Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Kucing Russian Blue Anakan dan Dewasa (Murni & Mix Breed) Terbaru

Harga Kucing Russian Blue Anakan dan Dewasa (Murni & Mix Breed) Terbaru

Selain british shorthair, beberapa pencinta anabul memilih untuk mengadopsi kucing russian blue. Harga kucing russian blue memang tidak murah, tetapi itu sebanding dengan keelokannya. Sebelumnya, mungkin Anda tertarik dengan harga kucing siam.

Kerap disandingkan dengan harga kucing british shorthair, memang nilai jual russian blue cat tidak jauh beda. Bisa dibilang harga kucing russian blue murah masih belum ada.

Baca Juga: Harga Burung Kutilang (Anakan, Dewasa, Emas, Jawa, Sutra, dll)

Selain itu, harga kucing russian blue di indonesia masih lebih mahal dibandingkan harga kucing anggora dan harga kucing persia. Namun, ada yang menyebutkan bahwa nilai jualnya tidak lebih mahal dibandingkan harga kucing bengal.

Sebelum membahas harga kucing russian blue betina maupun jantan, sebaiknya Anda mengetahui seluk beluknya. Berikut asal usul kucing russian blue.

Asal-Usul Kucing Russian Blue

Ras Murni Kucing Russian Blue

Menurut beberapa sumber, russian blue adalah kucing dari trah alami. Ini tidak seperti kucing ras lain, yakni bengal, ragdoll, dan rex selkirk yang merupakan hasil persilangan antara beberapa ras.

Memiliki prinsip persilangan yang hampir sama seperti anggora dan persia, russian blue sudah ada sejak lama. Beberapa orang yakin, russian blue berasal dari pelabuhan Arkhangelsk di Rusia.

Juga dijuluki sebagai Archangel Blues oleh warga negara Rusia, banyak yang percaya nenek kucing ini dibawa para pelaut. Nelayan pada zaman dahulu membawa kucing biru ini dari Pulau Archangel ke Eropa.

Persebaran Kucing Russian Blue

Itu terjadi pada 1860-an. Tak hanya itu, russian blue sudah disebarkan ke Inggris raya.

Namun, dokumentasi persebaran russian blue ke luar Rusia baru ada di tahun 1875. Dokumentasi ini berisi tentang russian blue yang mengikuti kontes kucing.

Perkembangan ras russian blue mulai diakui pada 1912 di kawasan Inggris dan Skandinavia. Namun, Perang Dunia II membuat populasi kucing biru ini berkurang drastis.

Breeding Kucing Russian Blue

Hingga akhirnya, para breeder menemukan cara untuk melestarikan rasnya. Breeding tidak hanya dilakukan sesama ras tetapi juga mix breed.

Beberapa orang mencoba mengawinkan russian blue dengan kucing siam. Sehingga ada dua jenis russian blue yang beredar di pasaran.

Kucing russian blue asli atau murni merupakan kucing hasil perkawinan dari ras yang sama. Sementara itu, kucing russian blue mix breed adalah kucing hasil perkawinan dua ras kucing yang berbeda.

Jenis Kucing Russian Blue

Umumnya, russian blue mix breed memiliki tampilan seperti ras murni. Namun, sifat kucing ini biasanya sangat kontras dengan russian blue asli.

Selain disilangkan dengan kucing siam, ada juga yang mengawinkan russian blue dengan BSH, persia, domestik, dan anggora. Sehingga, ada beragam russian blue mix breed yang ditawarkan.

Tentunya, harga kucing russian blue asli lebih mahal dibandingkan harga kucing russian blue anggora. Tak hanya itu, harga kucing russian blue mix persia juga dinilai lebih murah daripada ras murni.

Secara fisik, russian blue kerap disamakan dengan BSH (British shorthair). Untuk itu, berikut adalah perbedaan kucing russian blue dan british shorthair.

Perbedaan Kucing British Shorthair & Russian Blue

Warna bulu kucing russian blue dan BSH memang mirip dan itu yang membuat orang hampir tak bisa membedakannya. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan detail postur tubuhnya.

Baca Juga: Harga Anjing Dachshund (Anakan, Dewasa, Jantan, & Betina)

Kucing british shorthair memiliki tulang yang lebih besar daripada russian blue. Hal ini membuat ukuran tubuh russian blue lebih kecil daripada BSH.

Selain itu, bagian tengah atau perut kucing BSH lebih berlemak dibandingkan russian blue. Sehingga, kucing russian blue terlihat lebih ramping.

Pipi kucing BSH juga terbilang sangat gembul dibandingkan russian blue. Sementara itu, pipi russian blue sangat tirus dan sekilas wajahnya mirip kucing domestik.

Sebelum membahas harga anak kucing russian blue dan induknya, Anda perlu mengetahui ciri-cirinya. Sehingga, Anda lebih paham dengan perbedaan antara russian blue dan BSH.


