Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Anjing Labrador Retriever Anakan dan Dewasa (Asli & Mix) Terbaru

Harga Anjing Labrador Retriever Anakan dan Dewasa (Asli & Mix) Terbaru

Selain golden retriever, labrador juga cukup populer di kalangan pencinta anjing. Harga anjing labrador retriever dewasa maupun anakan memang tidak murah, tetapi sebanding dengan kualitasnya. 

Namun, dibandingkan indukan, harga anak anjing labrador retriever asli relatif lebih murah. Selain itu, untuk mengakalinya, beberapa breeder mengawinkan labrador dengan golden retriever.

Baca Juga: Harga Burung Kutilang (Anakan, Dewasa, Emas, Jawa, Sutra, dll)

Umumnya, harga anjing labrador mix golden tidak terlalu mahal. Untuk puppy mix breed golden dan labrador retriever tak sampai jutaan rupiah.

Sebelum membahas harga anjing labrador retriever asli atau ras murni, Anda perlu mengetahui seluk beluknya. Berikut asal-usul anjing labrador retriever.

Asal-Usul Anjing Labrador Retriever

Nenek Moyang Anjing Labrador Retriever

Memiliki nama ilmiah canis familiaris, labrador retriever diperkirakan berasal dari Pulau Newfoundland. Bukan ras murni, ternyata trah labrador retriever hasil persilangan anjing di Kanada.

Diasumsikan, nenek moyang anjing labrador retriever adalah st. john's water dog yang sudah punah. Labrador retriever lahir dari perkawinan anjing tersebut dan anjing ras newfoundland.

Juga dikenal sebagai anjing air st. john's, labrador retriever dinamai sesuai ibukota Newfoundland. Sebagai anjing pekerja, labrador retriever bertugas membantu para nelayan menarik jala.

Pekerjaan Anjing Labrador Retriever

Tak hanya itu, labrador termasuk anjing perenang yang handal. Sehingga, anjing ini mampu membantu nelayan menangkap ikan yang kabur dari jala.

Kepopuleran labrador retriever yang semakin meningkat membuat anabul ini diekspor ke Inggris pada 1820-an. Nahkan, beberapa bangsawan menggemari anjing ini untuk dipelihara.

Banyak orang yang menginginkan labrador retriever tanpa menghiraukan populasinya membuat ras ini mulai punah. Hingga pada tahun 1880-an, labrador retriever diselamatkan keluarga Malmesbury.

Pelestarian Anjing Labrador Retriever

Tak hanya itu, banyak breeder Inggris yang mencoba melestarikan labrador retriever. Namun, ras Newfoundland tersebut sempat hilang karena pembatasan hukum dan pajak.

Para keluarga hanya diperbolehkan memelihara satu anjing labrador retriever. Tak hanya itu, keluarga yang mempunyai labrador betina akan dikenai pajak lebih tinggi.

Pembatasan hukum yang ketat membuat beberapa keluarga mau tak mau harus membuang puppy labrador retriever betina. Ini membuat angka kasus anjing dibuang meningkat.

Pengakuan Ras Anjing Labrador Retriever

Untungnya, anjing labrador retriever berhasil diakui secara resmi tahun 1903. Lalu, pada 1920-an, labrador retriever asal Inggris dikembangkan di Amerika Serikat.

Hingga saat ini, persebaran anjing labrador retriever semakin luas, termasuk Indonesia. Tak heran jika ada yang menawarkan harga anjing labrador retriever di Bali.

Supaya Anda lebih mengenal ras anabul ini, Anda perlu mengetahui morfologinya. Berikut ciri-ciri anjing labrador retriever. Sebelumnya, mungkin Anda tertarik dengan harga anjing pudel.


Harga Anjing Labrador Retriever Anakan dan Dewasa (Asli & Mix) Terbaru


Ciri-Ciri Anjing Labrador Retriever

Wajah Anjing Labrador Retriever

Sekilas, wajah anjing labrador retriever mirip dengan golden retriever. Dagu anjing ini cenderung bulat dan tidak lancip.

Telinga anjing labrador retriever jaraknya berjauhan dengan kepala yang datar. Bentuk telinganya segitiga, tetapi cenderung lebar dan panjang.

Baca Juga: Harga Anjing Dachshund (Anakan, Dewasa, Jantan, & Betina)

Moncong anjing labrador yang pendek dengan hidung agak lebar, membuat wajah anjing ini terlihat imut. Sementara itu, sorot anjing labrador retriever cenderung tajam.

Bulu Anjing Labrador Retriever

Tergolong anjing pekerja, labrador retriever berbulu pendek dan lebat. Teksturnya sendiri cenderung halus dan lembut.

Untuk warnanya cukup beragam, ada labrador retriever putih, krem, cokelat, hingga hitam. Umumnya, harga anjing labrador hitam terbilang lebih mahal karena terlihat garang.

Meskipun halus dan lembut, bulu labrador retriever harus dirawat dengan baik supaya tidak rontok. Beberapa owner bahkan memberikan vitamin khusus untuk mencegah rontok bulu.

Postur Tubuh Anjing Labrador Retriever

Layaknya anjing pekerja umumnya, labrador retriever mempunyai postur tubuh yang tegap dan berotot. Kaki anjing ini juga jenjang dengan tapak yang berukuran medium.

