Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Harga Ikan Channa Barca (Baby & Dewasa) Semua Ukuran

Update Harga Ikan Channa Barca (Baby & Dewasa) Semua Ukuran

Bagi Anda yang sedang bingung memilih ikan hias untuk dipelihara, mungkin channa barca bisa menjadi pilihan. Harga ikan channa barca memang tidak murah, tetapi sepadan dengan keindahannya. Itu sama seperti harga ikan channa auranti.

Faktor Penentu Harga Ikan Channa Barca

Umumnya, para aquascapers memilih untuk memelihara baby channa barca, karena dinilai lebih murah. Faktor yang menentukan nilai jual predator air tawar ini adalah ukurannya.

Sebagai contoh, harga ikan channa barca 1cm lebih murah daripada harga channa barca 5cm. Sementara itu, harga channa barca 30cm ke atas, sudah termasuk dalam list harga ikan channa barca termahal.

Bisa dibilang harga ikan channa barca kecil lebih murah daripada indukan. Meskipun begitu harga ikan channa barca baby dinilai masih mahal di kelasnya.

Baca Juga: Harga Burung Kutilang (Anakan, Dewasa, Emas, Jawa, Sutra, dll)

Untuk ikan hias predator air tawar, harga bibit ikan channa barca saja bisa mencapai jutaan rupiah. Memang, harga anakan ikan channa barca tidak bisa dibilang murah.

Asal ikan juga menentukan nilai jualnya. Harga channa barca India misalnya, lebih mahal daripada harga channa barca Malaysia.

Sebelum membahas daftar harga ikan channa barca, Anda juga perlu mengetahui seluk beluknya. Berikut adalah asal ikan channa barca.

Asal Ikan Channa Barca

Diklaim sebagai ikan gabus termahal di dunia, ikan channa barca berasal dari Sungai Brahmaputra. Tepatnya, predator air tawar ini berasal dari India.

Sebagai ikan sultan, channa barca juga umum ditemukan di Bangladesh. Inilah kenapa channa barca mahal, khususnya yang asli dari India dan Bangladesh.

Berada di wilayah yang sangat dilindungi, membuat orang sulit menangkan channa barca secara alami. Padahal, di alam liar, ikan ini bisa tumbuh hingga 90cm. Sebelumnya, mungkin Anda juga tertarik dengan harga ikan channa pulchra.

Penampilannya yang tak biasa dengan panjang lebih dari anak kecil, membuatnya juga dijuluki sebagai monster sungai. Sementara itu, ikan channa barca yang dibudidaya atau dipelihara di akuarium rata-rata hanya bisa mencapai 50 cm.

Terkesan eksotis dan eksklusif, ternyata channa barca adalah saingan arwana atau arowana. Apalagi, dua spesies ini termasuk predator air tawar dengan bentuk fisik yang indah.

Ciri-Ciri Ikan Channa Barca

Bentuk Kepala Ikan Channa Barca

Seperti golongan snakehead fish lainnya, ikan channa barca memiliki kepala yang cenderung memanjang. Mulut predator air tawar ini cenderung lebar dengan gigi yang runcing.

Dengan tampilannya yang mirip ular di bagian kepala, ini membuat ikan channa barca terlihat sangar. Mata ikan ini lebar dan bulat, mirip dengan kelereng.

Di bawah kepalanya terdapat sirip pendek yang melebar. Ini berfungsi untuk menyeimbangkan pergerakan channa barca ketika berenang.

Ukuran Ikan Channa Barca

Seperti yang telah disebutkan, channa barca di alam liar mampu tumbuh hingga 90 cm. Sementara itu, kebanyakan ikan channa barca yang ditawarkan di situs jual beli online biasanya tidak sampai 60 cm.

Sebagai contoh, kebanyakan ikan channa barca Shopee ditawarkan dengan ukuran 1 cm hingga 44 cm. Namun, ada juga foto ikan channa barca di forum jual beli ikan eksotis dengan spesifikasi channa barca sepanjang 56 cm.

Umumnya, semakin panjang ukurannya maka harga ikan channa barca semakin mahal. Namun, ada juga yang menawarkannya dengan harga murah, khususnya ikan channa barca kw. Dan itu lebih murah daripada harga ikan channa red barito asli.

Warna Ikan Channa Barca

Untuk mengetahui apakah ikan channa barca Anda asli atau tidak, Anda bisa melihat warnanya. Ciri khas ikan ini memang terletak pada warnanya.

Secara fisik, ikan channa barca mirip dengan ikan toman, hanya saja warnanya lebih cantik. Ikan channa barca asli memiliki warna abu-abu terang dengan motif totol hitam. 

Bagian ujung siripnya berwarna kuning terang. Ini membuat ikan seolah tertimpa sinar lampu meskipun dalam akuarium yang gelap.

