Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Burung Pleci Anakan & Dewasa (Jawa, Bali, Lombok, Garut, dll)

Harga Burung Pleci Anakan & Dewasa (Jawa, Bali, Lombok, Garut, dll)

Termasuk jenis burung kicau mungil, burung pleci cukup populer di Indonesia. Meskipun begitu, harga burung pleci anakan dan dewasa memang tidak murah.

Sebelum mengetahui jenis-jenis pleci dan harganya, Anda perlu mengetahui faktor penentu nilai jual burung pleci. Itu seperti pada harga burung lovebird, berikut ulasannya.

Penentu Harga Burung Pleci

Usia Burung Pleci

Jika Anda mencari harga burung pleci murah, sebaiknya pilih yang ombyokan atau bahan. harga burung pleci ombyokan bisa lebih murah, karena belum terlatih berkicau.

Baca Juga: Harga Burung Jalak  Anakan & Dewasa (Suren, Bali, Kebo, Putih, dll)

Sementara itu, harga burung pleci termahal biasanya sudah berusia dewasa. Apalagi, untuk nilai jual pleci indukan gacor.

Kemampuan Berkicau Burung Pleci

Daripada pleci anakan, banyak orang yang lebih memilih jual pleci gacor.Hal ini karena harga burung pleci gacor bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

Hampir jarang ada yang jual pleci gacor murah. Apalagi jika burung tersebut sudah sering diikutkan kontes dan mendapatkan juara.

Asal Burung Pleci

Tak hanya populer di tanah air, pleci sangat populer di negara Asia lainnya. Namun, akan lebih murah harga burung pleci lokal daripada impor.

Untungnya, saat ini sudah banyak yang ternak burung pleci di nusantara. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir mencari yang lokal.

Selain faktor di atas, hal yang paling berpengaruh adalah jenisnya, seperti dalam harga burung murai. Berikut adalah jenis-jenis burung pleci.


Harga Burung Pleci Anakan & Dewasa (Jawa, Bali, Lombok, Garut, dll)


Jenis-Jenis Burung Pleci

Burung Pleci Buxtoni 

Juga dikenal dengan pleci bustoni, burung ini tubuhnya cenderung kecil dibandingkan jenis pleci lainnya. Burung pleci buxtoni ciri khasnya adalah garis kuning dengan dada abu-abu.

Sementara itu, suara burung pleci buxtoni sangat nyaring dan agak melengking. Meskipun begitu, tidak terlalu keras, sehingga tidak membuat telinga menjadi sakit.

Umumnya, harga pleci bustomi ini terbilang relatif terjangkau. Karena, burung ini cukup sering diternak.

Burung Pleci Dakun Maput

Sebagai burung kacamata yang ikonik, pleci dada kuning mata putih atau dakun maput terbilang cukup populer. 

Bersuara bening dan sangat nyaring, burung pleci ini memiliki ciri khas mata berwarna putih. Sementara itu, dadanya kuning dan punggungnya hijau kekuningan.

Untuk harga burung kacamata yang satu ini terbilang agak mahal. Karena, banyak yang ingin memeliharanya, sementara tidak banyak yang menawarkan harga pleci ini.

Burung Pleci Dakun Macok

Biasa diketahui pleci dada kuning mata cokelat, burung yang satu ini memang bermata cokelat. Sebagai jenis burung kacamata, suaranya terbilang jernih dan keras.

Sebagai pleci lokal, harga burung pleci kacamata ini tidak terlalu mahal. Supaya terlihat lebih mewah, banyak yang memeliharanya dalam sangkar pleci khusus.

Berbeda dengan kandang burung lainnya, sangkar burung pleci biasanya tidak terlalu besar. Itu juga yang membuat harga sangkar pleci tidak terlalu mahal, berbeda dengan harga burung kepodang.

Burung Pleci Dakun Marmer

Jika Anda mencari burung pleci dengan suara keras dan lantang, Anda bisa memelihara pleci dada kuning mata merah. Lebih dikenal dengan nama dakun marmer, burung ini bersuara nyaring dan keras.

Ciri khasnya adalah warna mata yang merah dan dada berwarna kuning. Untuk menjaga suaranya yang nyaring, beberapa owner menyarankan untuk memberikan pakan pleci 220 volt.

Selain itu, kandangnya harus khusus supaya burung tidak mudah kabur. Harga kandang pleci untuk pleci dakun marmer beragam, tergantung jenisnya.

Burung Pleci Dada Kuning Bali

Jika dibandingkan jenis pleci jawa, pleci dakun bali tubuhnya lebih besar. Selain itu, terdapat lingkaran putih di sekitar matanya.

Suara pleci bali lebih mirip dengan ayam hutan, tetapi lebih jernih. Suaranya yang cukup keras membuat beberapa owner lebih suka memberinya pakan burung pleci 220 volt.