Sementara itu, ukuran tubuh anjing labrador retriever bervariasi tergantung dari usia dan gendernya. Jika diamati lebih detail, labrador retriever jantan lebih besar daripada betina.

Anjing labrador retriever jantan dewasa bisa tumbuh dengan bobot mencapai 29-36 kg. Sementara itu, indukan betina mampu tumbuh dengan bobot 25-32 kg.

Sebelum membahas daftar harga anjing labrador retriever, pastikan Anda mengetahui cara merawatnya. Berikut tips memelihara anjing labrador retriever. Sebelumnya, baca juga harga anjing tibetan mastiff.

Tips Memelihara Anjing Labrador Retriever

  • Sediakan dua tempat untuk anjing berdiam diri atau sekadar istirahat.
  • Beberapa owner menyediakan kandang khusus dan rumah anjing.
  • Masukkan anjing ke dalam kandang hanya jika anjing membutuhkan.
  • Beberapa orang memasukkan anjing ke dalam kandang hanya jika ditinggal sendirian.
  • Biarkan anjing berada di dalam rumah untuk mengenal lingkungannya saat baru pertama kali diadopsi.
  • Selalu ajak anjing bermain untuk menyalurkan energinya yang besar. 
  • Setiap pagi atau sore, anjing harus diajak jogging supaya tidak stres.
  • Buat jadwal latihan anjing dengan memperhatikan jam istirahat yang tepat.
  • Snack anjing bisa diberikan sebagai salah satu motivasi supaya anjing mudah dilatih.
  • Pakan basah dan kering bisa diberikan secara berselang-seling untuk menghindari mogok makan.
  • Berikan mainan untuk merangsang kecerdasan anjing.
  • Vitamin harus diberikan untuk menjaga kesehatan anjing.
  • Untuk anjing dewasa hanya membutuhkan pakan sebanyak dua kali sehari ditambah snack.
  • Sementara itu, puppy anjing labrador membutuhkan pakan tiga kali sehari.

Selain itu, pastikan Anda rutin membawa anjing ke dokter untuk cek kesehatan. Umumnya, para owner akan mengajak anabulnya setiap 6 bulan hingga 1 tahun sekali ke vet.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengadopsi anjing labrador retriever, pastikan juga Anda mengetahui perkiraan usianya. Ini juga tak kalah penting dengan harga anjing labrador retriever yang berbeda dengan harga anjing beagle.

Perkiraan Usia Anjing Labrador Retriever

Pastikan juga anjing labrador retriever Anda divaksin sesuai dengan dosis dan kebutuhan. Ini sangat penting untuk menjaga kesehatan anjing.

Dengan cara merawat yang tepat, maka usia anjing juga bisa semakin panjang. Bisa dibilang treatment memelihara anjing adalah salah satu faktor jika Anda ingin memiliki anjing yang sehat dan berumur panjang.

Diperkirakan, anjing labrador retriever bisa hidup mulai 10 tahun hingga 12 tahun. Namun, ada juga anabul yang berusia lebih panjang, yakni sekitar 15 tahun.

Keunggulan Anjing Labrador Retriever

Selain memiliki masa hidup yang cukup panjang, labrador retriever juga memiliki sifat yang setia. Selain itu, anjing ini memiliki kestabilan emosi yang baik, sehingga cocok bagi Anda yang ingin memiliki hewan peliharaan yang tenang.

Tak hanya mampu menemani Anda berolahraga seperti jogging dan berenang, labrador retriever kerap dijadikan sebagai anjing penjaga. Selain karena cerdas, hewan ini mampu membedakan orang yang berniat buruk dan baik.

Baca Juga: Harga Burung Prenjak (Jali, Emas, Kristal, Kepala Merah, dll)

Beberapa orang bahkan menjadikan labrador retriever sebagai bodyguard. Tak hanya itu, ada yang menjadikannya baby sitter supaya anak lebih aman.

Mengetahui banyak keunggulan anjing labrador retriever, membuat harga anakan anjing labrador retriever tidak murah. Lalu, berapa harga anjing labrador retriever? Berikut rinciannya.


Harga Anjing Labrador Retriever Anakan dan Dewasa (Asli & Mix) Terbaru


Harga Anjing Labrador Retriever

  • Anak Labrador Retriever Mix Golden: Rp699.000 - Rp1.900.000 per ekor.
  • Puppy Labrador Retriever Asli: Rp3.500.000 - Rp5.300.000 per ekor.
  • Indukan Labrador Retriever Mix Golden: Rp3.000.000 - Rp5.000.000 per ekor.
  • Anjing Labrador Retriever Dewasa Jantan/Betina Asli: Rp5.000.000 - Rp8.500.000 per ekor.

Sebagai informasi, harga anjing labrador puppy dan dewasa di atas kami rangkum dari situs jual beli online. Ada juga yang berasal dari forum jual beli anjing.

Sama seperti hewan peliharaan umumnya, harga anjing labrador retriever bisa berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga anjing labrador retriever tersebut bisa berbeda di tiap daerah. Itu sama seperti harga anjing shit tzu.

Untuk mengetahui harga anjing labrador retriever teraktual, Anda bisa langsung mengunjungi breeder terdekat. Anda juga bisa mengetahui harga anjing labrador retriever dari forum jual anjing terpercaya.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Anjing Labrador Retriever Anakan dan Dewasa (Asli & Mix) Terbaru"