Baca Juga: Harga Anjing Dachshund (Anakan, Dewasa, Jantan, & Betina)

Sebelum Anda mengetahui harga ikan channa barca, Anda perlu mengetahui cara merawatnya. Meskipun termasuk ikan yang hidup di rawa dan memiliki daya tahan tinggi, ikan ini membutuhkan perawatan ekstra.


Update Harga Ikan Channa Barca (Baby & Dewasa) Semua Ukuran


Cara Merawat Ikan Channa Barca

  • Media pemeliharaan untuk ikan channa barca harus berukuran besar, supaya pertumbuhan ikan tidak terhambat.
  • Supaya lebih estetik, tambahkan hiasan seperti akar tanaman dan batuan.
  • Beberapa orang ada yang menambahkan pasir sebagai penyerap endapan dan kotoran.
  • Aquarium harus dilengkapi dengan filter dan aerasi.
  • Anda bisa menambahkan lampu neon untuk membuat ikan terlihat lebih indah.
  • Makanan ikan channa barca harus diberikan secara teratur dan tidak boleh terlambat.
  • Pakan ikan channa barca sebaiknya adalah pakan hidup.
  • Hindari memberi makan ikan secara langsung menggunakan tangan karena berbahaya.
  • Kuras akuarium dan bersihkan setiap dua minggu sekali.

Jika ikan channa barca sakit, berikan vitamin untuk meningkatkan daya tahannya. Sebaiknya, Anda tidak mencampur ikan ini dengan jenis ikan kecil.

Sifat ikan yang agresif mampu membuat ikan air tawar lain yang lebih kecil stres. Sebelum mengetahui harga ikan channa barca, berikut karakteristiknya. Namun, kunjungi juga harga ikan channa limbata.

Sifat Ikan Channa Barca

Mampu Bertahan di Air Rendah Oksigen

Termasuk hewan rawa, ikan channa barca suka berdiam diri di air yang tenang. Nah, konon air yang tenang memiliki kadar oksigen lebih rendah daripada yang beriak.

Hal ini membuat ikan channa barca mampu beradaptasi dengan baik di air yang rendah oksigen. Selain itu, pernapasan ikan channa barca sangat kuat.

Juga mampu berenang di air yang dangkal dan cenderung berlumpur, ikan ini sangat aktif memburu mangsanya. Apalagi, di daerah yang berlumpur terdapat banyak binatang kecil kesukaan channa barca.

Lebih Aktif di Malam Hari

Ikan channa barca merupakan jenis hewan nocturnal. Ini membuat ikan sangat aktif di malam hari untuk mencari mangsa. Sama seperti ikan channa asiatica.

Saat malam, Ada banyak jenis hewan mungil yang bisa diincar channa barca. Selain cacing, ikan kecil, dan serangga air, channa barca juga mengincar katak.

Semakin malam, maka channa barca akan semakin aktif. Namun, dalam berburu, ikan ini tidak berkelompok.

Bisa Bertahan di Darat

Beberapa ikan channa barca yang tertangkap, umumnya adalah ikan yang sedang bermigrasi. Untuk berpindah tempat, tak jarang channa barca melewati daratan.

Meskipun mampu bergerak di daratan, ikan channa barca tidak bisa bertahan dalam waktu yang lama. Setidaknya, menurut beberapa owner, ikan ini bisa di daratan hingga 3 menit.

Baca Juga: Harga Burung Prenjak (Jali, Emas, Kristal, Kepala Merah, dll)

Hal ini pula yang membuat ikan memiliki kemampuan loncat dari dasar air. Memang, channa barca bisa lompat dari dalam air untuk menerkam mangsanya.

Mengetahui cara merawat ikan channa barca yang tidak rumit dan karakteristik yang unik, membuat beberapa orang tertarik memeliharanya. Lalu, berapa harga ikan channa barca saat ini? Berikut rinciannya.


Update Harga Ikan Channa Barca (Baby & Dewasa) Semua Ukuran


Daftar Harga Ikan Channa Barca

Ukuran Ikan Channa Barca

Harga per Ekor

Ikan Channa Barca 9 cm 

Rp15.000.000

Ikan Channa Barca 11 cm 

Rp12.000.000

Ikan Channa Barca 15 cm 

Rp17.000.000

Ikan Channa Barca 18 cm 

Rp20.000.000

Ikan Channa Barca 22 cm 

Rp22.500.000

Ikan Channa Barca 25 cm 

Rp24.000.000

Ikan Channa Barca 30 cm 

Rp25.000.000

Ikan Channa Barca 33 cm 

Rp33.000.000

Ikan Channa Barca 40 cm 

Rp37.500.000

Ikan Channa Barca 42 cm 

Rp47.000.000

Ikan Channa Barca 44 cm 

Rp55.000.000

Ikan Channa Barca 50 cm 

Rp80.000.000


Sebagai informasi, harga ikan channa barca di atas kami rangkum dari situs e-commerce. Tentunya, harga ikan channa barca di tiap daerah tidak sama dan bisa berubah sewaktu-waktu.
Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Update Harga Ikan Channa Barca (Baby & Dewasa) Semua Ukuran"