Harga Kucing Russian Blue Anakan dan Dewasa (Murni & Mix Breed) Terbaru


Ciri-Ciri Kucing Russian Blue

Bentuk Wajah Kucing Russian Blue

Seperti yang telah dijelaskan, kucing ini memiliki tulang pipi yang tirus. Itu membuat wajahnya lebih terlihat sexy dibandingkan imut.

Yang paling khas dari kucing russian blue adalah tatapannya yang tajam, tetapi terkesan menggemaskan. Ukuran matanya sendiri cenderung besar dengan sudut mata agak melengkung.

Berbeda dengan BSH yang memiliki warna mata kucing, russian blue cenderung bermata hijau. Saat kitten, russian blue bermata biru terang dan agak kehijauan menginjak dewasa.

Bulu Kucing Russian Blue

Tak seperti kucing BSH yang memiliki warna bulu beragam, russian blue hanya memiliki satu warna. Anabul ini hanya memiliki bulu berwarna biru keabu-abuan.

Selain itu, bulu kucing russian blue memiliki tekstur hampir mirip dengan bulu kucing kampung. Itu sangat berbeda bulu british shorthair yang tebal, fluffy, dan halus.

Jika diperhatikan dengan detail, bulu russian blue cenderung agak kasar dan padat. Meskipun begitu, bulunya tidak mudah rontok, menggumpal, dan mudah disisir.

Berat Badan Kucing Russian Blue

Memiliki harapan hidup rata-rata 15 tahun hingga 20 tahun, russian blue memiliki postur tubuh ramping. Tak hanya itu, mamalia mungil ini tidak berotot dan memiliki kaki yang jenjang.

Diperkirakan, russian blue jantan dewasa mampu tumbuh dengan berat maksimal 4,5 kg. Sementara itu, kucing russian blue betina lebih ringan, yakni sekitar 3,5 kg.

Dengan berat badannya, bisa dipastikan kucing jantan bertubuh lebih besar daripada betina. Ini yang membuat Anda mudah membedakan indukan russian blue jantan dan betina.

Mengetahui harga anakan kucing russian blue dan indukannya memang penting sebelum mengadopsinya. Namun, penting juga mengetahui karakteristiknya.

Karakteristik Kucing Russian Blue

  • Tergolong jenis kucing yang santai dan pendiam.
  • Tidak terlalu manja dan mandiri.
  • Kucing tidak terlalu aktif dan enerjik.
  • Lebih suka dipangku daripada digendong.
  • Cenderung suka menyendiri.
  • Memiliki privasinya sendiri.

Dengan sifatnya itu, russian blue cenderung disukai owner yang sibuk. Karena, mereka tidak membutuhkan banyak waktu untuk diajak bermain.

Pentingnya memahami sifat kucing russian blue membuat Anda mudah memeliharanya. Mengingat harga russian blue tidak murah, Anda harus merawatnya dengan tepat.

Tips Memelihara Kucing Russian Blue

  • Bersihkan kandang kucing dan cat liternya setiap hari.
  • Air minum harus diganti setiap pagi dengan yang bersih dan matang.
  • Makanan harus diberikan tepat waktu sesuai dengan usia russian blue.
  • Kitten russian blue membutuhkan pakan sebanyak 3 kali sehari.
  • Russian blue dewasa memerlukan sumber nutrisi sebanyak dua kali sehari.
  • Snack kucing diberikan untuk menghindari mogok makan.
  • Pakan basah dan kering harus diberikan berselang-seling supaya kucing tidak bosan.
  • Sesekali, ajak kucing berjalan-jalan supaya tidak stres.
  • Mandikan kucing setiap 2-4 minggu sekali.

Selain itu, Anda harus rutin memberi russian blue vitamin dan jangan lupa untuk mengajaknya vaksin. Ini untuk menjaga kesehatan kucing supaya umurnya bisa lebih panjang.

Baca Juga: Harga Burung Prenjak (Jali, Emas, Kristal, Kepala Merah, dll)

Lalu, berapa harga kucing russian blue saat ini? Berikut daftar harga kucing russian blue.


Harga Kucing Russian Blue Anakan dan Dewasa (Murni & Mix Breed) Terbaru


Harga Kucing Russian Blue

  • Baby Russian Blue Mix Persia: Rp700.000 - Rp1.200.000 per ekor.
  • Anak Russian Blue Mix Anggora: Rp1.000.000 - Rp1.500.000 per ekor.
  • Mix Breed Russian Blue Dewasa Jantan/Betina: Rp4.500.000 - Rp7.000.000 per ekor.
  • Kitten Russian Blue Murni: Rp14.000.000 - Rp20.000.00 per ekor.
  • Russian Blue Dewasa Jantan atau Betina Murni: Rp35.000.000 - Rp38.000.000 per ekor.

Sebagai informasi, harga kucing russian blue di atas kami rangkum dari situs e-commerce dan forum jual beli hewan peliharaan. Tentunya, harga kucing russian blue bisa berubah sewaktu-waktu, sama seperti harga kucing maine coon.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Kucing Russian Blue Anakan dan Dewasa (Murni & Mix Breed) Terbaru"