Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Harga Ikan Tongkol 1 Kg di Pasaran (Segar, Frozen, Giling)

Update Harga Ikan Tongkol 1 Kg di Pasaran (Segar, Frozen, Giling)

Harga ikan tongkol 1 kg di pasaran cukup beragam, tergantung dari daerahnya. Namun, secara umum harga ikan tongkol di pasar tradisional tidak lebih dari Rp50 ribu.

Faktor umum dari harga ikan tongkol per kilo bisa berbeda di tiap daerah atau pasar adalah ukurannya. Konon, semakin besar ikan tongkol, maka semakin tinggi nilai jualnya.

Ukuran Ikan Tongkol di Pasaran

Diklasifikasikan berdasarkan ukuran tubuhnya, tak heran banyak orang menanyakan ikan tongkol 1 kg isi berapa. Sebelum menjawab pertanyaan ini, Anda perlu mengetahui ukuran ikan tongkol yang beredar di pasaran.

Ikan tongkol kecil, umumnya berukuran 20 cm hingga 30 cm. Lalu, ikan tongkol medium berukuran 30 cm hingga 60 cm. 

Baca Juga: Harga Burung Cucak Ijo Anakan & Dewasa (Banyuwangi, Mini, dll)

Sementara itu, ikan tongkol besar berukuran di atas 60 cm. Bahkan, ditemukan ikan tongkol yang berukuran lebih dari 100 cm.

Dengan ukurannya yang beragam, berat ikan tongkol juga beragam. Umumnya, ikan tongkol yang dijual di pasaran memiliki berat 250 gr hingga 1 kg.

Ikan Tongkol 1 Kg Berapa Ekor?

Untuk menentukan 1 kg ikan tongkol berapa ekor, Anda tinggal menjumlahkan berat ikan tongkol yang ingin Anda beli. Misalnya, jika Anda ingin membeli ikan tongkol berat 250 gr, maka per kilo akan mendapatkan empat ekor.

Selain itu, ada juga orang yang menjual ikan tongkol kecil dan biasanya dalam bentuk pindang. Ikan tongkol seperti ini mudah diolah dan bisa langsung dimasak.

Beberapa pedagang juga menjual ikan tongkol dalam bentuk potongan besar. Ini membuat orang bertanya-tanya, 1 potong ikan tongkol berapa gram.

Umumnya, untuk ikan tongkol ukuran jumbo dijual per potong dengan berat 100 gr, 200 gr, 250, gr, hingga 450 gr. Anda tinggal memilih ikan sesuai dengan kebutuhan.

Sebelum membahas harga ikan tongkol 1 kg, pastikan Anda mengetahui ciri-cirinya. Karena banyak yang sulit membedakannya dengan ikan tuna dan cakalang.

Ciri-Ciri Ikan Tongkol

Jenis Ikan Tongkol

Ada dua jenis ikan tongkol yang beredar di pasaran, yakni tongkol hitam dan putih. Dua spesies ini hanya dibedakan dari warna tubuhnya.

Sesuai namanya, tongkol putih berwarna putih dan tongkol hitam berwarna hitam. Meskipun begitu, dua varian ikan ini memiliki bentuk tubuh yang sama.

Umumnya, tongkol hitam maupun putih yang dijual di pasaran panjangnya sekitar 60 cm. Tubuhnya langsing dan cenderung memanjang.

Sisik dan Duri Ikan Tongkol

Ciri khas ikan tongkol juga terdapat pada sisik dan durinya. Tak seperti ikan laut lainnya, sisik ikan tongkol cenderung kecil-kecil dan halus.

Sementara itu, duri ikan tongkol lebih sedikit dan besar-besar. Ini membuat ikan tongkol lebih disebut sebagai ikan bertulang daripada berduri.

Dengan sisik yang kecil dan duri yang sedikit, tak heran banyak yang menyukai tongkol. Namun, meskipun sisiknya cenderung halus, Anda harus membersihkannya sebelum dimasak.

Daging Ikan Tongkol

Termasuk ikan pelagis, tongkol memiliki daging berwarna agak gelap. Warna daging ikan tongkol akan berubah menjadi putih pucat setelah dimasak.

Tekstur daging ikan tongkol terbilang sangat padat dan tidak terlalu juicy. Namun, teksturnya tetap lembut dan mudah digigit.

Rasa daging ikan tongkol terbilang gurih dan mudah menyerap garam. Ini yang membuat ikan kerap dijadikan ikan asin.

Selain berdaging, ikan tongkol diklaim memiliki kandungan gizi yang lengkap. Sebelum membahas harga ikan tongkol 1 kg, berikut kandungan nutrisinya.


Update Harga Ikan Tongkol 1 Kg di Pasaran (Segar, Frozen, Giling)


Kandungan Nutrisi Ikan Tongkol per 100 Gr

  • 100 kkal Energi.
  • 13,70 gr Protein.
  • 1,50 gr Lemak.
  • 8 gr Karbohidrat.
  • 92 mg kalsium.
  • 606 mg Fosfor.
  • 202 mg Natrium.
  • 227 mg Kalium.
  • 200 mg Tembaga.
  • 1.70 mg Zat Besi.

