Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Harga Anjing Chihuahua (Puppy & Dewasa) serta Cara Merawatnya

Update Harga Anjing Chihuahua (Puppy & Dewasa) serta Cara Merawatnya

Dikenal sebagai ras kecil, harga anjing chihuahua mini tidak murah. Untuk adopsi anjing chihuahua gratis juga belum ada, jika ada, maka itu adalah breeder yang terlalu banyak memeliharanya. Sebelumnya, mungkin Anda tertarik dengan harga burung parkit.

Anjing Chihuahua Toy Dog

Terbagi menjadi dua golongan, harga anjing chihuahua bulu panjang lebih mahal daripada harga anjing chihuahua bulu pendek. Namun, harga anak anjing chihuahua lebih terjangkau dari indukan jantan atau betina.

Jenis anjing cihuahua yang beragam juga membuat nilai jualnya beragam. Sebagai contoh, harga anjing chihuahua apple head pastinya berbeda dengan deer head chihuahua.

Baca Juga: Harga Burung Kacer Anakan dan Dewasa (Jawa, Bali, Kalimantan, dll)

Bukan spesies lokal, untungnya sudah banyak breeder tanah air yang mengembangkan populasi chihuahua lokal. Tentunya, harga anjing chihuahua di setiap daerah berbeda.

Misalnya, harga anjing chihuahua di Bali berbeda dengan harga anjing chihuahua di surabaya. Begitu pun dengan harga anjing chihuahua medan.

Selain ada chihuahua toy dog, ada juga yang menjual versi teacupnya. Harga anjing chihuahua teacup diklaim lebih mahal dibanding chihuahua biasa.

Sebelum membahas harga anjing chihuahua anakan dan dewasa atau indukan, sebaiknya Anda mengetahui seluk beluknya. Berikut ciri asal anjing chihuahua.

Asal Anjing Chihuahua

Dinobatkan sebagai anjing terkecil di dunia, chihuahua konon pertama kali ditemukan di Meksiko. Itu terjadi pada tahun 1850 dan diketahui anjing chihuahua bukan trah murni.

Anjing chihuahua diklaim sebagai hasil perkawinan silang antara jenis anjing techichi, toltec, dan chinese crested. Breeding yang terbilang rumit membuat harga jual anjing chihuahua tidak murah,

Namun, populasi anjing chihuahua terus berkurang. Karena, pada masa kejayaan Suku Aztec, anjing mungil ini dijadikan sebagai hewan korban. Chihuahua kerap dikorbankan saat ada salah satu bangsawan Suku Aztec meninggal.

Tubuh bangsawan suku dan anjing akan dikebumikan bersama. Menurut kepercayaan Suku Aztec, chihuahua mempu menuntun roh bangsawan menuju surga. Itu berbeda dengan hewan yang ada dalam harga burung pleci.

Merupakan ras hasil peranakan dari beberapa jenis anjing, chihuahua diklasifikasikan menjadi dua. Penggolongan ini berdasarkan pada panjang, warna bulu, dan bentuk kepalanya.

Varian Chihuahua

Anjing Chihuahua Long Coat

AKC (American Kennel Club) menyatakan ada dua jenis anjing chihuahua yang beredar di pasaran. Varian chihuahua ini adalah long coat chihuahua dan smooth coat chihuahua.

Perbedaan dua varian chihuahua ini dapat dilihat dari bulunya. Long coat chihuahua berbulu lembut dengan ekor panjang dan bentuknya mirip kipas.

Beberapa long coat chihuahua juga ada yang memiliki bulu bawah yang pendek. Selain itu, bulu-bulu tersebut lebat dan menyerupai surai di kaki dan bagian belakang.

Anjing Chihuahua Smooth Coat

Sementara itu, smooth coat chihuahua berbulu sangat pendek dengan tampilan yang berkilauan. Lapisan bulu bagian bawah sangat tipis, tetapi ada yang berbulu tebal dan menyerupai surai.

Khusus smooth coat chihuahua peranakan standar, ada surai yang agak tebal di daerah tengkuk leher. Ini adalah ciri khas jenis chihuahua tersebut.

Selain dapat dibedakan dari bulunya, chihuahua memiliki bentuk kepala yang berbeda. Ada dua golongan chihuahua dibedakan dari bentuk kepalanya.

Anjing Apple Head Chihuahua

Ada dua jenis anjing chihuahua, yakni apple head chihuahua dan deer head chihuahua. Seperti namanya, apple head chihuahua mempunyai kepala berbentuk seperti apel.

Dahi apple head chihuahua cenderung bulat dengan rahang yang runcing. Moncong anabul ini cenderung pendek dan berahang kecil.

Anjing Deer Head Chihuahua

Sementara itu, deer head chihuahua mempunyai kepala yang sangat mirip dengan rusa. Kepalanya lebih lonjong dan tajam dibandingkan dengan apple head chihuahua.

Sekilas, memang deer head chihuahua mirip dengan bayi rusa yang baru lahir. Namun, AKC tidak menganggap deer head chihuahua sebagai ras chihuahua standar. Nah, tak ada salahnya jika Anda juga melihat harga burung jalak.

Untuk mengetahui apakah anjing yang Anda adopsi adalah chihuahua atau bukan, Anda tidak hanya perlu mengetahui jenis anjing chihuahua. Namun, Anda juga perlu memahami morfologinya.

