Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Anakan Kucing Bengal Asli dan Mix Breed Domestik Terbaru

Harga Anakan Kucing Bengal Asli dan Mix Breed Domestik Terbaru

Harga kucing bengal di Indonesia tidak murah baik dewasa atau indukan dan anakan atau kitten. Untuk menyiasatinya, beberapa orang memilih untuk mengadopsi kucing bengal asli kitten. Ini karena harga anakan kucing bengal lebih murah daripada dewasa. Sebelumnya, mungkin Anda tertarik dengan harga burung cucak ijo.

Standar Harga Kucing Bengal

Seperti hewan peliharaan lainnya, harga anakan kucing bengal terbilang lebih murah dibandingkan indukan. Selain ditawarkan secara langsung, beberapa breeder memilih untuk menjual kucing bengal asli di situs e-commerce.

Salah satu situs jual beli online yang cukup diminati breeder kucing lokal adalah OLX. Harga kucing bengal OLX sendiri juga tergantung penawaran para breeder. Itu berbeda dengan harga burung jalak.

Memiliki banyak varian, mulai dari marble, putih, hingga hitam, nilai jual bengal juga variatif. Namun, harga kucing bengal putih tidak sama seperti harga kucing marble dan kucing bengal hitam.

Baca Juga: Harga Kucing Persia Medium Bulu Kapas per Ekor (Kitten & Dewasa)

Selain dibedakan dari jenisnya, faktor penentu harga kucing bengal anakan maupun dewasa adalah daerahnya. Harga kucing bengal di tiap daerah tidak sama.

Jual kucing bengal surabaya misalnya, berbeda dengan nilai jual kucing bengal di Medan dan Jakarta. Karena setiap daerah memiliki breeder dengan standar masing-masing.

Nah, biasanya, untuk mengakali harga kucing bengal supaya lebih murah, para breeder mengawinkannya dengan kucing kampung. Memang, harga kucing bengal mix kampung lebih murah daripada ras asli.

Sebelum membahas harga anakan kucing bengal di Indonesia, Anda perlu mengetahui seluk-beluknya. Berikut adalah asal usul kucing bengal. Mungkin Anda juga tertarik melihat harga burung pleci.

Asal-Usul Kucing Bengal

Breeding Kucing Bengal

Tergolong sebagai kucing hutan, bengal cat berasal dari Amerika Serikat. Anabul ini diklaim sebagai keturunan keempat dari hasil persilangan american shorthair dan asian leopard.

Kucing asal California ini merupakan ras yang banyak digemari sebagai hewan peliharaan. Ada yang mengatakan, lahirnya ras bengal bermula dari seorang ahli genetik, dr. Centerwall.

Dokter ini ingin memiliki kucing ras domestik baru dengan pola spotted wild cat. Kemudian, dr. Centerwall mengawinkan kucing american shorthair dengan asian leopard.

Penamaan Kucing Bengal

Hasil perkawinan tersebut diambil yang betina dan dikawinkan lagi dengan asian leopard. Hingga akhirnya, lahirlah ras bengal.

Penamaan kucing bengal diambil dari bahasa latin kucing leopard. Kucing ini memiliki nama ilmiah feline bengalensis, tetapi lebih umum disebut sebagai bengal tiger cat. 

Menjadi kucing yang cukup populer, bengal kemudian diakui TICA (The International Cat Association). Kucing ini kemudian menerima gelar champion breeds dari TICA.

Kepopuleran Kucing Bengal

Sebagai kucing yang bisa didaftarkan untuk mengikuti perlombaan pameran kucing, bengal semakin populer. Umumnya, bengal akan disandingkan dengan kucing american bobtail, balinese, abyssinian, birman, bombay, bsh, dan chartreux.

Sayangnya, breeder bengal belum sebanyak kucing ras populer lainnya, seperti anggora dan persia. Tak hanya itu, beberapa breeder lokal kerap mengawinkan bengal dengan kucing domestik untuk mempermainkan harganya.

Baca Juga: Harga Burung Kacer Anakan dan Dewasa (Jawa, Bali, Kalimantan, dll)

Supaya Anda tidak tertipu dan bisa membedakan mana kucing bengal asli dan mix breed, pastikan Anda mengetahui nilai jualnya. Umumnya, harga anakan kucing bengal mix breed lebih murah daripada ras murni.

Selain itu, morfologi kucing bengal asli dan campuran sangat berbeda. Berikut adalah ciri-ciri kucing bengal asli, khususnya anakan.


Harga Anakan Kucing Bengal Asli dan Mix Breed Domestik Terbaru


Ciri-Ciri Kucing Bengal Kitten Asli

Wajah Kucing Bengal Kitten

Bentuk kepala kucing bengal anakan umumnya lebih besar dan agak panjang dibandingkan kucing domestik. Sementara itu, telinganya memanjang dan menghadap atas dengan bagian dalam berwarna merah muda.

Hidung anakan kucing bengal asli cenderung lebar dengan kulit hidung berwarna merah. Ciri khas anakan kucing bengal adalah garis luar hidung berwarna hitam.

Mata bayi kucing bengal cenderung bulat dan lebar seperti kacang kenari. Sementara itu, warna matanya cenderung hijau dan amber.