Selain itu, ikan tongkol mengandung vitamin A, B1, B2, B3, dan C. Mengandung gizi yang lengkap, tampaknya tidak membuat harga ikan tongkol 1 kg mahal.

Dengan kandungan nutrisinya yang lengkap, ikan tongkol juga diklaim baik untuk kesehatan. Berikut adalah manfaat makan ikan tongkol.

Manfaat Ikan Tongkol

Membantu Menurunkan Berat Badan

Termasuk ikan laut yang rendah kalori, tongkol terbilang baik dijadikan diet sehat. Anda bisa mengonsumsinya tanpa khawatir berat badan yang bertambah.

Baca Juga: Harga Burung Kenari per Ekor (F1, AFS, Yorkshire, Merlok, dll)

Selain itu, mengonsumsi ikan tongkol dengan porsi yang cukup diketahui mampu membantu mempercepat metabolisme. Ini yang menyebabkan berat badan menjadi lebih ideal.

Sebagai diet sehat, Anda bisa memasak tongkol dengan cara direbus atau dikukus. Hindari memasak tongkol dengan cara digoreng karena bisa meningkatkan kadar natrium dan lemak.

Membantu Meningkatkan Fungsi Otak

Juga mengandung asam omega-3, ikan tongkol diketahui baik untuk meningkatkan fungsi otak. Ini cukup baik untuk anak yang masih dalam usia pertumbuhan.

Omega-3 pada ikan tongkol juga dikenal mampu meningkatkan daya fokus dan ingat anak. Beberapa ahli juga menyebutkan bahwa ikan tongkol adalah pendukung utama kecerdasan pada anak.

Dengan mengonsumsi ikan tongkol secukupnya, Anda juga bisa mencegah gangguan fokus. Pada lansia, ikan tongkol dikenal mampu mencegah alzheimer.

Menjaga Kesehatan Kelenjar Tiroid

Manfaat lain dari ikan tongkol adalah menjaga kesehatan kelenjar tiroid. Tak hanya itu, ikan tongkol diklaim mampu meningkatkan kondisi kesehatan tiroid.

terletak di leher, kelenjar tiroid berfungsi mengatur metabolisme tubuh. Selain itu, tiroid merupakan kelenjar penghasil hormon dan mempertahankan tingkat energi tubuh.

Gangguan pada kelenjar tiroid bisa menyebabkan perubahan berat badan dan kemampuan seksual. Tak hanya itu, penyakit pada kelenjar tiroid bisa menyebabkan hormon tidak seimbang.

Sebagai Antiinflamasi

Inflamasi atau peradangan adalah bentuk respon tubuh yang normal terhadap tubuh yang sakit. Tak hanya itu, rada bisa muncul ketika Anda terinfeksi virus dan penyakit.

Peradangan dalam tubuh bisa hilang dengan sendirinya, tetapi umumnya membutuhkan waktu tidak sebentar. Nah, untuk membantu mempercepat penyembuhan, Anda bisa mengonsumsi ikan tongkol.

Kandungan protein dan antioksidan pada ikan tongkol diklaim bersifat antiinflamasi. Sehingga, bisa membantu mempercepat proses penyembuhan radang sekaligus luka.

Menjaga Jumlah Elektrolit

Ikan tongkol juga mengandung natrium yang diklaim mampu menjaga keseimbangan elektrolit tubuh. Natrium yang berlebihan memang tidak baik, tetapi jika jumlahnya cukup akan sangat bermanfaat bagi tubuh.

Diketahui, natrium memiliki tanggung jawab untuk menjaga fungsi saraf dan otot. Kadar natrium yang cukup dalam tubuh juga mengurangi risiko gangguan saraf.

Mengetahui ikan tongkol memiliki banyak manfaat, banyak orang yang menjadikannya sebagai lauk sehari-hari. Anda bisa membeli ikan tongkol dalam kemasan sekilo di pasaran. Lalu, berapa harga ikan tongkol 1 kg saat ini?  berikut rinciannya.


Update Harga Ikan Tongkol 1 Kg di Pasaran (Segar, Frozen, Giling)

Harga Ikan Tongkol 1 Kg

  • Daging Ikan Tongkol Beku atau Frozen 1 kg: Rp20.000 - Rp30.000.
  • Pepes Ikan Tongkol 1 kg: Rp24.000 - Rp30.000.
  • Cue atau Asap Ikan Tongkol 1 kg: Rp28.000 - Rp32.000.
  • Ikan Tongkol Segar 1 kg: Rp22.000 - Rp35.000.
  • Tongkol Giling 1 kg: Rp30.000 - Rp35.000.
  • Abon Ikan Tongkol 1 kg: Rp80.000 - Rp170.000.

Sebagai informasi, harga ikan tongkol 1 kg di pasar di atas kami rangkum dari situs jual beli online. Harga tongkol 1 kg bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah. 

Baca Juga: Harga Burung Lovebird Anakan dan Dewasa (Biola, Violet, Albino, dll)

Sebagai contoh, harga ikan tongkol di Bali per kilo bisa mencapai Rp30 ribu dalam kondisi segar. Untuk mengetahui harga 1 kg ikan tongkol teraktual, Anda bisa mengunjungi pusat perbelanjaan terdekat.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Update Harga Ikan Tongkol 1 Kg di Pasaran (Segar, Frozen, Giling)"