Ini sangat penting selain harga anak anjing chihuahua dan dewasa, pastikan Anda mengetahui ciri-cirinya. Berikut ciri fisik anjing chihuahua.


Update Harga Anjing Chihuahua (Puppy & Dewasa) serta Cara Merawatnya


Ciri-Ciri Anjing Chihuahua

Seperti yang telah disebutkan, anjing chihuahua merupakan jenis ras terkecil. Postur tubuh anabul ini sangat mungil dan tubuh cenderung panjang.

Namun, tak seperti anjing ras lainnya, chihuahua memiliki ekor yang tidak terlalu panjang. Ini membuatnya terlihat sangat menggemaskan saat berlarian.

Pada beberapa jenis chihuahua asal Meksiko, ekornya melengkung ke punggung. Dengan tubuh yang sangat kecil dan ekor melengkung, beberapa breeder menyebutnya teacup tail.

Baca Juga: Harga Burung Kakatua Dewasa dan Anakan (Raja, Jambul Kuning, Dll)

Khusus untuk chihuahua lokal, pada umumnya berekor tegak dan mirip dengan antena. Ekornya juga dilapisi bulu yang tebal dan halus.

Ciri khas anjing chihuahua adalah lubang kecil di bagian atas kepalanya. Ini disebut morela dan akan hilang saat anjing dewasa.

Sementara itu, berat tubuh anjing chihuahua umumnya berkisar 1,5 kg-3 kg. Ini membuatnya mudah untuk digendong dan diajak jalan-jalan.

Meskipun tubuhnya mungil dan ringan, anjing chihuahua memiliki rentan usia yang panjang. Diperkirakan, anjing ini mampu hidup mulai 12-20 tahun.

Tentunya, usia anjing chihuahua juga ditentukan dari cara merawatnya. Semakin baik dan tepat cara Anda memelihara anjing chihuahua, maka diperkirakan usianya bisa semakin panjang.

Sebelum mengetahui harga anjing chihuahua, Anda perlu mengetahui cara memeliharanya. Berikut cara memelihara anajing chihuahua.

Cara Memelihara Anjing Chihuahua

  • Jaga kebersihan kandang anjing setiap hari sambil mengganti air minumnya.
  • Mandikan anjing chihuahua tiga bulan sekali menggunakan shampo khusus.
  • Namun, Anda juga perlu memandikan anjing setiap sebulan sekali jika anjing berkeliaran di luar rumah.
  • Sisir bulu anjing supaya tidak menggumpal dan mudah rontok.
  • Untuk menghalau aroma tidak sedap, Anda bisa menaburkan bedak bayi atau dry shampo di bulu anjing.
  • Pastikan anjing makan dengan baik dan pakan harus mengandung protein, vitamin, dan lemak yang cukup.
  • Indukan anjing chihuahua membutuhkan makan sekitar 3 kali sehari.
  • Sementara itu, anak atau bayi anjing chihuahua membutuhkan makan 2 kali sehari.
  • Vaksin dan vitamin sangat diperlukan anjing chihuahua supaya tubuhnya sehat.
  • Grooming secara rutin harus dilakukan untuk menjaga keindahan bulu anjing chihuahua.
  • Supaya anjing lebih sehat, Anda harus rutin membawanya ke dokter hewan. Sebagai tips, mintalah resep vitamin bulanan untuk anjing Anda.

Pemeriksaan kesehatan bisa dilakukan setiap 6 bulan sekali atau saat anjing membutuhkan vaksin. Sebelum membahas lebih rinci mengenai daftar harga anjing chihuahua, berikut adalah sifatnya. Namun, baca juga harga burung cucak ijo.

Sifat Anjing Chihuahua

  • Enerjik dan sangat aktif.
  • Suka bermain dengan anak-anak dan penyayang.
  • Ramah dan mudah bergaul dengan ras anjing lain.
  • Sangat bawel dan kadang cenderung dominan.
  • Mudah beradaptasi dan loyal.
  • Setia kepada tuannya.
  • Cerdas dan mudah dilatih.
  • Agak jahil dan tidak bisa diam atau tenang.
  • Cenderung waspada kepada orang yang baru dikenal.

Dengan sifat dan bentuk fisik yang menggemaskan, tak heran banyak yang gemar memelihara chihuahua. Lalu, berapa harga anjing chihuahua? Berikut rinciannya.


Update Harga Anjing Chihuahua (Puppy & Dewasa) serta Cara Merawatnya


Harga Anjing Chihuahua

  • Chihuahua Anakan Non Stambum: Rp1.300.000 - Rp2.000.000 per ekor.
  • Puppy Chihuahua Stambum: Rp3.500.000 - Rp4.000.000 per ekor.
  • Indukan Chihuahua Non Stambum Jantan atau Betina: Rp3.000.000 - Rp5.000.000 per ekor.
  • Anjing Chihuahua Stambum Jantan atau Betina: Rp7.000.000 - Rp15.000.000 per ekor.

Sebagai informasi, harga anjing chihuahua di atas kami rangkum dari situs jual beli online. Harga chihuahua bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah. Itu seperti harga burung kenari.

Baca Juga: Harga Burung Perkutut Anakan dan Dewasa (Jawa, Bangkok, dll)

Untuk mengetahui harga anjing chihuahua teraktual, Anda bisa pergi ke breeder terdekat. Selain itu, Anda bisa mengakses forum jual beli anjing terpercaya.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Update Harga Anjing Chihuahua (Puppy & Dewasa) serta Cara Merawatnya"