Bulu Kucing Bengal Kitten

Berbeda dengan kucing bengal dewasa yang sudah berbulu lebat, kucing bengal anakan masih memiliki bulu yang jarang. Meskipun begitu, tekstur bulu kucing bengal anakan sama seperti indukan.

Termasuk kucing hutan yang aktif, bengal cat berbulu pendek dan kaku. Selain itu, bulu kucing bengal anakan terbilang kaku dan kasar.

Corak atau pola warna bulu kucing bengal kitten biasanya tidak terlalu jelas. Umumnya, hanya terlihat hitam, abu-abu, dan putih. Ini yang membuat harga anakan kucing bengal lebih murah daripada indukan.

Namun, totol dan warna bulu kucing akan terlihat jelas saat usianya sudah beranjak dewasa. Varian pola bulu bengal cat digolongkan menjadi dua dalam beragam varian, yakni rosetted dan marble.

Bobot Kucing Bengal Anakan

Postur tubuh bayi kucing bengal hampir mirip dengan kucing domestik, hanya saja lebih besar. Kitten bengal juga memiliki telapak kaki yang sudah kuat saat lahir.

Pada umumnya, kucing bengal dilahirkan dengan bobot 60 gr hingga 100 gr. Namun, ada juga bayi kucing bengal yang lahir dengan bobot 50 gr-150 gr.

Sementara itu, kucing bengal dewasa mampu tumbuh dengan berat 10 kg untuk indukan jantan. Kucing bengal betina tubuhnya lebih kecil, yakni hanya bisa tumbuh dengan bobot maksimal sekitar 5 kg.

Meskipun corak dan pola pada bayi kucing bengal tidak terlalu jelas, Anda perlu mengetahui variannya. Berikut jenis kucing bengal dilihat dari corak bulunya.

Jenis-Jenis Kucing Bengal

  • Arrow Rosetted Bengal Cat.
  • Pawprint Rosetted Bengal Cat.
  • Donuts Rosetted Bengal Cat.
  • Horizontal Flowing Marble Bengal Cat.
  • Reduced Pattern Horizontal Flowing Marble Bengal Cat.
  • Chaos Pattern Marble Bengal Cat.

Dari semua varian warna yang ada, kebanyakna bengal yang ada di Indonesia bulunya berwarna cinnamons. Bintik atau totol pada kucing bengal lokal kebanyakan berwarna hitam.

Namun, Ada beberapa kucing bengal dengan totol berwarna coklat tua. Untuk kucing dengan totol putih atau abu-abu, umumnya adalah varian kucing bengal impor.

Sebelum mengetahui harga anakan kucing bengal, pastikan Anda mengetahui cara memeliharanya. Untuk merawat kucing bengal anakan tentunya berbeda dengan indukan dan berikut tipsnya. Namun, tak ada salahnya untuk melihat harga burung parkit.

Tips Memelihara Kucing Bengal Kitten

  • Kucing bengal yang baru lahir tidak boleh langsung dipegang.
  • Biarkan indukan kucing bengal merawat bayinya hingga mereka bisa mengeluarkan suara.
  • Anak kucing bengal baru bisa dipisahkan dari induknya atau diadopsi setelah 2 minggu.
  • Siapkan kandang khusus untuk anak bengal tidur.
  • Anda juga harus menyiapkan ruang bermain khusus untuk kucing bengal.
  • Pakan harus diberikan secara rutin dan tidak boleh telat.
  • Supaya kucing tidak bosan, berikan pakan basah dan kering secara berselang-seling.
  • Ajari anak bengal untuk buang kotorannya sendiri di pasir kucing.
  • Mandikan anak kucing setelah usianya menginjak 1 bulan.
  • Kitten bengal boleh dimandikan secara rutin setiap 3-4 bulan sekali.
  • Gunakan shampo khusus kucing berbulu pendek dan kondisioner.
  • Grooming harus dilakukan secara rutin untuk menjaga keindahan bulu bengal.
  • Meskipun kucing bengal memiliki daya tahan tubuh tinggi, Anda harus tetap memberinya vaksin.

Memiliki sifat yang sangat liar dan aktif, kucing bengal tidak bisa dikekang. Ini juga yang membuat harga kucing hutan tersebut tidak murah.

Baca Juga: Harga Burung Kakatua Dewasa dan Anakan (Raja, Jambul Kuning, Dll)

Selain itu, biaya adopsi kucing bengal juga terbilang mahal. Lalu, berapa harga anakan kucing bengal saat ini?


Harga Anakan Kucing Bengal Asli dan Mix Breed Domestik Terbaru


Harga Anakan Kucing Bengal

  • Bengal Cat Kitten Mix Breed Kampung Usia 2 - 3 bulan: Rp1.500.000 - Rp3.000.000 per ekor.
  • Anakan Kucing Bengal Asli Non Pedigree Usia 2 - 3 bulan: Rp5.500.000 - Rp8.000.000 per ekor.
  • Kitten Bengal Asli Pedigree Usia 2 - 3 bulan: Rp11.000.000 - Rp17.000.000 per ekor.

Sebagai informasi, harga anakan kucing bengal di atas kami rangkum dari situs jual beli online. Selain itu, beberapa informasi harga anakan kucing bengal ini telah kami kutip dari forum pemeliharaan kucing bengal. Tentunya, harga anakan kucing bengal asli berbeda dengan harga burung cucak ijo.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Anakan Kucing Bengal Asli dan Mix Breed Domestik Terbaru"