis ini akan tampak antara 1 hingga 2 hari sebelum sel telur keluar dari indung telur pada anjing betina.

Sebaiknya, jika Anda ingin melakukan breeding golden retriever secara alami dilakukan pada hari berikutnya setelah tampak gejala klinis. Lebih mudah lagi, jika Anda mengawinkan anabul ini pada hari 10 hingga 14 setelah keluar cairan berdarah pada vagina anjing.

Baca Juga: Update Harga Kucing Siam Kitten dan Dewasa (Semua Varian) per Ekor

Namun, Anda juga harus mengetahui bahwa anjing apa pun, termasuk golden retriever diklasifikasikan ke dalam golongan makhluk monoestrus. Ini adalah hewan yang memiliki sifat birahi tunggal, yakni hanya selama musim kawin.

Jumlah Kelahiran Anjing Golden Retriever

Diketahui, lama siklus estrus pada anjing golden retriever adalah 33 minggu. Umumnya, anabul berbulu emas ini bisa melahirkan hingga delapan puppy. Namun, tak jarang anjing hanya melahirkan 3 hingga 5 anak anjing.

Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi jumlah anak anjing yang dilahirkan, di antaranya berat badan, kesehatan, umur, dan pakan. Selain itu, genetik indukan jantan dan betina mempengaruhi jumlah sekelahiran golden retriever.

Dari semua faktor kelahiran tersebut, yang paling berpengaruh adalah waktu saat kawin. Diketahui jika anjing breeding dilakukan pada hari ke-7 setelah ovulasi atau semakin jauh dari masa ovulasi, maka jumlah anak anjing akan semakin sedikit.

Proses breeding yang terbilang cukup rumit di atas, tampaknya juga menjadi alasan harga anjing golden retriever 2021 mahal. Nah, selain itu, untuk menjadi breeder dan melakukan breeding, ada persyaratan yang harus dipenuhi, apalagi golden retriever termasuk anjing ras.


Harga Anjing Golden Retriever 2022 (Anakan dan Dewasa)


Persyaratan Breeding Anjing Golden Retriever

  • Indukan sudah divaksin dan lahir di Indonesia.
  • Anjing dewasa indukan berasal dari perkawinan dua anjing trah dengan sertifikat pedigree yang diakui FCI (Fédération Cynologique Internationale).
  • Calon breeder telah diakui sebagai breeder.
  • Breeding dilakukan dengan cara yang diperbolehkan, yakni natural dan IB (Inseminasi Buatan).
  • Kelahiran anak anjing hasil breeding harus dilakukan di Indonesia.
  • Proses breeding harus dilakukan hingga anak anjing lahir dan bisa hidup secara normal.
  • Breeder harus berusia di atas 17 tahun dan sudah mendapatkan sertifikasi pembiak Perkin.
  • Memenuhi syarat sudah pernah membiakkan anjing sebanyak lima kali dalam waktu empat tahun terakhir.
  • Pihak breeder harus sudah pernah mengikuti seminar breeder Perkin dan memiliki nama kandang atau tempat breeding yang layak.

Memang, tidak semua orang bisa membiakkan anjing golden retriever, apalagi syaratnya yang cukup banyak. Nah, sementara syaratnya cukup rumit, sebagian orang lebih suka mengadopsinya untuk dipelihara saja tanpa harus dikembangbiakkan, sehingga ada layanan untuk steril anjing. 

Baca Juga: Update Harga Anjing Alaskan Malamute Anakan (Puppy) & Dewasa (Indukan)

Namun, secara umum, banyak juga orang yang tak sengaja membiarkan anjing golden retrievernya hamil dan melahirkan sendiri. Cara alami tersebut memang agak ekstrem, tetapi mau bagaimana lagi, musim kawin anjing tidak bisa dihentikan begitu saja. Nah, sebelum mengetahui harga anjing golden retriever 2022, pastikan Anda mengetahui tips memeliharanya seperti berikut.

Tips Memelihara Anjing Golden Retriever

  • Siapkan ruang yang cukup dengan kandang terpisah. Perlu diketahui, golden retriever jantan mampu tumbuh dengan tinggi 56 cm hingga 61 cm, sedangkan betina 51 cm hingga 56 cm.
  • Biarkan anjing bergerak bebas di sekitar rumah, seperti pekarangan, jalanan depan komplek, dan area belakang rumah.
  • Bulu golden retriever terbilang sering rontok, sehingga Anda harus rajin dan rutin menyikatnya. Paling tidak, Anda harus menyisir bulunya sekitar 3 hingga 5 kali seminggu.
  • Jangan pernah meninggalkan atau membiarkan golden retriever sepanjang hari sendirian, karena bisa stres, depresi, dan cemas berlebihan.
  • Memiliki kebiasaan mengunyah untuk mengatasi rasa bosan, Anda harus menyediakan mainan khusus yang bisa mereka gigit dan kunyah.
  • Memiliki energi yang tinggi, golden retriever harus diberi latihan khusus, seperti diajak lari, bermain, dan berenang, sehingga energinya bisa tersalurkan dengan baik.
  • Selalu beri pakan yang bergizi dan diberikan secara rutin sebanyak 2 hingga 3 kali sehari.
  • Bersihkan kandang anjing secara rutin dan pastikan tidak ada kotoran yang tertinggal.

Selain tips di atas, Anda juga harus memperhatikan kesehatan anabul. Berikan vitamin, vaksin, dan cek kesehatan setiap 3 hingga 6 bulan sekali. Lalu, berapa harga anjing golden retriever 2022? Berikut informasinya.

Harga Anjing Golden Retriever 2022

  • Puppy Golden retriever jantan: Rp4.000.000 - Rp7.000.000 per ekor.
  • Anjing golden retriever puppy betina: Rp5.000.000 - Rp8.000.000 per ekor.
  • Golden retriever dewasa jantan: mulai Rp12.000.000 - Rp15.000.000 per ekor.
  • Anabul golden retriever dewasa betina: mulai Rp15.000.000 - Rp20.000.000 per ekor.

Kisaran harga anjing golden retriever 2022 di atas termasuk anjing stambum dan non stambum. Harga anjing golden retriever 2022 telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. 

Perlu diingat, harga anjing golden retriever 2022 tersebut  tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga anjing golden retriever tahun 2022 mengalami kenaikan. 

Sebagai contoh, puppy golden retriever jantan yang awalnya dibanderol Rp3,5 juta - Rp6,5 juta, naik menjadi Rp4 juta - Rp7 juta per ekor.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Anjing Golden Retriever 2022 (Anakan dan Dewasa)"