Itu untuk menjaga kenyaringan suaranya. Selain itu, ada juga yang memberinya voer nastar untuk pleci.

Burung Pleci Dada Kuning Garut

Sebagai jenis pleci yang kerap ikut ajang perlombaan, burung ini memiliki suara beragam dan nyaring. Ciri khas pleci garut adalah bulu dada kuning cerah dengan paruh panjang lebar.

Burung kacamata harga jualnya tidak murah, apalagi jenis ini. Karena memiliki suara yang khas dan unik.

Untuk memeliharanya, Anda bisa membuat sangkar khusus atau membelinya di pasaran. Nah, harga sangkar burung pleci untuk jenis pleci dakun garut bervariasi, seperti harga burung gagak.

Burung Pleci Dada Kuning Jawa Timur

Bagi Anda yang tinggal di Jawa Timur, pastinya sudah tidak asing dengan pleci jawa timur. Burung ini memiliki garis mata hitam dengan punggung dan dada kuning cerah.

Baca Juga: Harga Burung Cucak Ijo Anakan & Dewasa (Banyuwangi, Mini, dll)

Termasuk jenis burung yang piawai berkicau, banyak yang memeliharanya dalam kandang khusus. Harga kandang burung pleci ini cukup beragam, tetapi cukup mahal untuk harga kandang pleci besi.

Selain itu, beberapa owner akan memberikan pakan khusus, contohnya voer nutribird. Harga voer nutribird untuk pleci sendiri relatif terjangkau.

Burung Pleci Lombok

Seperti namanya, ini adalah jenis burung kicau yang banyak ditemui di Lombok. Burung ini memiliki ciri khas mata putih dengan ujung sayap hijau kehitaman.

Sama seperti pleci jawa timur, beberapa orang suka memberikan pakan nutribird. Harga nutribird untuk pleci cukup beragam, tergantung kemasannya.

Anda bisa mengetahui harga voer nutribird secara langsung di toko pakan burung terdekat. Umumnya, harga pakan pleci nutribird dibedakan dari kemasannya.

Burung Pleci Auriventer

Habitat pleci auriventer di alam liar adalah hutan bakau dan pesisir pantai. Burung ini memiliki mata berwarna cokelat dengan kacamata yang tebal.

Suara burung pleci tersebut cukup nyaring dan beragam. Untuk menjaga keindahan suaranya, Anda bisa memberikan pakan nastar.

Harga pakan pleci nastar cukup bervariasi. Namun, biasanya harga nastar pleci relatif terjangkau di pasaran.

Burung Pleci Montanus

Lebih dikenal dengan sebutan burung kacamata gunung, pleci montanus mempunyai fisik yang unik. Bagian perutnya berwarna putih keabu-abuan dengan tubuh berwarna kecoklatan.

Suara pleci montanus ini sangat nyaring dan beragam. Supaya burung tidak mudah sakit dan keindahan suaranya terjaga, beberapa owner memberikan voer nastar pleci atau voer pleci 220 volt.

Pilihlah pakan yang bernutrisi lengkap dan disukai pleci. Sehingga burung tidak stres.

Perbedaan Burung Pleci dan Kolibri

Sebenarnya, masih ada banyak jenis burung pleci di pasaran. Namun, kebanyakan orang awam agak sulit membedakannya dengan burung kolibri.

Sekilas, pleci dan kolibri hampir sama, tetapi pleci berukuran lebih besar dan tidak terlalu mahir terbang. Itu berbeda dengan kolibri yang sangat handal terbang.

Dengan begitu, Anda tidak akan salah memberikan pakan pada burung. Apalagi, harga nektar buat kolibri terbilang mahal dibandingkan harga voer 220 volt atau harga voer nastar pleci.

Baca Juga: Harga Burung Kenari per Ekor (F1, AFS, Yorkshire, Merlok, dll)

Mengetahui jenis burung pleci di pasaran, lalu berapa harga burung pleci saat ini? 


Harga Burung Pleci Anakan & Dewasa (Jawa, Bali, Lombok, Garut, dll)


Harga Burung Pleci

  • Buxtoni Burung Pleci: Rp50.000 - Rp200.000 per ekor.
  • Dakun Maput Pleci: Rp750.000 - Rp2.000.000 per ekor.
  • Pleci Dakun Macok: Rp500.000 - Rp2.000.000 per ekor.
  • Burung Pleci Dakun Marmer: Rp500.000 - Rp2.000.000 per ekor.

Sebagai informasi, harga burung pleci di atas kami rangkum dari situs e-commerce. Tentunya, harga burung pleci bisa berubah sewaktu-waktu.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Burung Pleci Anakan & Dewasa (Jawa, Bali, Lombok, Garut, dll)"